hit counter

Cara Membuat Undangan Digital yang Praktis

Cara Membuat Undangan Digital –– Apakah Anda berpikir tentang cara mengundang teman dan keluarga Anda ke suatu acara? Acara tersebut bisa berupa syukuran, undangan pernikahan, pesta ulang tahun dan lainnya. Apapun acaranya, ada satu aspek penting yang harus diperhatikan: undangan.

Anda perlu memutuskan berapa banyak orang yang ingin Anda undang dan kemudian menuliskan nama dan alamat orang yang ingin Anda undang. Setiap undangan kemudian harus mengirim undangan secara terpisah. Ini melelahkan, bukan? Belum lagi jika Anda menggunakan jasa desain undangan, pengeluaran Anda pasti akan naik.

Padahal, membuat undangan digital itu mudah dan praktis! Anda juga dapat mengirimkan undangan secara online, baik melalui Messenger seperti LINE atau WhatsApp, atau melalui email. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana melakukannya? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

 

Cara Membuat Undangan Digital
Cara Membuat Undangan Digital

Keuntungan Membuat Undangan Digital

Kami telah menyebutkan manfaat membuat undangan digital Anda sendiri. Tapi itu hanya puncak gunung es, masih banyak manfaat lainnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Bisa Dikreasikan Semaunya

Jika Anda memutuskan untuk mendesain undangan sendiri, Anda memiliki lebih banyak keleluasaan dalam menentukan jenis desain undangan yang Anda inginkan. Tentunya lebih simpel dan mudah menggunakan tenaga penjual yang bisa membuat undangan, karena Anda hanya perlu menyerahkan urusan undangan sepenuhnya kepada penyedia jasa.

Beberapa pemasok yang baik membuat versi yang berbeda sesuai dengan keinginan pelanggan. Namun, ulasan ini umumnya terbatas pada beberapa kali, tidak seperti ketika Anda membuat desain undangan digital Anda sendiri.

Ya, Anda bisa membuat desain undangan sebebas mungkin, baik itu font, warna, perubahan layout. Selain itu, ada banyak pilihan template model yang bisa Anda tiru.

2. Tidak Butuh Skill Mendesain

Secara umum, hal-hal do-it-yourself (DIY) biasanya membutuhkan keterampilan. Bahkan, ini juga berlaku untuk membuat undangan digital.

Hanya saja saat ini sudah banyak berbagai platform online yang bisa digunakan siapa saja untuk mendesain undangan dengan mudah, seperti Canva. Berkat antarmuka seret dan lepas, yang harus Anda lakukan adalah mengubah elemen sedikit demi sedikit untuk membuat undangan yang indah dan memukau bagi siapa saja.

3. Gratis!

Nah, itulah keuntungan yang ditunggu-tunggu. Dengan membuat desain sendiri, Anda tidak perlu membayar jasa pembuatan undangan – gratis! Ini sangat penting, terutama jika Anda merencanakan pernikahan yang mahal. Sebaiknya alokasikan anggaran untuk membuat undangan ke hal lain yang lebih perlu.

4. Cepat dan Mudah Dibagikan

Secara umum, undangan harus dikirimkan ke setiap alamat yang diundang. Bayangkan betapa melelahkannya bagian ini. Misalnya, Anda memiliki 100 undangan, yang berarti Anda harus mengunjungi 100 rumah berbeda untuk mengirim undangan secara manual.

Anda dapat memesan / mengambil sesuatu yang lain, tetapi membutuhkan biaya. Juga, seluruh undangan membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tujuannya. Jika masih ada banyak waktu sampai hari H, tidak apa-apa, tetapi bagaimana jika Anda sedang terburu-buru?

Inilah keuntungan dari undangan digital, dimana Anda hanya perlu mengirimkan undangan melalui obrolan pribadi atau bahkan grup. Selain tidak mengeluarkan biaya sama sekali, cara ini juga sangat cepat dan praktis.

Cara Membuat Undangan Digital

Ada banyak cara untuk membuat undangan digital. Kami akan mencoba menjelaskan langkah demi langkah sehingga siapa pun dapat melakukannya tanpa masalah. Langsung saja kita simak berikut ini!

1. Melalui Canva

Bagi mereka yang tidak tahu apa itu Canva, ini adalah platform tempat Anda dapat membuat semua jenis desain untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, membuat banner, feed konten Instagram, thumbnail YouTube, atau bahkan resume dan desain surat lamaran.

Canva sendiri menawarkan banyak pilihan template gratis. Ada juga yang berbayar, biasanya karena desainnya lebih premium. Tetapi ada banyak template gratis yang bagus di luar sana juga! Plus, Anda dapat membuatnya di mana saja, baik itu komputer atau smartphone. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi Canva.com di browser komputer Anda atau instal aplikasi di ponsel Anda, tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.
  • Kemudian masukkan kata kunci berdasarkan jenis undangan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin mendesain undangan pernikahan, cukup ketik “undangan pernikahan”.
  • Beberapa opsi muncul di menu tarik-turun yang muncul. Klik menu yang diinginkan, misalnya “Undangan Pernikahan (Potret)”. Ini berarti bahwa template yang tersedia memberikan proporsi vertikal daripada persegi.
  • Pilih template undangan yang Anda inginkan.
  • Ubah keterangan informasi agar sesuai dengan tanggal dan tempat acara. Begitu juga dengan informasi lainnya seperti nama pengantin dll.
  • Setelah selesai mengedit, cukup klik ikon Unduh atau Bagikan. Undangan siap disebar.

Canva sangat cocok untuk mereka yang tidak rumit dan ingin memilih dari berbagai macam template untuk dipilih secara bebas. Jika mau, Anda dapat menambahkan halaman kedua dengan peta tempat tersebut.

2. Menggunakan Microsoft Office

Ya, siapa sangka Microsoft Office kesayangan kita ternyata menawarkan fitur pembuat undangan digital? Anda dapat menggunakan setidaknya dua aplikasi, Microsoft Office atau Microsoft Publisher. Mereka berdua memiliki banyak pilihan template undangan yang menarik, seperti baby shower, ulang tahun dan pernikahan.

Oh ya, sebagai informasi penulis menggunakan versi Microsoft Office 365, jadi bagi yang menggunakan versi yang berbeda, navigasinya mungkin sedikit berbeda. Tetapi sebagian besar langkahnya tidak berbeda untuk MS Office 2013 dan 2016.

  • Buka Microsoft Word atau Publisher.
  • Klik File -> Baru.
  • Ketik “undangan” di kotak pencarian yang bertuliskan “Cari templat online”. (Anda dapat memasukkan kata kunci yang lebih spesifik seperti “undangan pernikahan”, “undangan ulang tahun”, dll.).
  • Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dari berbagai pilihan yang muncul.
  • Buat perubahan yang diperlukan, seperti mengubah tanggal dan lokasi acara.
  • Simpan file.
  • Konversikan file .docx ke format .jpg.
  • Beberapa opsi template menyediakan dua kartu undangan dalam satu file. Pangkas saja dengan aplikasi pengeditan foto di ponsel Anda.
  • Bagikan undangan secara digital dengan semua tamu melalui WhatsApp, LINE, dll. dengan bantuan

Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk melakukannya. Karena hampir setiap orang memiliki Microsoft Office di komputer mereka, dan undangan digital dapat dilakukan secara offline.

3. Melalui Evite

Selain Canva, ada juga situs layanan pembuatan undangan digital online bernama Evite. Ya, seperti namanya, Evite memang merupakan platform undangan elektronik yang bisa Anda gunakan tanpa masalah dengan pilihan desain yang tersedia.

Perbedaannya adalah bahwa Evite tidak memiliki antarmuka WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan) seperti Canva, tetapi menyediakan lebih banyak formulir untuk diisi dengan informasi yang benar. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Kunjungi Evite.com
  • Klik Telusuri Undangan.
  • Pilih kategori undangan dan pilih desain yang Anda inginkan.
  • Masukkan semua informasi tentang acara di formulir yang disediakan.
  • Klik Lanjutkan,
  • Buat akun atau masuk ke akun Evite Anda.
  • Masukkan alamat email atau nomor ponsel semua tamu yang ingin Anda undang di bidang yang sesuai. Entri dipisahkan dengan titik koma, misalnya “guest@gmail.com; vendég2@gmail.com; 08888888”.
  • Untuk mengirim undangan melalui email atau SMS, klik tombol Selesai dan Kirim di sudut kanan atas. Anda dapat menyalin tautan undangan dan membagikannya secara manual melalui aplikasi obrolan.

Sudah jadi! Kelebihan Evite adalah para tamu dapat melihat semua informasi lengkap, seperti siapa yang mengkonfirmasi RSVP mereka, memilih menu makanan, bertukar pesan dengan tamu undangan lainnya, dan banyak lagi.

Nah, itulah beberapa cara membuat undangan secara digital. Ternyata tidak sulit bukan? Sekarang Anda tidak perlu membuang anggaran undangan Anda.