Cara Membuat Instagram Bisnis Terlengkap

Cara Membuat Instagram Bisnis — Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling mudah diakses di Indonesia. Menurut data riset yang diterbitkan oleh Napoleon Cat, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna antara Januari hingga Mei 2020. Jumlah ini terus meningkat dari bulan ke bulan, terutama sejak Work from Home (WFH). Kebijakan tersebut diperkenalkan pada awal 2020 selama pandemi Covid-19. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia menjadikan platform berbagi gambar ini sebagai media yang tepat untuk menarik pelanggan. Apalagi jika bisnis Anda sedang online. Instagram bisa menjadi tempat yang strategis untuk memamerkan produk dan membangun hubungan dengan pelanggan. Manfaatkan akun Instagram Business untuk memudahkan Anda membangun bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan Anda. Anda tidak perlu khawatir untuk membuat akun Instagram perusahaan karena ternyata cara yang sederhana dan praktis. Berikut ini adalah ikhtisar tentang cara membuat akun Instagram bisnis. Yuk, simak artikelnya!

Apa Itu Instagram Bisnis?

Business Instagram is me, dibuat khusus untuk keperluan bisnis, fitur yang dihadirkan berbeda dengan akun Instagram pribadi. Instagram Business memudahkan untuk menjangkau pelanggan dan membuat promosi. Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis atau baru memulai bisnis sebaiknya memiliki akun Instagram bisnis khusus untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis. Instagram Business memiliki fitur yang dapat mempermudah pengolahan data pelanggan, seperti konten dan statistik aktivitas. Selain itu, ada “tombol” yang dapat diarahkan secara khusus ke alamat email atau nomor kontak bisnis Anda. Selanjutnya, pertanyaannya adalah: bagaimana cara membuat akun Instagram Business? Berikut cara membuat akun Instagram Business untuk mengoptimalkan bisnis Anda.

Begini Cara Membuat Instagram Bisnis

Secara umum, membuat Instagram Business tidaklah sulit, Anda bisa memiliki akun Instagram Business hanya dalam beberapa langkah. Namun sebelum Anda membuat akun khusus bisnis, pastikan Anda memiliki akun Instagram pribadi terlebih dahulu, ya! Jika Anda sudah memiliki akun Instagram pribadi, datang dan lihat cara membuat akun Instagram Business di bawah ini:

1. Cara Membuat Instagram Bisnis dengan Menggunakan Akun yang Telah Dimiliki

Cara pertama untuk membuat akun Instagram bisnis adalah dengan login ke akun Instagram yang Anda miliki sebelumnya. Masuk ke akun Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda seperti biasa. Setelah masuk ke Instagram, klik pada bagian profil.

2. Buka Halaman Pengaturan

Kemudian klik halaman Setting atau halaman Setting. Menu ini terletak di pojok kanan atas halaman profil. Kemudian, setelah masuk ke halaman Pengaturan, klik Akun. Langkah selanjutnya dalam membuat akun Instagram Business adalah dengan mengklik Switch to a Professional Account di bawah ini.

3. Pilih Kategori Bisnis

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis profil yang ingin Anda gunakan. Akan ada dua pilihan yaitu Creator dan Business. Creator’s Choice ditujukan untuk orang-orang yang membuat konten di Instagram, seperti influencer, artis, atau blogger. Sedangkan Bisnis adalah untuk perusahaan, merek atau merek tertentu. Jadi, karena tujuan membuat akun Instagram bisnis adalah pemasaran produk, pilihlah Bisnis.

Kemudian pilih kategori bisnis yang Anda kelola. Ada banyak kategori bisnis yang bisa dipilih, seperti bisnis lokal, blog pribadi, produk/layanan, seni, musisi/band, dan lainnya. Anda juga dapat langsung memasukkan kata kunci dari kategori bisnis yang relevan di kolom Pencarian. Setelah dipilih, klik Berikutnya.

4. Isi Kontak dan Kategori Bisnis

Pada langkah selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman kontak. Pada halaman ini, Anda perlu memasukkan beberapa informasi yang tidak lengkap, seperti nomor telepon, alamat email, dan lokasi bisnis Anda. Hal ini diperlukan agar prospek lebih mudah menghubungi bisnis Anda untuk memproses transaksi.

5. Hubungkan Akun ke Facebook Page (Opsional)

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk menautkan profil Instagram Business Anda ke halaman Facebook lama Anda. Tujuan dari koneksi ini adalah untuk mengotomatisasi posting di halaman Facebook Anda setiap kali Anda memperbarui konten akun Instagram perusahaan Anda. Namun, bagian ini opsional. Jika Anda tidak memiliki halaman Facebook, klik Jangan bergabung dengan Facebook. Dengan memilih opsi ini, Anda tidak akan secara otomatis menautkan kedua platform media sosial ini.

6. Lengkapi Seluruh Bagian Profil

Selanjutnya, untuk membuat akun Instagram Business yang menarik, isi semua bagian profil. Masukkan informasi berdasarkan bisnis yang Anda kelola. Mulai dari nama Anda, username Anda, alamat website Anda (jika ada), bio Anda, dan tentunya jangan lupa untuk menambahkan foto profil agar bisnis Anda semakin dipercaya. Usahakan untuk mengisi halaman profil ini selengkap mungkin dan hindari salah ketik agar calon pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

Fitur-fitur yang Ada di Instagram Bisnis

Cara Membuat Instagram Bisnis Seperti disebutkan di atas, akun Instagram perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda dari akun Instagram pribadi. Fitur-fitur akun Instagram Business didesain untuk tujuan komersial, sehingga lebih mudah menjangkau pelanggan, meningkatkan brand awareness, dan menyelesaikan transaksi. Untuk mengoptimalkan akun Instagram Business Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami fitur-fiturnya. Di bawah ini adalah fitur Instagram Business yang perlu Anda ketahui.

1. Detail Informasi Kategori Bisnis

Fitur pertama Instagram Business yang membedakan dengan akun Instagram pribadi adalah informasi detail tentang kategori bisnis. Pada halaman profil akun Instagram Business, informasi kategori bisnis berada tepat di bawah nama bisnis. Wawasan ke dalam kategori bisnis Anda memungkinkan Anda melihat jenis bisnis yang Anda jalankan, sehingga pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

Ada banyak kategori bisnis yang dapat dipilih, termasuk Musik, Tur & Perjalanan, Kecantikan, Agensi, Desain, Ritel, Mode, Keuangan, dan lainnya. Anda dapat memilih kategori bisnis ini dan mengubahnya saat mendaftar atau membuat akun Instagram Business.

2. Tombol Kontak dan Email

Perbedaan fungsi akun Instagram bisnis dan Instagram pribadi juga terdapat pada tombol kontak dan email di halaman profil. Anda bisa mendapatkan keistimewaan ini jika Anda menggunakan akun Instagram Business. Memiliki dua tombol ini dapat memudahkan pelanggan menjangkau bisnis Anda. Dengan fitur tombol kontak dan email ini, pelanggan dapat langsung masuk ke layar panggilan di ponsel mereka, sehingga mereka dapat dengan mudah menghubungi bisnis dan kemudian terhubung melalui email, serta opsi untuk membuka peta yang menunjukkan lokasi lokasi. bisnis.

3. Instagram Insight

Keunggulan lain Instagram Business dibandingkan akun Instagram pribadi biasa adalah fitur Insights. Fitur ini merupakan alat analisis data yang menampilkan semua aktivitas di halaman akun. Melalui fitur ini, Anda dapat melihat dengan jelas kinerja bisnis. Dimulai dengan demografi pengunjung profil, interaksi konten, dan waktu pilihan akun. Data yang Anda lihat melalui Instagram Business Insights sangat berbeda dengan akun Instagram pribadi Anda, di mana biasanya Anda hanya melihat jumlah pengikut, suka, dan komentar di akun Anda. Untuk memaksimalkan fitur Instagram Insight ini, berikut adalah beberapa jenis Insight yang perlu Anda pahami.

  • Content Insight

Fitur ini adalah salah satu bagian terpenting dari Instagram Insight. Business Content Insights Instagram menunjukkan aktivitas dan keterlibatan pengguna dengan postingan Anda, baik di news feed maupun di Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat postingan dan cerita Instagram yang diurutkan berdasarkan jangkauan, tayangan, keterlibatan, suka, pengikut, komentar, simpanan, dan kunjungan profil. Informasi ini sangat berguna untuk mengukur konten apa yang berjalan dengan baik, sehingga Anda dapat mengetahui alasannya dan kemudian mengulanginya untuk posting berikutnya.

  • Activity Insights

Ada juga data dari Activity Insights. Layanan ini mencakup data interaksi dan penemuan. Bagian interaksi ini menunjukkan tindakan yang diambil pada profil bisnis Anda selama seminggu terakhir. Contohnya termasuk kunjungan profil dan jumlah klik pada tautan di profil Anda.

Di bagian ini Anda juga dapat melihat data klik pada tombol kontak, email, dan peta. Kemudian, di bagian Discover yang juga merupakan bagian dari fitur ini, Anda dapat melihat berapa banyak akun yang telah Anda jangkau dan jumlah impresi (berapa kali postingan Anda dilihat, termasuk penayangan berulang dari akun yang sama). telah diterima dalam seminggu terakhir.

  • Audience Insights

Terakhir, ada fitur Audience Insight. Fitur ini menampilkan informasi demografis tentang pengikut akun Instagram bisnis Anda. Di sini Anda dapat melihat pengelompokan berdasarkan usia dan jenis kelamin dan di mana pengguna berinteraksi dengan profil Instagram Business Anda.

Dalam fitur ini, Anda juga dapat melihat jam dan hari rata-rata saat profil Anda menerima interaksi paling banyak. Data ini sangat berguna untuk bisnis Anda, sehingga Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten terbaru.

4. Instagram Ads

Fitur Instagram Business berikutnya yang penting untuk bisnis Anda adalah Instagram Ads. Fitur ini adalah alat yang tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Dengan fitur periklanan Instagram ini, Anda dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik dengan iklan berdasarkan usia, demografi, minat, perilaku, dan lainnya. Berdasarkan. Jika Anda menggunakan fitur ini, iklan Anda akan muncul di timeline Instagram target audiens Anda. Anda juga bisa beriklan di sela-sela Instagram Stories audiens Anda.

Kesimpulan Cara Membuat Instagram Bisnis

Itulah cara membuat Instagram bisnis yang bisa Anda coba. Dengan ketekunan dan konsistensi, Anda tentu bisa mengembangkan bisnis Anda dengan baik melalui Instagram. Jika nanti Anda sukses, ingatlah untuk mengelola penghasilan Anda dengan bijak. Ini karena Anda tidak tahu berapa lama tren Instagram dapat memberi Anda manfaat yang sama seperti saat ini, sehingga diperlukan perencanaan keuangan yang matang. Anda bisa mengumpulkan pendapatan dari Instagram sedikit demi sedikit untuk ditabung dan diinvestasikan.