Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A50

Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A50 — Samsung tidak hanya merilis ponsel andalan terbarunya yaitu seri Samsung Galaxy S10, tetapi juga meluncurkan satu lagi ponsel anyar dari ponsel Samsung seri A.

Setelah sebelumnya membahas tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari saudara kandungnya yaitu Samsung Galaxy A50. Nah, bagaimana, Anda bertanya pada diri sendiri? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A50

Bagi yang ingin membeli handphone Samsung Galaxy A50, bisa melihat semua kelebihan handphone tersebut pada ulasan berikut ini.

1. Layar Lega dan Jernih

Seperti Samsung Galaxy A30, Samsung Galaxy A50 memiliki layar seluas 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dalam aspek rasio 19:5:9. Layar HP ini juga menggunakan panel dengan teknologi Super AMOLED, sehingga memberikan reproduksi warna yang jernih dan baik.

Layar HP yang oleh Samsung disebut sebagai Infinity U Display karena notch berbentuk U. Oh ya, Anda tidak perlu khawatir layar mudah tergores karena layar HP ini dilindungi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

2. Desain Terkesan Premium

Ponsel ini tidak hanya memiliki tampilan layar yang bagus, tetapi juga memiliki bagian belakang yang menurut GadgetByte terbuat dari polikarbonat yang juga dikenal sebagai perpaduan antara plastik dan kaca. Sehingga bagian belakang ponsel ini terlihat elegan.

Di bagian belakang casing terdapat logo Samsung dan tiga lensa kamera utama. Ponsel Samsung Galaxy A50 ini tampil dengan bezel tipis, sehingga kesan premium semakin terasa. Samsung Galaxy A50 tersedia dalam warna unik, yaitu hijau, putih, biru, dan koral.

3. Performa Lancar

Pindah ke sektor kinerja. Ponsel Samsung Galaxy A50 ini ditenagai oleh chipset Exynos 9610 octa dengan dukungan RAM 4-6GB dan memori internal 64-128GB. Berdasarkan pengalaman GadgetByte, ponsel ini dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

GadgetByte juga melakukan uji antutu pada ponsel Samsung terbaru ini. Alhasil, ponsel Samsung Galaxy A50 mendapatkan skor antutu 140 ribu dan ponsel ini mampu bersaing dengan dua ponsel dari produsen pesaing, yaitu Vivo V15 dan Honor 8X.

Selain untuk aktivitas normal dan membaca seperti aktif di media sosial atau streaming video, ponsel Samsung Galaxy A50 ini juga bisa digunakan untuk bermain game. Pada pengaturan grafis tinggi, ponsel ini dapat menangani game populer yang dinikmati banyak orang, meskipun terkadang ada lag atau lag saat bermain.

4. Triple Camera

Nah, sekarang mari kita beralih ke industri kamera. Jika Samsung Galaxy A30 hanya memiliki dua lensa kamera utama, maka Samsung Galaxy A50 sudah memiliki tiga lensa kamera di bodi belakang.

Masing-masing lensa tersebut adalah lensa normal 25MP yang mendukung phase detection autofocus, kemudian ada lensa ultra wide angle 8MP untuk mengambil gambar jarak jauh dan ada lensa 5MP untuk depth sensor atau membuat efek. bokeh, juga dikenal sebagai latar belakang buram dalam foto.

Kamera utama ponsel memiliki lampu kilat LED dan fitur seperti HDR dan panorama. Oh ya, ponsel ini juga memiliki lensa kamera selfie 25MP yang mendukung HDR.

Bagaimana dengan kualitas foto yang diambil dengan kamera HP? Ya, hasilnya tidak diragukan lagi memuaskan. Warna fotonya cerah, meskipun detail gambarnya tidak terlalu terlihat. Penasaran dengan hasilnya? Berikut adalah beberapa contoh foto yang diambil dengan kamera Samsung Galaxy A50.

5. Daya Tahan Baterai Bagus

Di sektor baterai, Samsung Galaxy A50 dibekali baterai 4000 mAh yang cukup lapang. Berkat kapasitas baterai yang besar, Anda dapat menggunakan ponsel ini secara normal di siang hari tanpa harus mengisi ulang baterai.

Perlu diketahui bahwa menggunakan layar dengan panel Super AMOLED pada ponsel ini akan membantu menghemat baterai.

Ya, seperti saudara kandungnya, Samsung Galaxy A30, Samsung Galaxy A50 dibekali dengan teknologi fast charging, yakni fast charging 15W. Anda dapat mengisi penuh baterai selama lebih dari satu jam. Waktu pengisian daya yang relatif singkat untuk ponsel dengan baterai berkapasitas besar.

6. Dibekali Audio Jack 3.5 mm

Samsung Galaxy A50 masih dibekali dengan audio jack 3.5mm. Ya, sementara ponsel terbaru lainnya telah melepas konektor jack audio 3,5 mm dan alih-alih fungsi jack audio, konektor tersebut terhubung ke konektor USB Type-C.

Namun, Samsung masih berbaik hati untuk tidak melepas jack audio ini, sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk mencolokkan headphone atau earphone ke dalam ponsel. FYI: Ponsel ini didukung dengan teknologi Dolby Atmos untuk pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

7. Port USB Tipe-C

Selain masih memiliki jack audio 3,5mm, ponsel ini juga memiliki port USB Type-C. USB Type-C yang sama merupakan USB generasi terbaru yang kecepatan transfer datanya melebihi generasi sebelumnya. .

8. Under Display Fingerprint Sensor

Berbeda dengan Samsung Galaxy A30 yang masih memiliki sensor sidik jari di bagian belakang casing, Samsung Galaxy A50 kini menggunakan sensor sidik jari di bawah layar atau in-screen fingerprint sensor.

Sayangnya, menurut Gadgetbyte, sensor sidik jarinya kurang cepat karena masih berupa sensor sidik jari optik. Namun, sensor sidik jari di bawah layar menjadi nilai plus untuk ponsel Samsung terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A50
Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A50

Kekurangan Samsung Galaxy A50

Meski memiliki banyak kelebihan, nyatanya Samsung Galaxy A50 memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda pertimbangkan. Ingin tahu kekurangannya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy A50 juga memiliki kekurangannya lho. Ya, salah satunya adalah ponsel ini tidak tahan air dan tahan debu. Ponsel Samsung Galaxy A50 ini belum bersertifikat IP seperti ponsel flagship. Jadi, jangan harap ponsel ini aman saat terendam air ya?

2. Tidak Ada NFC

Kelemahan lain dari ponsel ini adalah belum adanya teknologi NFC atau Near Field Communication yang dapat mempermudah transaksi menggunakan ponsel tersebut. Teknologi ini umumnya digunakan secara luas di ponsel flagship.

Simpulan

Ponsel Samsung Galaxy A50 ini diperuntukkan bagi Anda yang membutuhkan ponsel Samsung terbaru dengan desain cantik dan futuristik, notch kecil, layar besar dan jernih serta performa mulus. Ponsel ini juga cocok bagi Anda yang mencari ponsel Samsung dengan kamera yang handal untuk mengambil gambar.

Inilah pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50 yang tak kalah menarik dari saudara kandungnya yaitu Samsung Galaxy A30. Nah, jika Anda memang menginginkan ponsel Samsung yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau maka pilihlah ponsel Samsung Galaxy A50 ini.

Namun, jika Anda menginginkan ponsel Samsung yang lebih canggih, Anda dapat memilih flagship terbaru Samsung, seri Samsung Galaxy S10, selama Anda memiliki lebih banyak dompet untuk ponsel.