Pengertian E-book (Buku Digital) Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian E-book (Buku Digital)–Di era digital ini, Anda bisa mendapatkan informasi dengan banyak cara. Jika sebelumnya informasi ini diperoleh dengan membaca buku secara manual, di era digital situasinya berbeda dengan saat ini. Sekarang Anda dapat menggunakan e-book (buku digital) untuk membaca buku dengan lebih efisien kapan saja, di mana saja.

E-book atau buku digital pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Buku digital readable ini seperti alternatif buku sebagai sumber informasi untuk pembelajaran yang lebih menyenangkan. Anda juga dapat menyimpannya sebagai file dan kemudian membukanya melalui smartphone, laptop, komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan e-book ini dibandingkan dengan buku tradisional pada umumnya? Mengapa e-book sekarang lebih direkomendasikan daripada buku kertas tradisional? Untuk mengetahui lebih jauh tentang buku digital, simak dulu pengertian e-book pada penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu E-book (Buku Digital)

e book adalah
e book adalah

Buku elektronik atau e-book adalah jenis buku elektronik berupa salinan digital yang dapat dibuka dan dibaca melalui berbagai perangkat elektronik. Bentuknya sendiri tidak jauh berbeda dengan buku biasanya. Masih berisi berbagai macam informasi, baik berupa teks maupun gambar.

Jenis buku ini memiliki banyak format yang dapat Anda buka sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa format tersebut adalah HTML, PDF, TXT, XML, Mobi, dan lain-lain. Di antara banyak format ini, PDF adalah format e-book yang paling umum digunakan. Ini karena format PDF dapat tetap terbuka meskipun perangkat elektronik yang Anda gunakan tidak terhubung ke Internet. Berdasarkan pemahaman Anda tentang e-book di atas, Anda sudah bisa membayangkan manfaat menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, lihat fitur dan manfaat lengkap yang dijelaskan di bawah ini.

Fungsi dan Manfaat E-book (buku digital)

Tentu saja, e-book memiliki banyak fitur dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakannya. Di antara banyak keuntungan, kami mencantumkan tiga di antaranya di bawah ini:

  • Media informasi yang efektif

Seperti buku pada umumnya, e-book (buku digital) memiliki fungsi dan keunggulan yang sama, terutama sebagai pembawa informasi. Bedanya, e-book ini bisa digunakan lebih efisien. Melalui e-book ini Anda dapat menemukan informasi berupa teks dan gambar dengan konten yang lebih menarik. Yakni, video dan audio. E-book ini tidak hanya memiliki format yang sangat memudahkan pemiliknya untuk menemukan informasi yang diinginkan. Contohnya termasuk format PDF dan HTML dengan kemampuan pencarian lanjutan. Anda dapat memasukkan kata kunci di mesin pencari dan e-book akan membawa Anda ke halaman yang diinginkan.

  • Media pembelajaran yang efisien

E-book (buku digital) juga dapat bermanfaat sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Ketika siswa mudah bosan dan menemukan jawaban yang sulit, e-book ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Dengan jenis buku tersebut, siswa lebih tertarik untuk belajar. Selain sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa, e-book juga dapat menjadi media pembelajaran bagi para pelaku bisnis. Yaitu, e-book yang berisi topik-topik bisnis untuk menjalankan bisnis dari awal guna meningkatkan perkembangan bisnis yang Anda alami selama ini.

  • Media untuk mengungkapkan ide baru

Jika Anda ingin mengungkapkan ide baru, tetapi sumber daya sangat terbatas, maka e-book mungkin menjadi solusi yang paling efektif. E-book membuat lebih murah dan mudah untuk mengekspresikan ide atau gagasan yang Anda inginkan. Terutama bagi mereka yang menyukai dunia menulis.

Beberapa fitur dan manfaat dari e-book tersebut di atas bisa didapatkan oleh siapa saja yang menggunakannya. Namun, notebook elektronik ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang mungkin tidak Anda sadari. Lebih lanjut di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan E-book (Buku Digital)

Seperti halnya buku, e-book (buku digital) memiliki kelebihan dan kekurangan. Manfaat ini meliputi:

  • Bisa Anda peroleh dengan gratis

Bagi yang ingin mengoleksi buku dalam jumlah banyak namun tidak memiliki banyak uang untuk membelinya, e-book bisa menjadi solusi yang sangat efektif. Anda bisa mendapatkan e-book ini secara gratis. Bagaimana bisa? Anda dapat mencari situs web yang menawarkan e-book secara online.

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya karena Anda dapat mendownload e-book secara gratis langsung dari internet. Tentu saja, ini merupakan keuntungan yang pasti atas buku-buku yang memerlukan biaya tertentu untuk membelinya. Namun, Anda juga perlu mengunduh beberapa ebook berkualitas berbayar. Ini biasanya atas kebijaksanaan pembuat ebook.

  • Dapat Anda buka dan pelajari kapan saja dan dimana saja

Manfaat dari e-book ini tentunya sangat mudah saat Anda membutuhkannya. Anda dapat membuka dan mempelajari isi e-book kapan saja, di mana saja. Juga, dibandingkan dengan buku, akan sangat sulit untuk membawanya kemana-mana.

E-book bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin bepergian dengan banyak belajar. Yang diperlukan hanyalah persiapan perangkat elektronik, ruang penyimpanan yang cukup dan Internet yang memadai. Jadi jelas sangat mudah untuk membaca ribuan informasi yang bisa dibaca dan disimpan dalam satu perangkat elektronik.

  • Aman dan bersifat abadi

Keunggulan lain dari e-book yang tidak ditemukan di buku. Jika buku Anda sering rusak karena kehilangan pinjaman, terlupakan atau bahkan usia, maka tidak dengan ebook. E-book ini tidak lekang oleh waktu, sehingga akan lebih aman jika Anda ingin membaca dan mempelajarinya dalam waktu yang lama.

Plus, Anda tidak perlu khawatir buku hilang, basah, atau dimakan rayap. Hal ini dikarenakan e-book bersifat soft copy sehingga tidak mudah rusak, tidak tahan lama, belum lagi rayap yang memakannya.

 

Kesimpulan

Pengertian E-book (Buku Digital), Tentunya manfaat dari e-book di atas sangat memudahkan seseorang untuk menggunakannya. Jadi bagaimana dengan kontra? Kekurangan dari e-book ini sebenarnya tidak banyak. Dengan kata lain, Anda mungkin menerima informasi yang sedikit dan belum tentu akurat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunduh e-book (buku digital) yang hanya berasal dari sumber terpercaya.

Jadi, untuk mengatasi kekurangan e-book dengan sedikit informasi, Anda dapat mengunduh e-book secara massal sesuai dengan jumlah informasi yang Anda butuhkan. Jadi, jika kita menyimpulkan bahwa e-book (buku digital) bisa menjadi buku yang cukup efektif, Anda dapat membacanya kapan saja, di mana saja. Anda tidak perlu lelah lagi karena harus membawa buku fisik yang cukup berat. Simpan saja e-book di ponsel cerdas Anda, lalu buka dan baca kapan pun Anda mau.