Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping — Saat ini, hampir semua media sosial menyediakan fitur khusus bagi penggunanya, salah satunya adalah Instagram. Dengan akun bisnis, Anda dapat menggunakan Instagram Shopping untuk lebih mudah memasarkan dan mempromosikan produk Anda. Untuk menggunakannya, Anda perlu memahami cara membuat Belanja di Instagram.

Itu karena Anda tidak bisa begitu saja menggunakan fitur ini seperti Instagram lainnya. Ada beberapa persyaratan penting yang harus Anda penuhi untuk mengaktifkan fitur Shopping di Instagram.

Untuk menggunakannya dengan baik, cari tahu dulu tentang fitur ini dan cara membuat Shopping di Instagram.

Apa itu Instagram Shopping? 

cara membuat instagram shopping
cara membuat instagram shopping

Kita semua bisa melihat berapa banyak UMKM yang berjualan di Instagram dan media sosial lainnya. Media sosial seperti tempat pertama mereka menjual produk bisnis mereka.

Instagram kemudian membuat Instagram Shopping pada tahun 2020 untuk mendukung aktivitas penggunanya. Lalu apa sih fitur Instagram Shopping itu?

Instagram Shopping merupakan fitur yang dapat memberikan pengalaman berbelanja ecommerce melalui media sosial. Sama seperti e-commerce pada umumnya, Anda bisa membuat katalog produk dan menampilkannya di showcase Anda.

Yang membedakannya adalah Anda dapat menandai beberapa produk dalam satu foto.

Anda dapat menandai produk di feed foto atau cerita Instagram Anda.

Melalui label ini, Anda dapat melihat nama dan harga produk dan mengarahkan audiens untuk membeli. Dilihat dari kegunaannya, fitur ini tentu penting untuk berfungsinya bisnis Anda.

Mengapa belanja di Instagram penting? Ini karena Anda dapat mengelola dua aktivitas sekaligus. Instagram biasa digunakan sebagai tempat untuk meningkatkan brand awareness dan mempromosikan audiens bisnis. Namun, jika audiens ingin melakukan pembelian, mereka harus keluar dari aplikasi dan membuka situs web bisnis.

Hal ini tentu saja membingungkan masyarakat yang menjadi target pasarnya. Dengan Instagram Shopping, Anda dapat dengan mudah meningkatkan brand awareness, mengiklankan, dan menjual produk dalam satu postingan.

Hal ini memudahkan audiens Anda untuk berbelanja dengan mengklik tag pada setiap produk di postingan Anda.

Cara Membuat Instagram Shopping

Dari penjelasan di awal, Anda perlu mengetahui cara membuat Instagram Shopping agar dapat menggunakan fitur ini. Namun sebelum mempelajari cara membuat Instagram Shopping, Anda harus mengetahui terlebih dahulu syarat pembuatannya. Berikut beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

  • Lokasi bisnis berada di area peluncuran Instagram Shopping.
  • Produk memenuhi persyaratan Instagram.
  • Perusahaan mematuhi dan mematuhi perjanjian komersial dan persyaratan komersial Instagram (Facebook).
  • Memiliki situs web

Setelah semua persyaratan ini terpenuhi, Anda dapat memulai langkah-langkah untuk membuat Instagram Shopping. Berikut cara membuat Instagram Shopping untuk bisnis online Anda.

  1. Ubah Instagram Jadi Akun Bisnis – Cara Membuat Instagram Shopping

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatur Belanja di Instagram adalah mengubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis.

Ini perlu dilakukan karena Instagram Shopping hanya untuk pebisnis. Cara membuat akun Instagram bisnis sebagai syarat berbelanja di Instagram cukup sederhana.

Masuk ke akun Instagram Anda dan ubah akun menjadi akun profesional di menu pengaturan bagian “Akun”. Setelah itu, akun Anda akan dapat menggunakan fitur Instagram Shopping.

  1. Membuat Website – Cara Membuat Instagram Shopping

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping, Salah satu syarat penting untuk membuat Shopping di Instagram adalah bisnis Anda harus memiliki website bisnis tempat Anda menjual berbagai produk. Jika Anda belum memilikinya, buat situs web atau bisnis e-commerce Anda terlebih dahulu.

Website bisnis menjadi penting karena nantinya fitur Instagram Shopping ini akan mengelabui audiens Anda untuk berbelanja di website Anda. Juga, pastikan situs web bisnis Anda diaktifkan e-niaga sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian dengan mudah.

  1. Menghubungkan Akun Halaman Facebook

Selain membuat website, langkah selanjutnya dalam membuat Instagram Shopping adalah membuat halaman Facebook.

Ini juga menjadi syarat bagi bisnis Anda untuk dapat menggunakan fitur Instagram Shopping. Anda dapat menambahkan katalog produk perusahaan di halaman Facebook Anda.

Membuat dan menautkan Halaman Facebook ke akun Instagram Business Anda juga cukup sederhana. Buka bagian edit profil Instagram Anda dan cari “Informasi Bisnis Publik”. Kemudian pilih “Halaman” untuk menautkan akun Anda ke halaman Facebook yang Anda buat.

  1. Tunggu Proses Peninjauan Akun

Setelah semua proses pendaftaran dan keanggotaan selesai, Anda tinggal menunggu Instagram mereview akun Instagram Business Anda. Instagram akan memeriksa apakah ada masalah dengan akun Anda atau tidak.

Jika hasil verifikasi sudah yakin, Anda bisa melanjutkan ke langkah terakhir pembuatan Instagram Shopping. Review ini biasanya membutuhkan waktu bagi Instagram untuk mereview akun bisnis Anda.

  1. Aktifkan Fitur Instagram Shopping

Setelah akun ditinjau dan disetujui oleh Instagram, Anda dapat melanjutkan ke langkah terakhir membuat Instagram Shopping. Silakan aktifkan Instagram Shopping di akun bisnis Anda.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini di menu pengaturan di bagian “Pengaturan perusahaan”. Pilih “Beli” dari menu, lalu pilih “Katalog Produk”. Setelah selesai, klik Selesai dan Anda siap menggunakan fitur ini.

Hubungkan akun Instagram Anda ke banyak pasar seperti Shopee dan Tokopedia. Dengan menghubungkan ke pasar, Anda dapat menambahkan produk dari satu tempat. Dengan cara ini Anda dapat menyederhanakan distribusi produk Anda.

  1. Tambahkan Tag Produk di Postingan Instagram

Setelah semua metode belanja Instagram berhasil diselesaikan, saatnya mencoba fitur bisnis ini di Instagram.

Anda dapat mulai membuat konten Instagram menarik yang terkait dengan produk Anda dan menandai setiap produk di foto. Untuk mengakses fitur ini, klik menu “Product Tagging” di bawah “People Tagging”.

Ini memudahkan pelanggan untuk bertransaksi saat mereka tertarik dengan produk di listingan Anda. Tetap beriklan dengan memanfaatkan fitur Instagram untuk meningkatkan penjualan Anda.

Kesimpulan Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Instagram Shopping merupakan fitur bisnis yang diperkenalkan oleh Instagram khusus untuk para pebisnis yang menggunakan media sosial sebagai tempat berjualan dan beriklan.

Membeli Instagram tidak terlalu sulit. Yang paling penting adalah memenuhi persyaratan dan mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat Instagram Shopping.