Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite — Ketika Apple merilis tablet iPad Pro generasi keempat dengan harga yang keterlaluan, Samsung tidak berhenti. Sudah ada seri Galaxy Tab S6 yang lebih murah. Dan bagi yang cukup terkendala bujet, ada varian Galaxy Tab S6 Lite yang dibanderol mulai dari Rp 6.649.000.

Tablet ini adalah jawaban bagi karyawan atau pelajar yang perlu membuat catatan tanpa menghabiskan banyak uang. Tentu saja, versi Lite ini memiliki spesifikasi yang berbeda dari Galaxy Tab S6 biasa. Sekarang pertanyaannya, apakah tablet ini masih layak untuk dilirik? Temukan jawabannya dalam daftar kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Layar TFT 10,4 inci
Chipset Exynos 9611
RAM 4 GB
Memori internal 64 GB, 128 GB
Kamera 8 MP (lebar)
Baterai Li-Po 7040mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.000.000

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Hanya karena memiliki “Lite” di namanya tidak serta merta membuat tablet ini jelek. Mari kenali tablet Samsung ini dengan mengetahui berbagai keunggulannya seperti di bawah ini.

1. Sudah Termasuk S Pen

Samsung membuat keputusan yang tepat ketika memasukkan pena ke dalam kotak Galaxy Tab S6 Lite. Hal ini membuat tablet lebih kompetitif dengan Apple, yang mengharuskan pengguna untuk membeli stylus terpisah.

Pensil yang disebut S Pen benar-benar berkualitas baik. Anda dapat membuat berbagai ketebalan goresan pensil tergantung pada seberapa dalam Anda menekan.

Ini membuat S Pen terlihat seperti pensil asli dan cocok untuk mereka yang suka menggambar atau membuat catatan, karena tablet ini juga menyertakan fitur yang memungkinkan Anda mengubah tulisan tangan menjadi teks biasa.

2. Baterai Tahan Lama

Tablet cenderung mengkonsumsi lebih banyak daya daripada ponsel karena layarnya yang besar, namun bukan berarti baterai Samsung Galaxy Tab S6 Lite tidak akan bertahan lama. Merek asal Korea Selatan ini memiliki kapasitas 7040mAh yang siap menjalankan tablet seharian.

Menurut tes streaming Cnet, tablet ini bertahan hingga 11 jam 17 menit pada 50% cahaya dan volume dengan headphone menyala.

Situs LaptopMag juga menemukan hal yang sama, yang mengungkapkan bahwa S6 Lite dapat digunakan untuk berselancar hingga 12 jam 40 menit melalui Wi-Fi (kecerahan layar 150 nits). Jadi jangan khawatir tentang masa pakai baterai.

3. Layar TFT Berkualitas

Meskipun tidak memiliki layar Super AMOLED seperti Galaxy Tab S6 biasa, Anda masih bisa mendapatkan layar yang sangat terang, bahkan mengalahkan versi biasa. Ukuran layar tablet ini adalah 10,4 inci dengan resolusi 2000 x 1200, yang hanya sedikit lebih kecil dari versi biasa.

Unit maksimal Galaxy Tab S6 hanya 290 nits, sedangkan versi Lite mampu 435 nits. Alhasil, Anda tidak perlu khawatir menggunakan tablet di hari yang panas karena gambaran keseluruhan tablet ini masih mudah dibaca di luar ruangan.

Rasio aspek layar Galaxy Tab S6 Lite adalah 5: 3, yang benar-benar dioptimalkan untuk menonton berbagai film di Netflix atau platform lain. Karena rasio aspek hampir sama dengan konten yang Anda tonton, film sebenarnya ditampilkan dalam layar penuh, tanpa area hitam di atas dan di bawah layar.

Meski demikian, layar Galaxy Tab S6 bukanlah yang terbaik, terutama ketika mencoba menampilkan reproduksi warna yang akurat. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasa bahwa warna yang ditampilkan sedikit usang atau pudar. Namun, fitur layar TFT LCD-nya masih cukup baik untuk target pasar di kisaran harga ini.

4. Dual Speaker

Apakah Anda ingin menggunakan tablet untuk menonton bersama? Dengan adanya Samsung Galaxy Tab S6 Lite, keinginan Anda bisa terpenuhi karena tablet ini sudah memiliki speaker stereo dengan kualitas suara yang bagus. Anda dijamin akan mendengar suara yang memenuhi seluruh sisi ruangan dengan kualitas yang jernih dan seimbang.

Hal ini berkat dukungan Dolby Atmos yang juga bisa menghasilkan suara spasial, sehingga momen-momen ketegangan dalam film bisa lebih nyata.

5. Hadir dengan 3.5mm Jack Audio

Hilangnya port audio jack 3.5mm pada perangkat mulai menjadi tren di tahun 2020, terutama pada produk Apple dan beberapa perangkat Android lainnya.

Untungnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite, tablet kelas menengah, masih menyediakan port audio ini, memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menggunakan headset tanpa adaptor. Ini membuatnya lebih menarik daripada versi S6 biasa, yang tidak memiliki port jack audio 3.5mm.

6. Desain Bodi Cukup Ramping

Samsung Galaxy Tab S6 Lite adalah solusi bagi Anda yang menyukai tablet tipis dan material padat. Hal ini dikarenakan tablet ini memiliki portabilitas yang sangat baik, dengan ketebalan hanya 7mm. Sementara itu, bodinya juga terbuat dari aluminium.

Tepatnya, tablet ini berukuran 244,5 x 154,3 x 7 mm dan berat 467 gram. Bobotnya mungkin cukup berat, namun tetap lebih ringan dibandingkan Apple iPad Pro (2020) versi 11 inci yang berbobot 471 gram.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Sementara Galaxy Tab S6 Lite menawarkan nilai yang sepenuhnya sepadan dengan harga yang ditawarkannya, tablet ini tentu jauh dari sempurna. Simak beberapa kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite mendatang.

1. Performa Chipset Kurang Bagus

Bisa dibayangkan betapa asyiknya memainkan game-game sulit di layar lebar. Sayangnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite tidak memiliki chipset yang dapat menangani game yang menuntut dengan lancar. Tablet ini ditenagai oleh chipset Exynos 9611 10nm, yang sering ditemukan di ponsel-ponsel murah Samsung seperti seri Galaxy A dan Galaxy M.

Chipset ini disertai dengan prosesor octa-core yang terdiri dari empat ARM Cortex A73 (2,3 GHz) dan empat Arm Cortex A53 (1,7 GHz) dan berbasis Mali G72 sebagai kartu grafis.

Exynos 9611 bukan chipset terbaik di kisaran harga menengah, dari sudut pandang ponsel atau tablet. Berdasarkan informasi yang didapat dari video TFix, tablet ini hanya meraih skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 172.650 poin.

Saat digunakan untuk bermain game, tablet ini tetap berjalan lancar. Namun, untuk beberapa game yang menuntut seperti PUBG Mobile, Anda perlu menggunakan pengaturan sedang jika tidak ingin mengalami stuttering saat bermain game.

2. Tanpa Fitur NFC

Fitur yang disebut Near Field Communication biasanya terdapat pada perangkat kelas menengah atau flagship. NFC ini menjadi sangat penting di kalangan orang-orang dengan mobilitas tinggi, sehingga mereka dapat memeriksa saldo eMoney mereka dengan bebas, semudah menempelkan kartu. Jika Anda ingin Galaxy S6 Lite Anda memiliki NFC, cari tablet lain.

3. Absennya Sensor Sidik Jari

Jika kita berbicara tentang pemindai sidik jari, maka Anda akan menyadari bahwa hampir semua ponsel di pasaran memiliki fitur yang berguna ini di saku mereka. Sayangnya, fitur pemindai sidik jari tidak secemerlang di tablet, dan Samsung Galaxy Tab S6 masuk dalam daftar tablet yang tidak memiliki fitur ini.

Meskipun Samsung telah memperkenalkan pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol Home Samsung Galaxy Tab S3. Dalam hal ini, Galaxy Tab S6 justru mengalami penurunan performa dibandingkan prosesor yang dirilis beberapa tahun sebelumnya.

4. Tidak Memiliki Dukungan Keyboard Magnetis

Dalam beberapa keadaan, mengetik sepertinya lebih mudah daripada menulis dengan pena, seperti saat mengetik laporan atau hal lainnya. Sayangnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite kurang mendukung aksesoris keyboard magnetik seperti “saudaranya”, Samsung Galaxy Tab S6.

Tidak ada koneksi pin di bodi, jadi Anda harus mengandalkan keyboard Bluetooth pihak ketiga jika Anda benar-benar ingin menggunakan tablet untuk mengetik.

Simpulan

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang perlu diperhatikan. Jika Anda mendapatkan S Pen tanpa pembelian terpisah, Anda benar-benar mendapatkan banyak manfaat dengan harga yang cukup terjangkau.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite tidak hanya unggul dalam produktivitas, tetapi layar yang cerah dan suara speaker stereo membuat Samsung Galaxy Tab S6 Lite cocok untuk hiburan.

Jangan berharap untuk memainkan game yang menuntut di tablet ini kecuali jika Anda tidak keberatan dengan FPS rendah atau grafis yang buruk. Jadi, apakah Anda tertarik dengan tablet kelas menengah ini?