hit counter

Cara Menggunakan Mobile Banking BCA di Android

Cara Menggunakan Mobile Banking BCA — Zaman sekarang ini semakin modern dan alat-alatnya semakin canggih. Salah satu perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan dan sekaligus perangkat yang semakin canggih adalah bank. Seperti yang kita ketahui, hampir semua orang menggunakan jasa bank untuk bertransaksi. Namun, dengan berjalannya waktu, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan transaksi dengan harus mengunjungi Bank.

Saat ini Bank telah menyediakan perangkat elektronik canggih yang dapat digunakan oleh siapa saja. Mobile Banking adalah alat canggih yang memungkinkan nasabah menyelesaikan transaksi dengan mudah tanpa harus ke bank.

Salah satu bank yang memperkenalkan Mobile Banking adalah Bank BCA. Namun, tidak semua pengguna atau nasabah memahami cara menggunakan mobile banking BCA. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan BCA Mobile Banking mulai dari registrasi hingga penggunaan masing-masing fungsi:

Cara Menggunakan Mobile Banking BCA

Mengenal BCA Mobile

BCA mobile adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk transaksi seperti transaksi langsung ke Bank BCA melalui smartphone saja. Dan tentunya Anda membutuhkan pulsa internet share untuk mengakses dan menggunakan BCA Mobile.

Sebelum mempelajari cara menggunakan BCA Mobile Banking, perlu diketahui bahwa BCA Mobile Banking adalah fitur dari aplikasi BCA Mobile. BCA mobile memiliki 3 fungsi: m-BCA, KlikBCA dan InfoBCA. Nah, karena kami akan membahas penggunaan BCA di mobile banking kali ini, maka hanya akan fokus pada fitur m-BCA.

Registrasi dan aktivasi Mobile Banking BCA

Sebelum mempelajari cara menggunakan BCA Mobile Banking, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan dan mendaftarkan akun Anda untuk dapat bertransaksi dengan BCA Mobile Banking. Caranya sangat mudah, bawa KTP, booklet dan smartphone ke bank BCA terdekat.

Kemudian masukkan nomor baris dan pergi ke CS (Customer Service). Selanjutnya, informasikan kepada CS manager bahwa Anda ingin menggunakan BCA Mobile Banking. Kemudian BCA CS Officer akan meminta Anda untuk mendownload dan menginstal aplikasi BCA Mobile dari Play Store.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi M-Banking BCA, petugas menyelesaikan proses pendaftaran dan mengaktifkan BCA Mobile Banking. Administrator akan meminta Anda untuk mengisi atau membuat kode akses.

Kode sandi ini dalam 6 bentuk alfanumerik, yang berarti Anda perlu membuat kode sandi angka dan huruf, total 6 huruf. Kode akses ini akan menjadi kode yang akan Anda gunakan saat pertama kali login ke BCA Mobile Banking. Petugas akan memprosesnya dan memberi tahu Anda jika sudah selesai. Mudah bukan?

Mulai masuk ke Mobile Banking BCA

Setelah Anda mendaftar, mengaktifkan dan memiliki aplikasi BCAmobile, langkah selanjutnya adalah login ke aplikasi tersebut. Pertama, buka aplikasi dan klik fungsi “m-BCA”.

Setelah mengklik m-BCA, Anda akan diminta untuk memasukkan kode akses Anda. Anda dapat memasukkan kode akses yang Anda buat sebelumnya saat aktivasi dan pendaftaran. Kemudian klik tombol “Masuk”.

Setelah login akan muncul lima fungsi tambahan yaitu m-info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce dan m-Admin. Masing-masing fitur tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut cara menggunakan BCA mobile bank dan fungsinya.

Cara mengetahui informasi saldo

Pertama, masukkan m-Info, lalu pilih atau klik “informasi saldo”. Setelah itu akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk memasukkan kode PIN m-BCA. PIN m-BCA adalah PIN ATM Anda. Masukkan PIN ATM Anda dan klik “OK” dan saldo Anda akan ditampilkan secara detail.

Cara mendaftarkan no rekening untuk transfer

Cara lain untuk menggunakan BCA Mobile Banking adalah melalui transfer bank. Hampir semua nasabah melakukan transfer ke bank BCA lain dan juga ke bank lain. Transfer melalui BCA Mobile Banking sangat mudah.

Pertama, setelah masuk ke aplikasi BCAmobile, pilih menu m-Transfer. Namun, sebelum melakukan transfer, Anda harus terlebih dahulu memasukkan atau mendaftarkan nomor rekening yang ingin Anda transfer.

Untuk mendaftar, pilih salah satu layanan “Daftar Transfer”. Jika Anda ingin mentransfer dari BCA selain BCA, pilih “Antar Bank” dan jika Anda ingin mentransfer ke pengguna BCA lain, pilih “Antar Rekening”.

Jika Anda memilih untuk transfer antar bank atau ke bank selain BCA, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekening dan memilih bank yang ingin Anda hubungi. Kemudian klik tombol “Kirim” di sudut kanan atas.

Jika Anda memilih fungsi atau melakukan transfer ke BCA/Bank Antar Rekening lain, nomor “no. akun target. “Anda dapat memasukkan tiga nomor akun sekaligus atau hanya satu per satu, lalu klik tombol” Kirim “di sudut kanan atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap kali Anda mendaftarkan nomor rekening, akan dikenakan biaya berupa pengurangan pulsa. Biaya pengurangan pinjaman tidak terlalu tinggi, sekitar 1500 rupee. Anda hanya dapat bertransaksi atau mendaftarkan nomor rekening jika simbol kotak di pojok kanan atas berwarna hijau.

Cara Transfer

Setelah sebelumnya mendaftarkan nomor rekening tujuan, kini Anda dapat mentransfernya ke nomor rekening yang Anda daftarkan tadi. Lanjutkan menggunakan m-Transfer dan lihat menu “transfer”.

Jika Anda ingin melakukan transfer dengan nasabah BCA lain, klik ‘Antar Rekening’. Kemudian perhatikan bagian “Akun”, klik dan pilih akun yang Anda daftarkan sebelumnya dan masukkan jumlah yang ingin Anda transfer. Selanjutnya, klik tombol “Kirim”. Dan Anda telah berhasil menyelesaikan transfer.

Namun, jika Anda ingin mentransfer ke bank lain, pilih menu “Antar Bank” dan ikuti langkah-langkah seperti mentransfer ke klien BCA lain. Menggunakan BCA Mobile Banking itu mudah bukan?

Cara melakukan pembayaran

Salah satu cara menggunakan BCA Mobile Banking adalah dengan melakukan pembayaran. Jika Anda menggunakan kartu kredit BCA, kartu pascabayar, asuransi dan lainnya, Anda dapat membayar menggunakan BCA Mobile Banking.

Pertama, login ke aplikasi BCAmobile dan pilih menu m-payment. Berbagai jenis pembayaran seperti kartu kredit, ponsel, telepon, pembayaran pemerintah, asuransi, Internet, pulsa dan lain-lain diperlukan dalam pembayaran ini.

Pilih salah satu fungsi yang Anda butuhkan dan BCAmobile akan memandu atau menjelaskan langkah pembayaran yang mudah dan praktis.

Cara membeli pulsa handphone

Mobil Banking juga memiliki layanan BCA untuk pembelian kredit handphone. Menggunakan BCA Mobile Banking untuk membeli pinjaman sangat sederhana. Pertama, login ke aplikasi m-BCA, lalu pilih menu m-commerce.

Selanjutnya, pilih menu “Unggah voucher”. Kemudian pilih jenis voucher atau kartu yang Anda gunakan dan jangan lupa untuk memilih nilai nominal atau nominal voucher sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika semuanya sudah siap, klik tombol “Kirim”.

Nah itulah beberapa cara menggunakan BCA Mobile Banking. Bagaimana menurutmu? Apakah menggunakan BCA Mobile Banking mempermudah pekerjaan Anda?