realme c17 kelebihan dan kekurangan
realme c17 kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme C17

Sebelumnya kami telah sedikit mengulas ponsel Realme C15 yang telah masuk ke segmen ponsel budget. Kini pro dan kontra dari Realme C17 menjadi perdebatan, apalagi dengan banyaknya peningkatan yang membuat seri canggih ini berbeda dengan pendahulunya.

Segmen harga ini sangat keren, terutama karena Realme sering menawarkan nilai lebih, itulah sebabnya sering dianggap sebagai pembunuh kelas menengah. Penggunaan chipset Snapdragon pada Realme C17 juga diharapkan menjadi pembeda utama, yang membuatnya istimewa karena Realme C15 sebelumnya ditenagai oleh SoC MediaTek.

Realme C17 juga dilabeli dengan slogan “Rock Memory, Super Screen”. Nah, apakah slogan tersebut benar-benar mencerminkan Realme C17? Atau hanya semboyan? Di bawah ini Anda akan menemukan jawaban atas kelebihan dan kekurangan Realme C17.

Spesifikasi Realme C17

realme c17 kelebihan dan kekurangan
realme c17 kelebihan dan kekurangan
  • Layar IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 460
  • RAM 6 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 13 MP (lebar) 8 MP (ultrawide) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 5000mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 2.799.000

Kelebihan Realme C17

Di kisaran harga Rp 2 jutaan, Realme C17 menjadi ponsel yang layak untuk dipilih. Simak beberapa manfaatnya di bawah ini!

1. Memori Internal Besar

Bagian dari slogan Realme C17 adalah “memory rock”, dan itu benar-benar terlihat pada kapasitas memori internal yang besar. Cukup mengejutkan mengapa Realme C17 menjadi segelintir ponsel dengan harga di bawah Rp 2 jutaan yang menawarkan kapasitas 256GB dengan teknologi UFS 2.1. Di sisi lain, kapasitas penyimpanan ini disertai dengan RAM LPDDR4X 6GB.

Jumlah memori internal yang besar ini memungkinkan pengguna untuk menginstal lebih banyak aplikasi di ponsel mereka, terutama karena beberapa memori internal sudah digunakan untuk sistem operasi dan beberapa aplikasi default. Jadi ya, saya sangat menghargai kehadiran kapasitas 256GB itu.

Jadi kini bagi pengguna yang ingin menyimpan file berukuran besar seperti raw game atau koleksi video definisi tinggi, cukup masukkan microSDXC ke dalam slot khusus (berkapasitas hingga 256GB). Memang, ini adalah sorotan utama yang diharapkan dari Realme C17.

2. 90 Hz Ultra Smooth

Realme mengoreksi kecepatan refresh 90 Hz untuk produk kelas menengahnya. Ini terjadi dengan Realme 7 dan 7i serta Realme Narzo. Dan sekarang Anda juga dapat mendengar layar Realme C17, yang terasa lebih halus saat Anda berpindah aplikasi atau hanya menelusuri feed Instagram.

Realme C17 tidak hanya unggul dalam Ultra Smooth di 90Hz, tetapi touch sampling rate juga ditingkatkan menjadi 120Hz, artinya pengguna dijamin dapat mengirimkan input di layar lebih cepat berkat peningkatan responsivitas layar sentuh. Apakah Anda tertarik untuk menghancurkan lawan Anda di PUBG Mobile dengan Realme C17?

Baca Juga  Xiaomi Gusur Apple Serta Tempel Ketat Samsung

3. Baterai Super Awet

Ini bukan pertama kalinya Realme memperkenalkan baterai besar ke dalam produknya. Padahal, Realme C12 hanya bekerja dengan baterai 6000mAh. Nah, bagaimana dengan Realme C17 sendiri? Sayangnya perangkat ini sedikit lebih kecil, dengan kapasitas 5000 mAh. Tapi masih cukup besar di kelasnya.

Faktanya, produk Realme dan OPPO memiliki fitur software yang semakin meningkatkan daya tahan baterai. Fitur ini bernama Super Power Saving Mode dan pengguna Realme C17 dapat menjalankan Spotify atau WhatsApp selama berjam-jam meskipun baterai hanya 5%.

Yang lebih mengejutkan lagi, Realme mengklaim bahwa seri C17 mampu bertahan selama 34 hari dalam keadaan standby, yakni dalam keadaan standby. Ya, lebih dari sebulan!

4. Fast Charging 18 W

Tidak terbayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh ponsel dengan kapasitas baterai yang sangat besar. Namun, hal ini tentu berbeda dengan Realme C17, di mana perangkat tersebut telah dibekali dengan fast charging berkapasitas 18W yang bisa mencapai 100% lebih cepat.

Selain itu, Realme membawa peningkatan dibandingkan Realme C15 dalam hal port pengisian daya, karena Realme C17 sudah menggunakan USB Type-C alih-alih microUSB 2.0 di beberapa generasi pendahulunya.

Opsi pengisian daya ini terbilang cukup standar dalam kategori harganya, jadi wajar saja jika Realme C17 menawarkan pengisian cepat ini. Berdasarkan uji video yang dilakukan oleh whatmobile, Realme C17 terisi penuh dalam waktu 3 jam.

Mungkin masih terasa cukup lama, tapi mengingat kisaran harganya di kisaran Rp 2 jutaan, durasi ini masih cukup masuk akal. Ya, realme C17 juga memiliki fungsi reverse charging untuk mengisi daya perangkat lain, lho!

5. Quad Camera

Karena ini adalah ponsel realme di kisaran harga Rp 2 jutaan, tentunya realme C17 juga menghadirkan kombinasi empat kamera untuk memenuhi kebutuhan fotografi harian Anda. Kamera-kamera ini disusun dalam modul persegi panjang yang terletak di sudut kiri atas housing belakang, yang terdiri dari lensa utama 13MP f/2.2 dengan sensor 1/3 inci.

Tiga lensa lainnya adalah kamera ultra wide-angle 8MP dengan sudut 119 derajat, kamera monokrom 2MP f/2.4, dan terakhir lensa retro 2MP f/2.4.

Fungsi foto yang tersedia termasuk mode HDR, deteksi wajah, Chroma Boost, pengaturan ISO, autofokus deteksi fase, juga dikenal sebagai PDAF, deteksi pemandangan, dan banyak lagi.

Baca Juga  Samsung Galaxy A Series Jadi Official Smartphone di MPL Indonesia!

6. Desain Kamera Punch Hole

Meski Realme C17 dianggap sebagai penerus generasi C-series, desain bodi perangkat ini tampak lebih mirip dengan Realme 7 dan Realme 7i.

Hal ini terlihat pada bentuk lensa selfie yang sudah terintegrasi display atau biasa disebut lubang. Ya, Realme C17 tidak seperti Realme C15 atau Realme C12 yang masih menawarkan tampilan notch berbentuk tetesan air mata.

Peningkatan ini tidak hanya terjadi di bagian depan, tetapi juga di bagian belakang. Modul kamera Realme C17 lebih terlihat seperti ponsel andalan – bukan persegi, melainkan persegi panjang.

Ini sepenuhnya layak menjadi terobosan untuk seri C Realme. Semoga kedepannya Realme tetap mempertahankan desain bodi seperti ini untuk C Series mendatang, karena terlihat lebih modern. Dan desain ini memungkinkan layar untuk menampilkan rasio body-to-screen yang besar.

7. Speaker dan Port yang Aman dari Hujan

Untuk melindungi ponsel dari kerusakan air, beberapa ponsel terkemuka diberi peringkat IP. Bagaimana dengan pelajaran smartphone Realme C17? Rupanya perangkat ini dilengkapi dengan port pengisian daya dan speaker yang terlindung dari cipratan atau cipratan air.

Meskipun tidak diberi peringkat IP, ini membuatnya cukup tahan lama bahkan dalam hujan. Realme C17 juga melewati fase kontrol kualitas yang cukup ketat, 28.000 tes jatuh, 200.000 tes tombol daya, dan banyak lagi.

Jadi realme C17 memiliki ketahanan tombol dan bodinya tidak mudah rusak. Namun cobalah untuk berhati-hati saat menggunakannya!

Kekurangan Realme C17

Terlepas dari berbagai kelebihannya, Realme C17 sepertinya tidak bisa menghilangkan stigma entry-level yang melekat pada namanya. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki Realme C17.

1. Layar Belum Full HD Plus

Ternyata, meski menawarkan refresh rate 90Hz, layar milik Realme C17 hanya menampilkan resolusi HD Plus, yakni 720 x 1600 piksel. Di balik itu, ukuran layarnya masih sempurna, 6,5 inci, namun jelas tidak menawarkan detail setajam ponsel lain yang sudah menawarkan resolusi Full HD Plus.

Perangkat ini juga memiliki layar rasio aspek 20:9 dengan kerapatan 270 ppi dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya cukup tahan terhadap goresan dan benturan meski tanpa tambahan tempered glass.

Secara umum, layar Realme C17 masih enak dipandang, tetapi dengan harga yang ditawarkan Anda bisa mendapatkan beberapa ponsel pesaing yang sudah memiliki Full HD Plus.

2. Chipset Kurang Unggul di Kelasnya

Penggunaan chipset Snapdragon di ponsel kerap menjadi daya tarik. Namun, itu juga tergantung pada seri Snapdragon yang digunakan. Misalnya, Realme C17, meskipun Qualcomm juga dihadirkan dengan SoC ini, hanya Snapdragon 460 yang bertanggung jawab untuk itu.

Baca Juga  Apakah Ini Smartwatch Pertama Buatan Facebook ?

Ya, Snapdragon 460 ini terbilang baru saat ponsel ini dirilis. Lebih lanjut, Snapdragon 460 merupakan satu-satunya anggota seri SD 400 yang mengungguli beberapa versi seri Snapdragon 600 (seperti Snapdragon 622).

Namun yang perlu Anda ketahui sebenarnya Snapdragon 460 sedikit kalah dengan HP dengan harga Rp 2 jutaan. dengan harga pasar. Bagaimanapun, seri Snapdragon 400 dimaksudkan untuk ponsel dengan harga murah.

Nah, bagaimana dengan kinerja aktual selama permainan yang menuntut? Saat memainkan PUBG Mobile, pengaturan Smooth Graphics akan menampilkan opsi High pada frame rate.

Sedangkan pengaturan frame rate yang paling banyak dikunci pada pengaturan balanced graphics adalah Medium. Video gameplay yang diunggah oleh Whatmobile menunjukkan gameplay yang mengalir cukup lancar, meski gerakannya terlihat sedikit berombak.

3. Hasil Foto Malam Hari Kurang Bagus

Fungsi mode malam sepertinya sudah menjadi keharusan bagi semua ponsel. Tidak hanya untuk ponsel kelas atas, tetapi juga untuk ponsel entry-level seperti Realme C17. Tentu saja, perangkat realme ini juga memiliki mode Super Nightscape yang menawarkan kualitas foto lebih cerah dalam kondisi malam hari.

Namun sayangnya, fitur night mode ini membuat Anda merasa kurang nyaman. Terkadang ada bintik-bintik yang terlihat terdistorsi, seperti efek “patah” dengan semburat kemerahan. Anda dapat melihatnya pada contoh berikut.

Namun, ketajaman detail pada beberapa gambar malam hari cukup terpuji. Terlihat sedikit merah dalam gelap. Tetapi jika Anda tidak membutuhkan kualitas yang sempurna, Realme C17 masih cukup layak untuk fotografi malam hari dalam kisaran harganya.

Simpulan

Jadi sepertinya slogan “Rock Memory, Super Screen” yang disematkan pada nama Realme C17 memang benar adanya. Kapan lagi Anda dapat merasakan kecepatan refresh 90Hz pada ponsel beranggaran rendah seperti itu? Selanjutnya, memori internal 256GB-nya menjadikan Realme C17 salah satu ponsel termurah dengan memori internal terbesar.

Dan ternyata manfaatnya tidak berhenti sampai di situ. Ada baterai 5000mAh yang benar-benar layak menemani keseharian Anda berlama-lama, meski kapasitas baterai ini bukan yang pertama di seri Realme C.

Namun realme C17 masih kalah bersaing dengan resolusi layar yang masih hanya HD Plus, yang tidak terlalu jauh dengan Rp 2 jutaan. dengan kisaran harga dimana kebanyakan handphone menggunakan layar Full HD Plus.