hit counter

Cara Bikin Thumbnail Youtube yang Mudah untuk Pemula

Cara Bikin Thumbnail Youtube–Saat Anda menonton YouTube, apa yang pertama kali Anda lihat di video? Jika Anda merespons tampilan gambar atau teks awal dalam video, itu berarti Anda sedang melihat thumbnail YouTube. Nah, banyak yang belum paham apa itu thumbnail YouTube? Terlepas dari apa yang Anda lihat di video, tidak ada thumbnail YouTube yang tertulis di dalamnya.

Singkatnya, thumbnail YouTube adalah kilasan video berupa gambar atau foto dan ditampilkan sebagai video sampul. Bagi YouTuber atau pembuat konten, thumbnail YouTube memainkan peran penting karena dapat mengundang banyak penonton untuk menonton video Anda. Di sinilah peti-peti uang rupiah mulai berdatangan. Kali ini, kita akan melihat lebih dekat pada gambar mini YouTube dan cara membuat gambar mini YouTube yang menarik dan dapat diklik.

Cara Bikin Thumbnail Youtube
Cara Bikin Thumbnail Youtube

Sekilas Tentang Apa Itu Thumbnail Youtube

Thumbnail Youtube adalah gambar kecil yang dilampirkan di awal video. Alasan gambar tersebut disebut thumbnail adalah karena ukurannya yang kecil, hampir sebesar kuku jari manusia. Namun, gambar mini memainkan peran penting dalam video YouTube Anda. Manfaat thumbnail sangat penting untuk konten video yang diunggah ke YouTube. Thumbnail ini juga bisa disebut video sampul.

Thumbnail YouTube adalah hal pertama yang dilihat pemirsa saat menjelajahi saluran YouTube. Thumbnail merupakan gambaran keseluruhan isi video dan menjadi faktor utama dalam menentukan apakah penonton akan menontonnya atau tidak. Jadi, pada saat produksi, miniatur juga harus dibuat semenarik mungkin.

Misalnya, ketika Anda pergi ke toko buku, apa hal pertama yang membuat Anda menarik dan mengambil buku dari rak? Sampul bukunya, ya? Nah, thumbnail Youtube ini seperti sampul buku. Thumbnail adalah hal pertama yang diperhatikan penonton sebelum memutuskan apakah akan tetap menonton atau tidak. Menurut laporan YouTube, 90% video dengan performa terbaik memiliki gambar mini yang unik dan menarik. Jadi, jika pembuat atau pembuat video tidak menggunakan gambar mini YouTube, mereka kehilangan peluang besar untuk menarik perhatian pemirsa.

Harap dicatat bahwa ada dua jenis miniatur yang dapat dipilih. Pertama, thumbnail default atau otomatis. Thumbnail default muncul ketika video selesai diunggah dan Anda mendapatkan tiga opsi thumbnail yang diambil secara otomatis dari bagian video yang diunggah. Kedua, gambar mini khusus adalah gambar yang Anda buat dan unggah untuk menggantikan pengaturan gambar mini khusus Anda.

Ukuran Thumbnail Youtube

Ukuran thumbnail Youtube sangat kecil. Jadi yang tertarik membuat custom thumbnail juga harus memperhatikan ukurannya agar memenuhi standar Youtube yang ditentukan. Untuk penjelasan detail ukuran thumbnail YouTube, silakan lihat tips dukungan aplikasi YouTube Studio di sini.

  • Resolusi gambar 1280 × 720, lebar minimum 640 piksel
  • Satu-satunya format gambar yang dapat diunggah adalah JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran maksimum file gambar adalah 2 MB
  • Rasio aspek gambar adalah 16: 9
  • Mereka tidak mengandung SARA

Fungsi dan Manfaat Thumbnail Youtube

Berbicara tentang fitur dan manfaat thumbnail YouTube, tentu untuk menarik perhatian penonton agar menonton video yang Anda unggah. Karena gambar mini YouTube pada dasarnya membuat penasaran pemirsa, apa sebenarnya isi dari video ini? Apalagi jika Anda memilih thumbnail YouTube dengan wajah atau wajah yang ekspresif. Tentu saja, ekspresi wajah ini dapat membuat orang berpikir tentang alasan ekspresi yang diucapkan, jadi apa yang terjadi? Ini mendorong pemirsa untuk memutar video yang diunggah.

Anda juga dapat menambahkan beberapa teks ke thumbnail Youtube. Tidak hanya gambar yang ditampilkan, teks juga berperan dalam mendeskripsikan isi video kepada penonton. Anda dapat memilih dan menggunakan kata-kata yang mudah diingat atau bahkan hanya mencantumkan judul video itu sendiri. Pada dasarnya, pemirsa lebih cenderung membaca teks di thumbnail daripada teks di kolom deskripsi, yang biasanya ada di bawah video Youtube yang diunggah.

Jadi, selain menarik penonton, thumbnail Youtube juga bisa membantu penonton memahami video yang diunggah secara sekilas. Mereka yang terlalu malas untuk membaca atau menonton video terlalu lama lebih memilih untuk melihat thumbnail YouTube terlebih dahulu.

Cara Bikin Thumbnail Youtube

Apakah Anda siap untuk menarik lebih banyak penonton? Sebelum itu, mari kita lihat bagaimana Cara Bikin Thumbnail Youtube yang tidak membosankan dan membuat klik penonton saat pertama kali melihatnya? Nah, bagaimana!

1. Usahakan Menggunakan Gambar Wajah yang Ekspresif

Publik paling tertarik ketika mereka melihat wajah Anda di layar ponsel atau laptop mereka. Juga, wajah-wajah yang penuh dengan ekspresi wajah, penonton pasti sangat penasaran. Selain penasaran, ekspresi wajah ini membuat penonton jatuh cinta pada pandangan pertama dengan video yang Anda unggah. Umumnya cara membuat thumbnail YouTube ini banyak digunakan oleh beberapa Youtuber yang ingin mendapatkan banyak klik pada videonya.

Perhatikan bahwa bagi mereka yang ingin memberikan gambar wajah ekspresif untuk thumbnail Youtube, gambar latar belakang tidak harus berupa wajah close-up. Anda dapat menggunakan gambar yang sesuai dan menarik berdasarkan video yang Anda buat. Misalnya, sebagai jenis serial video web.

2. Tambahkan Tulisan dan Background yang Menarik

Cara Membuat Thumbnail YouTube Anda tidak boleh melewatkan saat membuat thumbnail YouTube dengan menambahkan teks dan background yang menarik. Anda dapat memilih font tebal dan warna kontras dari foto yang akan Anda gunakan nanti. Misalnya, foto di thumbnail kebanyakan berwarna putih. Anda dapat memilih warna kuning untuk teks. Juga, teks tidak boleh terlalu panjang, karena semakin pendek semakin baik. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan foto tanpa latar belakang, Anda dapat menambahkan sendiri warna atau pola yang menarik.

3. Pastikan Teks Mudah Dibaca

Langkah ini dianggap penting karena ketika teks yang Anda buat sulit dibaca, audiens akan malas untuk melihatnya. Anda dapat memilih font teks agar tidak terlalu rumit atau memberikan teks yang terlalu panjang dengan pilihan kata yang berbelit-belit. Cara lain yang lebih baik untuk membuat thumbnail YouTube adalah dengan menggunakan font dan warna yang sama untuk menciptakan kesan yang menarik.

4. Tambahkan Efek Stiker Agar Lebih Menarik

Cara membuat thumbnail YouTube selanjutnya adalah dengan menambahkan efek stiker. Tugasnya adalah membuat thumbnail yang Anda buat lebih menonjol sehingga efeknya terlihat seperti stiker. Ini juga menciptakan desain yang kuat untuk gambar mini YouTube di video yang Anda unggah. Bagaimana? Anda dapat menghapus latar belakang asli dari foto atau gambar yang ingin Anda gunakan untuk thumbnail YouTube. Anda dapat menggunakan alat Penghapusan Latar Belakang Otomatis yang tersedia di Picmaker. Kemudian tambahkan batas atau garis putih. Ternyata banyak pembuat konten juga menggunakan efek ini untuk muncul sebagai pop-up di thumbnail video mereka.

5. Terapkan Teknik Kontras Ketika Membuat Thumbnail Youtube

Seperti disebutkan di atas, penting untuk memasukkan teks sebagai judul video. Tapi bagaimana jika publik tidak bisa membacanya? Jadi apakah masih berguna? Di sinilah kontras teknis dari desain miniatur memainkan peran penting.

Ada banyak jenis kontras, aspek utamanya adalah kontras warna. Misalnya, kontras hitam dan putih cukup tinggi, sedangkan kontras merah dan oranye rendah. Ini adalah teknik dasar yang bekerja secara efektif dan digunakan oleh banyak Youtuber atau pembuat konten saat membuat thumbnail yang dapat diklik.

Itulah cara membuat thumbnail YouTube yang perlu Anda pahami sebelum menjadi Youtuber terkenal. Namun, Anda juga perlu mempersiapkan hal yang paling penting terlebih dahulu, seperti ponsel, kamera, laptop atau komputer, dan tripod untuk membuat video. Masalah biasanya muncul saat membuat video. Mulai dari kamera mati, tripod rusak atau handphone yang tiba-tiba jatuh dan pecah. Anda tidak perlu khawatir jika kamera dan tripod tidak bisa digunakan, cukup menggunakan handphone saja.