Cara Menggunakan Recuva untuk Mengembalikan File yang Hilang

Recuva untuk Mengembalikan File yang Hilang — Setiap orang pasti pernah melalui momen ketika kita menghapus file dari komputer mereka, hanya untuk menemukan bahwa kita membutuhkannya lagi. Namun, ketika Anda mencari file itu lagi, file itu tidak akan menemukannya meskipun Anda mencarinya di Sampah. Jika Anda sering menjumpai situasi seperti ini, saatnya untuk menginstal Recuva di komputer Anda.

Tidak semua orang punya waktu untuk mencadangkan semua file di komputer mereka. Oleh karena itu, Recuva adalah aplikasi pemulihan terbaik di sini untuk memulihkan data yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja. Terlebih lagi, Anda bahkan dapat memulihkan file yang dihapus dari Recycle Bin! Yuk, simak tutorial cara menggunakan Recuva di bawah ini.

Tentang Recuva

Walaupun Recuva saat ini sudah cukup terkenal di kalangan pengguna PC dan laptop, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat atau kegunaan dari Recuva. Recuva adalah program kecil gratis yang dapat digunakan untuk memulihkan gambar, musik, dokumen, video, dan file lainnya di hard drive, kartu memori, floppy disk, iPod, atau USB Anda.

Tanpa Recuva, sangat tidak mungkin untuk memulihkan file yang terhapus dari Recycle Bin. Namun, Recuva dapat memulihkan file yang dihapus dari Recycle Bin dalam hitungan menit. Tidak ingin data yang dihapus dari Recycle Bin tetap berada di sistem perangkat? Sederhana saja, Recuva dapat menghapus data Anda secara permanen sehingga tidak dapat dipulihkan kembali.

Cara Download dan Install Recuva

Apakah Anda tertarik menggunakan Recuva di komputer Anda? Coba unduh dan instal Recuva sebelum mempelajari cara menggunakan aplikasi. Berikut langkah-langkah untuk mendownload dan menginstal Recuva di komputer Anda:

  • Unduh Recuva menggunakan komputer Anda
  • Klik kanan dan tahan untuk memperluas konten
  • Setelah diekstrak, buka folder Recuva dan pilih versi yang sesuai untuk komputer Anda. Recuva.exe adalah file komputer yang berjalan pada sistem 32-bit dan Recuva64.exe adalah file komputer yang berjalan pada sistem 64-bit.
  • Program kemudian akan terbuka melalui wizard. Ikuti semua langkah yang diperlukan oleh wizard sebelum membuka Recuva dengan mengklik “Next”.
  • Recuva kemudian akan memberi Anda opsi untuk jenis file yang akan dipulihkan, klik “Semua file”. Perhatikan bahwa dengan memilih “semua file” Anda dapat memulihkan semua jenis file, dari email, foto, video, dan lainnya.
  • Setelah memilih opsi “All files”, langsung klik “Next”.
  • Recuva juga akan menanyakan di mana atau di mana menyimpan file yang hilang. Jika Anda lupa, pilih “Saya tidak yakin”. Namun, jika Anda mengetahui lokasinya, pilih “Di lokasi tertentu” lalu cari lokasi file yang hilang. Kemudian klik “Next” segera.
  • Langkah selanjutnya, cukup klik tombol “Start” dan tunggu proses instalasi aplikasi Recuva.
  • Jika Anda memilih untuk menginstal Recuva, Anda akan diarahkan ke menu “Welcome to the Recuva Wizard”, tetapi program akan mencoba membujuk Anda untuk menginstal CCleaner juga. Jika Anda tidak ingin menginstal CCleaner atau aplikasi lain, hapus centang saat proses instalasi

Anda harus tahu bahwa Recuva dapat berjalan di komputer lama dengan Windows 7, Vista, XP, 2003, 2000 dan 98. Tidak ada kapasitas memori minimum atau persyaratan hard drive lain untuk menginstal aplikasi yang berguna ini.

Cara Menggunakan Recuva untuk Memulihkan File yang Terhapus

Inilah saat yang Anda tunggu-tunggu dan kami akan membagikan kepada Anda cara memulihkan file yang terhapus menggunakan Recuva. Berikut adalah tutorial cara menggunakan Recuva untuk memulihkan file yang terhapus di komputer Anda:

  • Buka wizard Recuva di komputer Anda, lalu pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, baik itu gambar, musik, dokumen, video atau jenis file lainnya. Kemudian klik “Selanjutnya”.
  • Sekarang tentukan lokasi penyimpanan file yang terhapus untuk mempercepat proses pencarian file yang hilang
  • Jika Anda yakin bahwa file yang dihapus memang berada di lokasi yang ditentukan, segera klik tombol “Next”. Namun, jika Anda lupa atau tidak yakin di mana Anda menyimpan file sebelum menghapusnya, pilih “Tidak yakin” agar Recuva menyortir file di seluruh komputer Anda, meskipun ini akan memakan waktu lama.
  • Untuk memulai proses pencarian, centang kotak “Enable Deep Scan”, lalu klik “Start”, maka aplikasi akan melakukan pencarian yang lebih teliti dan tentunya akan memakan waktu lebih lama.
  • Harap tunggu beberapa saat karena pemindaian file sedang berlangsung dan dibagi menjadi 3 bagian: memindai file yang dihapus, memindai file yang rusak, dan memindai konten file
  • Pilih file yang ingin Anda pulihkan dengan mencentang kotak centang pada file yang ingin Anda pulihkan, lalu klik kanan dan pilih “Pulihkan yang disorot” dan terakhir klik “Pulihkan”.
Recuva untuk Mengembalikan File yang Hilang
Recuva untuk Mengembalikan File yang Hilang

Fitur-Fitur yang Terdapat Dalam Recuva

Setelah Anda mempelajari cara menggunakan Recuva, tidak akan lengkap tanpa membahas fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi. Seperti yang sudah Anda ketahui, Recuva menawarkan opsi untuk memulihkan file yang terhapus di komputer Anda. Namun, sebenarnya Recuva menawarkan sejumlah fitur lain yang sangat berguna, seperti:

  • Mengembalikan File Di Hard disk

Apakah hard drive Anda tidak sengaja diformat saat Anda membutuhkan file di dalamnya? Anda tidak perlu khawatir karena Recuva juga dapat memulihkan file dari hard drive yang diformat.

Untuk melakukan ini, klik “Semua disk lokal” di sudut kiri atas. Recuva kemudian akan secara otomatis menampilkan file yang dapat dipulihkan. Cukup “daftar” file yang ingin Anda pulihkan. Kemudian klik tombol “Pulihkan” di sudut kanan bawah.

  • Mengembalikan E-Mail

Membiasakan menghapus email spam juga dapat mencegah Anda menghapus email penting secara tidak sengaja. Recuva dapat memulihkan email yang dihapus di Microsoft Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan Windows Live Mail.

Ini sangat sederhana, Anda hanya perlu mengklik simbol “Cari” di atas “Opsi”. Kemudian pilih “Email” untuk memulihkan email yang hilang. Nah, selanjutnya tunggu Recuva memproses pengembalian email Anda yang hilang.

  • Mengembalikan Data Di iPod

Jika Anda menghapus musik yang tidak lagi ingin Anda dengarkan dari iPod Anda, tetapi akan membutuhkan musik yang dihapus suatu hari nanti, Anda dapat menggunakan Recuva untuk memulihkan musik ke iPod Anda. Ya, Recuva memiliki fitur lain untuk membantu Anda memulihkan data atau file di iPod dengan cepat dan mudah.

  • Memulihkan Dokumen Microsft Office

Beberapa orang pernah mengalami kejadian di mana saat mengetik di Word atau Excel, komputer tiba-tiba mati karena pemadaman listrik atau crash. Dokumen Word atau Excel otomatis hilang karena tidak disimpan. Namun, Recuva dapat memulihkannya dengan memulihkannya dari file-file sementara.

  • Menghapus File Secara Permanen

Jika Anda merasa bahwa menghapus file dari Recycle Bin cukup untuk menghapus file secara permanen, Anda harus berpikir dua kali. Ini karena file yang dihapus dari Recycle Bin dapat dipulihkan menggunakan perangkat lunak gratis seperti Recuva. Jika Anda ingin menghapus file secara permanen, gunakan Recuva karena aplikasi ini membuat file tidak dapat dipulihkan.

  • Melakukan Scanning File di PC

Selain memulihkan file yang hilang, Recuva juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk memindai semua file di komputer mereka. Ini berfungsi untuk mereka yang mungkin lupa lokasi file penting atau file yang hilang, jadi Recuva membantu Anda memindainya.

  • Mengganti Bahasa

Saat pertama kali menginstal Recuva, Recuva secara otomatis menampilkan semua instruksi dalam bahasa Inggris. Namun, kamu juga bisa menggunakan bahasa Indonesia untuk aplikasi Recuva ini lho.

Ini sangat sederhana, Anda hanya perlu mengkliknya dan memilih “Opsi”. Kemudian segera klik tombol “bahasa”. Di sana akan langsung menampilkan semua bahasa yang tersedia di Recuva. Nah, Anda hanya perlu mencari “Indonesia” untuk mengubahnya ke bahasa Indonesia. Kemudian cukup klik “OK”.

Manfaat Recuva untuk Mengembalikan File yang Hilang

Nah, sudah tahu kan manfaat Recuva? Tidak ada salahnya menginstal aplikasi ini di komputer Anda mengingat Anda dapat kehilangan data penting Anda sewaktu-waktu karena terhapus secara tidak sengaja.

Plus, Recuva adalah aplikasi gratis yang Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk menginstal Recuva di PC atau laptop Anda untuk berjaga-jaga.

Nah, berikut ini cara menggunakan Recuva beserta informasi aplikasi lainnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Piriform ini telah dirilis sejak tahun 2007 dan masih menjadi aplikasi terbaik untuk memulihkan data yang hilang di PC.