Cara Membuat QR Code dengan Mudah dan Praktis

Cara Membuat QR Code  — Kode QR atau yang bisa disebut kode QR merupakan teknologi evolusioner dari barcode atau barcode. Pada awalnya, barcode itu sendiri memiliki dimensi. Sedangkan kode QR memiliki dua dimensi.

Kode QR sendiri sangat sering digunakan oleh negara Jepang Sakura. QR diyakini memiliki kemampuan yang lebih canggih daripada kode batang. Kode ini didaftarkan untuk menyimpan lebih banyak data daripada kode batang.

Namun kini Indonesia juga membawa kode QR untuk keperluan komersial atau registrasi. Nah, tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat kode QR sendiri? Kenyamanan kode QR bisa kamu buat sendiri lho. Oleh karena itu, kali ini Dear Signal akan membahas tentang cara membuat kode QR. Apakah Anda ingin tahu juga? Yuk simak artikel kami sampai habis.

Sejarah QR Code

Cara Membuat QR Code
Cara Membuat QR Code

Kode QR pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan bernama Denso Wave. Pada tahun 1994, Denso Wave Corporation berhasil mempublikasikan teknologi kode QR untuk pertama kalinya. Denso Wave sendiri merupakan perusahaan Jepang yang ingin membuat alat pemindai respon cepat.

Itu sebabnya mereka membuat alat pemindaian QR. QR sendiri merupakan singkatan dari Quick Response atau Respon Cepat. Menurut singkatannya, kode QR seharusnya dapat mengirimkan informasi dengan cepat dan bereaksi dengan cepat.

Fungsi awal dari kode QR itu sendiri adalah sebagai pelacak kendaraan untuk pembuatan suku cadang. Namun kini kode QR memiliki fungsi yang lebih luas. Jika diperhatikan, Jepang sangat mengandalkan kode QR untuk memfasilitasi segala aktivitas.

Hampir semua ponsel di Jepang memiliki teknologi kode QR, yang memudahkan untuk mempromosikan produk, layanan, atau pertukaran lainnya. Sementara itu, di Indonesia, kode QR pertama kali digunakan oleh KOMPAS untuk memudahkan pembaca mengakses berita, komentar atau memberikan masukan kepada KOMPAS.

Fungsi dan Manfaat QR Code

Di bagian riwayat kode QR, kami memiliki gambaran singkat tentang fungsi dan manfaat kode QR, yaitu penyimpanan data dan akses yang lebih mudah. Fungsi kode QR dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu operasi komersial dan kepentingan umum.

1. QR Code Untuk Komersial

Untuk tujuan komersial, ini dapat digunakan sebagai acara promosi produk, layanan, atau iklan lainnya. Seperti yang Anda ketahui, kode QR memudahkan untuk menyimpan dan mengakses data. Misalnya ada iklan yang hanya mengirimkan kode QR. Saat Anda memindai kode QR, Anda akan secara otomatis masuk ke halaman iklan.

Ini pernah digunakan oleh penyanyi Inggris, terutama Pet Shop Boys pada tahun 2007. Mereka menggunakan kode QR, kemudian orang memindai kode dan langsung diarahkan ke situs web penyanyi.

Selain itu, kode QR pernah digunakan untuk memasarkan Film 9. Saat itu, pelanggan menerima kartu dengan kode QR di atasnya. Kini, hanya dengan memindai kode QR, pelanggan dapat mengakses film secara instan dan cepat.

2. QR Code untuk Kepentingan Umum

Tahukah Anda bahwa kode QR dapat membantu keamanan pangan? Di Jepang, salah satu fungsi kode QR adalah untuk menampilkan kandungan gizi dan tanggal kadaluarsa makanan. Jadi Jepang memperkenalkan kode QR yang dapat dipindai. Dengan memindai kode QR pada kemasan makanan, Anda dapat menemukan isi makanan secara otomatis.

Restoran McDonald’s menggunakannya di Jepang. Ada sekitar 19 jenis sandwich atau sandwich yang direkatkan menggunakan teknologi kode QR. Kode dapat dipindai dan menunjukkan informasi tentang alergi, jumlah kalori dan nutrisi dalam sandwich.

Tidak hanya digunakan untuk mengetahui nilai gizi makanan, tetapi Anda juga dapat menggunakan kode QR untuk mengetahui lokasi bus. Saat menunggu bus di halte, ada kode QR yang bisa dipindai. Kode QR menunjukkan lokasi bus yang diharapkan. Jadi kode QR benar-benar berguna dan sangat berguna bagi orang-orang.

Cara Membuat QR Code Secara Online

Nah sekarang Anda sudah paham dengan kode QR beserta fitur dan manfaatnya. Sekarang Anda dapat membuat kode QR Anda. Ini karena membuat kode QR cukup sederhana. Ada banyak situs web untuk menghasilkan kode QR, cukup salin dan tempel tautan situs web atau tautan yang menghasilkan kode QR.

Metode ini cukup sederhana. Anda dapat membuat kode QR di Internet. Ada banyak situs penyedia untuk membuat kode QR. Anda dapat melihat dan mengunjungi situs atau website yang merupakan penyedia layanan pembuatan kode QR. Tidak rumit, ikuti saja langkah-langkah untuk membuat kode QR berikut:

1. Pilih QR Code Generator yang Cocok untuk Anda

Empat situs atau website menjadi pembuat kode QR. QR Code Generator mungkin merupakan teknologi yang menyediakan layanan untuk menghasilkan kode QR. Anda dapat mengunjungi Kaywa, GOQR.me, Visualead dan QR Stuff. Setiap penyebutan QR Code Generator memiliki opsi untuk mendapatkan kode QR unik.

2. Buat QR Code-nya dan Masukan Link

Apakah Anda ingin membuat kode QR yang terlihat seperti logo merek Anda? Anda dapat membuatnya dengan 4 generator kode QR yang disebutkan sebelumnya. Atau apakah Anda ingin menampilkan kode QR sebagai gambar di situs web Anda? Tentu saja. Berikut cara mudah membuat kode QR. Berikut adalah demo menggunakan GOQR.me:

  • Langkah Pertama

Klik di sini untuk mengakses GOQR.me. Setelah itu, GOQR akan menampilkan halaman utama seperti di bawah ini. Diperlukan tiga langkah untuk menghasilkan kode QR di GOQR ini.

Pertama, Anda dapat memilih jenis kode QR yang ingin Anda buat. Ada 9 jenis kode QR, beberapa di antaranya adalah website/URL, teks, kontak, SMS, telepon atau lokasi. Berikut kami sajikan kode QR dengan tipe URL. Kemudian kita klik pada jenis URL seperti pada gambar di atas.

  • Langkah Kedua

Langkah selanjutnya adalah memasukkan tautan URL yang ingin Anda buatkan kode QR. Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan tautan atau URL situs web tersebut.

  • Langkah Ketiga

Setelah Anda selesai memasukkan tautan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu Pratinjau Langsung. Di bagian ketiga ini, Anda dapat langsung mengklik tombol “Unduh”.

  • Langkah Keempat

Setelah mengklik tombol “unduh”, beberapa opsi akan muncul. Anda dapat mengubah warna kode QR, mengubah ukuran kode QR, dan lainnya. Jika sudah puas, langsung klik salah satu opsi “Download QR Code As”.

Ada beberapa opsi untuk mengunduh kode QR yang dihasilkan. Anda dapat memilih dari format PNG, JPEG, SVG atau EPS. Cukup klik pada format yang diinginkan.

3. Tes Keberhasilan QR Code yang Telah Dibuat

Setelah beberapa langkah dan berhasil membuat kode QR Anda, langkah selanjutnya adalah menguji keberhasilan kode QR yang dibuat. Anda dapat menggunakan “Cari dengan Gambar Google” atau Anda dapat menggunakan Pembaca & Pemindai Kode QR.

Namun secara umum, pengujian kode QR menggunakan “Search by Google Image” seringkali gagal. Namun, Anda masih dapat menggunakan aplikasi Pembaca Kode QR yang kami rekomendasikan sebelumnya. Bagaimana cara kerja kode QR yang Anda buat? Sangat mudah untuk menggores kode QR, bukan?

Cara Membuat QR Code di Android

Ada cara lain untuk membuat kode QR dengan mudah. Jika Anda pergi ke PlayStore, Anda akan menemukan aplikasi bernama QR Code Generator, klik di sini untuk mengunduh aplikasi. Membuat kode QR dengan aplikasi Android juga semudah membuat kode QR online. Begitulah:

  1. Akses aplikasi QR Code Generator. Anda kemudian akan dihadapkan dengan berbagai jenis konten untuk kode QR. Di sini Carisignal memilih jenis URL. Kemudian klik tulisan “URL”.
  2. Selanjutnya, Anda dapat mencatat tautan URL yang ingin Anda buatkan kode QR. Jangan lupa untuk memasukkan “Alamat” di bawah tautan URL. Kemudian tekan kata “GENERATE” di pojok kanan atas.
  3. Setelah PENCIPTAAN, kode QR akan muncul secara otomatis dan Anda dapat langsung menyimpannya. Anda telah berhasil membuat kode QR Anda. Periksa kesuksesan Anda dengan aplikasi Pembaca & Pemindai Kode QR.

Jadi, inilah cara membuat kode QR Anda dengan mudah dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir menyalin tautan untuk dibagikan dengan orang lain. Cukup buat kode QR dan bagikan dengan orang lain. Mudah bukan? berhasil melakukannya?

Yap, selain tutorial cara membuat kode QR, kami juga membahas cara mudah membuat kode batang. Mau tahu caranya, langsung cek artikelnya di sini.