Kelebihan dan Kekurangan HP realme C21Y

Kelebihan dan Kekurangan HP realme C21Y — Pada Maret 2021, smartphone Realme C21 entry-level dirilis. Ponsel murah ini didasarkan pada sertifikasi keandalan tinggi TÜV Rheinland dan baterainya yang besar sebagai nilai jual utamanya. Belum lama ini, tepatnya pada Juni 2021, realme kembali mengangkat HP untuk mengisi segmen serupa.

Ini adalah realme C21Y yang akan dirilis pertama kali di Vietnam. Ponsel ini memiliki bentuk dan tampilan yang sama dengan Realme C21. Spesifikasinya juga mirip. Lalu apa daya tarik dari HP ini?

Pertanyaan ini akan dijawab dalam artikel ini karena kami menjelaskan keunggulan realme C21Y. Tidak hanya itu, ia juga memiliki beberapa poin yang dapat dianggap sebagai titik lemah ponsel.

Itu sebabnya kali ini kami merasa bebas untuk mencicipi makanan kami. Kami berharap ulasan manfaat kerajaan C21Y ini dapat menjadi referensi. Untuk membukanya, lihat deskripsi singkat ponsel seperti di bawah ini.

Spesifikasi realme C21Y

  • Layar IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset UNISOC Tiger T610
  • RAM 3 GB, 4 GB
  • Memori internal 32 GB, 64 GB
  • Kamera 13 MP (lebar) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 5000mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 1.599.000
Kelebihan dan Kekurangan HP realme C21Y
Kelebihan dan Kekurangan HP realme C21Y

Kelebihan realme C21Y

Produsen seharusnya bertujuan untuk memastikan bahwa ponsel yang mereka pasarkan dapat bersaing dalam kategori harga tertentu. Hal-hal yang membuat ponsel kompetitif adalah kelebihannya. Nah, beberapa poin di bawah ini merupakan salah satu keunggulan realme C21Y.

1. Ketahanan Tinggi dengan Sertifikasi TUV Rheinland

Singkatnya, bentuk dan bahasa desain rentang C21Y tiga kali sama dengan rentang C21. Begitu juga dengan dua pilihan warna: Cross Black dan Cross Blue. realme menyebut desain kedua ponsel tersebut Geometric Art Design.

Bagian belakang polikarbonat realme C21Y menampilkan dua segitiga berlawanan dengan permukaan bebas sidik jari. Meski bentuk dan desainnya sama, namun kingdom C21Y sedikit berbeda ukurannya dengan kingdom C21.

Ini mengukur 164,5 x 76 x 9,1mm dan berat 200g. Sedangkan Realme C21 berukuran 165,2 x 76,4 x 8,9 mm dan berat 190 g. Namun, kekuatan utamanya bukanlah ini, tetapi sertifikat keandalan dari perusahaan inspeksi TUV Rheinland.

Semua produk realme telah lulus uji kontrol kualitas yang dilakukan oleh tim internal perusahaan. Namun, pihak ketiga perlu dilibatkan dalam pengujian agar konsumen dapat yakin bahwa produk yang mereka beli benar-benar tahan lama.

TÜV Rheinland dan realme menjamin bahwa realme C21Y akan bertahan setidaknya selama 3 tahun. Hasil tersebut diperoleh setelah ponsel menjalani 6 skenario uji ketahanan komponen, 10 skenario uji penggunaan harian dan 7 skenario uji penggunaan ekstrem.

2. Layar Lebar

Ukuran layar di atas 6 inci sudah menjadi standar ponsel masa kini. Seperti realme C21Y yang memiliki layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Ukuran ini tidak kecil, tapi juga tidak terlalu besar.

Beberapa orang mungkin merasa lega, terutama bagi mereka yang lebih suka menonton film di ponselnya. Dengan layar HP 6,5 inci, aktivitas belajar di rumah pun bisa dilakukan dengan maksimal. Orang tua juga akan senang dengan lebar layar, karena teks di ponsel dapat ditampilkan dalam ukuran besar.

Jenis panel IPS LCD yang digunakan Realme C21Y sangat natural untuk sebuah HP entry level. Namun, beberapa orang lebih memilih font warna yang lebih alami. Ini tidak mencolok seperti keluarga OLED.

Kecerahan khas layar realme C21Y diperkirakan mencapai 400 nits. Kecerahan ini masih cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Namun, dibutuhkan beberapa upaya untuk melihat dengan jelas apa yang ada di layar.

3. Chipset Oke

Ponsel terbaru besutan realme ini menggunakan chipset Unisoc T610. Chipset produksi 12nm memiliki konfigurasi delapan inti. Jumlah core dan proses pembuatan chipset ini sama dengan MediaTek Helio G35 yang digunakan di Realme C21Y.

Namun, Unisoc T610 sudah menggunakan arsitektur yang lebih modern. Yakni, 2 core Cortex A75 dan 6 core Cortex A55. Delapan core Helio G35 masih menggunakan Cortex A53. Realme C21Y mampu menawarkan sedikit lebih banyak kinerja, meskipun kecepatan clock maksimum hanya 1,8 GHz.

Channel YouTube Infofull menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki rating AnTuTu 9:163.604. Skor tersebut tidak mencerminkan seberapa tahan lama Realme C21Y dalam kondisi dunia nyata. Namun, uji coba beberapa saluran YouTube dapat menjadi contoh yang baik.

Sebagai contoh, Ictfix.net membuktikan bahwa Realme C21Y dapat memainkan game Call of Duty Mobile pada pengaturan grafis sedang, frame rate: tinggi. Gambar yang dihasilkan berada pada kisaran 30-40 fps. Sementara itu, channel YouTube Ronald Facun menunjukkan bahwa ponsel ini dapat menjalankan Mobile Legends pada pengaturan grafis tertinggi: ultra.

Untuk penggunaan sehari-hari, realme C21Y dapat memberikan pengalaman yang terburu-buru.Menurut tes cepat yang dilakukan oleh Infofull, ponsel ini tampaknya merespon dengan gesit membuka dan menutup aplikasi.

4. Kamera Lumayan

Pada modul kamera belakang hitam Realme C21Y, banyak lingkaran memenuhi keempat sudutnya. Peleknya adalah lensa dari tiga kamera belakang dan lampu kilat. Resolusi lensa utama 13 MP, aperture f/2.2.

Sedangkan dua lensa lainnya, makro dan depth, keduanya memiliki resolusi 2 MP dan nilai aperture f/2.4. Di belakang bagian depan terdapat kamera selfie 5MP dengan aperture f/2.2. Masalah perekaman adalah kamera belakang dan depan dapat merekam video 1080p pada 30fps.

Sektor kamera HP ini juga diperkuat oleh software dengan berbagai fungsi. Salah satunya adalah mode pro. Dalam mode Pro, pengguna dapat mengatur kecepatan rana, titik AF, ISO, white balance, kontras, dan saturasi.

Nah sekarang lihat sendiri rekamannya. Kami percaya bahwa foto yang diambil dengan ponsel ini sangat bagus. Warna berjalan dengan baik dengan cukup detail. Berikut beberapa hasil jepretan kamera.

5. Slot SIM dan Jack Audio Ada

Sementara banyak ponsel kelas menengah dan kelas atas telah membuang slot microSD, ponsel entry-level tetap setia. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri dari HP murah. Karena pengguna tidak perlu repot ketika memori internal HP hampir penuh.

Cukup pindahkan media dan dokumen Anda ke penyimpanan eksternal, sementara penyimpanan internal berfokus pada tempat untuk menginstal aplikasi dan game. Dalam kasus Realme C21Y, slot microSD bukan hybrid. Artinya, pengguna bisa memasukkan dua kartu SIM dan satu kartu microSD. Kapasitas maksimum kartu microSD yang dimasukkan adalah 256GB.

Fitur menarik lainnya dari HP entry level yang juga dimiliki oleh kerajaan C21Y ini adalah konektor audio 3.5mm. Kehadiran jack audio memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman yang mendalam sambil mendengarkan musik dengan earphone berkabel. Harga headset berkabel ini jelas relatif tidak seimbang dibandingkan dengan TWS.

6. USB OTG dan Sensor

Selain microSD, realme C21Y juga menawarkan cara lain untuk mentransfer file media di dalamnya. Pilihan lainnya adalah melalui USB On-The-Go (OTG). Dengan USB OTG, Anda dapat mentransfer media dan dokumen ke flash drive.

Jika Anda perlu mengakses file-file ini, cukup tancapkan flash drive Anda ke port USB HP ini melalui konektor USB OTG. Selain USB OTG, fitur utama Realme C21Y adalah sensornya yang lengkap.

Ini memiliki sensor sidik jari (belakang), akselerometer, sensor jarak dan kompas. Selain kata sandi, pola, dan pemindai wajah, kehadiran sensor sidik jari juga meningkatkan opsi keamanan ponsel.

7. Baterai Besar

Realme C21Y dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang cukup besar. Untuk penggunaan sesekali, kapasitas ini lebih dari cukup untuk aktivitas sepanjang hari. Selain itu, konsumsi daya HP cukup rendah berkat resolusi layar yang hanya HD+.

Hal menarik lainnya di sektor energi ponsel adalah hadirnya fungsi reverse charging. Dengan konektor khusus, realme C21Y dapat bertindak sebagai bank daya. Perangkat lain juga dapat diisi daya dengan ponsel ini.

Kekurangan realme C21Y

Ponsel murah dirancang agar terjangkau dan dapat diandalkan untuk berbagai bisnis penting. Realme C21Y juga mencerminkan hal ini. Hanya saja tiga poin berikut ini bisa mengurangi kenyamanan menggunakan ponsel.

1. Lensa Ultrawide Absen

Sebagian besar penguji mengatakan lensa ultra-lebar lebih fungsional daripada lensa makro atau lensa pengindra kedalaman. Ini karena banyak pemandangan yang berhasil ditangkap dengan lensa ini. Misalnya memotret pemandangan alam, mengabadikan momen bersama keluarga besar, atau memotret kemegahan bangunan.

Ketiga jenis subjek fotografi memerlukan sudut pandang lebar, yang dapat diakses dengan lensa sudut ultra lebar. Namun, lensa ini masih hilang dari kamera belakang realme C21Y.

2. Colokan USB Jadul

Hal disayangkan berikutnya dari masa pemerintahan C21Y adalah belum menyertakan standar port USB terbaru, yaitu USB C. Ponsel ini masih mengandalkan microUSB yang merupakan versi cukup lama mulai tahun 2021. port microUSB bisa menjadi masalah. .

Misalnya, saat Anda bepergian, Anda ingin mengisi daya ponsel Anda. Anda hanya lupa membawa adaptor beserta kabelnya. Sementara adaptor yang dibawa teman Anda menampung semua port USB C.

3. Pengisian Daya Lambat

Port microUSB sebenarnya mendukung teknologi fast charging hingga 18W. Pengisian hingga 18W tentunya akan mempercepat baterai dengan cukup cepat, apalagi jika kapasitas baterainya cukup besar. Sayangnya, Realme tidak menyertakan teknologi fast charging untuk produk ini.

Daya yang dapat dimasukkan saat pengisian daya terkunci pada 10 W. Hal ini dapat dilihat pada adaptor 5 volt 2 amp yang disertakan dalam paket penjualan. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengisi daya ponsel Anda adalah sebelum tidur di malam hari.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan HP realme C21Y

Realme telah mencerahkan pikiran calon pengguna HP tingkat pemula berkat sertifikasi keandalan tinggi dari TUV Rheinland. Pasalnya, sertifikasi ini menjamin realme C21Y bisa digunakan dalam waktu lama. Selain itu, sertifikasi ini berarti bahwa ponsel dapat mempertahankan kemampuan terbaiknya dalam jangka panjang.

Selain itu, beberapa komponen yang terpasang di dalam ponsel juga tidak asli. Contohnya meliputi kelengkapan chipset, baterai, dan sensor. Semua untuk mendukung fungsi utama smartphone. Namun, perlu Anda sadari bahwa realme C21Y juga memiliki keterbatasan.

Ia juga lega karena tidak ada lensa ultra lebar, masih menggunakan port microUSB dan hanya mengisi daya 10 W. Bagaimana menurut Anda sekarang? Apakah HP ini masih menarik? Tulis pendapat bijakmu di kolom komentar.