Cara Memulihkan Chat WA di Android maupun iPhone

Cara Memulihkan Chat WA — Hingga saat ini, WhatsApp adalah aplikasi chatting paling populer di dunia. Selain fiturnya yang lengkap dan praktis, server yang cepat juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak dari kita memilih WhatsApp sebagai alat komunikasi terbaik. Inilah bagaimana data di WhatsApp menjadi sangat penting.

Namun ada kalanya kita menjumpai banyak kasus, misalnya handphone yang terblokir/rusak atau kita ingin menggantinya dengan smartphone yang baru. Data yang diterima atau dikirim di WhatsApp otomatis terhapus dan hilang.

Percakapan indah dengan kekasih Anda atau momen foto dan video bersama keluarga Anda akan hilang dan bahkan tidak ada jejak yang tersisa. Lebih parah lagi jika WhatsApp menjadi poros utama bisnis kita, sehingga banyak data bisnis kita akan langsung hilang.

Jika kasus seperti itu terjadi, WhatsApp meminta pengguna untuk tidak khawatir menginstal ulang WhatsApp atau beralih ke smartphone baru karena ada cara untuk memulihkan obrolan WA dengan mudah. Fitur ini tersedia di semua smartphone Android atau iPhone. Jadi, bagaimana cara mengembalikan obrolan WhatsApp di Android atau iPhone? Lihat langkah-langkah berikut.

Cara Memulihkan Chat WA di Android

Cara Memulihkan Chat WA
Cara Memulihkan Chat WA

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghapus WhatsApp atau beralih ke smartphone baru adalah mencadangkan atau membuat salinan cadangan semua riwayat obrolan, termasuk teks, gambar, dan media lainnya. Ikuti langkah-langkah ini untuk mencadangkan data Anda:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih menu plus setting > Setting > Chat > ​​Chat backup
  3. Pilih Cadangkan ke Google Drive, lalu Anda dapat memilih seberapa sering mencadangkan data Anda, yaitu harian, mingguan, bulanan atau hanya ketika saya mengetuk “cadangan”. Jika Anda menggunakan platform WhatsApp untuk mendukung bisnis Anda, WhatsApp menyarankan untuk menggunakan cadangan obrolan pada interval tertentu.
  4. Jika demikian, pilih akun Google tempat Anda perlu menyimpan data cadangan. Jika Anda belum memiliki akun Google yang tertaut, silakan ikuti proses masuk terlebih dahulu.
  5. Kemudian tekan tombol “backup” untuk melakukan proses backup. Pilih jaringan untuk mencadangkan obrolan Anda. Perhatikan bahwa mencadangkan ke jaringan data seluler memerlukan biaya data yang cukup tinggi. Itu sebabnya WhatsApp merekomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Setelah proses backup selesai dengan sukses, sekarang kita bisa mengembalikan chat WhatsApp dengan sangat mudah. Namun sebelum melakukan proses restore chat, pastikan nomor handphone yang terdaftar di WhatsApp lama sama dengan WhatsApp baru. Jika iya, berikut langkah dan cara reset Chat WA :

  1. Unduh dan instal WhatsApp. Selesaikan proses verifikasi nomor.
  2. Pilih opsi restore untuk memulihkan chat dan media dari Google Drive dan pastikan akun Google yang kita gunakan sama seperti saat kita membackup chat dan media.
  3. Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Setelah proses reset selesai, tekan Continue. Semua chat dan media akan ditampilkan berdasarkan data yang kita simpan tadi.

Di iPhone

Tidak jauh berbeda dengan Android, pemulihan chat WA di iPhone kurang lebih prosesnya sama. Pertama, Sobat Cerdas perlu membuat cadangan obrolan WhatsApp dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih untuk membuat cadangan riwayat obrolan Anda di menu WhatsApp> Pengaturan> Obrolan> Cadangan
  3. Tekan tombol Backup Now, pada proses ini Smart Sobat juga dapat memilih frekuensi backup chat dengan menekan tombol Auto Backup.
  4. Di iPhone, proses backup biasanya disimpan di akun iCloud. Tunggu hingga proses backup selesai agar tidak ada data yang tertinggal.

Setelah proses backup berhasil, saatnya mengembalikan chat ke WhatsApp baru Anda. Sebelumnya, pastikan nomor telepon dan akun iCloud yang Anda gunakan sama. Dan berikut cara mengembalikan chat WA di iPhone :

  1. Buka WhatsApp dan masuk ke menu pengaturan> Obrolan> Cadangan obrolan
  2. Jika Anda melihat kapan cadangan terakhir dibuat, hapus dan instal ulang WhatsApp dari App Store.
  3. Periksa nomor telepon Smart Buddy Anda dan ikuti instruksi pemulihan obrolan WhatsApp.

Berikut cara mengembalikan obrolan WhatsApp di Android atau iPhone. Sekarang Anda tidak perlu khawatir menginstal ulang WhatsApp atau memindahkan WhatsApp ke perangkat baru. Anda dapat menyimpan percakapan dengan orang-orang penting atau informasi pekerjaan / perusahaan Anda yang ada dan memulihkannya kapan saja.