kelebihan dan kekurangan infinix note 7
kelebihan dan kekurangan infinix note 7

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 7 Lite

Seperti HP kelas bawah, seri Infinix Note 7 tidak terlalu terlihat seperti ponsel murah. Dari segi desain, fungsi dan catwalk di dapur, seri HP ini mampu memenuhi kebutuhan si bungsu secara optimal tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Begitu pula dengan versi Lite yang memiliki beberapa perbedaan dalam hal layar, desain kamera belakang dan beberapa fitur. Namun, Anda akan dibuat takjub dengan segudang kemudahan yang ditawarkan oleh Infinix Note 7 Lite.

Murah bukan berarti murahan, harga handphone ini hanya Rp 2 jutaan. Berikut adalah beberapa pro dan kontra untuk Infinix Note 7 Lite.

Spesifikasi Infinix Note 7 Lite

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 720 x 1600 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48MP + 2MP + 2MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po yang tidak dapat dilepas 5000 mAh

Kelebihan Infinix Note 7 Lite

Ketika melihat beberapa kelebihan dari ponsel ini, Anda akan berpikir bahwa kata “Lite” yang dikandungnya kurang tepat. Soalnya, fitur yang ditawarkannya memang layak bersaing dengan HP di garis harga yang sama atau sedikit lebih tinggi.

1. Baterai Kapasitas Jumbo

Bisa dibilang, keunggulan utama Infinix Note 7 Lite adalah kapasitas baterainya yang besar, yakni bisa mencapai 5000mAh. Kapasitas besar ini memungkinkan Anda menjalankan aplikasi dan game lebih lama di ponsel Anda.

Misalnya, untuk penggunaan standby, Infinix Note 7 Lite dikatakan mampu bertahan hingga 4 hari! Bahkan dengan penggunaan normal, ponsel ini bisa bertahan hingga seharian penuh. Mengingat ponsel ini termasuk dalam kategori harga murah, waktu pemakaiannya cukup luar biasa dan sangat memudahkan bagi mereka yang tidak ingin repot membawa power bank kemana-mana.

2. Dukungan Memori Eksternal Slot Khusus

Kapasitas memori berguna untuk menampung semua file dan aplikasi. Wajar jika banyak brand HP berusaha menghadirkan kapasitas memori yang besar agar penggunanya bisa memiliki berbagai aplikasi favorit. Infinix Note 7 Lite sendiri hadir dengan penyimpanan internal 128GB. Cukup besar untuk HP entry-level, bukan?

Baca Juga  Suka Berpetualang, Yamaha XSR 155 Sangat Cocok Untuk di Kendarai

Jika masih kurang, Anda bisa memasukkan kartu memori eksternal ke dalam slot yang tersedia. Belum setengah jalan, ruang penyimpanan eksternal ini bisa diperluas hingga 2TB dengan microSDXC!

3. Quad Camera

Saat ini, jarang ditemukan anak muda yang tidak aktif di media sosial. Oleh karena itu, fungsi kamera juga menjadi lensa untuk dapat mengambil foto yang instagramable dan estetis. Infinix Note 7 Lite menawarkan 4 lensa kamera dengan fungsi berbeda untuk kebutuhan ini.

Lensa utamanya hanya beresolusi sangat tinggi, yakni 48 MP. Hal ini cukup mengejutkan, karena cukup jarang ditemukan resolusi seperti itu pada segmen HP entry-level. Sementara itu, ada juga lensa makro 2MP, lensa kedalaman 2MP, dan lensa QVGA yang berguna untuk meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi kurang cahaya.

4. Ukuran Layar Besar

Keunggulan selanjutnya yang membuat Infinix Note 7 Lite patut diperhatikan adalah ukuran layarnya yang besar. Dengan begitu, aktivitas yang dilakukan di HP bisa lebih nyaman dan berkesan. Bagaimana bisa? Ponsel ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6,6 inci.

Ukuran layar ini termasuk yang terbesar di antara ponsel lain di kisaran harga yang sama. Bahkan, beberapa HP di kelas di atas memiliki ukuran layar yang lebih kecil. Lensa kamera depan memiliki lubang Infinity-O di kiri atas layar, sehingga ponsel ini tidak membutuhkan bezel untuk menampung lensa.

Alhasil, layar Infinix Note 7 Lite bersih, lapang, jernih, dan memenuhi seluruh bodi depan, sehingga ideal untuk menonton Netflix.

5. Side-Mounted Fingerprint dan Face Unlock

Ini bukan saatnya memasukkan PIN atau pola untuk membuka kunci layar. Jika memperhatikan perkembangan ponsel saat ini, jarang ditemukan ponsel tanpa sensor sidik jari atau face unlock. Ia mengantongi dua fitur tersebut untuk Infinix Note 7 Lite sendiri.

Sensor sidik jarinya unik terletak di sisi kanan bodi, atau biasa disebut side-mounted fingerprint. Hal ini cukup unik mengingat lokasi sensor pada kebanyakan ponsel ada di bagian belakang atau di layar. Ini membuatnya lebih mudah untuk membuka kunci dengan ibu jari kanan saat Anda memegangnya.

Baca Juga  Hotel Bali Mengandalkan Wisatawan Domestik

Sementara itu, fitur Face Unlock juga berfungsi sangat baik untuk membuka kunci dengan cepat. Jadi mana dari dua metode yang harus kita pilih?

6. Memiliki OS Android 10

Sistem operasi yang terus diperbarui lebih memperhatikan sisi pengalaman pengguna. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan versi Android yang Anda gunakan. Sistem operasi Infinix Note 7 Lite adalah XOS 6.0 berbasis Android 10 terbaru.

Anda juga dapat menikmati sejumlah fitur baru yang memudahkan navigasi di ponsel Anda. Fitur-fitur baru ini termasuk mode gelap, yang dapat diterapkan ke semua aplikasi dalam satu pengaturan, dan navigasi gerakan, sehingga Anda tidak perlu menekan tombol untuk menavigasi. Tentu saja, masih banyak fitur eksklusif yang menunggu Anda di Android 10. Tertarik?

Kekurangan Infinix Note 7 Lite

Tentunya setelah melihat beberapa kelebihannya, Anda akan percaya bahwa Infinix Note 7 Lite bukan hanya produk dari HP saja. Tapi sekarang saatnya untuk melihat ponsel ini dari perspektif yang berbeda. Berikut beberapa kekurangan dari Infinix Note 7 Lite.

1. Chipset Kurang Berdaya Saing

Justru karena Infinix Note 7 Lite, performa harus tetap menjadi aspek yang tidak bisa dilupakan. Sayangnya, chipset Helio P22 yang menjadi andalan ponsel ini kurang mampu menghadirkan performa maksimal dibandingkan ponsel pesaing.

Beberapa ponsel seperti Realme 5s dan OPPO A5 2020 di kisaran harga yang sama memiliki chipset Snapdragon 665. Sayang sekali performa Helio P22 hanya bisa bersaing dengan Snapdragon 450 yang lebih banyak ditemukan di ponsel dengan harga yang lebih mahal. harga lebih rendah.

2. Tidak Dibekali Fast Charging

Ponsel yang bisa terisi penuh dengan cepat adalah salah satu kemudahan yang banyak dicari orang. Anda dapat menemukan banyak ponsel yang menyertakan teknologi pengisian cepat di berbagai segmen harga. Sayangnya, Infinix Note 7 Lite tidak hadir dengan opsi pengisian cepat.

Baca Juga  Manfaat & Cara Tanam Pohon Maple di Indonesia

Ponsel ini masih bisa mengisi daya hingga 10 W. Hal ini berkat baterai berkapasitas 5000 mAh. Mungkin perlu diisi dalam beberapa jam hingga terisi penuh, tidak seperti versi non-Lite yang dilengkapi dengan pengisian cepat 18W.

3. Masih Menggunakan MicroUSB Port

Konektivitas adalah aspek evaluasi HP yang tidak boleh diabaikan. Di bagian bawah Infinix Note 7 Lite terdapat jack 3.5mm untuk menghubungkan headphone atau speaker tambahan. Jadi untuk port charging, ponsel ini masih menggunakan port microUSB 2.0.

Faktanya, rilis terbaru dari HP umumnya membuang port ini dan sekarang menggunakan USB Type-C. Beberapa keunggulan USB Type-C adalah bentuk kepala kabel yang simetris antara bagian atas dan bawah. Berbeda dengan microUSB trapesium, oleh karena itu, posisi konektor harus disesuaikan dengan port.

Selain itu, kecepatan transfer data USB Type-C jauh lebih cepat daripada microUSB 2.0. Bagi yang sering berpindah-pindah data antara HP dan PC, kelalaian ini agak disayangkan.

4. Tidak Memiliki NFC

Bagi yang sering bepergian di jalan tol atau bertransaksi di mesin pembayaran digital, fungsi NFC pada ponsel akan sangat berguna. Anda dapat mengisi saldo e-toll Anda bersama dengan pembayaran lainnya melalui NFC. Sayangnya, fitur ini tidak terdapat pada Infinix Note 7 Lite.

Hingga tulisan ini dibuat, merek Infinix belum pernah memasukkan NFC ke dalam lini produknya. Meskipun fitur ini sangat dicari oleh beberapa orang yang sangat mobile atau bermodal. Ini agak disayangkan karena ada ponsel murah yang memiliki kemampuan NFC bawaan.

Simpulan

Itulah kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite yang bisa kamu pertimbangkan. Jangan terkecoh dengan harganya yang hanya Rp 2 juta, kapasitas baterainya yang besar membuatnya benar-benar layak disebut sebagai ponsel kelas atas. Dukungan slot microSDXC juga memberi Anda kebebasan tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua.