Cara Daftar SMS Banking Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank lainnya

Cara Daftar SMS Banking — Kemajuan teknologi kini juga terasa di sektor perbankan. Ini menyediakan banyak fitur baru yang pasti akan berguna bagi nasabah bank. Jika sebelumnya orang harus pergi ke bank untuk menyetor dan menarik uang, saat ini mereka dapat menggunakan layanan perbankan lebih banyak lagi. Contoh kemajuan layanan yang diberikan adalah Internet banking, mobile banking dan SMS banking. Cukup gunakan smartphone Anda, semua transaksi bank diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Cara Daftar SMS Banking Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank lainnya

Tidak hanya satu bank, namun hampir semua bank telah menerapkan layanan tambahan tersebut. Salah satunya adalah BCA (Bank of Central Asia). Bank ini mempelopori layanan tersebut, khususnya SMS banking. SMS Banking BCA memberikan berbagai kemudahan layanan, karena dapat melakukan berbagai transaksi keuangan sesuai kebutuhan hanya dengan mengirimkan SMS khusus pemesanan. Layanan SMS banking ini tidak hanya tersedia di bank BCA saja, ada juga bank lain seperti Bank Mandiri dan lainnya.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui cara mengaktifkan dan menggunakan SMS banking. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki sedikit waktu untuk pergi ke bank untuk menggunakan SMS banking. Misalnya, jika Anda ingin mentransfer uang, periksa saldo, pembayaran, pembelian, informasi khusus, dan sebagainya. Lihat penjelasan di bawah ini untuk mempelajari cara mendaftar SMS banking dengan banyak bank

Pengertian SMS Banking

Layanan ini dapat diakses dengan dua cara, melalui SMS atau melalui menu (dijelaskan oleh pihak bank) dari ponsel yang mencapai nomor tertentu, biaya SMS Banking juga bervariasi, ada yang sekitar 500 RP /. SMS dan lainnya dan yang terpenting pastikan nomor handphone anda sudah terdaftar. Untuk SIM Cardnya sendiri bisa menggunakan SIM Card apa saja asalkan aktif dan ada pulsanya

Kelebihan SMS Banking

SMS banking memiliki kelebihan dibandingkan internet banking karena tidak memerlukan jaringan internet, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan yang tidak selalu dapat terkoneksi dengan internet. Layanan ini merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, layanan SMS Banking juga dapat digunakan oleh nasabah yang tidak memiliki smartphone, namun ingin melakukan transaksi dengan cara yang sederhana, cepat dan nyaman. Keunggulan SMS Banking:

Anda dapat melakukan transaksi perbankan dari rumah tanpa harus mencari ATM atau pergi ke cabang bank. Waktu dan tempat juga lebih fleksibel: Anda dapat melakukannya kapan saja, 24 jam sehari dan di mana saja, selama area tersebut terjangkau oleh sinyal dari operator SIM.
Transaksi aman karena menggunakan media privat. Selama Anda tidak meminjamkan ponsel Anda kepada orang lain, dijamin aman. Jika Anda harus membayar, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menghapus semua SMS yang diterima dan dikirim. Tujuannya agar tidak ada orang lain yang tahu jika nomor ponsel Anda terhubung ke rekening bank.
Hal ini dapat digunakan dengan semua jenis ponsel. Tidak harus iPhone mahal atau Android terbaru, ponsel jadul atau low-end juga tidak masalah. Ini karena hanya fungsi SMS yang diperlukan.

Cara Daftar SMS Banking Bank BCA

Tentunya untuk menggunakan SMS Banking, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Pendaftarannya tidak sulit, ada dua cara yaitu melalui ATM dan kantor unit kerja BCA. Cara registrasi SMS banking ini juga aman, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan status rekening Anda selama mengikuti prosedur atau cara registrasi SMS BCA banking yang benar.

  • Cara Daftar SMS Banking BCA Melalui Kantor Unit BCA

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan peralatan Anda, seperti:

  • Rekening tabungan BCA Anda
  • Kartu identitas Anda, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (SIM) atau paspor
  • Paspor BCA atau kartu ATM BCA Anda
  • Nomor HP yang akan Anda gunakan untuk bertransaksi dengan SMS BCA

Anda kemudian mengirimkan dokumen-dokumen tersebut ke customer service BCA dan menyatakan bahwa Anda ingin mendaftar SMS Banking BCA. Anda hanya perlu menunggu sekitar 10 menit, layanan pelanggan akan mengurusnya

  • Cara Daftar SMS Banking BCA Melalui ATM

Mendaftar melalui ATM relatif mudah karena ada menu yang muncul di layar ATM. Salah satu keuntungan mendaftar melalui ATM adalah Anda tidak perlu mengantri untuk mendapatkan layanan pelanggan. Selain itu, Anda dapat mendaftar SMS BCA kapan saja, di mana saja, karena ATM aktif 24/7, tanpa gangguan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke ATM BCA terdekat dan kemudian ke yang berikutnya

  • Masukkan paspor BCA atau kartu ATM BCA Anda di ATM berlogo BCA
  • Masukkan PIN ATM
  • Cari menu dan daftar
  • Opsi yang berbeda akan muncul di layar, cari dan klik opsi SMS BCA
  • Baca syarat dan ketentuan di layar terlebih dahulu, lalu masukkan nomor ponsel yang ingin digunakan untuk transaksi SMS BCA
  • Kemudian masukkan kode sandi (sesuai keinginan Anda) dan ulangi kode sandi. Klik “OK” setelah selesai
  • Di layar akan muncul informasi yang menjelaskan bahwa Anda tidak dapat membagikan kode akses kepada siapa pun, termasuk karyawan BCA.
  • Pastikan juga nomor ponsel yang Anda masukkan sudah benar. Jika benar, pilih “ya”.
  • ATM mengeluarkan kartu paspor BCA Anda dan Anda terdaftar sebagai pengguna SMS BCA

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Langkah-langkah mendaftar layanan SMS Banking juga tidak rumit jika Anda memahami dengan jelas urutan pendaftarannya. Kami menyarankan kepada nasabah, setelah melakukan registrasi di ATM SMS Banking, untuk melakukan registrasi yang akurat ke customer service cabang-cabang Banca Mandiri. Pastikan pada saat Anda ingin mendaftar customer service Banca Mandiri di lain waktu, bawalah dokumen Anda, mulai dari booklet, kartu identitas hingga ATM Mandiri atau kartu bank.
Anda dapat melakukan registrasi layanan SMS Banking di ATM Mandiri dengan cara sebagai berikut:

  • Datang ke lokasi ATM Mandiri.
  • Masukkan kartu ATM dan kode PIN ATM di depan ATM.
  • Kemudian pilih Transaksi lainnya.
  • Pilih opsi pendaftaran e-banking.
  • Akan muncul notifikasi, lalu pilih Continue.
  • Masukkan nomor ponsel biasa Anda dan pilih Lanjutkan.
  • Masukkan PIN SMS Mandiri yang Anda buat sendiri dan pilih Lanjutkan.
  • Untuk mengonfirmasi, masukkan kembali PIN Kirim SMS dan pilih Lanjutkan.
  • Pemberitahuan tampaknya mengkonfirmasi beberapa hal kepada pelanggan. Jika Anda setuju, pilih Ya.
  • Masukkan tanggal lahir Anda dan pilih Lanjutkan.
  • Masukkan nomor OTP yang dikirim melalui SMS dan pilih Lanjutkan.
  • Pendaftaran selesai dan Anda dapat mengecek saldo Mandiri Anda melalui SMS Banking.

Kesimpulan Cara Daftar SMS Banking

Pendaftaran layanan SMS Banking kurang lebih dilakukan dengan cara yang sama di setiap bank, yaitu Anda dapat mendaftar melalui ATM atau langsung di layanan pelanggan bank. Jika Anda orang yang sibuk, cukup mendaftar melalui ATM dan tentunya Anda sudah tahu cara mendaftarnya. Namun, jika Anda masih ragu untuk mendaftar melalui ATM, Anda dapat mendaftar ke customer service. Tentu saja mereka menjelaskannya secara detail di sana, dan jika Anda tidak mengerti, Anda bisa bertanya langsung. Inilah perbedaan kecilnya.

Keuntungan menggunakan SMS Banking tentu saja praktis, jadi Anda tidak perlu lagi pergi ke ATM atau bank, semuanya bisa dilakukan melalui ponsel. Dulu kalau mau bayar harus ke ATM dan butuh waktu lama, tapi sekarang bisa dilakukan dengan cepat dimana saja dan kapan saja. Namun SMS Banking ini memiliki kekurangan yaitu tidak dapat menarik uang tunai, sehingga Anda masih harus pergi ke ATM untuk menarik uang.