hit counter

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16 — OPPO Indonesia selalu rajin merilis ponsel seri A setelah flagship mereka pertama kali dirilis. Misalnya, seri A16, diumumkan setelah peluncuran OPPO Reno6 di Indonesia pada Juli 2021. OPPO A16 diharapkan mulai dijual pada akhir Juli 2021 dan mungkin sudah lebih banyak di pasaran.

OPPO A16 sendiri merupakan ponsel yang merupakan penerus dari OPPO A15. Seri OPPO A15 memiliki penerus lain yaitu OPPO A15s. Tentu saja seri tambahan tersebut biasanya merupakan versi dari seri sebelumnya.

Di pasaran, OPPO A16 dijual di kisaran harga di bawah Rp 2 jutaan. Dengan harga segitu, apakah OPPO A16 cukup menarik untuk dibeli? Sebelum membeli, sebaiknya simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A16.

Review ini dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan penilaian atau sebagai dasar sebelum memberikan rekomendasi di handphone. Namun, penilaian tersebut tidak mutlak karena semua kembali kepada pelanggan. Sebelum masuk ke pembahasan, mari simak dulu spesifikasi singkat OPPO A16 berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16
Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16

Spesifikasi OPPO A16

  • Layar IPS LCD 6,52 inci
  • Chipset MediaTek Helio G35
  • RAM 3 GB, 4 GB
  • Memori internal 32 GB, 64 GB
  • Kamera 13 MP (lebar) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 5000mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 2.499.000

Kelebihan OPPO A16

Manfaat menjadi alasan utama mengapa ponsel ini dinilai bagus dan layak dibeli. Beberapa poin di bawah ini menjelaskan keunggulan OPPO A16 dari segi sisi yang berbeda. Mari kita lihat satu per satu!

1. Desain Terlihat Bagus

OPPO A16 tidak dapat disangkal sebagai ponsel yang menarik dalam hal desain. OPPO menghadirkan ponsel ini dengan ketebalan hanya 8.4mm. Dari segi ukuran, ponsel ini berukuran 163,8 x 75,6 x 8,4mm dan berat 190g. Sedikit mirip dengan ukuran bodi OPPO A54, yang berukuran 163,6 x 75,7 x 8,4mm dan berat 192g.

Namun, desain bodi ponsel ini menarik karena OPPO mengklaim desainnya mengkilap dan metalik. Lekukan bodi 3D membuat ponsel ini elegan. Warna yang ditawarkan juga menarik. Crystal Black menampilkan warna hitam yang bersinar di bawah lampu. Space Silver adalah skema warna yang glamor dan futuristik dan dikatakan anti-sidik jari.

Saluran YouTube Julian Pratama menyatakan bahwa desain OPPO A16 sempurna. Desainnya membedakan seri ini dengan seri A lainnya. Selain itu, desainnya terlihat lebih mewah. Selain itu, kamera memiliki modul persegi yang menarik.

2. Layar HD+ Eye Care

OPPO A16 memiliki layar yang cukup besar menurut standar saat ini. Yakni dengan 6,51 panel IPS LCD. Layarnya memiliki resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Panel IPS ponsel ini tidak dapat disalahkan sama sekali. Tentu saja, jangan minta AMOLED di kisaran harga di bawah 2 juta rupiah.

Layarnya sendiri cukup bagus berkat dukungan Eye Care. Dengan teknologi ini, mata Anda nyaman untuk menatap layar dalam waktu lama. Oh well, layarnya sendiri hanya memiliki 60Hz.

Layar ponsel ini mirip dengan OPPO A54. OPPO A54 sendiri memiliki formasi layar yang serupa. Ia juga memiliki khasiat yang membuat mata lebih sehat. hanya saja fungsi proteksi OPPO A54 lebih lengkap yaitu Smart Sunlight Screen, Moonlight Screen dan Eye Comfort Mode.

Kami mencatat bahwa efek burn-in secara singkat adalah munculnya bayangan atau perbedaan warna tampilan tergantung pada usia penggunaan. Sektor tampilan ponsel ini juga sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, khususnya OPPO menggabungkan tiga fungsi yang sesuai.

Karena harga OPPO A54 lebih mahal, jelas fungsi pelindung mata OPPO A16 yang hanya memiliki satu ini bisa dipahami. Tentu saja akan lebih baik jika ada lebih banyak teknologi pelindung layar.

3. Android 11 dan ColorOS 11.1

Untuk mengapresiasi kehadiran Android 11 dari ponsel ini. Ponsel OPPO, yang dilengkapi dengan Android 11, pasti layak mendapat pengakuan. Sebelumnya, OPPO merilis OPPO A54, yang tidak menawarkan Android 11 saat diluncurkan. Padahal, Android 11 sudah diumumkan.

Selain mendukung Android 11, ponsel ini juga bekerja dengan ColorOS 11.1 yang kaya fitur. Fitur seperti mode gelap untuk melihat antarmuka saat menonton Youtube atau mendengarkan musik. Ada juga fitur praktis yang menerjemahkan hanya dengan tiga jari.

Selain itu, ada fitur keamanan untuk pengisian daya. Menurut OPPO, pengisian daya telah diuji pada ponsel ini. Namun, untuk pengoptimalan pengisian daya yang lebih baik, OPPO memperkenalkan AI Optimized Night Charge, yang melindungi perangkat OPPO A16 dari pengisian daya, sementara kontrol suhu pengisian daya dapat menjaga ponsel tetap dingin.

4. Peningkatan Kamera Depan

OPPO A16 dilengkapi dengan kamera depan 8MP. Kamera ini memiliki kemampuan HDR dan mendukung perekaman video 1080p pada 30fps. Kamera depan ini patut diapresiasi karena dibandingkan OPPO A15 yang hanya 5 MP lebih besar.

Lebih lanjut, OPPO mengklaim bahwa ponsel ini memiliki kamera depan 8 megapiksel yang mampu mengambil foto selfie yang jernih. Kamera depan dioptimalkan untuk foto yang lebih tajam. Selain itu, kamera depan dilengkapi dengan kamera AI Beautification yang dapat meningkatkan warna kulit sekaligus mempertahankan detail terbaik.

5. Baterai Mumpuni

Dilihat dari ukurannya yang tidak begitu besar, OPPO A16 ini dikatakan memiliki baterai yang rata-rata. Ternyata ukuran baterainya lumayan besar lho. Benar sekali, baterai lithium polymer di dalam OPPO A16 berkapasitas 5000mAh.

Di atas kertas, dengan baterai 5000 mAh, OPPO A16 dapat menemani penggunanya sepanjang waktu. Sesuatu yang tidak berlebihan, mengingat resolusi layar OPPO A16 hanya HD+. Menurut klaim OPPO, OPPO A16 dapat digunakan di YouTube selama 21 jam dengan baterai yang terisi penuh. Baterai yang tersisa hanya 5%.

Selain itu, ada mode hemat daya super yang memungkinkan ponsel menyala dalam waktu 1 jam dengan inisiasi panggilan 5%. Ada juga mode siaga malam super, yang mengurangi konsumsi daya di malam hari sebesar 1,21%. Channel YouTube Julian Pratama pun sepakat bahwa daya tahan baterai ponsel ini cukup awet.

6. Sensor Sidik Jari Samping dan Kompas

OPPO A16 memang dimaksudkan untuk mengisi segmen mobile dengan harga terjangkau. Terlepas dari kenyataan bahwa itu termasuk dalam kategori ekonomi, sensornya sangat lengkap, ada sensor geomagnetik, akselerometer, cahaya, jarak, kompas. Sensor gyro tidak ada di ponsel ini yang cukup umum.

Menariknya, ponsel ini mendukung sensor sidik jari di satu sisi. Kehadiran sensor ini patut diapresiasi, mengingat ponsel di kisaran harga terjangkau jarang yang memiliki sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power.

7. Mendukung Wi-FI AC dan Bluetooth 5.0

OPPO A16 juga memiliki port USB Type-C, yang tentunya merupakan peningkatan yang patut diapresiasi. Ini karena OPPO A15 tidak mendukung port ini. Selain itu, OPPO A16 kini mendukung USB On-The Go. Selain itu, ponsel ini mendukung Wi-Fi AC dan Bluetooth 5.O.

Sekadar informasi: pada umumnya jaringan internet yang disalurkan melalui Wi-Fi generasi ke-4 (2,4 GHz) sudah cukup cepat, maksimal 600 Mbps. Sayangnya, Wi-Fi sering menjadi tidak stabil di lingkungan perumahan atau keramaian. Untuk mengatasi masalah ini, ada 5 GHz Wi-Fi 5. Wi-Fi sering disebut Wi-Fi ac.

Sedangkan Bluetooth 5.0 akan sangat berguna untuk kecepatan transfer data yang cepat, stabil dan hemat energi. Apalagi jika Anda menggunakan ponsel ini dengan perangkat audio Bluetooth dengan versi yang sama. Ini memastikan bahwa suara keluaran tidak tertunda. Meskipun, tentu saja, perangkat yang berbeda menghasilkan kinerja audio yang berbeda.

Kekurangan OPPO A16

OPPO A16 bukanlah ponsel yang sempurna. Pasalnya ponsel ini memiliki banyak kekurangan. Anda mungkin atau mungkin tidak memahami kekurangan ini. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Hasil Foto Oke tapi Bukan yang Terbaik

OPPO A16 memiliki tiga konfigurasi kamera belakang. Kamera belakang terdiri dari lensa utama 13MP f/2.2, lensa makro 2MP f/2.4, dan lensa depth sensor 2MP f/2.4. Sementara itu, sudut kiri menampilkan lingkaran kamera depan 16MP f / 2.0, yang memberikan tampilan lubang-dalam-lubang pada layar ponsel, yang telah kita bahas di poin sebelumnya tentang kelebihannya.

Foto yang diambil dengan kamera OPPO A16 memiliki desain yang menarik dan dikelilingi persegi. Sedangkan untuk mode kamera, ponsel ini memiliki banyak mode kamera. Nah, bagaimana dengan foto-fotonya?

Saluran Youtube Julian Pratama menyatakan bahwa foto-foto yang diambil dengan ponsel ini berwarna akurat. Namun, menurutnya, hasil foto ponsel ini bukanlah yang terbaik. Selain itu, karena efek foto yang lembut, noise kamera umumnya rendah. Sesuatu yang benar-benar dapat ditingkatkan di masa depan.

2. Performa Kurang Bersaing

Seluruh performa OPPO A16 dimotori oleh chipset MediaTek Helio G35. Chipset octa-core ini dibuat menggunakan proses manufaktur 12nm. Helio P35 adalah kombinasi dari 8 CPU arsitektur Cortex A53 yang berjalan pada 2,3 GHz dengan GPU PowerVR GE8320 (680 GHz).

Chipset ini pada dasarnya mirip dengan Helio P35 yang ada di dalam OPPO A15. Oleh karena itu, kinerja sebenarnya tidak terlalu jauh. Keduanya merupakan chipset yang kurang bertenaga karena tidak memiliki CPU atau kluster inti yang cepat. Semua inti arsitektur Cortex A53 untuk chipset 2019 hemat energi. Tidak ada core Cortex A7x di chipset ini.

Ini jelas bukan chipset yang tepat untuk bermain game. Selain itu, hanya mendukung 3GB RAM. Namun, untuk penggunaan sesekali seperti browsing, memainkan aplikasi media sosial, menonton video dan mendengarkan musik, itu benar-benar bisa dilakukan.

3. Berada di Segmen Pasar yang Ketat

OPPO A16 dibanderol dengan harga Rp 1,9 jutaan. Harga online biasanya lebih murah. Namun yang pasti OPPO A16 berada di pasar yang umumnya sempit. Ada banyak ponsel menarik di kisaran harga ini seperti realme Narzo 20, realme Narzo 20A, Redmi 9, POCO M3 dan lainnya. Memang Advan GX juga ada di kisaran harga ini.

Tentu saja, setiap produk memiliki pasarnya sendiri. Bagi sebagian orang, fitur yang ada di telepon mungkin diperlukan. Karena pada dasarnya tidak ada produk yang sempurna.

Simpulan

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A16. Ponsel ini bukan untuk semua orang. Namun, daya tarik seperti desain yang lumayan, baterai yang irit, dukungan fitur ColorOS, dan dukungan Wi-Fi 5 membuatnya menarik di ponsel ini. Tapi sekali lagi, ponsel ini berada di kisaran harga yang agak ketat.