Cara Menghilangkan Iklan YouTube di Laptop dengan Mudah

Cara Menghilangkan Iklan YouTube — YouTube tidak hanya merupakan sumber tontonan online paling populer, tetapi juga merupakan mesin pencari terbesar kedua di dunia, sehingga dipenuhi dengan konten iklan. Banyak merek memanfaatkan platform ini untuk beriklan di tepi pemirsa yang melihat konten, menjadikannya area yang cukup subur bagi pengiklan.

Baik itu menyiarkan berita terbesar secara langsung atau meluncurkan produk baru, diperkirakan lebih dari 1 miliar jam video YouTube dibuat setiap hari. Ini lebih dari gabungan video dari Netflix dan Facebook, menunjukkan bagaimana kedua platform mendominasi kehidupan online kita. Pengguna juga dapat menemukan banyak informasi berguna secara gratis di pusat video ini, meskipun harus menonton pengumumannya terlebih dahulu.

Sebagai salah satu tempat paling populer untuk menonton video di web dan seluler, platform YouTube Google membiayai dirinya sendiri dengan menayangkan iklan kepada pemirsa. Namun, ada cara untuk menghilangkan iklan yang menurut sebagian orang mengganggu dengan membayar YouTube Premium atau menggunakan pemblokir iklan. Berikut cara menghilangkan iklan youtube menurut cara pengguna reddit.

Cara Menghilangkan Iklan YouTube
Cara Menghilangkan Iklan YouTube

Cara Menghilangkan Iklan YouTube

YouTuber lama akan ingat bahwa YouTube hanya menawarkan satu iklan pada satu waktu, tidak seperti sekarang. Platform ini mulai menampilkan iklan sebanyak di televisi, karena pendapatan iklan sangat penting bagi pembuat konten. Berikut adalah berbagai cara Anda dapat memblokir iklan YouTube.

Cara Menghilangkan Iklan YouTube dengan URL

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan iklan YouTube yang mengganggu adalah dengan menambahkan satu karakter ke URL Anda dalam satu langkah cepat dan mudah. Meskipun tidak ada jaminan kesuksesan penuh, inilah yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan iklan tersebut:

  • Buka YouTube di browser favorit Anda.
  • Temukan video yang ingin Anda tonton, yang URL-nya muncul di bagian atas bilah sisi YouTube
  • Sekarang tambahkan titik tepat setelah “.com” untuk mengubah URL baru
  • Konten dapat direproduksi tanpa iklan

Langkah pertama ini adalah langkah mudah dan aman untuk dicoba, dan mengingat Google tidak ragu untuk mengembangkan perbaikan untuk menghilangkan celah kecil yang dapat membahayakan Anda, Anda akan menemukan lebih banyak trik di bawah ini.

Cara Blokir Iklan YouTube dengan AdBlock

Cara lain untuk memblokir iklan di dalam dan di luar YouTube adalah dengan pemblokir iklan yang tidak hanya membahas YouTube, tetapi juga situs lain tempat Anda mungkin menemukan iklan. Anda dapat menambahkan pemblokir iklan ke Chrome atau Firefox dengan ekstensi praktis atau mengunduh peramban bebas iklan untuk ponsel Anda. Ada banyak pilihan untuk dipilih, jadi semuanya tergantung pada preferensi pribadi.

Tetapi jika Anda menambahkan perangkat lunak pemblokiran ke browser Anda, Anda perlu menonton YouTube di browser yang sama karena aplikasi ini hanya berfungsi di browser yang sama. Meskipun ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi pengguna desktop, pengguna seluler tidak dapat menggunakan aplikasi ini, yang kurang praktis bagi mereka.

Cara Blokir Iklan YouTube dengan VPN

Salah satu cara paling komprehensif untuk menghilangkan iklan adalah VPN. Dalam banyak hal, ini berfungsi seperti pemblokir iklan, meskipun Anda memiliki kebebasan saat menggunakan alternatif ini. VPN membantu melindungi data dan riwayat penjelajahan Anda dari pengintaian, jadi Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang iklan bertarget.

Jika itu tidak cukup, Anda dapat menggunakan VPN untuk memalsukan lokasi Anda dan menikmati konten yang dibatasi secara geografis, karena beberapa konten YouTube terkadang membatasi penontonnya. Tidak banyak langkah tambahan yang diperlukan untuk memblokir iklan YouTube dengan VPN. Selama masih aktif, layanan VPN masih harus melakukan sisanya.

Cara Menghilangkan Iklan YouTube Bagi Creator

Misalnya, Anda menjalankan saluran YouTube dan menghasilkan uang dengan iklan yang ditampilkan di sebelah konten Anda. Jika Anda ingin membuat pengalaman menonton lebih menyenangkan, Anda dapat menonaktifkan iklan untuk masing-masing video di saluran Anda:

  • Masuk ke YouTube
  • Klik gambar profil Anda, lalu buka YouTube Studio
  • Pilih Video dari menu di sebelah kiri
  • Pilih video yang iklannya ingin Anda blokir
  • Klik Monetisasi di menu sebelah kiri
  • Di kotak Monetisasi, klik Nonaktifkan dan Terapkan Perubahan
  • Klik tombol Simpan di pojok kanan atas

Cara Menghilangkan Iklan YouTube dengan YouTube Premium

Cara terakhir untuk memblokir iklan YouTube secara efektif adalah dengan berlangganan YouTube Premium. Sekarang Anda dapat mencapai lebih dari sekadar menjelajahi konten yang lebih luas, namun bebas iklan pada saat yang sama, bahkan jika Anda harus membayar sejumlah uang untuk itu. Berikut adalah alasan lain untuk bergabung dengan YouTube Premium:

  • Unduh video dan tonton saat bepergian tanpa data.
  • Putar video di latar belakang saat multitasking.
  • Nikmati fitur tambahan dan video eksklusif.

Memahami Konsep YouTube Ads/Iklan

Konten video sangat kuat dan memiliki dampak yang lebih besar daripada konten hanya teks. YouTube sendiri memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, dan pengguna tersebut menonton satu miliar jam video setiap hari, menghasilkan miliaran tampilan. Jumlah ini akan terus bertambah, tidak hanya setiap hari, tetapi setiap detik. YouTube sendiri juga tersedia di perangkat seluler, menjangkau lebih banyak orang berusia antara 18 dan 49 tahun daripada TV tradisional.

Jadi tidak heran jika pemasaran video sedang naik daun, membuka banyak peluang bagi pengiklan dan merek. Beriklan di YouTube sendiri, melalui Google Ads, adalah cara untuk mempromosikan konten video Anda di YouTube atau di hasil pencarian untuk memaksimalkan jangkauan pengguna. Ini bisa jadi video Anda yang diputar sebelum pengguna menonton video orang lain, atau muncul di hasil penelusuran YouTube untuk ditonton orang secara keseluruhan.

Kesimpulan Cara Menghilangkan Iklan YouTube 

Metode dan alat andal lainnya untuk menghindari iklan YouTube adalah dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan atau ekstensi peramban web yang bagus. Solusi ini memblokir iklan tidak hanya di YouTube, tetapi juga di situs web lain, termasuk iklan pop-up, iklan spanduk, pengalihan, dan terkadang bahkan pelacak iklan yang menampilkan promosi berdasarkan perilaku online Anda sebelumnya.

Meskipun iklan dapat menjadi hambatan bagi pemirsa YouTube, iklan juga dapat membantu pembuat konten. Iklan berhasil membantu pengiklan dan merek, serta pemilik konten, menyediakan platform untuk mengunggah konten mereka ke iklan tersebut. Jadi, tetap dukung pembuat konten Anda dengan menampilkan iklan di konten mereka.