Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di Mall

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi — Belakangan ini nama aplikasi PeduliLindung sangat ramai di masyarakat. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh berbagai instansi pemerintah, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, BNPB dan Kementerian Perekonomian Negara.

Hal itu harus dimanfaatkan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di Tanah Air. Melalui situs resminya, aplikasi PeduliLindung sebenarnya mengandalkan partisipasi masyarakat.

Dengan begitu, informasi lokasi orang tertentu yang terdeteksi di aplikasi PeduliLindung tersimpan dan riwayat kontaknya bisa dilacak jika pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Tidak hanya itu, semua pengguna akan diberi tahu melalui aplikasi jika berada di area publik yang padat atau bahkan berada di zona merah.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Tentunya penggunaan aplikasi PeduliLindung di pusat perbelanjaan erat kaitannya dengan fungsi aplikasi tersebut.

Bayangkan ketika Anda mengunduh aplikasi, sistem secara otomatis meminta persetujuan untuk segera mengaktifkan GPS atau data lokasi.

Saat data lokasi aktif, aplikasi PeduliLindung secara berkala mengidentifikasi dan memberikan informasi real-time keramaian dan wilayah penyebaran virus Covid-19.

Berdasarkan hasil tindak lanjut, pemerintah juga akan lebih mudah untuk mengetahui siapa saja yang membutuhkan perawatan medis tambahan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi
Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Masuk Fasilitas Publik dan Transportasi

Sejak Agustus 2021 lalu, aplikasi PeduliLindung sudah menjadi kebutuhan wajib untuk beberapa kegiatan yang dilakukan masyarakat khususnya di sektor publik.

Aplikasi ini semakin banyak digunakan untuk mengekang penyebaran virus corona.

Peluncuran Tempo berdasarkan ordonansi no. 39 Tahun 2021 Menteri Dalam Negeri adalah penggunaan aplikasi PeduliLindung sebagai berikut, yang berfungsi sebagai persyaratan utama untuk masuk ke area publik atau lalu lintas:

  1. Skrining keluar masuk supermarket dan hypermarket
  2. Skrining di restoran, restoran atau kafe
  3. Skrining pintu masuk tempat wisata
  4. Skrining pintu masuk ke fasilitas olahraga
  5. Skrining di semua moda transportasi, baik darat, laut, udara atau kereta api
  6. Skrining pintu masuk pusat perbelanjaan

Syarat Masuk Mall dengan Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Lembaga publik yang mewajibkan penggunaan aplikasi dan sertifikat vaksinasi PeduliLindung adalah pusat perbelanjaan.

Di pusat perbelanjaan modern ini, setiap orang harus menunjukkan sertifikat vaksinasi, setidaknya satu dosis, yang dapat dilihat dari aplikasi PeduliLindung.

Tidak hanya itu, pengunjung mall juga harus mematuhi sejumlah peraturan terkait, antara lain:

  1. Anak-anak di bawah usia 12 tahun dan orang tua di atas usia 70 tahun tidak dapat mengakses mal.
  2. Pengunjung yang belum divaksinasi wajib menunjukkan hasil tes PCR atau antigen negatif saat berkunjung ke mal.
  3. Pengunjung mall wajib mengikuti protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di Mall?

Penggunaan aplikasi PeduliLindung di pusat perbelanjaan biasanya didasarkan pada fungsi “Scan QR code” di aplikasi.

Fitur ini selanjutnya dievaluasi oleh petugas mal untuk menentukan apakah pengunjung yang masuk bisa masuk atau tidak. Dan berikut cara menggunakan aplikasi PeduliLindung di mall:

1. Unduh dan akses aplikasi Peduli Lindungi di ponsel

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi PeduliLindung di pusat perbelanjaan adalah masuk ke aplikasi di ponsel Anda.

Jika Anda belum memiliki aplikasi PeduliLindung, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Untuk mengunduh dan mendaftar, Anda dapat mengikuti metode di bawah ini:

  • Unduh aplikasi PeduliProtect dan buka aplikasi
  • Registrasi dengan memasukkan nomor ponsel atau alamat email aktif yang sebelumnya Anda gunakan saat mendaftar vaksinasi Covid-19.
  • Masukkan informasi pribadi Anda dan klik menu “Buat Akun”.
  • Masukkan kode verifikasi 6 digit yang dikirim ke alamat email atau nomor ponsel Anda
  • Kemudian klik tombol “Verifikasi” dan aktifkan lokasi Anda
  • Jika sudah, otomatis akan masuk ke halaman utama PeduliLindung
  • Isi semua data yang diperlukan di menu “Akun” dan simpan

Selanjutnya berbagai menu langsung tersedia di aplikasi PeduliLindung, mulai dari menu “Scan QR code”, hingga “Registrasi vaksin”, “Paspor digital”, “Buku harian perjalanan”, “Informasi penting”, “Teledokter“.

2. Scan QR Code

Hal selanjutnya yang harus dilakukan ketika mencoba menggunakan aplikasi PeduliLindung di mall adalah dengan mengklik menu “Scan QR Code”. Menu ini terletak di halaman utama PeduliLindung.

Jadi saat pertama kali Anda login ke dalamnya, maka secara otomatis akan langsung masuk ke halaman tersebut. Menu “Scan QR Code” yang sama digunakan ketika Anda ingin memasuki pusat perbelanjaan atau fasilitas umum lainnya.

Untuk menggunakannya, klik menu, lalu arahkan kamera ponsel Anda ke kode QR di pintu masuk mal.

3. Tunjukkan hasil pemindai QR Code ke petugas

Langkah ketiga untuk menggunakan aplikasi PeduliLindung di pusat perbelanjaan setelah berhasil memindai barcode adalah dengan menunjukkannya kepada karyawan pusat perbelanjaan.

Hasil scan barcode ditampilkan dalam tiga warna. Jika berwarna hijau berarti bisa masuk mall karena sudah divaksin, atau belum mendeteksi kasus, atau belum pernah kontak dekat dengan pasien Covid-19.

Dan jika barcode berwarna kuning, itu tandanya pengunjung belum divaksin dan tidak kontak dekat dengan pasien positif Covid-19.

Pelanggan yang terdeteksi dengan barcode kuning umumnya masih bisa masuk ke dalam mal, namun harus melalui pemeriksaan tambahan oleh petugas mal dan protokol kesehatan yang ketat.

Sedangkan jika hasil barcode berwarna merah, berarti pengunjung tidak bisa masuk mall karena tidak mengikuti program vaksinasi atau dinyatakan positif Covid-19.

4. Tunjukkan bukti vaksinasi

Langkah keempat dalam menggunakan aplikasi PeduliLindung di mall yang harus Anda dan pembaca lainnya ketahui adalah menyerahkan bukti vaksinasi.

Bukti vaksinasi setidaknya adalah dosis pertama, yang harus ditunjukkan di fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan atau angkutan umum.

Untuk menunjukkan bukti vaksinasi, langsung masuk ke aplikasi PeduliLindung dan pilih menu “Digital Passport”. Anda akan segera melihat sertifikat vaksinasi, dalam dosis tunggal atau penuh.

Langkah selanjutnya adalah:

  • Buka aplikasi CareProtect
  • Pilih menu “Paspor Digital”.
  • Ada dua submenu: “Sertifikat vaksin” dan “Hasil tes Covid-19”
  • Jika Anda ingin menunjukkan bukti vaksinasi di pusat perbelanjaan atau badan publik lainnya, pilih menu “Sertifikat vaksinasi”.

Tambah Proteksi untuk Diri dan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan

Nah, itulah tadi informasi cara menggunakan aplikasi PeduliLindung di mall. Seperti dijelaskan di atas, untuk mengakses fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, perlu menunjukkan bukti vaksinasi yang tersedia di aplikasi PeduliLindung.

Namun, aplikasi ini hanya untuk tujuan pemantauan. Jadi meskipun sudah memiliki aplikasi dan sudah mengikuti jadwal vaksinasi, tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Akan lebih baik juga jika ada perlindungan tambahan seperti asuransi kesehatan. Dengan asuransi ini, Anda tidak perlu khawatir dengan tagihan medis yang harus Anda keluarkan karena ditanggung oleh perusahaan asuransi.