Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Mengatasinya

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh — Ponsel tampaknya menjadi teman dekat para pengguna, terutama akhir-akhir ini. Hp merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas dan kebutuhan mulai dari belajar, bekerja, hiburan, dll. Jika Anda tidak merawat perangkat ini, berbagai masalah mungkin muncul, seperti layar ponsel yang tidak dapat disentuh. Sebenarnya, apa alasan Anda tidak menyentuh layar ponsel Anda?

Kali ini kami akan mencoba mengulas alasan mengapa Anda menyentuh layar ponsel Anda dan cara memperbaikinya. Mengetahui informasi ini, pengguna ponsel tentu bisa lebih berhati-hati saat menggunakan perangkatnya. Perawatan yang tepat berfungsi untuk menjaga umur ponsel lebih lama.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Layar atau screen merupakan salah satu komponen penting dari smartphone. Tugas komponen ini adalah memvisualisasikan sistem dan informasi yang kemudian disajikan kepada pengguna. Layar smartphone memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, sistem operasi, fungsi dan semua fungsi ponsel.

Jika Anda memiliki masalah dengan layar ponsel cerdas Anda, Anda dapat dengan cepat mengetahui mengapa Anda tidak dapat menyentuh sebagian layar ponsel Anda. Layar yang tidak berfungsi menghalangi penggunaan ponsel itu sendiri.

Sebelum memutuskan untuk mengganti smartphone Anda, mengapa tidak mencoba untuk memperbaikinya? Namun perlu diketahui apa penyebab dari masalah yang ada yaitu layar handphone tidak bisa disentuh sama sekali.

1. HP Terkena Air Menyebabkan Layar Tidak Bisa Disentuh

Coba ingat-ingat apakah smartphone Anda terkena air? Anda tidak dapat menyentuh layar ponsel karena menerima air, sangat mungkin. Tidak jarang para pengguna ponsel mengalami hal seperti ini karena kelalaiannya sendiri atau kesalahan orang lain.

Perangkat seperti smartphone yang tidak tahan air dapat mengalami masalah kecil saat terkena hujan atau cipratan air. Akibatnya, layar tidak merespon sentuhan. Bukan tidak mungkin juga bisa menimbulkan masalah besar, seperti ponsel yang tidak menyala sama sekali.

Sekadar informasi, masuknya air ke perangkat Android atau iOS bisa menyebabkan korsleting. Inilah sebabnya mengapa layar sentuh ponsel tidak berfungsi dengan baik. Ya, Anda bisa mencoba memperbaiki layar ponsel yang tidak bisa disentuh karena terkena air.

2. Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh Bisa Jadi Karena Terjatuh

Apakah Anda sering secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel Anda? Jika terjatuh, ponsel mungkin terkena dampak yang parah, meskipun Anda menggunakan casing tambahan. Ini adalah alasan lain mengapa tidak mungkin menyentuh layar ponsel Xiaomi.

Setelah menjatuhkan ponsel Anda, segera periksa kondisi fisik perangkat! Meski tidak ada kerusakan, layar bisa bekerja kembali dan merespon sentuhan jari dengan baik.

Jika demikian, kita dapat berasumsi bahwa masalahnya ada pada sistem operasi. Namun Jika layar tidak rusak, pegangan pada bilah LCD mungkin longgar dan sensor sentuh mungkin bermasalah.

3. HP Sudah Terlalu Lama Digunakan

Pada dasarnya, setiap orang memiliki alasan masing-masing dalam menggunakan ponsel. Baik digunakan semata-mata untuk hiburan, komunikasi dan media interaktif, belajar, bekerja atau lainnya, penggunaan ponsel tetap harus dipantau.

Hal ini karena ponsel yang digunakan terlalu lama dan sering dapat menyebabkan berbagai kerusakan, termasuk masalah layar sentuh Vivo. HP juga butuh istirahat agar performanya tetap pada posisi optimal.

Atau mungkin Anda telah menggunakan ponsel terlalu lama. Semua perangkat elektronik, termasuk ponsel, biasanya bertahan sekitar 3 tahun sebelum mengalami masalah permanen. Penurunan kapasitas dan kualitas juga dapat terjadi pada layar ponsel yang tidak responsif terhadap sentuhan.

4. RAM HP Penuh

Agar smartphone dapat tampil maksimal, maka memperhatikan dua komponen penting yaitu RAM dan ROM. Karena kapasitas RAM yang terbatas, pastikan untuk menggunakan aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Aplikasi yang diinstal pada smartphone pasti memakan ruang penyimpanan. Kapasitas RAM secara bertahap terisi. Ini mempengaruhi layar dan satu membeku. Terakhir, smartphone tidak bisa merespon sentuhan sama sekali. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat pengguna tidak nyaman.

5. HP Tertekan Benda Berat

Salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh menyimpan ponsel Anda sembarangan adalah karena tidak boleh terkena benda berat. Terkadang kita telah menyimpan sesuatu di ponsel kita tanpa menyadarinya.

Selain menyulitkan pencarian ponsel saat dibutuhkan, juga dapat memengaruhi layar. Ponsel mungkin tidak dapat disentuh atau layarnya mungkin juga rusak. Mulai sekarang, coba lihat apakah tempat penyimpanan ponsel aman dari tumpukan benda berat. Jangan menyimpan ponsel Anda di mana pun, atau Anda berisiko merusak layar ponsel.

6. Pemakaian Charger Salah

Penggunaan pengisi daya khusus adalah wajib. Orisinalitas charger bukan hanya soal gengsi, karena lebih fokus pada performa ponsel. Tentu saja, tidak selalu disarankan untuk menggunakan pengisi daya yang lalai untuk mengisi daya baterai ponsel.

Beberapa mungkin tertarik menggunakan pengisi daya yang dapat mengisi daya dengan cepat. Sayangnya, hal ini bisa merusak komponen ponsel jika charger tersebut bukan charger bawaan ponsel. Jangan heran jika Anda akhirnya mengeluh bahwa Anda tidak dapat menyentuh layar ponsel Anda.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh
Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Anda tidak boleh lalai saat memperbaiki layar ponsel. Namun karena sudah mengetahui alasannya, kini Anda bisa mencoba memperbaiki layar ponsel yang tidak tersentuh dengan berbagai cara.

1. Bersihkan Layar HP

Kotoran yang menempel kemudian menumpuk dapat menyebabkan masalah pada layar ponsel. Meski terdengar sepele, itu benar adanya. Ketika layar sentuh Anda menjadi kurang responsif dan Anda menyadari kapan terakhir kali Anda menghapus layar ponsel Anda, sekarang saatnya untuk membersihkan komponen ponsel ini.

Caranya sangat sederhana, yaitu membersihkannya dan memastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel di layar. Gunakan kain lembut yang tidak berbulu atau kain dengan sedikit air. Usap perlahan kain lembab dari semua permukaan layar ponsel.

Jika masih tidak merespon, coba hapus screen saver dan ulangi cara di atas. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak air! Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air yang masuk ke smartphone dapat mengganggu kinerja komponen di dalam smartphone.

2. Coba Tekan-tekan Layar HP Secara Perlahan

Meski terdengar sederhana, banyak orang telah membuktikan bahwa pengoperasian layar sentuh ponsel iPhone cukup efektif. Tujuannya adalah untuk menarik bagian bebas dari layar ponsel.

Tidak ada alat yang diperlukan untuk melakukan metode ini. Anda hanya perlu menekan layar dan kasing, tetapi lakukan dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan ibu jari Anda pada bagian layar yang tidak berfungsi. Tekan bagian belakang kasing dengan jari telunjuk Anda.

Metode ini cocok untuk masalah yang ada di ponsel, yaitu ponsel tidak dapat disentuh sebagian. Sudahkah Anda mencoba metode ini?

3. Cek Lalu Bersihkan Pemakaian RAM

Penggunaan RAM mempengaruhi sensitivitas layar ponsel. Semakin besar kapasitas RAM, semakin lambat layar ponsel bereaksi. Mengetahui hal ini, Anda tentu ingat berapa banyak RAM yang dimiliki ponsel Anda.

Sekarang Anda dapat memeriksa apakah ada lebih banyak ruang penyimpanan. Jika demikian, bersihkan penggunaan RAM Anda. Semua smartphone menawarkan cara mudah untuk membersihkan file sisa di RAM. Saat menjalankan pembersihan, alat ini juga akan mendeteksi file duplikat, salah satu atau keduanya dapat dihapus.

Jika itu masih belum cukup, kamu bisa mengecek daftar aplikasi yang terpasang di smartphone kamu. Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting atau jarang digunakan. Semakin banyak aplikasi yang Anda hapus, semakin banyak penyimpanan yang Anda dapatkan.

4. Matikan Daya HP Sementara

Sudahkah Anda mencoba menutup paksa beberapa aplikasi tetapi layar masih tidak merespons? Jangan panik! Ini bukan pertanda Anda harus segera ke service center hp.

Coba dulu cara sederhana ini, yaitu matikan smartphone Anda. Tujuannya adalah untuk mendinginkan telepon yang terlalu panas. Yang perlu Anda ketahui adalah beberapa layar smartphone tidak bekerja maksimal pada suhu yang terlalu tinggi.

Bagaimana jika ponsel cerdas Anda adalah ponsel dengan baterai internal? Anda tidak dapat melepas baterai secara paksa atau menekan tombol daya di layar.

Untuk mengatasi hp xiaomi layar untouchable, tekan dan tahan tombol power selama 3-5 menit sampai hp mati. Pengguna ponsel merek lain juga dapat mencoba metode ini dalam kasus serupa.

5. Aktifkan Safe Mode di HP

Terkadang alasan layar HP tidak menyentuh adalah karena ada program atau aplikasi pihak ketiga yang baru saja Anda unduh. Dengan mengaktifkan Safe Mode atau Safe Mode di ponsel Anda, Anda dapat menjalankan ponsel Anda tanpa aplikasi berbahaya. Jika layar HP dapat berfungsi normal saat menggunakan Safe Mode, mungkin ada masalah dengan aplikasi yang diunduh. Untuk mengaktifkan mode aman di ponsel Anda, tekan tombol daya selama beberapa detik, lalu pilih mode darurat atau mode aman. Kemudian ikuti langkah yang sama untuk keluar dari mode.

6. Ganti Charger HP

Menggunakan pengisi daya yang salah adalah salah satu alasan mengapa Anda tidak dapat menyentuh layar ponsel. Jadi solusinya adalah dengan mengganti charger.

Layar tidak berfungsi saat disentuh, menunjukkan kesalahan saat pengisian atau proses pengisian. Jika masalah segera hilang setelah melepas pengisi daya, masalahnya pasti terletak pada pengisi daya.

Tegangan mungkin tidak cocok, jadi tidak ada lagi alasan untuk menggunakan pengisi daya. Ganti dengan pengisi daya asli baru yang dirancang untuk kebutuhan pengisian daya ponsel cerdas Anda.

Membiarkan masalah ini berlanjut dan menempel pada pengisi daya lama dapat menyebabkan masalah lain seperti seringnya mematikan ponsel cerdas dan kerusakan baterai. Yang paling parah adalah saat smartphone mati total atau tidak menyala sama sekali.

7. Lakukan Factory Reset

Factory reset bisa menjadi solusi dari masalah yang kamu hadapi setelah mencoba berbagai cara untuk memperbaiki yang untouchable dan shut down namun tidak memberikan hasil yang maksimal pada layar handphone.

Metode ini tidak berbahaya, tetapi Anda perlu membuat cadangan data Anda. Anda perlu mentransfer dan melindungi semua data dan file penting yang tersimpan di ponsel cerdas Anda. Reset pabrik berarti semua data dan file tidak akan disimpan.

Ponsel akan berada dalam kondisi yang sama seperti saat Anda baru saja menyalakannya saat Anda mengeluarkannya dari kotaknya. Untuk melakukan reset pabrik, buka pengaturan dan pilih manajemen umum. Kemudian pilih reset dan reset data pabrik.

8. Ganti Touchscreen HP

Tidak perlu beralih ke ponsel baru untuk masalah tunggal ini. Karena masalahnya ada pada layar sentuh, ganti layar sentuh ponsel.

Mereka telah mencoba setiap metode dan tidak ada yang berhasil. Dalam hal ini, kemungkinan besar kerusakan memang ada pada layar ponsel. Memang cara yang terakhir ini bisa dilakukan di rumah.

Anda dapat membeli layar sentuh sesuai dengan jenis dan model ponsel Anda di toko atau toko online terdekat. Namun, jika Anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri, upaya terakhir adalah melibatkan ahlinya. Bawa ponsel Anda ke pusat layanan terdekat dan beri tahu mereka apa yang Anda butuhkan.

Keputusan yang tepat adalah membawanya ke service center resmi. Untuk makan! Jangan pergi sebelum memeriksa garansi ponsel Anda. Jika masih dalam masa garansi, Anda bisa mendapatkan layanan tanpa mengeluarkan uang.