Aplikasi Kuesioner Online Terbaik dan Mudah Digunakan

Aplikasi Kuesioner Online — Survei adalah metode penelitian yang mengumpulkan data dari sekelompok responden yang telah ditentukan sebelumnya untuk memperoleh informasi dan wawasan tentang berbagai topik yang diminati. Survei online biasanya berisi pertanyaan terstruktur yang diisi oleh responden secara online, biasanya dengan mengisi formulir. Ini adalah salah satu cara paling alami untuk menjangkau responden, karena membutuhkan waktu lebih sedikit daripada pengumpulan informasi tradisional tanpa bantuan teknologi.

Data terkait pengisian kuesioner online dikumpulkan dan disimpan dalam database, kemudian dievaluasi oleh para ahli di bidangnya. Survei online menghemat biaya, responden dapat mengisinya secara online tanpa harus mengisinya dengan pena dan kertas seperti sebelumnya. Mereka menghabiskan lebih sedikit waktu dan energi untuk itu karena dengan mudah menganalisis data dan dengan cepat menarik kesimpulan.

Untuk mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan, Anda perlu mengajukan pertanyaan yang tepat. Aplikasi survei yang baik memungkinkan Anda untuk menyesuaikan setiap pertanyaan sehingga Anda dapat meminta informasi dengan cara yang dapat dipahami oleh orang yang diwawancarai, apakah itu pilihan ganda, jawaban singkat, atau skala penilaian. Personalisasi pertanyaan juga memungkinkan Anda mengumpulkan jenis informasi yang tepat sehingga responden merasa nyaman menjawab tanpa merasa tertekan.

Aplikasi Kuesioner Online
Aplikasi Kuesioner Online

Pengertian Aplikasi Kuesioner Online

Kuesioner adalah metode penelitian yang terdiri dari pertanyaan atau jenis instruksi lain yang dirancang untuk mengumpulkan informasi dari responden. Kuesioner penelitian biasanya terdiri dari campuran pertanyaan tertutup dan terbuka. Pertanyaan yang panjang dan terbuka memberikan kesempatan kepada responden untuk mengungkapkan pemikiran mereka. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dapat bersifat kualitatif atau kuantitatif. Kuesioner juga dapat dikirim dalam bentuk kuesioner, tetapi survei selalu dapat terdiri dari kuesioner.

Sebagai pembuat survei, ada baiknya untuk menguji survei Anda terlebih dahulu dengan menargetkannya ke grup fokus selama pengembangan. Anda dapat menguji berbagai jenis kuesioner untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan audiens target Anda. Pra-pengujian adalah praktik yang baik karena pembuat survei dapat memahami tahap awal jika diperlukan perubahan pada survei.

Aplikasi Kuesioner

Ada banyak aplikasi survei online berbasis situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat survei, beberapa di antaranya tersedia secara gratis. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi survei dan menggunakannya di perangkat smartphone. Perhatikan bahwa tidak semua aplikasi terbuka dan gratis untuk umum.

1. SurveyMonkey

Salah satu aplikasi terkemuka dan terpopuler di dunia dapat memberi Anda kesempatan untuk mulai membuat survei sendiri secara gratis. SurveyMonkey memiliki sejumlah fitur yang berguna, salah satunya adalah fungsi filter yang memungkinkan Anda membandingkan dan menganalisis hasil survei secara real time. Aplikasi ini memiliki enam puluh juta pengguna dan kapasitas memori yang dibutuhkan sekitar empat belas megabyte.

2. Zoho Survey

Mudah diakses kapan saja, di mana saja, aplikasi ini juga memungkinkan Zoho Survey membuat dan mengumpulkan hasil survei dengan mudah di perangkat Android Anda. Selain itu, ada juga kemungkinan untuk mengirimkan kuesioner secara online melalui email atau platform jejaring sosial lainnya yang dapat diakses dengan mudah bahkan dari jarak jauh. Tidak hanya aplikasi ini yang memungkinkan Anda mengelola semua jajak pendapat dari dalam aplikasi dan membuat laporan khusus tentang hasil jajak pendapat Anda.

3. FormsApp

Lebih dari satu juta pengguna telah mengunduh aplikasi ini yang memudahkan untuk membuat dan mengedit formulir survei. Hebatnya lagi, aplikasi ini menawarkan banyak template siap pakai yang sesuai dengan berbagai kebutuhan Anda seperti formulir lamaran kerja, formulir kontak, formulir pendaftaran acara, dll. Aplikasi ini tidak hanya hadir dengan notifikasi yang muncul saat diterimanya respon survey yang masuk, tentunya juga memudahkan untuk mengetahui perkembangan survey tersebut.

4. SurveyHeart

Aplikasi SurveyHeart juga menawarkan manfaat lain dibandingkan survei biasa, seperti survei online, kuesioner, riset pasar, dan formulir lamaran kerja, sehingga Anda dapat dengan mudah membuatnya. Layanan yang ditawarkan juga cukup beragam salah satunya topik, fitur ini membuat kuesioner lebih menarik dengan topik yang diinginkan.

5. Brew Survey

Aplikasi ini dapat digunakan baik online maupun offline, sebagai alat untuk mendapatkan umpan balik pelanggan, melakukan riset pasar, dll. Meskipun offline, aplikasi ini tetap dapat mengumpulkan tanggapan dari formulir survei yang Anda buat. Ini kemudian akan disinkronkan setelah perangkat terhubung ke internet lagi.

6. SurveyApp

Seperti aplikasi Brew Survey, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari survei online dan offline. Banyak fitur tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengguna, seperti mengunduh dan membagikan hasil laporan, analisis waktu nyata, penyesuaian formulir survei, dan banyak lagi. Sayangnya, kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya dapat digunakan secara gratis dengan batas waktu tiga puluh hari untuk penggunaan pertama.

7. G-Forms For Google Form

Rekomendasi terakhir adalah aplikasi G-Forms For Google Forms, dengan aplikasi ini Anda dapat membuat survei ketersediaan model.

Cara Membuat Kuisioner dengan Google Formulir

Google Forms adalah perangkat lunak yang dibuat oleh Google yang berfokus pada layanan administrasi survei online. Aplikasi ini adalah bagian dari Google Drive Office Suite, serta Google Documents, Google Spreadsheet, dan Google Slide. Seiring waktu, Google telah menambahkan lebih banyak fitur dan pada tahun 2016 mengubah Google Formulir menjadi aplikasi mandiri. Anda sekarang dapat dengan mudah mengakses Google Forms di docs (dot) google (dot) com / forms atau melalui Google Drive di ponsel Anda.

Untuk membuatnya sangat sederhana, buka link docs (dot) google (dot) com/forms atau cari dengan kata kunci Google Forms. Di halaman google form, Anda dapat memasukkan judul dan deskripsi kuesioner, mengisi pertanyaan, memilih opsi jawaban yang diinginkan, menggunakan simbol yang ada, foto, animasi, dan sebagainya. Anda juga dapat membuat balasan wajib dengan tombol Wajib. Anda dapat menggunakan ikon yang ada sesuai dengan kebutuhan survei Anda.

Kesimpulan Aplikasi Kuesioner OnlineĀ 

Ada banyak aplikasi dan situs online yang memungkinkan Anda membuat kuesioner sederhana, baik secara manual atau menggunakan template yang disediakan. Namun, jika Anda bekerja untuk perusahaan besar yang membutuhkan survei tambahan, Anda mungkin menemukan alat seperti Qualtrics, Adobe Marketing Cloud, atau SoGoSurvey yang memiliki lebih banyak fitur.

Dengan bantuan kuesioner, Anda dapat melihat jawaban secara objektif. Kami juga menjaga kerahasiaan responden dengan formulir tanpa mengisi nama yang diwawancarai, sehingga kami dapat mengumpulkan jawaban yang lebih terstruktur berdasarkan pengelompokan tertentu. Penyebaran kuesioner dapat lebih luas jika waktu yang dibutuhkan untuk distribusi lebih cepat diperhitungkan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang, cukup bagikan tautan dan sebarkan ke berbagai platform di situs media sosial yang berbeda, survei Anda dapat dilakukan dengan nyaman.