Cara Membuat Buku Digital eBook dan Pilihan Aplikasi Pembuatnya

Selamat datang di Liputanberitaku.com. Cara Membuat Buku Digital — Tidak terlalu sulit untuk membuat buku digital atau e-book pada umumnya. Anda dapat membuat dan menerbitkan buku Anda di berbagai platform. Berikut tur lengkapnya!

Buku adalah sumber terbaik pengetahuan dan peningkatan pribadi.

Kami menggunakan buku sebagai sumber pengetahuan untuk mata pelajaran sekolah, kursus pelatihan keterampilan non-akademik dan mata pelajaran yang berhubungan dengan pekerjaan.

Di masa lalu, buku adalah tumpukan kertas yang ditulis atau dicetak pada mesin tik.

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, bentuk buku cetak sudah menjadi buku digital. Dengan munculnya buku digital, siapa pun dapat membuat buku dan menerbitkannya untuk pembaca.

Bagi mereka yang tertarik untuk membuat buku sendiri dalam format kertas, pembuatan buku digital adalah suatu keharusan.

 

Cara Membuat Buku Digital
Cara Membuat Buku Digital

Aplikasi Pembuat Buku Digital

Untuk membuat buku digital, Anda dapat menggunakan serangkaian aplikasi yang perlu Anda unduh ke laptop, komputer, atau smartphone Anda.

Namun, untuk mempermudah buku digital disarankan menggunakan laptop atau komputer ya. Karena dengan menggunakan modul ini, tools yang tersedia lebih mudah digunakan.

Operasi dan prosedur pembuatan buku digital di setiap aplikasi sebenarnya hampir sama.

Tidak ada perbedaan mencolok yang akan membingungkan pengguna kecuali tersedianya format buku digital yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa aplikasi pembuatan buku digital yang dapat Anda pilih:

Calibre

Calibre adalah aplikasi pembuat buku digital untuk perangkat Windows, Linux, dan iOS. Format e-book yang tersedia termasuk yang terlengkap.

Kamu bisa memasukkan format AZW, AZW3, AZW4, CBZ, CBR, CBC, CHM, DJVU, DOCX, EPUB, FB2, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT, dan TXTZ) kemudian mengubahnya menjadi format AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, ataupun ZIP.

Sigil

Yakni, aplikasi Sigil adalah aplikasi pembuatan buku digital baik untuk gadget berbasis Windows maupun iOS. Format yang didukung adalah HTML dan ePUB, yang kemudian dapat dikonversi ke ePUB.

Mobipocket Creator

Untuk aplikasi Mobipocket Creator, format file yang dapat diimport adalah: HTML, DOCX, TXT dan PDF. Nantinya, formatnya akan diubah menjadi e-book PRC atau PRCX.

ePUBee Maker

Membuat aplikasi buku digital pada aplikasi ini sangat mudah karena dapat dihubungkan dengan aplikasi Microsoft Word.

Pengguna dapat menempelkan ePUBee Maker ke toolbar Ms Word. File yang dikonversi akan dalam format ePUB dan PDF.

Cara Membuat Buku Digital

Ada banyak aplikasi yang dapat dipilih untuk membuat buku digital atau e-book. Setiap aplikasi memiliki cara untuk membuat buku digital yang cukup mirip.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat buku digital:

1. Siapkan Dokumen Buku dalam Format Word Document

Cara pertama membuat buku digital adalah dengan membuat file buku digital atau dokumen format dokumen Word di Ms Word.

Pastikan semuanya sudah siap. Mulai dari sampul, daftar isi, pengantar penulis, semua bab materi buku, sampul dan lainnya.

Anda juga dapat memasukkan foto ke dalam file ini. Pastikan foto diletakkan di tengah teks atau sejajar dengan Teks dan juga crop posisi tabel.

Setelah semua isi file dasar ini selesai, ubah format ke format yang dapat diterima oleh aplikasi pembuatan buku digital pilihan Anda.

2. Import File ke Aplikasi Pembuat Buku Digital

Pada langkah kedua, buka aplikasi pembuat buku digital yang diunduh. Pilih file buku digital dan masukkan dengan mengimpor file yang dipilih.

Saat membuat buku digital, sebaiknya periksa kembali konten buku digital yang Anda masukkan.

Periksa kembali apakah semua posisi konten seperti sampul, daftar isi, teks, foto diposisikan dengan benar atau tidak. Anda juga dapat mengedit konten di aplikasi pembuat buku digital. Misalnya, membuat daftar isi, menyisipkan infografis, menambahkan video, dll.

Anda dapat dengan mudah menambahkan file tambahan seperti foto, video, dan infografis ke buku digital Anda. Klik Sisipkan, klik File, klik File Lainnya, lalu pilih file tambahan yang ingin Anda sisipkan. FYI, file video terlampir adalah video dalam format mp4.

Sementara itu, untuk membuat TOC, Anda dapat memilih lokasi halaman TOC terlebih dahulu. Kemudian pilih table atau alat penyisipan daftar isi.

Kemudian atur posisi tabel dan penomoran header sesuai keinginan.

3. Isi Metadata Buku Digital

Salah satu yang membedakan tampilan buku digital adalah adanya metadata yang memberikan gambaran singkat tentang isi buku kepada pembaca.

Nah, untuk membuat buku digital, Anda perlu memasukkan metadata Anda. Masukkan informasi pribadi penulis, judul buku, tahun produksi, kategori, deskripsi singkat buku, dan lainnya.

Untuk mengisi metadata, periksa menu alat yang tersedia di aplikasi Digital Book Maker dan pilih Editor Metadata.

4. Masukkan Cover Buku

Cara membuat buku digital selanjutnya adalah dengan menyertakan file cover buku. Untuk membuat sampul buku, Anda dapat menggunakan aplikasi yang menyederhanakan proses desain.

Seperti Canva, Ms Power Point, CorelDraw atau Adobe Photoshop.

Untuk menyisipkan file sampul buku, pilih menu Tambah Sampul dari alat yang tersedia di aplikasi pembuatan buku digital.

Selanjutnya, akan ada instruksi untuk jenis format file, sehingga Anda akan mengatur format sampul buku menjadi sesuatu yang dapat diterima untuk aplikasi.

5. Simpan dan Konversikan File Buku Digital

Setelah semua konten selesai dan tertata dengan baik, saatnya menyimpan file buku digital. Aplikasi mengonversi file buku agar sesuai dengan format buku digital.

Anda dapat memilih format output yang diinginkan seperti PDF, RRC, HTML, dll.

Aplikasi pembuat eBook akan membutuhkan beberapa saat untuk mengonversi format output. Ketika proses konversi selesai, pemberitahuan akan muncul di layar aplikasi.

Cara Mempublikasikan Buku Digital

Berisi sejumlah metode untuk membuat buku digital dengan mudah. Anda dapat menerbitkan buku digital secara gratis di banyak platform, seperti majalah dan halaman buku digital, blog atau media sosial pribadi.

Sedangkan untuk penerbitan buku berbayar, Anda bisa menjualnya di aplikasi membaca e-book seperti Google Play Book, Gramedia Online, dan lain-lain.

Namun, untuk memasarkan sebuah buku, Anda harus terlebih dahulu bermitra dengan penerbit.

Selain untuk berbagi karya tulis, buku digital tentunya bermanfaat untuk menginformasikan atau sekedar menghibur pembaca.

Kelebihan buku digital adalah juga melindungi karya dalam bentuk salinan digital, sehingga karya Anda dapat disimpan selamanya tanpa takut rusak, seperti halnya buku fisik.

Kami telah menjelaskan secara rinci cara membuat buku digital. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk membuat buku digital?