kelebihan dan kekurangan samsung a71
kelebihan dan kekurangan samsung a71

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 hadir sebagai penerus Samsung Galaxy A70. Bahkan, setelah Samsung Galaxy A70, ada seri Samsung Galaxy A70s. Namun, Samsung Indonesia belum secara resmi memboyong ponsel tersebut ke Indonesia.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A71 hadir dengan varian RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Ponsel ini hanya dijual antara Rp 5,8 juta hingga Rp 6 juta di toko online. Apakah Samsung Galaxy A71 layak dibeli dengan harga ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71. Namun sebelumnya mari kita lihat dulu spesifikasi Samsung Galaxy A71.

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

kelebihan dan kekurangan samsung a71
kelebihan dan kekurangan samsung a71
  • Rilis: Januari 2020
  • Layar: Super AMOLED Plus 6.7 inci
  • Chipset: Snapdragon 730G
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 64MP + 12MP + 5MP + 5MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: 4500 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Apa Kelebihan Samsung Galaxy A71? Ponsel ini sepertinya menawarkan banyak hal. Berikut kelebihan Samsung Galaxy A71.

1. Empat Kamera yang Bagus

Samsung Galaxy A71 menawarkan kombinasi empat kamera di bagian belakang. Kamera depan adalah kamera utama 64MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan teknologi Tetracell Quad Bayer.

Kamera kedua di ponsel ini adalah kamera sudut ultra lebar 12MP. Kamera ketiga adalah kamera makro 5MP. Dan kamera terbaru untuk depth effect yaitu kamera dengan sensor 5MP. Kehadiran keempat kamera ini tentu menarik. Jadi seberapa bagus kamera belakang ponsel? Simak beberapa contoh footage kamera yang diambil dari ponsel ini.

Berdasarkan foto di atas, terlihat bahwa kinerja kamera Samsung Galaxy A71 cukup baik. Baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya, hasil foto yang diambil oleh ponsel ini cukup menarik dan layak dikelasnya.

Untuk kamera utamanya yaitu kamera 64MP, hasilnya cukup baik. Seperti yang dikatakan GSMArena, foto-foto dari kamera utama ponsel bagus, meski tidak lebih baik di beberapa area. Detail fotonya cukup memadai dan rentang dinamisnya cukup bagus

Kamera 64MP ini menangkap gambar 16MP berkat teknologi Quad Bayer. Tentu saja ada mode 64MP dan hasilnya cukup bagus.

Baca Juga  iPhone 7 Spesifikasi Lengkap Beserta Harganya

Sedangkan untuk kamera ultra wide-angle 12MP, hasil fotonya cukup bagus. Detail fotonya cukup bagus dan ketajamannya lebih baik dari seri sebelumnya. FYI: Samsung Galaxy A70 hanya memiliki kamera ultra wide angle 8MP. Hasil kamera 12MP bisa dikatakan mengalami peningkatan dibanding Samsung Galaxy A70.

Ketika datang ke mode cahaya rendah, kamera ponsel 16MP (64MP) siap untuk tugas itu. Hanya saja menurut GSMArena, menggunakan mode HDR atau mode malam sangat disarankan untuk mengambil foto yang lebih baik dan tajam meski dalam kondisi minim cahaya.

GSMArena bukan satu-satunya yang memuji kamera belakang ponsel. abs-cbn.com juga memuji kamera ponsel ini. Menurut mereka, hasil jepretan kamera Samsung Galaxy A71 cukup jernih dan memiliki warna yang mencolok.

2. Mendukung Rekaman Video 4K dan Fitur Super Steady

Samsung Galaxy A71 memiliki fungsi perekaman video yang hebat. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K. Perekaman video resolusi 4K juga cukup baik.

GSMArena mengatakan perekaman video 4K dan 1080p pada ponsel ini cukup baik untuk kelasnya. Videonya cukup detail dan memiliki rentang dinamis yang layak. Kontras dan warna video juga cukup bagus.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki fungsi Super Steady. Fitur ini memungkinkan perekaman video yang baik dan senyap, yaitu menghindari video jitter. Namun, fungsi ini hanya dapat diaktifkan dalam mode perekaman video 1080p.

3. Kamera Selfie 32 MP

Samsung Galaxy A71 memiliki kamera 32MP Quad Bayer. Artinya, resolusi kamera ini sebenarnya hanya 8 MP, tetapi menarik untuk dicatat bahwa kamera yang diambil dari ponsel ini mengambil foto dengan resolusi 12 MP. Sepertinya Samsung akan meningkatkan kamera depan ini.

Tentu saja, kamera depan ini memiliki mode 32MP. Hanya saja mode ini tidak dilengkapi dengan mode HDR. Sedangkan untuk kamera selfie sendiri, penyokong pada kamera ponsel ini berfungsi dengan baik. Seperti yang dikatakan Unbox.ph, hasil selfie di ponsel ini terbilang lumayan, asalkan kondisi pencahayaannya pas.

4. Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa

Samsung Galaxy A71 dibekali baterai 4500mAh. Dengan kemampuan tersebut, Samsung Galaxy A71 mampu mencatatkan umur 102 jam dalam pengujian GSMArena. Ini adalah nilai yang baik, yang menunjukkan bahwa daya tahan baterai ponsel cukup lama.

Baca Juga  Buaya Prasejarah Raksasa Ditemukan di Australia, Seperti Apa ?

abs-cbn.com menyatakan bahwa daya tahan baterai ponsel bertahan lebih dari sehari. Sementara itu, situs Unbox.ph mengklaim bahwa daya tahan baterai ponsel ini akan bertahan seharian dengan penggunaan yang berat. Dengan penggunaan sedang, daya tahan baterai ponsel ini diperkirakan bertahan hingga dua hari.

5. Fast Charging 25W

Samsung Galaxy A71 dilengkapi dengan teknologi fast charging 25W. Dengan teknologi ini, pengisian daya ponsel bisa lebih cepat. GSMArena mencatat waktu pengisian daya ponsel ini dari kosong hingga 51% selama 30 menit. Sementara itu, pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 81 menit.

Unbox.ph juga mencantumkan waktu muat ulang yang cepat. Dibutuhkan sekitar 90 menit untuk mengisi penuh telepon. Waktu tidak berbeda jauh dengan hasil tes GSMArena. Ini dengan jelas menegaskan bahwa pengisian daya ponsel cukup cepat.

6. Layar Super AMOLED yang Lega

Samsung Galaxy A71 dibekali dengan layar berukuran 6,7 inci. Resolusi layarnya 1080 x 2400 piksel, dengan aspek rasio 20:9. Layarnya tentu cukup luas dan cukup nyaman digunakan untuk menonton video. Selanjutnya, layar ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED Plus.

Panel Super AMOLED dikenal sebagai salah satu panel layar terbaik. Jadi tidak berlebihan jika dikatakan bahwa layar ponsel ini memiliki rasio warna dan kontras yang bagus.

Yang mungkin sedikit hilang adalah HDR10. Samsung Galaxy A71 ini tidak bersertifikat HDR10, yang membuat ponsel ini tidak dapat menikmati konten HDR10 di layanan streaming terkenal, tetapi YouTube tetap dapat menikmati konten HDR.

7.  Performa Tangguh dengan Snapdragon 730G

Samsung Galaxy A71 di Indonesia dibekali dengan chipset Snapdragon 730G. Chipset ini merupakan chipset proses manufaktur 8nm. Chipset ini memiliki prosesor octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold dan 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) dan GPU Adreno 618.

8.  OneUI 2 berbasis Android 10 dan NFC

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy A71 adalah berbasis One UI 2 Android 10. Antarmuka ini memiliki fitur menarik dan banyak fungsi One Ui di ponsel Samsung kelas atas yang ada di ponsel ini. Selain One UI, ponsel ini juga dilengkapi dengan fungsi NFC.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Akun Facebook yang Dibajak

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 tidak hanya memiliki banyak keunggulan. Ponsel ini juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A71 ini? Dua kekurangan Samsung Galaxy A71 berikutnya langsung terlihat.

1. Desain “Glasstic”

Tampilan Samsung Galaxy A71 terlihat bagus. Ponsel ini juga cukup ergonomis. Setidaknya itu menurut Unbox.ph. Menurut mereka, ponsel ini memiliki desain yang menarik dan ergonomis. Hanya satu masalah, ponsel ini terbuat dari polikarbonat.

Bodi ponsel ini sebenarnya terbuat dari polikarbonat, juga dikenal sebagai plastik, tetapi dipoles agar terlihat seperti kaca. Hal inilah yang membuat Unbox.ph menjadi istilah yang mereka gunakan untuk desain ponsel ini, yaitu Glasstic. Penggunaan bodi plastik ini jelas mengurangi desain ponsel yang terlihat sangat premium.

2. Persoalan Kamera Makro

Samsung Galaxy A71 memiliki keunggulan di sektor kamera belakang. Namun tidak semua kamera memiliki kemampuan yang baik. Kamera makro adalah lensa yang kurang meyakinkan.

Seperti yang dikatakan GSMArena, kualitas kamera makro ponsel tidak menarik dan tampaknya memiliki keterbatasan. Sementara itu, Unbox.ph setuju bahwa Samsung akan memasukkan lensa telefoto alih-alih kamera makro.

Simpulan

Samsung Galaxy A71 memiliki banyak keunggulan. Kamera utama, layar, baterai, dan kinerja ponsel merupakan keunggulan tersendiri. Belum lagi ponsel ini menggunakan antarmuka pengguna yang unik yang mudah digunakan. Tidak boleh dilupakan bahwa ada fungsi NFC, yang akan sangat berguna bagi mereka yang membutuhkannya.

Kelemahan ponsel ini sebenarnya masih bisa dimaklumi. Jika saja karena harga ponsel ini mendekati Rp 6 jutaan, tentu menarik jika, misalnya, Samsung memperkenalkan lensa telefoto, bukan kamera makro.

Terlepas dari kekurangan tersebut, Samsung Galaxy A71 layak untuk dibeli. Ponsel ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan ponsel Samsung dengan desain yang menarik, performa yang baik, NFC dan spesifikasi menarik lainnya. Tertarik?