Cara Mempercepat Copy File Besar dengan Mudah

Mempercepat Copy File Besar — Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyalin file ke partisi lain. Meski tidak semua orang bisa menghabiskan banyak waktu di era serba instan ini.

Untuk melakukan ini, kami memerlukan cara untuk mempercepat penyalinan file besar untuk memperbaiki masalah dengan cepat. Jangan biarkan waktu Anda terbuang sia-sia! Lihat cara berikut untuk menyalin file besar dengan cepat.

1. Ubah Format Flash Disk Menjadi NTFS

Biasanya, format drive dibagi menjadi dua bagian: FAT32 dan NTFS. Singkatnya, FAT32 adalah singkatan dari File Allocation Table 32, yang mengenali cluster data 32-bit untuk mengidentifikasi cluster data. Meskipun kompatibel dengan banyak sistem operasi, FAT32 tidak dapat mentransfer lebih dari 4GB data per file. Kecepatan salin tidak secepat NTFS.

NTFS adalah singkatan dari New Technology Files System, format drive yang cocok untuk Windows. Karena kebanyakan orang menggunakan Windows, NTFS adalah pilihan yang cukup populer – tidak ada batasan ukuran file maksimum dan kecepatan transfer yang lebih baik.

Jika Anda mencoba menyalin file besar ke USB atau hard drive eksternal, tetapi kecepatannya lambat, periksa format drive. Flash drive mungkin masih dalam format FAT32. Untuk mengonversi ke NTFS, Anda perlu memformat ulang, yang dapat menghapus semua file. Cadangkan file penting Anda dan ikuti langkah-langkah ini untuk Windows 10:

  • Klik kanan partisi USB flash disk atau hard drive eksternal.
  • Pilih menu Format.
  • Ada menu drop down bernama File System dengan berbagai pilihan format seperti FAT32, exFAT dan NTFS. Pilih NTFS.
  • Periksa Format Cepat.
  • Klik Mulai dan tunggu hingga pemformatan selesai,

Kemudian Anda dapat mencoba menyalin file besar untuk melihat apakah kecepatannya meningkat. Jika Anda masih belum puas dengan tingkat kecepatan, Anda dapat menggabungkan metode ini dengan metode lain.

Mempercepat Copy File Besar
Mempercepat Copy File Besar

2. Gunakan Aplikasi TeraCopy

Aplikasi pihak ketiga dapat digunakan untuk mempercepat penyalinan file besar, salah satunya adalah TeraCopy, yang dapat mentransfer data lebih cepat daripada utilitas bawaan Windows. Menariknya, TeraCopy bisa diunduh secara gratis. Berikut adalah langkah-langkah untuk instalasi:

  • Kunjungi halaman unduhan TeraCopy dengan mengklik tautan ini.
  • Klik menu Download dan tunggu hingga download selesai.
  • Klik pada file instalasi “teracopy.exe” dan ikuti petunjuk instalasi sampai selesai.

Hal ini juga sangat mudah digunakan. TeraCopy memiliki integrasi drag-and-drop, jadi Anda hanya perlu menyalin file seperti biasa di Windows Explorer. Sebuah jendela akan muncul setiap kali Anda menjalankan perintah tempel, memberi Anda opsi untuk menyalin file menggunakan TeraCopy. Pilih opsi dan proses penyalinan akan berlangsung di aplikasi.

3. Ubah Prioritas Windows Explorer di Task Manager

Pada umumnya copy paste dapat dilakukan melalui Windows Explorer. Jadi, jika kecepatan salin lambat, salah satu solusinya adalah memusatkan kekuatan prosesor komputer pada Windows Explorer. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Task Manager dengan mengklik kanan taskbar dan pilih menu Task Manager. Anda juga dapat melakukan ini dengan menekan CTRL + Alt + Del pada keyboard Anda dan memilih menu Task Manager.
  • Temukan Windows Explorer dalam daftar aplikasi yang ditampilkan pada tab Proses.
  • Klik kanan Windows Explorer dan pilih Go to Details.
  • Klik kanan lagi file “explorer.exe” dan pilih menu Set Priority, lalu pilih menu Live.

Setelah langkah ini, Windows Explorer menggunakan lebih banyak sumber daya untuk mempercepat proses penyalinan. Tapi ingat bahwa CPU bekerja ekstra dan bisa cepat panas.

4. Ketahui Berbagai Shortcut di Windows Explorer

Selain perangkat keras dan perangkat lunak, kecepatan menyalin file juga bergantung pada pengguna. Saat menyalin, Anda perlu melakukan berbagai operasi, seperti membuat folder dan mengubah nama file. Keyboard memiliki berbagai hotkey yang memudahkan untuk menyalin file.

Misalnya, alih-alih mengklik kanan pada file dan memilih menu Salin, cukup tekan CTRL + C dan tempel menggunakan pintasan keyboard CTRL + V.

Anda juga dapat menggunakan fungsi pencarian dengan menekan CTRL + E – metode ini lebih cepat untuk menemukan file yang akan disalin. Kemudian, untuk membuat folder baru untuk menyimpan salinan file, gunakan CTRL + Shift + N.

Masih banyak kombinasi tombol yang berbeda untuk digunakan. Dengan membiasakan diri dengan pintasan, Anda dapat dengan mudah menavigasi melalui dukungan penyalinan file, terutama jika Anda harus menyalin banyak file besar.

5. Ubah Pengaturan USB Menjadi “Better Performance”

Jika Anda menggunakan flash drive, defaultnya adalah “Quick Remove” – ​​Anda dapat melepas flash drive dengan aman tanpa menjalankan perintah “Safely Remove Hardware and Eject Media”.

Pilihan lain adalah “Kinerja Lebih Baik”, yang memungkinkan Anda untuk menulis cache (data sementara) ke flash disk. Cara ini terbukti efektif dalam mempercepat penyalinan file berukuran besar. Buat scone ini:

  • Hubungkan USB flash drive ke komputer Anda.
  • Buka Windows Explorer dan klik kanan pada partisi flash drive.
  • Pilih menu Properties dan klik tab Hardware.
  • Pilih nama USB flash drive dan klik Properties.
  • Klik Ubah Pengaturan dan pilih tab Kebijakan.
  • Ubah pengaturan dari Quick Remove ke Better Performance.

Mempercepat Copy File Besar, Ini meningkatkan kecepatan transfer file dari komputer ke USB flash drive. Namun, ada satu hal yang perlu diingat: ada risiko kehilangan data atau kerusakan yang lebih besar jika Anda mengeluarkan flash drive secara sembarangan.

6. Ganti HDD dengan SSD

Ingin tahu cara yang lebih efektif dari cara-cara sebelumnya? Tentunya dengan mengganti harddisk dengan hardware yang lebih baik, dalam hal ini SSD (Solid State Drive).

SSD memiliki fungsi yang sama dengan HDD, hanya saja dengan begitu banyak kelebihannya. Data ternyata lebih aman, drive lebih tahan lama karena tidak memiliki bagian yang bergerak.

Suaranya senyap bahkan selama transfer data dan yang paling penting: kecepatannya bisa sampai 4 kali lebih cepat dari HDD. Lihat merek SSD terbaik untuk PC dan laptop.

Kesimpulan Mempercepat Copy File Besar

Itu tadi cara-cara yang bisa kamu coba untuk mempercepat penyalinan file berukuran besar, mulai dari yang bisa langsung kamu lakukan seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga, hingga tahap yang paling ekstrim yaitu mengganti HDD dengan SSD. . .

Tidak ada lagi menunggu untuk menyalin file besar. Metode apa yang sudah Anda coba? Share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ya!