Cara Buat Bot Telegram dan Berbagai Manfaatnya

Cara Buat Bot Telegram  — Banyak pengguna Telegram bertanya-tanya bagaimana cara membuat bot Telegram. Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan online yang banyak digunakan orang saat ini, bersama dengan WhatsApp. Telegram berisi bot yang terdiri dari baris kode dan secara otomatis melakukan tindakan kompleks tertentu. Bot Telegram juga dapat menerima perintah pengguna yang dikirim dalam format HTTP tertentu. Membuat bot Telegram mudah diikuti di artikel berikut.

Cara Buat Bot Telegram dengan Mudah untuk Pemula

Ada dua cara untuk membuat bot di Telegram dengan sangat mudah. Cara pertama menggunakan channel BotFather di Telegram dan cara kedua menggunakan Manybot.

1. Cara buat bot Telegram dengan channel BotFather

Saluran adalah fungsi dari Telegram. Channel atau saluran sengaja disediakan oleh Telegram agar penggunanya bisa berbagi segala sesuatu dengan banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Selanjutnya, saluran tersebut dapat digunakan untuk keperluan pribadi. Berikut langkah-langkah untuk membuat saluran:

  • Jalankan aplikasi Telegram di perangkat seluler atau komputer Anda. Kemudian ketik BotFather di kotak pencarian. Ketuk atau klik akun BotFather terverifikasi atau tanda centang biru di sebelahnya.
  • Setelah jendela bot terbuka, ketuk Luncurkan untuk melihat menu bot berbeda yang tersedia. Ketuk / bot baru untuk membuat bot baru.
  • Sekarang masukkan nama baru untuk bot yang ingin Anda buat.
  • Panjang nama robot harus antara 5 dan 32 karakter. Kemudian masukkan nama pengguna bot Anda, yang harus diakhiri dengan -bot.
  • Misalnya, jika nama bot Sobat Pintar adalah anima, maka nama pengguna adalah animabot.
  • Kamu kemudian menerima token HTTP API yang berwarna biru dan diketik dengan karakter yang berbeda, misalnya 5038047405: AAFXbznq5Mx114FEwziXsE8FYoWabuFheMo.
  • Token yang diterima selama pembuatan bot Telegram harus disimpan dengan benar. Siapa pun yang memiliki akses ke token akan dapat mengontrol robot yang dibuat oleh Sobat Pintar.

Ini adalah cara termudah untuk membuat bot Anda.

Cara Buat Bot Telegram 
Cara Buat Bot Telegram

2. Cara buat bot Telegram dengan Manybot

Manybot juga merupakan layanan khusus yang memungkinkan pengguna Telegram membuat dan memodifikasi bot mereka sendiri. Menggunakan Manybot hampir sama dengan menggunakan BotFather. Dengarkan dan ikuti beberapa langkah ini.

  • Buka aplikasi Telegram dan ketik Manybot di kotak pencarian. Klik Manybot hingga dialog Manybot terbuka. Kemudian klik Start untuk memulai instalasi.
  • Kamu harus memilih bahasa terlebih dahulu. Karena Bahasa Indonesia belum tersedia, silakan klik tombol Bahasa Inggris untuk memilih Bahasa Inggris, atau Anda dapat memilih bahasa lain.

Klik menu Create New Bot atau ketik/addbot pada pesan otomatis yang dikirim Manybot. Manybot memberikan instruksi untuk membuat bot Telegram.

  • Pertama Anda perlu membuat bot menggunakan BotFather, kemudian setelah membuat bot salin token yang dikirim oleh BotFather. Setelah menyalin token, kembali ke jendela obrolan Manybot lagi.
  • Klik menu Saya menyalin Token API. Manybot akan meminta Anda untuk mengirim token. Tempel atau tempel token dan kirimkan ke Manybot. perlu menunggu beberapa detik agar Manybot menerima token yang dikirim sebelumnya.
  • Anda dapat memasukkan deskripsi singkat tentang bot yang Anda buat atau melompat ke bagian berikutnya dengan mengklik tombol / lewati. Manybot akan memperingatkan Anda bahwa bot siap digunakan.
  • Cara terakhir untuk membuat bot Telegram adalah dengan memasukkan bot yang sudah selesai dan klik Start. Jika sudah bisa merespon berarti sudah siap pakai.

Anda dapat mengubah beberapa pengaturan atau setting agar bot bekerja lebih maksimal. Dengan cara ini, bot dapat memberikan jawaban yang tepat ketika pengguna Telegram lain mengajukan pertanyaan tertentu.

Berbagai Manfaat Bot Telegram

Jika Anda memiliki bot Telegram, Anda dapat mengaturnya untuk secara otomatis melakukan berbagai aktivitas berdasarkan interaksi yang sering Anda lakukan dengan pengguna Telegram lain; misalnya, secara otomatis membalas pesan untuk tujuan komersial.

Mempelajari cara membuat bot Telegram tidak cukup. Anda juga perlu memahami bagaimana bot Telegram dapat menguntungkan Anda.

  1. Bot dapat mengirim pemberitahuan dan berita yang dipersonalisasi. Bot Telegram juga dapat bertindak sebagai surat kabar pintar. Bot memilih topik artikel atau berita yang paling sesuai dengan minat pengguna Telegram.
  2. Bot dapat mengirimkan konten dari berbagai layanan lain secara bersamaan, sehingga pemirsa dan pembuat konten dapat lebih mudah menemukan berita dan menyajikannya kepada pengguna Telegram lainnya.
  3. Bot Telegram juga dapat bertindak sebagai kasir virtual yang mengelola metode dan proses pembayaran. Jika Anda memiliki bisnis yang sibuk, pastikan Anda mempelajari dan memahami cara membangun bot Telegram dengan baik dan benar.
  4. Dengan bantuan robot Telegram, kita bisa membuat game online yang bisa dimainkan bersama sekelompok teman di aplikasi Telegram. Dari game keterampilan sederhana hingga game puzzle, robot Telegram dapat dibuat.