Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Dijamin Ampuh

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris — Handphone atau HP merupakan benda penting dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital ini, penggunaan HP sudah menjadi kebutuhan yang besar bagi hampir semua orang. Namun, penggunaan HP yang terus menerus terkadang menyebabkan masalah pada kesehatan HP. Misalnya, garis muncul di layar. Berurusan dengan layar ponsel bergaris terkadang bisa membuat Anda gugup dan bingung.

Tampilan HP yang disejajarkan secara horizontal atau vertikal tentu sangat mengganggu. Menangani tampilan HP dengan garis horizontal umumnya tidak jauh berbeda dengan tampilan HP dengan garis vertikal. Demikian cara mengatasi layar HP yang belang putih. Karena masalah layar belang HP ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik itu masalah perangkat keras atau perangkat lunak HP.

Untuk memperjelas apa yang menyebabkan layar HP bergaris, kami telah membuat ulasan di sini.

Penyebab Layar HP Bergaris

Seperti disebutkan di atas, munculnya garis-garis pada layar ponsel, baik itu ponsel Android maupun iPhone, dapat disebabkan oleh dua hal utama, yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Anda pasti perlu mengetahui penyebab garis pada ponsel Anda sehingga Anda dapat memutuskan cara terbaik untuk memperbaiki layar ponsel Anda yang bergaris. Di bawah ini adalah penyebab garis di layar HP paling umum yang sangat fatal bagi kondisi ponsel.

1. HP Terjatuh

Sering menjatuhkan ponsel bisa menjadi salah satu alasan mengapa garis muncul di layar ponsel. Biasanya, saluran telepon seluler yang terputus dapat menyerang perangkat keras atau perangkat lunak. Jika Anda menyerang perangkat keras, biasanya merusak layar LCD. Seolah-olah LCD retak atau pecah dari dalam.

Juga, jika Anda menduga bahwa perangkat lunak HP Anda mogok, Anda dapat menggunakan trik tangkapan layar untuk memeriksa apakah kerusakan telah terjadi pada perangkat lunak Anda. Anda dapat mengambil tangkapan layar apa pun di ponsel Anda. Kemudian kirimkan tangkapan layar ke teman Anda untuk melihatnya. Jika tangkapan layar tidak mengandung garis ketika tiba di ponsel teman Anda, Anda dapat yakin bahwa perangkat lunaknya aman dan kerusakannya ada di perangkat kerasnya.

2. HP Terkena atau Terendam Air

Penyebab munculnya guratan pada layar HP selanjutnya adalah ponsel terkena percikan air atau terendam genangan air. Beberapa merk HP yang tidak memiliki daya tahan yang baik dapat mudah rusak jika terkena air. Karena ini adalah benda elektronik, kontak langsung dengan air jelas harus dihindari untuk meminimalkan kemungkinan reaksi listrik yang tidak diinginkan.

Selain kontak langsung dengan air, juga dapat menyebabkan layar HP tidak sejajar dan layar ponsel bergetar. Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus dan tepat untuk mengatasi layar HP yang belang dan terkelupas. Pada bagian selanjutnya dari artikel ini, kita akan membahas cara mengatasi masalah HP tersebut.

3. Ada Sistem Error

Alasan lain yang dapat menyebabkan munculnya garis di layar ponsel adalah kesalahan sistem. Sistem HP biasanya merespon gejala kesalahan dengan menampilkan kesalahan sistem dalam bentuk garis-garis halus seperti rambut atau terkadang layar yang berkedip-kedip. Masalah terkait sistem error itu sendiri biasanya terjadi pada ponsel yang sebelumnya sudah di root atau ponsel rakitan. Ketika berurusan dengan layar ponsel bergaris yang disebabkan oleh kegagalan sistem, teknik tertentu biasanya diperlukan.

4. Layar Tertindih Benda Berat

Jika ponsel terkena tekanan kuat atau tertimpa benda berat, garis berwarna putih atau neon dapat muncul di layar. Hal ini juga dapat menyebabkan layar HP berkedip dan goyang. Ini biasa terjadi ketika Anda dengan santai meletakkan ponsel Anda di tempat tidur dan kemudian secara tidak sengaja duduk di atasnya.

5. Socket Layar Rusak

Alasan selanjutnya yang juga umum adalah soket layar HP rusak. Kerusakan pada soket layar ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis horizontal, vertikal, putih atau ganda pada ponsel. Soket layar HP yang rusak ini biasanya disebabkan oleh cacat produksi.

Hal ini bisa terjadi bahkan jika suatu saat ponsel Anda baru saja diperbaiki. Namun, layanan di ponsel tidak akurat dan akurat, yang menyebabkan masalah pada pegangan layar. Soket layar merupakan komponen HP yang sangat sensitif dan membutuhkan keahlian dan ketelitian khusus untuk menanganinya agar tidak menimbulkan masalah lain seperti munculnya garis-garis pada layar.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris
Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Setelah mempelajari beberapa alasan umum mengapa garis muncul di HP Anda. Selanjutnya, Anda perlu tahu cara menangani layar HP bergaris dengan benar. Karena jika Anda tidak tahu cara menangani layar ponsel bergaris yang baik dan benar, Anda mungkin akan membuat masalah baru di ponsel Anda alih-alih membantu mereka. Di bawah ini adalah ikhtisar lengkap tentang HP Striped Display Solution.

1. Restart HP, Lalu Gunakan Safe Mode

Cara pertama untuk melewati layar ponsel bergaris adalah dengan me-restart ponsel dan kemudian mengaktifkan penggunaan “mode yang dikurangi”. Penggunaan mode reduksi ini digunakan untuk memantau kinerja sistem operasi dan untuk menemukan diagnosis jika terjadi masalah dengan sistem operasi. Dengan mengaktifkan Safe Mode, jika ada retakan atau garis pada layar pada perangkat lunak, sistem akan segera mengirimkan peringatan atau pemberitahuan.

Berikut cara mengaktifkan fitur Safe Mode:

  • Tekan tombol daya pada ponsel hingga menu pop-up muncul di layar.
  • Klik dan tahan tombol daya hingga jendela pop-up lain muncul.
  • Klik OK untuk me-restart ponsel dalam safe mode, maka ponsel akan masuk ke safe mode atau mode aman secara otomatis.

Jika Anda tidak dapat menemukan menu pop-up atau metode di atas untuk memperbaiki layar ponsel dengan coretan tidak berfungsi, Anda dapat mencari metode yang sesuai dengan versi ponsel yang Anda gunakan. Karena biasanya ada berbagai jenis ponsel dan sistem operasi yang berbeda, ada juga cara yang berbeda untuk mengaktifkan fungsi mode aman.

2. Perbaiki Layar HP Bergaris dengan Opsi Developer

Cara lain untuk mengelola tampilan HP bergaris adalah dengan menggunakan opsi pengembang. Opsi pengembang atau opsi pengembang ini adalah halaman di mana Anda dapat mengelola pengaturan HP Anda secara lebih lengkap dan terperinci di halaman ini. Halaman opsi pengembang ini juga memiliki opsi Tampilkan posisi penunjuk yang dapat Anda nonaktifkan untuk menghapus garis halus, garis horizontal, atau garis vertikal di layar ponsel Anda.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan dan mengaktifkan opsi pengembang.

  • Buka bagian pengaturan Android di ponsel Anda
  • Cari opsi “Tentang” atau “Tentang” di ponsel Anda
  • Klik, lalu masuk ke menu Tentang HP
  • Setelah login, cari kolom “Build number”. Klik berulang kali hingga Anda melihat pesan “Anda sudah menjadi pengembang”.
  • Kemudian ketuk tombol kembali dan kemudian buka menu “Opsi pengembang”.
  • Setelah membuka menu, Anda dapat menonaktifkan opsi “Tampilkan kiat”.
  • Garis tidak ditampilkan atau hilang secara otomatis di layar ponsel.
  • Garis yang dapat dihilangkan menggunakan menu developer options adalah garis putih, garis vertikal, garis horizontal, garis berwarna, atau garis lainnya dari sistem HP, bukan garis kerusakan atau gangguan perangkat keras.

3. Gunakan Aplikasi LCD Fixer

Hal lain yang dapat Anda lakukan jika Anda tidak dapat memperbaiki layar ponsel yang belang adalah dengan menggunakan aplikasi LCD Fixer. Sudah ada beberapa aplikasi di hp android yang khusus dikembangkan untuk menjadi solusi dan salah satu solusi mengatasi layar HP atau masalah HP lainnya.

Aplikasi yang bisa kamu coba untuk memperbaiki LCD kamu atau aplikasi LCD Fixer pada umumnya, salah satunya adalah aplikasi yang bernama Dead Pixels Test and Fix. Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store karena sudah banyak yang menggunakannya, sehingga ratingnya juga tinggi dan tidak sulit untuk ditemukan.

Aplikasi bekerja dengan mendeteksi piksel HP yang dianggap buruk. Setelah terdeteksi, aplikasi akan bekerja untuk menghilangkan titik-titik yang menjadi garis pada layar, secara bertahap menghilangkan garis pada layar HP.

Cara menggunakan aplikasi adalah:

  • Cari Uji Piksel Mati dan Perbaiki dan unduh.
  • Untuk mengaktifkan aplikasi, buka dan terima persyaratannya.
  • Ketuk “Dead Pixel Check & Dead Pixel Repair” untuk mulai menyelesaikan masalah saluran di layar ponsel Anda.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda hanya perlu menunggu aplikasi bekerja sampai Anda melihat hasilnya.

4. Tekan Permukaan Layar ke Bawah

Jika cara melewati HP Striped Screen di atas masih tidak berhasil, tekan ke bawah pada permukaan layar. Cara ini bisa Anda lakukan jika hasil diagnosa menunjukkan bahwa kerusakan atau gangguan pada layar ponsel berasal dari faktor eksternal atau hardware.

Anda dapat melakukan cara manual ini dengan menggunakan ujung jari Anda untuk menekan permukaan layar di bawah HP secara perlahan dan tidak terlalu keras. Ulangi operasi sampai garis hilang dari layar ponsel.

5. Langsung Keringkan HP Jika Terkena Air

Jika Anda menemukan garis muncul di layar ponsel Anda sesaat setelah kontak dengan air atau kontak langsung, cara menangani layar HP adalah dengan segera menghapusnya. Untuk mengeringkan ponsel, gunakan kain yang menyerap air dengan baik dan tidak mengandung bulu-bulu halus yang bisa rontok karena menyumbat lubang pada ponsel.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan ponsel Anda secara menyeluruh jika Anda khawatir air telah masuk ke bagian dalam ponsel. Berikut adalah sarannya.

  • Matikan HPnya.
  • Jika memungkinkan, lepaskan penutup belakang ponsel, SIM, memori, dan baterai ponsel.
  • Kami menyiapkan nasi dalam panci secukupnya.
  • Kemudian kubur HP di dalam beras selama 2-3 hari, proses penguburan di beras ini bisa membantu mengeluarkan air dari HP.
  • Setelah selesai, masukkan kembali kartu SIM dan casing ponsel, lalu periksa apakah saluran masih ada di layar.

6. Cek Soket Layar HP

Cara lain untuk menangani layar ponsel belang berikut ini adalah dengan memeriksa status konektor display HP. Nah untuk mengeceknya, Anda bisa melakukannya di rumah jika sudah memiliki pengetahuan khusus tentang elektronika. Namun jika ragu bisa dikirim ke service center HP terdekat. Selanjutnya, teknisi elektronik membongkar ponsel untuk menemukan soket untuk layar dan kemudian memperbaikinya.

7. Cek Casing HP, Pastikan Tidak Longgar

Hal lain yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada layar HP adalah kerusakan hardware. Salah satu perangkat keras yang dapat mempengaruhinya adalah casing HP itu sendiri. Oleh karena itu, jika Anda menemukan garis di layar ponsel, silakan periksa casing ponsel terlebih dahulu dan pastikan casing ponsel terpasang dengan benar dan tidak longgar.

8. Bongkar HP untuk Mengetahui Penyebab Layar HP Bergaris

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris  Opsi selanjutnya adalah segera membongkar ponsel untuk mencari tahu persis di mana masalahnya dan apa yang menyebabkan garis-garis di layar ponsel. Dengan cara ini, Anda pasti dapat mengetahui penyebab layar garis HP, bukan hanya menebak.

Tentunya butuh kesabaran dan ketelitian untuk melewati layar HP yang belang dengan cara membongkar HP tersebut. Mulai dari melepas penutup hingga memeriksa komponen di dalamnya. Jika Anda tidak yakin dengan metode ini, cari bantuan dari ahli atau teknisi.

9. Ganti Layar LCD Baru dan Pastikan Original

Cara mengatasi layar hp belang jika tidak ada cara diatas yang membantu hp anda adalah dengan mengganti LCD HP dengan yang baru. Layar LCD HP mungkin mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Jadi saat mengganti LCD HP lagi, pastikan memilih LCD asli agar lebih awet dan terhindar dari berbagai noise seperti garis-garis pada layar.