Cara Download Lagu MP3 dari YouTube yang Praktis

Cara Download Lagu MP3 dari YouTube — YouTube memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dihadirkan oleh berbagai aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox atau lainnya. Ini karena saluran YouTube dari Google ini dapat menampilkan berbagai jenis konten yang dibuat pengguna atau diunggah secara bebas, seperti podcast, tutorial, atau pertunjukan langsung.

Bedanya di YouTube jenis kontennya jelas video. Jika Anda hanya ingin menikmati konten YouTube dalam bentuk audio, untungnya bukan tidak mungkin karena ada banyak cara untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Daripada bertanya-tanya, di bawah ini adalah beberapa cara sederhana dan praktis untuk mengunduh lagu MP3 dari YouTube.

Cara Download Lagu MP3 dari YouTube Melalui Browser

Cara Download Lagu MP3 dari YouTube
Cara Download Lagu MP3 dari YouTube

1. YT1s.com

Cara ini mungkin merupakan cara yang paling praktis dan paling mudah yaitu melalui browser. Beberapa keuntungan dari cara ini adalah Anda tidak perlu khawatir untuk menginstal aplikasi, sehingga Anda menghemat kuota dan tidak memakan ruang di penyimpanan internal Anda.

Sebenarnya cara ini juga cukup fleksibel karena bisa dilakukan di perangkat apapun seperti PC, tablet, Android dan iOS. Salah satu situs yang menyediakan layanan ini adalah YT1s.com. Situs ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka situs web YouTube dan salin URL video yang ingin Anda proses.
  • Buka YT1s.com dengan mengklik link ini atau masukkan https://yt1s.com/id di kolom URL.
  • Tempelkan URL video ke kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol Konversi.
  • Pilih menu Unduh.
  • Pilih folder penyimpanan untuk menyimpan file MP3 atau MP4 yang ingin diunduh, lalu klik Simpan.

Dengan situs web seperti YT1s.com, Anda tidak perlu lagi khawatir menginstal aplikasi untuk menikmati podcast atau pertunjukan langsung dalam format MP3 atau MP4. Metode ini dijamin berfungsi dengan browser apa pun di perangkat apa pun.

2. Download4.cc

Peramban web lain yang dapat mengonversi video Youtube ke MP3 dan MP4 dengan mudah adalah download4.cc. Tidak perlu waktu lama karena Anda dapat mengunduh dan menyimpan video YouTube apa pun ke MP3, MP4 atau format lain apa pun di perangkat Anda dalam hitungan menit. Berikut tutorialnya:

  1. Buka situs web YouTube dan salin URL video yang ingin Anda proses.
  2. Pergi ke download4.cc.
  3. Tempelkan URL video ke kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol Unduh.
  4. Selanjutnya, Anda dapat memilih format unduhan yang tersedia dari MP3, MP4 atau format lainnya.
  5. Klik kanan tombol unduh dan pilih “Simpan tautan sebagai” untuk menyimpan unduhan ke lokasi yang diinginkan. Terakhir, klik “Simpan” untuk menyelesaikan proses.

Selain video Youtube, dari platform lain seperti Instagram, Facebook, Twitter dll. Anda juga dapat mengonversi atau mengunduh video ke MP3, MP4 dan format lainnya melalui download4.cc. Dengan antarmuka yang sederhana dan praktis, Anda dapat langsung mengunduh video favorit Anda secara gratis.

Melalui Software PC (Any Video Converter)

Jika Anda menggunakan komputer, salah satu cara termudah untuk mengunduh lagu adalah dengan menggunakan perangkat lunak ini. Ada banyak aplikasi untuk mengunduh lagu berkualitas dari YouTube dan kami menyajikan tutorial untuk salah satu perangkat lunak terbaik, Any Video Converter Free. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi halaman unduh gratis Any Video Converter.
  2. Klik pada kata Free Download seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela yang meminta folder arsip. Klik Save untuk menyimpan file instalasi sekitar 60 MB.
  4. Setelah unduhan selesai, Anda sekarang dapat membuka file instalasi dengan mengklik file seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Klik Ya ketika jendela Akses Akun Pengguna (UAC) muncul.
  5. Setelah jendela instalasi terbuka, klik tombol Instal Sekarang untuk melanjutkan.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, lalu klik Start Now untuk menjalankan program.
  7. Klik nomor 1 seperti yang ditunjukkan pada gambar untuk melihat opsi ukuran. Kemudian klik pada simbol lagu (nomor bagian 2) dan pilih format output ke MP3.
  8. Siapkan url video youtube yang ingin di download dalam format mp3, kemudian klik tombol add url, klik tanda plus dan paste url video youtube tersebut ke kolom yang telah disediakan. Terakhir, klik Mulai Unduh.
  9. Setelah video selesai diunduh, klik tombol Convert Now.

Nah, itulah langkah-langkah yang harus diikuti jika Anda ingin mendownload lagu MP3 dari YouTube menggunakan Any Video Converter. Ketika proses konversi selesai, akan muncul jendela Windows Explorer yang menampilkan file-file MP3. Sekarang file siap ditambahkan ke perpustakaan pemutar musik favorit Anda atau ditransfer ke HP dan tablet.

Salah satu keuntungan menggunakan software ini adalah fitur yang sangat kaya seperti mengonversi video ke format lain atau menambahkan subtitle dan banyak lagi.

Melalui Perangkat Android (InsTube)

Tidak punya waktu untuk menyalakan laptop? Jangan khawatir, Anda masih dapat mengunduh lagu MP3 dari YouTube hanya dengan ponsel atau tablet Anda. Caranya sangat sederhana seperti cara sebelumnya.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendownload lagu dari YouTube ke HP adalah InsTube. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan menawarkan banyak fitur yang juga lengkap. Selain mengunduh lagu dari YouTube, aplikasi ini mendukung lebih dari 100 platform lain dan bahkan memungkinkan Anda mengunduh video dalam resolusi 4K. Mari kita lihat langkah selanjutnya!

  1. Kunjungi halaman unduh InsTube di tautan ini.
  2. Ketuk tombol Unduh seperti di bawah ini.
  3. Setelah Anda selesai mengunduh aplikasi InsTube, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Jika jendela pop-up memperingatkan Anda tentang bahaya menginstal dari sumber yang tidak dikenal, pilih menu Izinkan sekali.
  4. Jika aplikasi sudah terinstal, buka YouTube di ponsel Anda lalu buka halaman video yang ingin Anda unduh dalam format MP3.
  5. Ketuk logo bagikan.
  6. Pilih Unduh dengan InsTube dari opsi lain.
  7. Tunggu hingga seluruh layar web berhasil dimuat, lalu tekan tombol unduh seperti di bawah ini.
  8. InsTube menampilkan pilihan resolusi dan format yang tersedia. Untuk mengunduh YouTube dalam format MP3, pilih format MP3 dan ketuk Unduh Cepat.
  9. Untuk melihat file MP3 yang berhasil diunduh, kunjungi halaman File Saya dengan mengetuk ikon di sudut kanan atas.
  10. Selamat! Anda telah berhasil mengunduh file MP3 video YouTube! File yang ditandai di bawah ini adalah file MP3 dari video yang dapat kami unduh. Anda juga dapat mengelola file yang diunduh, seperti menghapusnya dari daftar, menghapusnya dari kartu memori, memutarnya, membagikannya di media sosial, dll.

Bagaimana? Ternyata download lagu dari YouTube ke Android tidak sesulit yang saya bayangkan, kan? Dengan InsTube, Anda bahkan tidak perlu menyalin dan menempelkan tautan YouTube seperti yang Anda lakukan dengan Any Video Converter.