hit counter

Cara Restart iPhone yang Sedang Bermasalah

Cara Restart iPhone — Memulai ulang atau mem-boot ulang adalah salah satu hal yang perlu dilakukan pengguna iPhone. iPhone tidak akan memulai ulang jika ponsel tertinggal, macet, atau mogok. Namun, Anda harus me-restart iPhone Anda secara teratur setiap hari.

Mengapa kita perlu me-restart iPhone? Bukankah iPhone merupakan perangkat mahal dengan kerusakan minimal? Jawabannya adalah, karena iPhone adalah perangkat yang agak mahal, maka perlu dirawat secara teratur.

Dengan me-restart telepon, Anda telah membantu memperpanjang umur perangkat, karena secara otomatis memperbarui sistem di dalamnya. Dengan kata lain, reboot berfungsi seperti pembaruan yang ada di komputer Anda.

Manfaat Restart iPhone

Ada banyak manfaat untuk memulai ulang atau memulai ulang iPhone Anda. Manfaat ini akan terasa jika Anda tidak me-restart selama berhari-hari. Jadi, inilah beberapa manfaat me-restart iPhone Anda.

  • Ketika Sistem Mendadak Berhenti atau Malfunction

Saat menjelajah internet di iPhone Anda, perangkat tiba-tiba mati dan tidak dapat berfungsi. Jangan panik, Anda hanya perlu me-restart iPhone Anda untuk membuatnya bekerja kembali.

  • Menyempurnakan Aplikasi yang Baru Diunduh

Jika Anda baru saja mengunduh aplikasi dari App Store atau situs web lain, Anda mungkin diminta untuk memulai ulang iPhone. Lakukan ini untuk menyelesaikan proses instalasi aplikasi baru.

  • Mengurangi Beban iPhone

Siapa bilang Anda tidak bisa membebani iPhone Anda? Sama seperti ponsel Android dan lainnya, iPhone yang Anda gunakan terus-menerus bisa menjadi kelebihan beban. Hal ini disebabkan akumulasi cache dan banyaknya aplikasi yang berjalan.

Nah, untuk mengurangi beban pada iPhone Anda, Anda perlu me-restart perangkat untuk menghapus berbagai cache. Karena jika Anda membiarkannya, iPhone Anda akan lag atau melambat saat digunakan.

  • Mengistirahatkan iPhone yang Digunakan Berhari-hari

Sistem perangkat juga mungkin terasa “lelah” jika Anda menggunakannya tanpa istirahat setiap hari. Memulai ulang atau mematikan perangkat setelah beberapa hari digunakan dapat memperpanjang umur perangkat. Sebaliknya, ingatlah untuk me-restart iPhone Anda setidaknya setiap 3-4 hari.

  • Test Jaringan

Reboot juga berguna untuk menguji jaringan yang terhubung ke perangkat. Misalnya, jika iPhone Anda mengalami penjelajahan yang lambat, mungkin sudah saatnya untuk memulai ulang iPhone Anda untuk memperbarui koneksi jaringannya. Setelah reboot, browsing di iPhone akan lebih cepat dan normal.

Keuntungan reboot ini tidak hanya untuk iPhone tetapi untuk semua jenis gadget. Ini karena reboot digunakan untuk memperbarui sistem modul. Sama seperti manusia, modul perlu di-restart untuk memberikan sistem istirahat.

Nah, jika Anda pengguna iPhone baru, Anda mungkin tidak tahu cara yang benar untuk me-restart iPhone Anda. Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa cara untuk me-restart Apple yang akan memberikan berbagai manfaat untuk Anda.

Cara Restart Melalui Sistem

Cara pertama dan termudah adalah melalui sistem iPhone. Metode reboot ini direkomendasikan oleh Apple dan dapat dilakukan jika tidak ada masalah besar pada perangkat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep / Wake hingga muncul slider merah di layar
  2. Seret penggeser di layar untuk mematikan iPhone
  3. Setelah iPhone dimatikan, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake hingga muncul logo Apple di layar

Cara Restart Secara Paksa

Jika metode restart iPhone di atas tidak bekerja pada perangkat Anda, Anda mungkin perlu memaksa restart. Nah, berikut ini adalah metode reboot paksa untuk dilakukan dalam keadaan darurat atau saat iPhone Anda tidak mau menjalankan perintah reboot di atas:

  1. Tekan dan tahan tombol Tidur / Bangun selama 10 detik
  2. Tunggu hingga logo Apple muncul di layar

Seri iPhone yang berbeda, cara yang berbeda untuk memulai ulang. Langkah-langkah di atas berlaku untuk iPhone 4s dan yang lebih baru, dan inilah cara memaksa restart dari iPhone 3G, 3GS, dan 4:

  • iPhone 3G dapat dihidupkan ulang secara paksa dengan menekan tombol Rumah selama 6-10 detik
  • iPhone 3GS dan 4 dapat dihidupkan ulang dengan menekan dan menahan tombol Tidur / Bangun. Jika ada slider merah di layar, jangan seret
  • slider merah, kami sarankan untuk menahan tombol “Home” selama 6-15 detik

Cara Restart Tanpa Tombol

IPhone, sebenarnya, dapat di-restart tanpa menggunakan tombol di badan perangkat “mahal”. Cara pertama adalah mengubah tampilan huruf iPhone menjadi bold atau bold. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu “Pengaturan” di iPhone Anda
  • Buka menu “Umum”.
  • Pilih menu “Aksesibilitas” di mana Anda menemukan kata-kata “Teks Tebal”, atur ke ON
  • Peringatan akan muncul di layar: Terapkan pengaturan ini dengan memulai ulang iPhone
  • Tekan “Lanjutkan” dan iPhone Anda akan restart secara otomatis

Sebagai catatan, jika Anda menggunakan iPhone dengan iOS 7 atau 8, Anda dapat mencoba metode reboot di atas. Namun, jika Anda menggunakan iOS 7 atau lebih lama, Anda tidak dapat menerapkan metode boot ulang yang berani ini.

Mulai ulang iPhone Anda tanpa menggunakan tombol Berikutnya untuk mengatur ulang pengaturan jaringan nirkabel iPhone Anda. Metode:

  • Buka menu “Pengaturan” di iPhone Anda
  • Buka menu “Umum”.
  • Pilih “Setel Ulang Pengaturan Jaringan” dan lanjutkan dengan konfirmasi untuk memulai ulang perangkat

Ada berbagai cara untuk me-restart iPhone Anda yang aman dan tidak akan merusak perangkat Anda. Hindari me-restart iPhone Anda dengan segera melepas baterai saat menyala, karena ini dapat merusak baterai dan iPhone itu sendiri. Penghapusan baterai hanya dimungkinkan jika semua metode di atas tidak berfungsi di iPhone Anda.

Cara Restart iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Pengguna iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, kini tidak perlu bingung melakukan restart. Kali ini Dear Signal memberikan panduan hard reset iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Tekan tombol daya di sisi kanan ponsel
  • Tekan tombol volume bawah bersamaan dengan tombol power
  • Kemudian tunggu beberapa detik hingga logo Apple muncul
  • Setelah itu, iPhone akan restart secara otomatis
  • Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan kata sandi atau sidik jari untuk menormalkan kembali ponsel
Cara Restart iPhone
Cara Restart iPhone

Cara Restart iPhone X dan iPhone 8

Jika Anda pengguna iPhone X dan iPhone 8, cara rebootnya sedikit berbeda dengan seri iPhone lainnya. Nah, jika Anda ingin me-restart iPhone X Anda, ada 3 langkah berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Berikut adalah metodenya:

  • Melakukan restart dengan tombol samping dan volume

Klik dan tahan tombol kanan dan tahan tombol volume atas/bawah hingga muncul slider.
Kemudian seret penggeser hingga iPhone X mati sepenuhnya
Setelah iPhone X dimatikan, langsung klik dan tahan tombol kanan hingga muncul logo Apple
Anda harus tahu bahwa metode me-reboot dengan tombol samping dan volume ini juga berlaku untuk pengguna iPhone 8.

  • Melakukan restart di menu settings

Selain cara di atas, ada cara lain untuk me-restart iPhone X dengan mudah menggunakan tombol samping/volume. Penasaran? Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Klik pada bagian pengaturan dan kemudian pilih menu umum
  • Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Matikan”.
  • Dan sekarang Anda tinggal klik “Shut Down” untuk restart, sangat mudah bukan?
  • Mulai ulang tanpa bantuan tombol volume
  • Melakukan restart tanpa bantuan tombol volume

Cara lain untuk me-restart iPhone X Anda adalah me-restart tanpa bantuan tombol volume. Cara ini sedikit lebih panjang dari dua cara sebelumnya. Nah, berikut cara membuatnya:

  • Buka menu pengaturan dan klik tombol umum
  • Kemudian klik Aksesibilitas
  • Pilih menu Assistive Touch dan nyalakan Assistive Touch
  • ketuk Assistive Touch, lalu klik “Perangkat” dan pilih “Lainnya”.
  • Kemudian klik tombol “Mulai Ulang”.

Waktu yang ideal untuk me-restart iPhone Anda adalah setiap hari. Namun, Anda dapat memulai kembali setiap 3-4 hari atau bahkan seminggu sekali. Pastikan Anda menghapus cache dan riwayat penelusuran di iPhone Anda secara teratur untuk menjaga perangkat Anda bebas dari kelambatan dan masalah lainnya.