hit counter

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

SIM Card Tidak Terbaca — Tidak seperti tablet, yang seringkali memiliki versi Wi-Fi saja, smartphone adalah cerita yang berbeda. Karena pengguna biasanya membawa ponsel mereka kemanapun mereka pergi dan tidak selalu berada di area dengan jangkauan Wi-Fi. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyematkan kartu SIM agar selalu terhubung, di mana pun Anda berada.

Namun, memasukkan kartu SIM tidak selalu mudah. Terkadang Anda akan menemui kendala seperti kartu SIM yang tidak ingin dideteksi oleh ponsel. Meskipun saya mengutak-atik ponsel saya, itu tetap tidak berfungsi dan dapat membuat siapa pun frustrasi. Tapi jangan terburu-buru membanting ponsel Anda karena kami memiliki beberapa tips dan trik untuk memperbaiki masalah kartu SIM yang tidak terbaca.

Pastikan Anda memperhatikan metode di bawah ini. Kami akan mencoba menunjukkan kepada Anda metode yang sederhana dan efektif sehingga Anda tidak perlu membuang waktu lagi.

SIM Card Tidak Terbaca
SIM Card Tidak Terbaca

1. Restart Ponsel

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika terjadi kesalahan pada perangkat elektronik. Ya, bukan hanya ponsel, laptop, atau PC yang bisa di-restart jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh terjadi pada perangkat Anda.

Ini karena me-reboot memulai ponsel dalam keadaan baru dan sering terbukti memperbaiki berbagai masalah termasuk kartu SIM yang tidak terbaca. Dan sekali lagi, ini adalah cara termudah sebelum diperlukan metode yang lebih sulit. Jika masih tidak dapat dibaca setelah reboot, diperlukan metode lain.

2. Masukkan SIM Card di Slot Berbeda

Pertama, Anda perlu mencari tahu apa masalahnya dengan perangkat. Siapa yang tahu jika masalahnya ada di baki SIM atau di ponsel Anda dan bukan di kartu SIM. Jika slot SIM kedua ponsel masih kosong, coba pindahkan kartu SIM ke slot kedua.

Jika Anda mendeteksinya di slot SIM kedua, mungkin masalahnya ada pada perangkat yang tidak ingin mengenali kartu SIM di slot pertama. Namun, jika kartu SIM tidak dapat dibaca di kedua slot, setidaknya sekarang Anda tahu bahwa masalahnya mungkin adalah kartu SIM. Lanjutkan dengan metode di bawah ini.

3. Pastikan SIM Card Terpasang dengan Benar

Ada kasus ketika orang memasukkan kartu SIM di tempat yang salah. Biasanya, kartu SIM yang dimasukkan terbalik tidak masuk ke dalam lubang, tetapi beberapa orang dengan cepat memasangnya dan terus mendorong kartu SIM. Jika ini masalahnya, Anda jelas perlu memastikan bahwa kartu SIM dimasukkan pada posisi yang benar.

Terkadang simbol referensi menunjukkan posisi kartu SIM yang benar di dalam baki. Namun jika tidak ada, cari bagian pinggir di samping tempat SIM yang menunjukkan bentuk “cut out”. Temukan bentuk yang sama di ujung kartu SIM dan letakkan sesuai dengan bentuk gunung seperti puzzle. Jadi pastikan itu pas dengan baki dan masukkan ke dalam ponsel Anda.

4. Bersihkan SIM Card dari Debu

Kartu SIM mungkin tidak dipindai karena berdebu dan debu ini dapat menghalangi konektor yang menghubungkan kartu ke perangkat. Untuk melakukan ini, coba keluarkan kartu SIM dari baki dan perhatikan bagian di mana pelat emas berada.

Tidak perlu dibersihkan dengan air, cukup gunakan kain dan jangan digosok terlalu banyak agar tidak merusak kartu SIM. Jika demikian, masukkan kembali ke dalam baki, hidupkan kembali ponsel Anda dan tunggu beberapa saat hingga kartu SIM dipindai.

5. Pastikan Masa Aktif SIM Card Masih Berlaku

Nah, itulah yang sering tidak diperhatikan pengguna: masa aktif. Apalagi jika kartu SIM yang Anda gunakan adalah kartu sekunder, yang juga dikenal sebagai kartu SIM kedua. Orang yang biasanya suka lupa menaruh pulsa di kartu SIM ini terkadang karena lebih sering menggunakan kartu SIM pertama.

Jika tidak digunakan atau diisi ulang dalam waktu lama, kartu SIM akan dinonaktifkan oleh penyedia layanan dan tidak akan terbaca lagi. Menentukannya cukup sederhana, cukup hubungi operator di nomor tetap atau masih aktif dan komplain masalah tersebut.

Secara umum, jika tidak lebih dari sebulan telah berlalu sejak masa berlaku SIM aktif, masih dimungkinkan untuk mengganti SIM dengan yang baru, tetapi selalu dengan nomor yang sama. Datang saja ke cabang servis terdekat pada hari kerja. Tetapi jika waktu tunda terlalu lama, Anda mau tidak mau harus membeli nomor baru.

6. Cek Pengaturan SIM Card

Jika masih tidak berhasil, Anda mungkin ingin pergi ke menu pengaturan kartu SIM untuk mencari tahu apa yang salah. Setiap ponsel memiliki metode yang berbeda, tergantung pada pabrikan, versi OS, dan antarmuka pengguna. Namun pada dasarnya tetap sama, Anda harus masuk ke menu Setting atau Setting.

Kemudian pilih menu Network and Internet -> Mobile network. Nah kemudian di sini Anda akan menemukan pengaturan yang terkait dengan kartu SIM. Coba aktifkan Mobile Data dari sini, siapa tahu kartu SIM benar-benar terdeteksi tetapi tidak diaktifkan melalui menu ini.

7. Cek Status Registrasi

Saat membeli kartu SIM untuk pertama kalinya, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Salah satu alasan mengapa kartu SIM tidak terdeteksi mungkin karena ada masalah selama proses pendaftaran, sehingga pusat tidak menerima informasi Anda.

Sama seperti mengecek status aktif kartu SIM Anda, Anda perlu menghubungi call center operator yang Anda gunakan. Atau, Anda dapat mencoba lagi pendaftaran dengan membuka aplikasi SIM Toolkit ponsel Anda.

Cara lain untuk mendaftarkan ulang kartu SIM Anda adalah melalui SMS. PayFazz melaporkan bahwa ada beberapa cara untuk mendaftarkan kartu SIM Anda melalui SMS di bawah ini.

  • Simpati, Loop dan Kartu As : Masukkan REPEAT <spasi> nomor NIK # nomor KK #, kirim ke 4444 untuk mendaftar kembali.
  • XL dan tree : isikan data dengan format REPEAT#NUMBER NIK#NUMBER KK dan kirim ke 4444.
  • Indosat: ULANGI # NIK nomor # nomor KK dan kirimkan ke 4444.
  • Tri: ULANGI #NIK#KK ke 4444.
  • Smartfren: nomor NIK # nomor KK ke 4444.

Kesimpulan SIM Card Tidak Terbaca 

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan jika kartu SIM kamu tidak terbaca. Berhati-hatilah setiap kali Anda mengeluarkan dan memasukkan kartu SIM untuk mencegah masalah ini terjadi lagi di masa mendatang. Pastikan juga masa aktif kartu SIM Anda tidak kedaluwarsa dengan melakukan top-up pulsa secara rutin.

Jika masih tidak berhasil setelah melakukan cara di atas, Anda dapat mencoba memasukkan kartu SIM ke perangkat lain, mengunjungi pusat layanan atau membeli kartu SIM baru. Metode mana yang sudah Anda coba? Dan bagaimana cara yang efektif untuk membaca ulang kartu sim? Share di kolom komentar ya!