hit counter

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Simpel

Cara Mengatasi HP Bootloop — Bagi pengguna HP Android pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah bootloop. Hal ini dikarenakan bootloop merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada ponsel Android. Biasanya, bootloop dikenal sebagai proses booting yang terjadi berulang kali. Lalu bagaimana cara mengatasi HP Bootloop?

Masalah terkait software atau software Android juga umumnya ditunjukkan oleh perangkat yang mengulangi proses booting dengan menampilkan logo Android atau pengembang sebelum perangkat berhasil mengakses sistem. Atau Anda hanya menemukan perangkat yang berulang kali menampilkan Android atau logo pengembang tanpa diikuti oleh tampilan sistem utama perangkat tersebut. Jadi apa sebenarnya pemahaman yang lebih dalam tentang bootloop ini? Dan bagaimana mengatasinya? Kami jelaskan di sini secara rinci dan lengkap.

Apa itu HP Bootloop?

Seperti yang sudah dijelaskan, bootloop adalah masalah umum dengan perangkat lunak Android. Biasanya ditunjukkan dengan tanda-tanda tidak ada akses ke sistem. Hal ini ditandai dengan fakta bahwa perangkat hanya berulang kali menampilkan logo Android atau pabrikan.

Jika perangkat Android Anda sering mengalami bootloop, tidak perlu panik atau menangis. Bahkan, lari ke pusat layanan HP dan bayar ratusan ribu, karena Anda sebenarnya bisa menangani bootloop sendiri. Sebagai informasi, bootloop terbagi menjadi dua jenis, yang dibedakan berdasarkan tingkat kerusakannya.

Yang pertama adalah bootloop ringan atau bootloop ringan. Biasanya siklus startup yang mudah ini hanya bersifat sementara. Kedua, bootloop yang keras atau parah, ditandai dengan kegagalan login sistem yang terus-menerus meskipun telah dicoba berulang kali.

Cara Mengatasi HP Bootloop
Cara Mengatasi HP Bootloop

Cara Mengatasi HP Bootloop – Android

Bootloop adalah event yang sangat menyebalkan apalagi saat kamu sedang sibuk dengan HP. Selama bootloop, perangkat terus berputar di layar boot. Juga, itu tidak dapat mengakses sistem.

Cara penanganan bootloop HP juga bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Biasanya, data di perangkat Android Anda akan dihapus setelah masalah startup selesai. Perlu diingat bahwa peristiwa bootloop tidak terjadi secara tiba-tiba. Pasti ada alasan yang memulainya. Bootloop biasanya terjadi ketika ada masalah dengan sistem Android. Berikut adalah langkah-langkah termudah untuk memperbaiki jika ponsel Anda booting.

1. Restart HP

Setelah Anda mengetahui apa yang menyebabkan ponsel Anda menyala, ada baiknya Anda mencari cara untuk memperbaikinya. Langkah pertama dalam menangani bootloop adalah melakukan soft reset sederhana. Matikan ponsel Android Anda dan keluarkan baterainya. Jika Anda tidak dapat melepas baterai pada beberapa model HP, biarkan perangkat dalam keadaan mati setidaknya selama lima menit.

Mulai ulang perangkat Anda dan periksa apakah masalah boot telah teratasi. Terkadang pemulihan cepat sudah cukup untuk menghapus kesalahan dari proses boot.

2. Wipe Cache Partition

Cara selanjutnya untuk melewati HP bootloop adalah dengan wipe data atau melakukan factory reset. Reset pabrik ini memungkinkan Anda untuk menghapus semua data di ponsel Anda, dari aplikasi, foto, video, musik, dan file lainnya. Metode ini juga dikenal sebagai reset pabrik atau reset pabrik. Untuk menghapus data atau mengatur ulang ke pengaturan pabrik, pertama-tama buka menu pemulihan dan bersihkan cache. Dengan mengembalikan pengaturan pabrik, ponsel Anda akan kembali ke keadaan saat pertama kali membelinya.

Cara masuk recovery mode berbeda-beda tiap handphone, untuk beberapa merk HP bisa masuk recovery mode sebagai berikut :

  • Samsung: Tombol Home + power atau Home + volume up + tombol power
  • Huawei: tombol daya + volume naik
  • LG: rumah + volume atas + daya
  • Asus : Power + Volume Up sampai muncul logo, lepas tombol Power sambil menahan tombol Volume Up.
  • HTC: power on + volume down + power on

Sekadar informasi, recovery mode merupakan salah satu solusi di menu opsi yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan software di Android. Namun, tidak semua ponsel Android memiliki menu ini, sehingga Anda dapat menggunakan item pihak ketiga seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery.

Mode pemulihan itu sendiri berfungsi untuk ponsel Android Anda sebagai berikut:

  • Jika ponsel Android Anda tidak bisa reboot atau mati dan hanya sampai pada logo (biasa disebut Android bootloop). Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti bug aplikasi, atau Anda mungkin baru saja mengunduh aplikasi yang tidak kompatibel dengan jenis ponsel Anda (dalam banyak kasus, ini biasanya terjadi setelah Anda mengunduh font changer. telepon).
  • Dalam kasus ponsel Android, mungkin dihidupkan, tetapi tidak menanggapi masukan pengguna, misalnya jika Anda tidak ingin menyentuh layar Android atau tidak dapat mengakses menu ponsel yang tersedia.
  • Jika Anda lupa PIN, kata sandi, atau mencoba menggambar pola kunci ponsel Android terlalu sering, yang mencegah Anda masuk ke menu.
  • Perangkat lunak Android lainnya mogok.

3. Factory Reset

Meski langkah ini jelas berhasil, namun sayang sekali jika Anda kehilangan berbagai file seperti foto di ponsel Anda. Ini karena mengatur ulang telepon sepenuhnya menghapus data dan mengembalikan pengaturan pabrik asli.

Caranya adalah matikan perangkat dan boot ke recovery mode. Langkah-langkah yang tepat untuk mem-boot ke mode pemulihan tergantung pada pabrikan ponsel. Dari sana, pilih “Wipe Data / Factory Reset” dan mulai prosesnya. Setelah menguninstall, pilih “Reboot System Now” dari menu utama.

Untuk mempermudah Anda, berikut ini contoh cara melakukan factory reset di perangkat Android Samsung Galaxy Young:

  • Disarankan agar daya baterai masih mencukupi (minimal 70%)
  • Matikan HP
  • Tekan dan tahan tombol Volume Naik + tombol HOME + tombol Daya secara bersamaan selama beberapa detik, lalu masuk ke menu mode pemulihan Android.
  • Gunakan tombol volume, arahkan kursor ke atasnya hingga Anda melihat “Factory reset / wipe data”.
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu beberapa saat dan bersabarlah saat proses berlangsung
  • Mulai ulang ponsel Anda

Untuk HP Android yang bootloop, jika factory reset gagal memperbaiki masalah bootloop atau jika Android masih tidak bisa mengakses menu, solusi yang biasa dilakukan adalah dengan mem-flash firmware atau menginstal ulang ponsel sistem operasi ponsel.

4. Flashing ROM

Jika bootloop terjadi setelah mem-flash ROM kustom baru atau mengambil cadangan pemulihan, Anda dapat mencoba langkah ini. Cara ini akan otomatis menghapus cache Dalvik yang lama dan menggantinya dengan yang baru.

Anda dapat terlebih dahulu mematikan perangkat Android Anda sepenuhnya dengan melepas baterai dan kemudian diamkan selama 2-3 menit. Kemudian, jika baterai terpasang dan tidak dapat dilepas, tekan tombol daya selama beberapa menit hingga perangkat mati total.

Anda kemudian dapat me-reboot perangkat dan kemudian mengakses pemulihan (CWM, TWRP dan sejenisnya). Cara inputnya juga berbeda untuk setiap perangkat, ada yang menggunakan tombol volume bawah, ada yang menggunakan tombol Home dan lain sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Anda dapat menavigasi atau mengontrol proses reset ini menggunakan tombol volume, tombol home dan tombol power. Namun, fungsinya akan berbeda pada setiap perangkat. Jadi, setelah Anda dalam pemulihan, ikuti langkah-langkah ini:

  • Pilih menu Lanjutan
  • Pilih “Hapus Cache Dalvik”.
  • Kemudian buka menu “Rekaman dan Pengarsipan”.
  • Pilih opsi “Hapus / cache”.
  • Mengulang kembali

Itulah cara memperbaiki HP Bootloop versi Qoala. Jika masalah tidak teratasi, yang terbaik adalah membawa perangkat ke pusat perbaikan (Pusat Layanan) dari perangkat Anda. Karena masalah bootloop mungkin bukan kesalahan sistem, tapi kerusakan hardware.