Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

Memperbaiki LCD HP yang Tertekan — Di era yang semakin modern ini, ponsel layar sentuh menjadi kebutuhan utama para penggunanya. Hampir setiap orang menggunakan ponsel layar sentuh sebagai perangkat utama mereka. Komponen penting dari HP jenis ini adalah LCD atau layar kristal cair. Sayangnya, LCD layar sentuh HP sering mengalami berbagai masalah seperti tergores, retak, pecah dan tertekan saat digunakan sehari-hari. Tentu saja masalah ini sangat mengganggu kinerja HP ​​karena tidak maksimal. Lalu bagaimana cara memperbaiki LCD HP yang tercetak?

Nah, kali ini kita akan membahas secara tuntas berbagai jenis kerusakan yang dapat terjadi pada LCD dan cara memperbaiki LCD HP yang rusak. Ayo!

Memperbaiki LCD HP yang Tertekan
Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada LCD HP

Layar LCD atau HP yang rusak pasti akan membuat Anda gugup dan bingung. Hal ini dikarenakan jika smartphone digunakan untuk keperluan penting seperti bekerja atau keperluan lainnya, LCD yang bermasalah akan sangat mengganggu. Anda harus segera mengganti layar LCD HP bergaris, bergaris, dan berbayang serta blanko hitam tapi jelas. Padahal, penggantian LCD tidak membutuhkan biaya yang murah.

Nah, sebelum mempelajari cara memperbaiki LCD HP yang terjepit dan terjatuh, ada baiknya mengetahui jenis-jenis kerusakan yang sering terjadi pada LCD HP berikut ini.

1. Dead Pixel

Salah satu jenis kerusakan LCD adalah dead pixel. Piksel mati adalah titik atau bintik hitam pada LCD HP. Pada awalnya, titik-titik hitam ini mungkin hanya kecil, tetapi seiring waktu mereka dapat menyebar dan menyebar ke area lain di layar. Oleh karena itu, jangan remehkan jika Anda memiliki flek hitam pada layar LCD Anda, karena cepat atau lambat dapat menimbulkan masalah baru.

Memperbaiki LCD HP yang rusak dan menyebabkan dead pixel berarti menginstal aplikasi khusus. Namun, jika cara memperbaiki LCD HP hitam sebagian ini gagal dan noda menyebar, tidak ada pilihan lain selain mengganti LCD HP dengan yang baru.

2. Ghost Touching

Jenis kerusakan LCD yang kedua adalah phantom touch. Kondisi ini terjadi ketika smartphone bergerak dan menjalankan perintahnya tanpa menyentuh layar. Smartphone dapat melakukan aktivitas apapun tanpa kendali.

Umumnya, phantom touch disebabkan oleh arus listrik yang berlebihan dari ponsel, yang dapat mempengaruhi kinerja LCD. Selain itu, kondisi ini terjadi karena tegangan tinggi dan kerusakan pada pengisi daya.

Untuk menghindari ghost touch, selalu gunakan charger original dan hindari charger KW yang dapat merusak perangkat HP. Jika ghost touch terus terjadi dan mulai mengganggu kinerja smartphone Anda, mungkin sudah saatnya mengganti LCD karena LCD lama sudah rusak dan tidak bisa digunakan.

3. Flickering

Layar smartphone bergaris dan berwarna adalah kerusakan LCD paling umum yang terjadi pada ponsel. Layar yang disejajarkan secara vertikal atau horizontal sering disebut berkedip. Kondisi ini sangat mengganggu karena tampilan HP tidak terlihat dengan baik dan menyakitkan mata.

Kedipan dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti ponsel terjatuh, tekanan pada LCD HP, atau perangkat terlalu panas. Jika kedipan diizinkan, layar mungkin mati sepenuhnya atau menjadi putih.

Anda bisa mengobati kedipan layar HP dengan mendinginkan dan mengeringkannya sejenak. Namun jika kedipannya parah dan sulit diatasi, cara mengatasi LCD HP yang terjepit dan kedip-kedip adalah dengan menggantinya.

4. Layar Tidak Sensitif

Pernahkah Anda mengalami kondisi dimana layar HP Anda tidak lagi sensitif terhadap sentuhan? Nah, kemungkinan layar LCDnya rusak, atau terjatuh atau terdorong. Layar HP yang sulit merespon perintah tentu akan mengganggu kinerja ponsel. Tak jarang, kondisi ini mengobarkan emosi penggunanya.

Untuk memperbaiki LCD HP yang ditekan dan tidak merespon, matikan sebentar. Biarkan ponsel beristirahat sejenak. Namun jika cara ini tidak efektif, mengganti LCD HP mungkin bisa menjadi solusi.

5. Baret

Jenis kerusakan LCD selanjutnya adalah layar tergores atau tergores. Goresan pada layar ponsel umumnya disebabkan oleh kelalaian pengguna saat menyimpan atau memposisikan ponsel. Misalnya, jika Anda meletakkan ponsel di saku celana, tas tangan, atau tempat lain yang terlalu sempit. Goresan pada layar ponsel juga bisa disebabkan oleh kunci atau benda tajam lainnya yang mengenainya. Bahkan ponsel yang dilindungi dengan anti gores pun tidak luput dari kondisi ini jika pengguna meletakkan ponsel secara sembarangan.

Layar ponsel yang tergores pasti akan merusak tampilan ponsel Anda. Tak jarang, layar yang tergores juga membuat layar lebih sensitif terhadap sentuhan. Untuk menghindarinya, gunakan kaca tempered atau casing yang menutupi seluruh layar. Selain itu, pastikan Anda selalu menyimpan ponsel di tempat yang aman jauh dari benda-benda yang dapat menyebabkan goresan.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

Layar LCD yang tertekan dan rusak dapat dicegah dengan beberapa cara, salah satunya dengan menyimpan dan menyimpan ponsel di tempat yang aman. Tapi bagaimana jika LCD HP sudah ditekan dan rusak? Anda perlu tahu cara memperbaiki LCD HP yang tercetak.

1. Teliti Sumber Masalah yang Terjadi Pada Layar HP

Salah satu cara untuk memperbaiki LCD HP yang macet adalah dengan menyelidiki sumber masalah tampilan HP. Cari tahu dengan jelas apa yang menyebabkan kerusakan pada layar. Layar rusak karena tekanan, jatuh atau lainnya.

Perhatikan bahwa menekan layar LCD dapat menurunkan kinerja ponsel, terutama layar sentuh. Setelah mengetahui alasannya, periksa kondisi layar dengan cermat. Jika LCD menunjukkan kerusakan yang cukup parah, bawalah HP ke pusat layanan terpercaya untuk segera diperbaiki. Layar LCD yang rusak parah sulit diperbaiki, sehingga diperlukan bantuan profesional.

2. Lakukan Kalibrasi Touchscreen

Cara memperbaiki LCD HP yang rusak selanjutnya adalah dengan mengkalibrasi layar sentuh. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika layar ponsel yang tertekan masih berfungsi sedikit. Artinya, kerusakan layar tidak terlalu serius dan bisa diatasi.

Layar sentuh dikalibrasi melalui aplikasi. Saat ini, aplikasi kalibrasi layar sentuh tersedia untuk diunduh gratis dari Google Playstore. Jika masih mendapatkan pesan error di layar HP setelah mencoba cara ini, Anda bisa membawanya ke service center HP untuk penanganan yang lebih tepat.

3. Cek Pelindung LCD

Apakah Anda menggunakan film LCD untuk layar ponsel Anda? Dalam kasus seperti itu, Anda dapat memeriksa perlindungan saat menekan LCD. Ada kemungkinan pelindung LCD anti gores yang Anda gunakan tidak terpasang dengan benar sehingga menyebabkan layar reses. Atau pelindung layar bisa dipasang dalam keadaan masih kotor.

Dalam hal ini, cukup lepaskan layar LCD dari HP dan ganti dengan yang baru. Pastikan shield yang Anda gunakan sudah terpasang dengan benar agar tidak menimbulkan masalah baru.

4. Lakukan Service Jika Dibutuhkan

Terakhir, bagaimana cara memperbaiki tampilan LCD HP yang rusak dengan menjalankan service HP di tempat yang tepat. Anda dapat menjelaskan secara detail kerusakan pada layar ponsel dan meminta profesional untuk menangani smartphone dengan benar.

Untuk hasil terbaik, bawa ponsel cerdas Anda ke pusat layanan resmi HP. Biasanya, layar LCD yang rusak perlu diganti dengan yang baru. Hal ini dikarenakan layar LCD merupakan bagian vital dari HP dan berbahaya jika rusak. Namun, mengganti LCD HP mungkin mengandung beberapa risiko, salah satunya adalah kinerja HP ​​yang menurun dibandingkan sebelumnya.

 

Itulah jenis kerusakan LCD dan cara memperbaiki LCD HP yang tercetak. Tidak mudah untuk memperbaiki layar LCD yang sudah rusak atau retak. Cara termudah adalah dengan mengganti LCD, meskipun biaya pemasangannya tidak sedikit. Nah, untuk meminimalisir risiko tersebut, Anda bisa membeli asuransi smartphone yang melindungi ponsel Anda, baik dari kehilangan maupun pecah atau rusaknya layar.