Cara Melekatkan Tempered Glass yang Tidak Nempel

Melekatkan Tempered Glass — Perangkat layar lebar yang canggih terkadang menjadi penyebab kekhawatiran dengan goresan atau bahkan kerusakan. Karena layar rata-rata terbuat dari kaca yang tentunya tidak tahan lama, layar bisa rusak jika terkena benda tajam. Itu sebabnya mereka membuat pelapis layar yang biasa dikenal dengan tempered glass.

Penerapan kaca tempered pada dasarnya tidak sulit. Namun terkadang, karena permukaan dan bentuk ponsel, kaca tempered tidak dapat menempel dengan kuat. Hanya ada bagian lapisan yang naik atau mendidih. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi kaca tempered dan cara memperbaiki bagian yang anti lengket.

Tentang Tempered Glass dan Fungsinya

Kaca tempered adalah lapisan empat kali lebih kuat dari kaca biasa atau kaca anil (kaca yang dipanaskan dan didinginkan secara perlahan). Tidak seperti kaca anil, yang dapat pecah menjadi tepi bergerigi, kaca temper pecah menjadi potongan-potongan kecil yang tidak berbahaya.

Inilah sebabnya mengapa tempered glass adalah pelindung layar terbaik untuk mencegah layar retak atau tergores saat terkena benda tajam dan tergores. Karena kemampuannya untuk melindungi layar, kaca tempered menjadi elemen penting saat ini.

Sayangnya, pencantuman tempered glass pada layar beberapa ponsel terkadang tidak menempel erat. Hal ini menyebabkan kaca tempered terkelupas di bagian tepi dan meninggalkan gelembung udara di dalamnya.

Melekatkan Tempered Glass
Melekatkan Tempered Glass

Cara Merekatkan Tempered Glass

Sebenarnya sangat mudah untuk merekatkan kembali kaca tempered anti lengket. Cara dan penjelasannya dijelaskan di sini. Anda bisa mencobanya di rumah, kok!

1. Melekatkan Tempered Glass yang Tak Menempel karena Bergelembung

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan untuk merawat kaca tempered anti lengket, antara lain minyak goreng atau baby oil, bola kapas, dan kain microfiber. Dengan semua bahan di tempat, sekarang kita dapat memulai langkah-langkah untuk menangani kaca temper yang tidak akan merekat dengan bahan di bawah ini.

  • Siapkan Minyak

Siapkan cairan kental seperti minyak goreng. Gunakan minyak goreng segar. Jika Anda kesulitan mendapatkan minyak goreng, Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Pastikan Anda menggunakan cairan yang sedikit lengket, tetapi tidak terlalu kental.

Hindari menggunakan cairan yang terlalu cair untuk mencegah oli masuk ke celah-celah di ponsel. Dikhawatirkan cairan tersebut akan merusak perangkat mobile.

  • Matikan Ponsel

Perlu Anda ketahui bahwa selama proses pembersihan atau perawatan ponsel, coba matikan ponsel. Ini akan mencegah kerusakan pada perangkat seluler Anda. Apalagi jika Anda ingin memperbaiki tempered glass yang tidak terawat.

Akan sangat berisiko jika ponsel dihidupkan. Terutama karena sensitivitas ponsel sesudahnya. Yang paling berisiko adalah kerusakan sensitivitas layar sentuh.

  • Celupkan Cotton Bud pada Minyak
 Gunakan wadah kecil untuk menampung minyak atau baby oil yang ingin digunakan. Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam minyak. Oleskan sedikit demi sedikit pada tepi kaca temper yang terangkat.

Anda bisa mengangkat kaca tempered sedikit agar oli bisa masuk ke celahnya. Biarkan minyak mengisi celah dan tidak ada lagi gelembung. Berhati-hatilah untuk tidak membawa minyak cair kemana-mana. Oleskan hanya pada area yang berkilau.

  • Lap dengan Menggunakan Kain Halus

Pastikan seluruh ruang kosong terisi minyak. Gunakan kain lembut tanpa serat atau kain mikrofiber untuk menghilangkan minyak berlebih. Jika Anda tidak memiliki tisu, Anda dapat menggunakan kertas tisu yang lembut. Bersihkan semua bagian hingga retak atau bagian tempered glass rata dan lapisan perekat menempel.

2. Cara Melekatkan Kembali Tempered Glass yang Tidak Menempel dengan Lem

Kaca tempered pada dasarnya dijual dalam kemasan siap pakai. Dalam arti tidak perlu menambahkan lem atau lem untuk merekatkan kaca tempered. Namun, terkadang Anda akan menemukan bahwa bagian dari kaca temper akan terkelupas atau terangkat karena lem tidak menempel.

Oleh karena itu, perlu menambahkan lebih banyak perekat kaca tempered untuk membuat lapisan pelindung rata dan kencangkan layar perangkat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Lem Tempered Glass

Sering terjadi tempered glass tidak menempel kuat pada ponsel dengan layar 2.5D, yang ujung-ujungnya melengkung, sehingga tempered glass tidak bisa dipasang dengan aman.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menambahkan lem kaca yang mengeras. Cukup oleskan lem ke tepi kaca tempered. Anda bisa mendapatkan lem jenis ini di toko-toko yang menjual aksesoris handphone.

  • Gunakan Tusuk Gigi

Ada aplikator di ujung lem kaca yang mengeras, yang memudahkan pengaplikasian lem. Oleskan lem ke tepi kaca tempered. Bersihkan permukaan layar dan tekan perlahan permukaan layar sampai Anda yakin bahwa perekat menempel dengan baik.

Untuk bagian yang agak sulit dijangkau aplikator lem, bisa menggunakan tusuk gigi untuk mengangkat tempered glass. Mulai dari ujung yang lebar, angkat kaca temper secara perlahan dan hati-hati. Jika Anda mulai dari depan, kaca tempered bisa pecah.

  • Bersihkan Layar

Bersihkan permukaan layar yang direkatkan dengan menekan perlahan bagian-bagian yang sebelumnya telah Anda oleskan lem kaca yang mengeras. Pastikan kaca tempered terpasang dengan kuat. Tidak ada lagi gelembung udara atau kotoran yang menempel pada bagian perekat kaca tempered.

Anda bisa menggunakan minyak kayu putih secara maksimal untuk membuat layar lebih bersih. Cairan minyak kayu putih dapat membersihkan minyak yang menempel di jari kita. Oleskan minyak kayu putih pada layar. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau kain lembut.

3. Cara Melekatkan Kembali Tempered Glass dengan Lem UV Full Cover

Perekat UV cakupan penuh dapat digunakan untuk merawat kaca anti lengket. Perekat ini kuat dan tahan lama. Stiker ini dapat melindungi dari sidik jari, retak, gundukan, debu, kotoran dan minyak yang dapat menempel pada layar ponsel Anda.

Untuk mengangkat kaca tempered, kaca tempered terlebih dahulu harus dilepas dan kemudian diganti. Setelah melepas tempered glass, bersihkan permukaan layar terlebih dahulu kemudian ikuti langkah-langkah untuk merekatkan kembali tempered glass dengan UV tempered glass.

Bersihkan debu dan tutup lubang speaker
Untuk membersihkan layar dari debu dan minyak, Anda bisa menggunakan alkohol atau minyak kayu putih. Selanjutnya, tutup lubang speaker dengan perekat atau selotip, atau Anda dapat menggunakan penghilang debu. Hal ini untuk mencegah lem cair masuk dan menembus lubang speaker hingga merusak bagian dalam perangkat.

  • Tuangkan Lem

Buka tutup lem dan tuangkan lem di tengah layar. Jangan biarkan gelembung kecil terbentuk saat Anda menuangkan lem ke bagian tengah layar ponsel. Kemudian luruskan tempered glass seperti semula.

Biarkan lem menyebar ke seluruh layar. Kaca tempered tidak perlu ditekan agar lem menyebar merata, karena menyebar dengan sendirinya. Jika lem meluap di tepi kaca temper, bersihkan dengan tisu.

  • Keringkan dengan Sinar UV

Uji lampu UV sebelum digunakan. Pastikan itu menyala dengan benar. Jangan menyalakan kaca tempered ketika lem keluar dari tepi kaca tempered. Hindari paparan langsung kulit dan mata terhadap sinar UV.

Setelah semuanya selesai, Anda dapat mulai mengeringkan stiker kaca temper di bawah sinar UV yang terpasang pada kaca temper. Ini berkedip bolak-balik dari atas ke bawah layar selama sekitar 4 menit. Biarkan layar Anda bersinar dengan sempurna. Tidak perlu menekan atau menyentuh layar selama proses berlangsung.

Setelah proses perbaikan kaca anti lengket selesai, sensitivitas layar dapat diuji. Pemasangan yang benar tidak mengurangi sensitivitas layar. Di sisi lain, layar ponsel Anda akan lebih aman dengan lapisan pelindung yang terpasang dengan baik.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi tempered glass yang tidak menempel di layar. Anda tidak perlu khawatir layar tergores atau pecah karena ponsel Anda kini hadir dengan kaca tempered baru yang lebih kuat.

Jangan lupa untuk membersihkan layar kaca tempered secara teratur agar tetap berfungsi dengan baik. Ada banyak cara untuk membersihkan layar. Ikuti informasi yang diberikan dalam artikel berikut.