hit counter

Cara Mudah Update Play Store ke Versi Terbaru

Cara Mudah Update Play Store–Pengguna Android pasti sudah familiar dengan Google Play Store. Ini karena semua ponsel berbasis Android harus memiliki Layanan Google Play untuk menjalankan aplikasi ini. Google Play di Android adalah pintu gerbang untuk mengunduh berbagai aplikasi yang tersedia untuk Android.

Sama seperti aplikasi pada umumnya, Google Play perlu diperbarui secara berkala untuk memastikan toko digital memiliki fitur terbaru, pengembangan aplikasi yang stabil, dan perubahan visual. Nah, ada banyak cara yang disarankan untuk memperbarui Google Play. Artikel ini menjelaskannya lebih jelas. Yuk, cek informasinya!

Cara Mudah Update Play Store
Cara Mudah Update Play Store

Apa Itu Google Play Store?

Google Play dulu disebut Android Market. Ini adalah layanan resmi yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan multinasional raksasa di Amerika Serikat. Perusahaan sekarang mengembangkan produknya lebih lanjut.

Dari perspektif perangkat, Google Play Store adalah sebuah aplikasi, meskipun sebenarnya adalah sebuah platform. Google Play bukan hanya rumah dan repositori untuk aplikasi dan game, tetapi juga untuk beberapa konten digital.

Selain aplikasi, mereka menawarkan konten digital kepada pengguna Android dari buku, film, majalah, dan musik. Google menawarkan banyak koleksi musik digital dari seluruh dunia, meskipun Anda harus berlangganan atau membayar sekali saat membeli produk.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya apakah kita harus selalu mengunduh aplikasi, game, buku, atau musik dari Google Play? Jawabannya adalah Google merekomendasikan untuk mengunduh aplikasi dari platformnya.

Ini karena mereka yakin aplikasi yang terdaftar di platform mereka bebas malware. Ini secara alami melindungi perangkat pengguna untuk menginstal berbagai aplikasi yang diinginkan.

Meskipun Google sebenarnya bukan satu-satunya platform sumber yang menawarkan aplikasi untuk ponsel Android. Namun, dengan keamanan yang mereka tekankan, sepertinya tidak ada alasan untuk tidak menginstal aplikasi dari sumber tepercaya seperti Google.

Berbicara tentang update Google Play Store, layanan toko digital Google perlu diperbarui agar lebih optimal dalam memberikan layanannya. Anda dapat memperbarui layanan ini kapan saja.

Karena Google tidak menyediakan opsi pemberitahuan langsung untuk pembaruan Play Store. Google Play Store dapat secara otomatis memperbarui di balik layar. Namun, terkadang karena alasan tertentu Play Store dapat berhenti dan tidak memperbarui secara otomatis.

Ini bisa jadi karena aplikasi tidak akan diunduh karena Google Play Store telah kedaluwarsa. Untuk menghindarinya, Anda perlu memperbarui Google Play secara manual atau menginstalnya untuk memeriksa pembaruan terbaru.

Cara Update Play Store

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana Cara Mudah Update Play Store, maka langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Mengupdate Google Play dari Pengaturan Play Store

Pasti sangat menjengkelkan ketika kita membuka Google Play Store tetapi tidak merespon dengan baik, ini berarti Google Play Store tidak dapat dibuka. Jelas kami tidak dapat memperbarui aplikasi yang sudah diinstal pada perangkat. Ini adalah salah satu hal yang terjadi ketika Google Play Store tidak diperbarui ke versi terbaru.

Kita semua tahu bahwa Google Play Store memperbarui dirinya sendiri secara otomatis. Tetapi Anda dapat memeriksa pembaruan sendiri di menu pengaturan Google Play Store. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui.

  • Buka telepon. Cari ikon Google Play Store.
  • Buka aplikasi Play Store di ponsel Anda. Ketuk bagian profil lalu temukan menu Pengaturan.
  • Pada halaman Pengaturan, pilih Tentang.
  • Kemudian ketuk Versi Play Store. Jika ada pembaruan baru, Play Store akan diperbarui secara otomatis. Jika Anda telah memperbarui Play Store, Anda akan menerima pemberitahuan pop-up yang memberi tahu Anda bahwa versi Play Store yang Anda gunakan adalah yang terbaru.

2. Update Google Play dengan Membersihkan Data Penyimpanan

Cara lain untuk memaksa otomatisasi Play Store adalah dengan menghapus data. Ketika Anda melakukannya, Google akan secara otomatis memeriksa pembaruan terbaru. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus data Play Store Anda:

  • Buka menu Pengaturan ponsel Anda.
  • Di bagian Umum, pilih Aplikasi dan pemberitahuan, lalu pilih Tentang aplikasi. Atau ketuk cari dan masukkan detail aplikasi. Jika hasilnya langsung muncul, ketuk.
  • Gulir ke bawah dan temukan aplikasi Google Play Store dan ketuk di atasnya.
  • Pada halaman informasi aplikasi, pilih Hapus data.
  • Mulai ulang ponsel Anda dan tunggu 2-3 menit hingga Google Play Store diperbarui secara otomatis.

Jika Anda mengalami masalah dengan Google Play Store, coba gunakan metode ini untuk menghapus data Anda. Langkah-langkah untuk ini sama seperti yang dijelaskan di atas.

3. Menggunakan Apk

Jika dua cara di atas untuk memperbarui Google Play Store tidak berhasil, gunakan cara lain. Anda dapat menggunakan file apk untuk memperbarui Google Play.

Pertama, pastikan pengaturannya ada di opsi Berikan izin untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal. Karena kami memperbarui Google Play dari sumber pihak ketiga, perangkat Android memerlukan izin khusus untuk memperbarui. Hal ini dilakukan untuk alasan keamanan.

Langkah-langkah untuk memperbarui dengan cara ini mungkin berbeda antara perangkat pra-Oreo dan pasca-Oreo. Dua langkah yang berbeda dijelaskan di bawah ini.

Jika Anda ingin memperbarui apk Google Play di perangkat Android pra-Oreo seperti Marshmallow, Nougat, dan lainnya, Anda harus melakukannya.

  • Ketuk Pengaturan pada perangkat Anda dan pilih Keamanan / Privasi.
  • Kemudian, di layar berikutnya, cari Sumber Tidak Dikenal.
  • Pilih Aktifkan dan konfirmasi di jendela pop-up.

Sedangkan untuk perangkat Oreo dan Android P, instalasi apknya adalah sebagai berikut.

  • Di perangkat Anda, ketuk Pengaturan dan pilih Aplikasi & Pemberitahuan.
  • Di bawah Aplikasi & pemberitahuan, ketuk Akses aplikasi lanjutan.
  • Ketuk Instal Aplikasi Tidak Dikenal.
  • Ketuk Chrome untuk mengunduh file apk dari mesin pencari. Kemudian ketuk mesin pencari yang Anda gunakan.
  • Pada layar berikutnya, aktifkan kotak centang Izinkan dari sumber ini.

Mudah apa? Berikut beberapa cara update Google Play Store yang telah kami rangkum. Semoga ini bisa memberi Anda informasi lebih lanjut. Setelah pembaruan terbaru, Anda dapat membuka dan mengakses Google Play Store tanpa masalah.