Cara Melacak Lokasi Nomor HP Berbagai Operator

Cara Melacak Lokasi Nomor HP — Saat ini banyak sekali penipuan yang terjadi di ponsel, mulai dari modus pinjaman ibu-ibu hingga penipuan ratusan juta rupiah. Jika ini masalahnya, hal pertama yang secara alami ingin kita ketahui adalah siapa yang mengirim SMS. Oleh karena itu, kali ini kita akan melihat berbagai metode untuk melacak lokasi nomor ponsel dengan mudah.

Beberapa metode yang dibahas di bawah ini dapat digunakan tidak hanya untuk melacak nomor ponsel scammers, tetapi juga untuk tujuan lain. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk melacak ponsel yang hilang, menemukan lokasi teman, keluarga, atau bahkan melacak lokasi teman Anda agar tidak berbohong dan menipu.

Melacak Nomor Indosat

Operator Indosat memiliki layanan yang melacak nomor ponsel yang dikeluarkannya, baik itu IM3, Mentari atau Matrix. Tentu saja, pelacakannya lebih akurat, karena pemilik nomor dilacak berdasarkan lokasi BTS. Anda bisa menggunakan 2 cara untuk melacaknya, yaitu UMB dan SMS.

Untuk UMB cukup tekan *777*6*6# melalui dialer lalu pilih menu yang disediakan yaitu:

  • Lokasi Keluarga: Temukan Tempat, Daftar Baru, Ganti Nama, Hapus
  • Lokasi belanja : Mall, Resto Café, Alfamart
  • Lokasi Lain : Apotek, Masjid, Rumah Sakit, SPBU, Bengkel, Kantor Polisi, Galeri Indosat, ATM

Selain menggunakan UMB, Anda juga bisa mengetahui lokasi nomor Indosat melalui SMS. Untuk melakukan ini, masukkan TRACK <spasi> No. Indosat kemudian dikirim ke 9111.

Cara Melacak Lokasi Nomor HP

Melacak Nomor XL

Indosat tidak ketinggalan bahwa XL Axiata juga memiliki fitur serupa bernama LBS (Location Based Services). Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melacak lokasi teman, keluarga, pacar, dan lainnya. Rp. 1000 per SMS untuk menggunakan fitur ini.

Untuk melacak nomor XL melalui SMS, Anda cukup mengirimkan SMS dengan format SEARCH <spasi> n. HP kemudian kirim ke 9455. Selain SMS, Anda juga bisa mengakses fitur ini dengan menekan *123*573*1*1#.

Selain pelacakan, XL juga menyediakan fitur untuk memblokir nomor orang lain sehingga tidak dapat melacak lokasi nomor ponsel kita. Caranya, ketik BLOCK <spasi> No HP lalu kirim ke 9455. Fitur blokir ini juga dikenakan biaya Rp. 1000 untuk setiap SMS.

Selain pemantauan dan pemblokiran, layanan XL LBS juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain, seperti mengetahui lokasi ATM, bioskop, dan waktu sholat. Untuk lebih jelasnya, kunjungi situs web resmi XL.

Pencarian HLR

HLR alias Home Location Register adalah sistem penomoran kartu GSM. Sistem penomoran ini mirip dengan sistem awalan yang digunakan pada telepon rumah. Bedanya, HLR hanya menunjukkan kota tempat penjualan starter pack dan bukan lokasi nomornya.

Namun, pencarian HLR ini setidaknya bisa memberi kita informasi tentang asal usul nomor ponsel yang lokasinya ingin kita ketahui. Penelitian HLR juga memberi tahu kita operator mana yang akan digunakan. Berikut cara mengetahuinya:

  • Kunjungi ceebydith.com
  • Setelah dibuka, masukkan nomor ponsel yang HLR-nya ingin Anda ketahui. Harap dicatat bahwa Anda hanya dapat memasukkan nomor ponsel dari operator Indonesia.
  • Klik tombol Cari dan tunggu beberapa menit hingga hasil pencarian muncul. Halaman ini kemudian akan menampilkan lokasi HLR menggunakan tampilan GPS Google Maps.

dondeEsta Family Locator

Cara melacak lokasi nomor ponsel selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi dondeEsta Family Locator. Aplikasi ini dapat digunakan untuk smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android. Aplikasi ini tidak dimaksudkan untuk melacak orang asing karena hanya digunakan untuk melacak anggota keluarga.

Aplikasi dondeEsta Family Locator juga sangat berguna bagi para orang tua yang ingin memantau anaknya dari jarak jauh. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Beberapa layanan yang ditawarkannya:

  • Lacak lokasi anak Anda, di sekolah atau di tempat lain.
  • Beritahu ketika Anda tiba di sekolah.
  • Berikan pemberitahuan jika anak Anda keluar dari sekolah selama jam sekolah.
  • Beritahu jika anak Anda tidak pulang pada waktu yang telah disepakati.
  • Beri tahu jika anak Anda ingin mengambilnya.
  • Menyediakan navigasi ke lokasi anak Anda.
  • Lacak ponsel Anda jika terjadi kehilangan.

Itulah beberapa cara melacak lokasi nomor ponsel yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Untuk pelacakan yang lebih akurat, gunakan dua fungsi yang disediakan oleh operator Indosat dan XL. Diharapkan operator lain seperti Telkomsel dan Tri akan meluncurkan layanan serupa dalam waktu dekat. Jika Anda ingin menemukan perangkat Android yang hilang, baca artikel ini.