Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10–Jika Anda ingin menelepon ponsel yang konsisten di kisaran harga Rp 1 jutaan, Infinix adalah jawabannya. Pabrikan asal Hongkong itu terus menghadirkan seri ponsel di kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Hampir semua seri yang disajikan termasuk dalam kisaran harga ini. Sebut saja Infinix Hot 8, Infinix Hot 9, Infinix S5 Lite, Infinix Smart 5 dan lainnya. Sebagai penutup seri, Infinix Indonesia memperkenalkan Infinix Hot 10.

Dari namanya terlihat jelas bahwa ponsel ini merupakan penerus Infinix Hot 9. Lantas seperti apa ponsel ini? Apa kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 10? Untuk menjawabnya, mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 10

  • Layar IPS LCD 6,78 inci
  • Chipset MediaTek Helio G70
  • RAM 4 GB
  • Memori internal 64 GB, 128 GB
  • Kamera 16 MP (lebar) 2 MP (kedalaman) 2 MP (makro) MP (AI)
  • Baterai Li-Po 5200mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 1.749.000

Kelebihan Infinix Hot 10

Penasaran dengan Infinix Hot 10 yang memiliki banyak manfaat? Nah, berikut ini beberapa keunggulan perangkat yang mungkin bisa membuat Anda tertarik untuk membelinya.

1. Performa Tergolong Oke di Kelasnya

Infinix Hot 10 menampilkan chipset proses manufaktur 12nm Mediatek. Chipsetnya adalah Helio G70. Chipset ini juga terdapat di ponsel lain yang bisa dikatakan sebagai pesaing Infinix Hot 10, yakni Realme C3.

Seri Helio G adalah chipset Mediatek yang sedang naik daun. Hal ini dikarenakan banyak pabrikan yang menggunakan seri Helio G. Sebut saja Redmi Note 8 Pro dan Realme 6 yang menggunakan Helio G90T. Atau Realme 7 yang menggunakan Helio G95. Ada juga Redmi 9 yang menggunakan Helio G80.

Prosesor octa-core terintegrasi ke dalam chipset Helio G70 itu sendiri. Prosesor ini terdiri dari 2 core Cortex-A75 dengan clock 2.0 GHz untuk kinerja yang cepat dan 6 core Cortex-A55 dengan clock 1.7 GHz untuk kinerja yang lebih efisien. Chipset ini memiliki prosesor grafis bernama Mali-G52 2EEMC2 GPU.

Performa dari Helio G70 sendiri cukup baik untuk kelasnya. Hal ini terlihat dari nilai Antutu yang didapatkan Infinix Hot 10 yang mendekati angka 200 ribu.

Dengan angka yang cukup tinggi tersebut, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa performa ponsel ini cukup baik di kelasnya. Situs Android juga menyebutkan bahwa Infinix Hot 10 berkinerja baik di kelasnya dan dapat menangani berbagai tugas dengan baik.

Situs Tech-is juga mengklaim bahwa performa Infinix Hot 10 cukup baik untuk kisaran harganya. Apalagi Helio G70 dilengkapi dengan teknologi gaming Hyperengine Mediatek.

Hal yang menarik dari Infinix Hot 10 adalah chipset yang digunakan pada Infinix Hot 10 juga digunakan oleh Infinix Note 7. Harga Infinix Note 7 sendiri mendekati Rp 2 jutaan.

2. Layar Cerah di Kelasnya

Infinix Hot 10 hadir dengan layar berukuran 6,78 inci. Layarnya jelas cukup besar. Selanjutnya, layar ini menawarkan rasio layar-ke-tubuh 82,2%. Layarnya sendiri menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 720 x 1640 piksel.

Teknisi mengklaim bahwa layar ponsel ini cukup baik untuk kelasnya. Resolusi sebenarnya hanya HD+, namun warna layarnya cukup memukau. Sementara menurut situs Techweez, layar ponsel ini memiliki tampilan cerah berwarna-warni yang membuat media sosial, browsing web, dan menonton YouTube menjadi nyaman.

Dapat dikatakan bahwa layar ponsel ini cukup baik untuk kisaran harganya. Meskipun ukuran layarnya sebenarnya besar, itu cukup bagus.

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

Infinix Hot 10 menawarkan baterai 5200 mAh. Dengan kapasitas baterai ini, baterai Infinix Hot 10 akan bertahan lama. Website Androidkenya juga menyebutkan bahwa daya tahan baterai ini bisa sampai 2 hari.

Sementara Techweez mengatakan mereka mendapatkan 15 jam waktu layar. Dan hasilnya sangat bagus. Layar hanya HD + dan efisiensi Helio G70 dapat berdampak besar pada efisiensi energi ponsel.

4. Menawarkan Audio DTS

Infinxi Hot 10 adalah ponsel seharga Rp 1 juta yang menghadirkan suara luar biasa. Pasalnya ponsel ini menawarkan teknologi audio DTS yang cukup nyaman di telinga.

Berkat teknologi ini, Infinix Hot 10 dapat membuat efek suara yang disesuaikan untuk memberi Anda pengalaman audio yang lebih baik. Sesuatu yang jarang ditemukan di ponsel lain.

5. XOS dan Fitur Khusus

Infinix Hot 10 hadir dengan sistem operasi XOS7.0 berbasis Android 10. XOS7.0 ini menawarkan banyak fitur menarik. Contohnya adalah tampilan baru yang dirancang secara visual dengan warna yang kaya dan trendi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Ada juga fitur pintar seperti Smart Scanner, Ear Sensor Receiver, Ulife dan lain-lain. Fitur menarik yang tidak boleh dilewatkan adalah kemampuan untuk memindai dokumen. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengaktifkan mode dokumen, yang menyempurnakan foto dokumen. Ini bagus untuk orang yang sering mengambil foto dokumen.

6. RAM dan Storage Besar di Kelas Harganya

Infinix Hot 10 mungkin memiliki keunggulan di sektor memori. Pasalnya, Infinix Hot 10 menawarkan RAM 4GB di kisaran harga Rp 1 jutaan. Bahkan, pabrikan lain menawarkan ponsel dengan RAM 4GB di atas Rs 2 lakh. Selain itu, Infinix Hot 10 menawarkan memori internal atau ruang penyimpanan yang besar, yakni 64GB dan 128GB.

Untuk harga sendiri, varian Infinix Hot 10 4/64 dibanderol dengan harga Rp 1.749.000 dan harga jual spot Rp 1.599.000. Sedangkan varian Infinix Hot 10 4/128 dibanderol dengan harga Rp 1.949.000 dan harga quick sale Rp 1.799.000. Harganya memang sangat menggiurkan jika melihat spesifikasi memori yang ditawarkan.

Kekurangan Infinix Hot 10

Selain kelebihan, Infinix Hot 10 juga memiliki beberapa kekurangan yang disayangkan, seperti gambar di bawah ini.

1. Kamera yang Biasa Saja

Infinix Hot 10 memiliki fitur pengaturan empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 16MP, kamera makro 2MP, kamera depth 2MP, dan kamera AI. Penasaran dengan hasil kameranya? Berikut beberapa contoh bidikan dengan kamera belakang Infinix Hot 10.

Pada dasarnya, di kategori harga Rp 1 jutaan, Anda tidak perlu berharap banyak dari kualitas kameranya. Namun, Infinix Hot 10 menawarkan sesuatu yang lebih.

Bidikan kamera di foto bagus dalam pencahayaan yang baik, tetapi gagal dalam cahaya rendah. Ini ditemukan oleh Tech-ish. Situs web Androidkenya mengatakan hal yang kurang lebih sama. Ini masuk akal karena ponsel lain di kisaran harga yang sama cenderung memiliki masalah yang sama.

Sedangkan untuk kamera depan, Infinix Hot 10 menawarkan kamera depan 8 MP. Anda dapat mengambil selfie biasa dengan kamera ini, tetapi masih dapat diterima untuk diposting di media sosial.

Secara umum, kamera ponsel ini cukup biasa. Itu tidak dalam kategori buruk karena masih dapat diterima, tetapi bahkan dalam kategori baik, tampaknya masih jauh dari ponsel di kisaran harga yang sama.

2. Desain yang Tidak Menarik

Infinix Hot 10 menawarkan konsep desain yang sangat menarik. Model warna yang ditawarkan sangat memuaskan. Sayangnya, konstruksi ponsel ini masih jauh dari sempurna. Hal ini terlihat dari bentuk desainnya yang biasanya murah.

Desain ponsel ini dikatakan diukir dengan laser untuk mendeteksi interaksi cahaya dan bayangan secara visual. Namun, hasilnya tidak terlihat optimal dan terlihat rata-rata.

3. Face Unlock yang Tidak Secepat Fingerprint

Infinix Hot 10 memiliki sensor sidik jari (fingerprint) dan sensor pengenalan wajah (Face Unlock). Sensor sidik jarinya cukup responsif.

Sayangnya, sensor pengenalan wajah ponsel ini sudah cukup tua. Aa Gogon mengungkapkan ini di saluran YouTube-nya. Tentu akan menarik jika kemampuan pengenalan wajah Infinix Hot 10 tergolong cepat.

4. Masih Micro-USB dan Pengisian Baterai yang Lama

Sayangnya, Infinxi Hot 10 masih menggunakan port microUSB. Meski banyak ponsel di kisaran harga di bawah 2 jutaan yang sudah menawarkan port USB Type-C. Selain itu, Infinix Hot 10 masih memiliki masalah yang sama, yaitu pengisian yang lambat.

Situs web Techweez menyatakan bahwa Infinix Hot 10 membutuhkan waktu lama untuk memuat sepenuhnya. Waktu pengisian dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit. Ini adalah waktu yang lama untuk ponsel saat ini, tetapi setidaknya tidak lebih dari 3 jam.

Simpulan

Infinix Hot 10 memang tak bisa disangkal sebagai ponsel yang menarik di kisaran harga di bawah Rp 2 jutaan. Padahal, masih banyak ponsel lain di kisaran harga ini yang siap bersaing. Tetapi Infinix Hot 10 memiliki nilai lebih dalam masa pakai baterai, fungsionalitas mode dokumen, dan lebih banyak RAM dan ruang penyimpanan daripada pesaing dengan harga yang sama.

Infinix Hot 10 adalah untuk mereka yang membutuhkan ponsel murah dengan banyak RAM dan penyimpanan. Selanjutnya, ponsel jenis ini dapat digunakan hingga 2-3 tahun jika digunakan terus menerus. Infinix Hot 10 juga merupakan ponsel yang menarik untuk pembelajaran online.