hit counter

Cara Menggunakan Shareit untuk Berbagi File Antar Perangkat

Cara Menggunakan Shareit — Jika sebelumnya Anda membutuhkan bantuan Bluetooth, Google Drive, atau email untuk mentransfer file, kini Anda dapat melakukannya menggunakan Wi-Fi. Ya, ada aplikasi yang memungkinkan Anda mentransfer dan menerima file antar perangkat melalui Wi-Fi. Proses pengiriman dan penerimaan file dengan aplikasi ini dijamin lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth.

Shareit adalah aplikasi berbagi file super cepat. Bahkan, aplikasi yang dikembangkan Lenovo ini dikatakan mampu mengirim file 200 kali lebih cepat dari Bluetooth. Uniknya, aplikasi ini bisa digunakan di PC atau smartphone. Jadi bagaimana cara menggunakan Shareit? Yuk, berikut ulasan lengkapnya!

Tentang Shareit

Seperti dijelaskan di atas, Shareit bertujuan untuk menyederhanakan transfer file antar perangkat. Dirilis pada tahun 2012, aplikasi ini sangat berguna untuk mengirim dokumen, gambar, musik, dan video dengan sangat cepat, berkat dukungan Wi-Fi, kecepatannya bahkan luar biasa.

Shareit dikatakan memiliki kecepatan yang lebih baik daripada Bluetooth atau Wi-Fi. Meskipun aplikasi ini diluncurkan oleh perangkat Lenovo, Windows, Windows Phone, iOS dan Android juga dapat menginstal aplikasi serbaguna ini.

Di Google Play Store sendiri, Shareit telah diinstal lebih dari 100 juta kali dan memiliki rating bintang 4,5. Ini membuktikan bahwa Shareit adalah aplikasi yang sangat berguna.

Cara Menggunakan Shareit
Cara Menggunakan Shareit

Cara Menggunakan Shareit

Sebelum membahas cara menggunakan Shareit, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memiliki aplikasi Shareit di kedua perangkat, yaitu perangkat pengirim dan perangkat penerima. Tidak hanya itu, kedua perangkat juga harus memiliki koneksi Wi-Fi. Tidak perlu menggunakan koneksi data Internet dari kartu SIM.

Selanjutnya, kami akan memandu Anda tentang cara menggunakan Shareit untuk mentransfer file antara smartphone Android dan laptop Windows. Cara ini juga berlaku jika Anda ingin menggunakan Shareit dari Android ke iOS atau dari iOS ke PC yang menjalankan Windows:

  1. Buka aplikasi Shareit di perangkat Android Anda dan pilih tombol “Kirim”.
  2. Lanjutkan dengan memilih file yang ingin Anda bagikan. Anda dapat memilih lebih dari satu file untuk dikirim. Setelah memilih, tekan tombol “Berikutnya”.
  3. Aplikasi Shareit akan menemukan perangkat terdekat Anda tempat Shareit diinstal. Jadi pastikan Anda telah menginstal Shareit di laptop Anda
  4. Di laptop, buka aplikasi Shareit yang terinstal dan klik tombol “Bet”.
  5. Sekarang aplikasi di smartphone Anda akan menampilkan perangkat portabel Anda, jadi tekan nama perangkat portabel untuk memungkinkan Shareit segera mengirim file yang dipilih sebelumnya

Cara ini juga berlaku jika Anda ingin mengirim file dari komputer atau laptop ke smartphone iOS atau Android. Shareit memungkinkan Anda untuk mentransfer file lebih cepat dari platform yang berbeda.

Ketentuan Menggunakan Shareit

Apakah Anda berencana untuk menggunakan Shareit? Pertama, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi ini di perangkat Anda. Shareit tersedia di perangkat iOS, Android, Windows Phone, dan Windows. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa aplikasi ini tersedia secara gratis. Jadi Anda bisa mendapatkan aplikasi yang sangat berguna ini secara gratis.

Shareit tidak memerlukan koneksi data Internet atau Bluetooth karena media yang digunakan adalah Wi-Fi, jadi Anda perlu memastikan perangkat Anda sudah memiliki koneksi Wi-Fi.

Shareit bekerja di hampir semua merek komputer dari Lenovo, HP, Mac, ASUS, Dell, Samsung dan banyak lagi. Di Android, Shareit juga kompatibel dengan smartphone Samsung, Xiaomi, Sony, VIVO, Coolpad, dan Oppo. Ini benar-benar aplikasi transfer file jarak dekat yang kompatibel dengan hampir semua merek gadget.

Manfaat Menggunakan Shareit

Anda tidak perlu ragu untuk menginstal Shareit di perangkat Anda karena selain kemudahan penggunaan Shareit, aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan seperti:

  • Transfer File Lebih Cepat

Di era yang serba cepat ini, kita pasti membutuhkan alat yang memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima file dengan cepat. Shareit adalah pilihan yang tepat karena aplikasi ini dapat mentransfer file 200 kali lebih cepat dari Bluetooth atau NFC. Namun, kecepatan transfer file Shareit juga tergantung pada ukuran file yang dikirim.

  • Tanpa Membutuhkan Koneksi Data Internet

Kuota internet habis tapi masih harus kirim file? Tidak masalah, karena Shareit tidak memerlukan koneksi data ke Internet. Anda hanya perlu memastikan bahwa kedua perangkat memiliki koneksi Wi-Fi. Khusus untuk iPhone, perangkat lain harus berada di jaringan Wi-Fi (SSID) yang sama dengan iPhone.

  • Kompatibel Terhadap Semua Jenis File

Apa pun jenis file yang ingin Anda kirim, baik itu gambar, musik, video, dokumen, aplikasi, kontak telepon, Shareit dapat mengirim semua jenis file ini. Namun, pastikan perangkat penerima dapat membaca format file yang Anda kirim.

  • Bisa Mengirim File Ke Banyak Perangkat

Saat ini, sulit untuk menemukan aplikasi yang dapat mengirim file ke beberapa perangkat secara bersamaan. Namun, Shareit dapat mengirim file ke 5 perangkat dalam satu pengiriman. Anda hanya perlu memastikan bahwa semua perangkat yang akan menerima file tersebut telah menginstal aplikasi Shareit.

Permasalah Umum Saat Memakai Shareit

Di bawah ini juga merupakan jawaban atas beberapa masalah umum yang sering dialami pengguna Shareit di iPhone, Android atau PC.

  • Bagaimana cara mengatasi permasalahan antara Shareit dan Access Connection?

Anda perlu menginstal Access Connections di komputer Anda dan membuat profil Jaringan Terbaik yang Tersedia. Jika kartu nirkabel Anda tidak berada di bagian atas daftar kartu jaringan di pengaturan profil Anda, Shareit mungkin tidak berfungsi dengan baik.

  • Mengapa file musik dan video tidak dapat diputar di perangkat penerima?

Pertama, pastikan perangkat yang menerima file tersebut kompatibel untuk membaca format musik dan video. Anda juga harus memeriksa apakah pemutar media ponsel Anda mendukung format file yang diterima.

  • Mengapa tidak bisa menemukan perangkat penerima?

Pertama, buka Shareit di perangkat penerima dan pastikan Anda telah menekan tombol “Terima”, lalu nyalakan koneksi Wi-Fi. Pastikan perangkat penerima terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat pengirim.

  • Mengapa Shareit lambat dalam mentransfer file?

Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer Shareit, seperti koneksi Wi-Fi yang lambat, jarak antara kedua perangkat, dan kecepatan membaca memori perangkat.

Nah, itulah informasi penggunaan Shareit serta syarat dan manfaat dari kami. Perangkat lunak ini benar-benar sangat berguna untuk tugas-tugas transfer file. Selain itu, Shareit sangat mudah digunakan, jadi siapa pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirim dan menerima file lebih cepat.