Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

Cara Mengaktifkan NFC pada HP — NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. NFC adalah opsi konektivitas yang digunakan untuk menghubungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan menyentuh atau menyentuhnya. Jarak antara kedua perangkat tidak jauh satu sama lain, biasanya hanya beberapa sentimeter.

Misalnya, ponsel dengan NFC mengirimkan data berupa kontak, gambar, video ke ponsel lain yang juga dilengkapi dengan NFC. Pengoperasiannya mirip dengan bluetooth. Hanya saja transfer melalui NFC lebih lancar dan bebas gangguan.

HP dengan NFC sangat populer. HP dengan NFC biasanya berada di jajaran smartphone mid-range dan flagship. Untuk kelas flagship, hampir semua ponsel high-end sepertinya memiliki fitur ini. Meskipun ada beberapa untuk kelas menengah, beberapa sudah mendukung NFC, yang lain memiliki NFC bawaan.

Berbicara tentang NFC, artikel berikut hanya berlaku untuk mereka yang sudah memiliki ponsel dengan fungsi NFC. Bagaimana bisa? Karena pada kesempatan kali ini Dear Signal akan membahas tentang cara mengaktifkan NFC di HP Android.

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda mendukung NFC atau tidak, periksa bagian belakang ponsel. Pada beberapa seri HP, label NFC muncul di bagian tempat baterai disimpan. Seri Sony Xperia biasanya menyertakan huruf “N” di bagian belakang ponsel, yang menandakan bahwa ponsel sudah mendukung NFC.

Jika tidak, Anda dapat memeriksa spesifikasi HP di lokasi pembuatan ponsel, jika ada dukungan NFC, berarti ponsel mendukung NFC.

Mengaktifkan NFC pada HP Android

Ada dua cara untuk mengaktifkan NFC itu sendiri. Berikut penjelasannya

1. Cek di Pengaturan

Untuk mengaktifkan NFC di Android, ikuti langkah-langkah ini.

  • Buka bagian “pengaturan”.
  • Pilih “pengaturan lain” atau “pengaturan lain”.
  • Di bagian “pengaturan lanjutan”, Anda akan melihat opsi “NFC”.
  • Pada beberapa ponsel Android, pengaturan NFC ini ditemukan di “pengaturan jaringan” atau “jaringan”.
  • Buka bagian “bagikan dan gabung” atau “bagikan dan gabung”.
  • Aktifkan NFC dengan menggesernya ke posisi “on”.

2. Aktifkan pada Shortcut

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan NFC langsung dari shortcut di atas, di tempat dengan pengaturan untuk mengaktifkan “mobile data”, “Bluetooth”, “Wifi” dan lain-lain. Untuk melakukan ini, gulir ke bawah dan temukan menu NFC.

NFC tidak hanya digunakan untuk mentransfer data antar ponsel berkemampuan NFC. NFC pada ponsel juga dapat berfungsi sebagai alat pembayaran, transfer saldo kartu e-money, akses gerbang kereta atau transportasi, dan lain sebagainya.

Fungsi NFC pada HP yang Jarang Diketahui

Mengaktifkan NFC pada HP Android — Sekarang setelah Anda mengetahui cara mengaktifkan NFC di ponsel cerdas Anda, mari kita bicara tentang apa yang membuat NFC begitu istimewa? Apa fungsi NFC pada smartphone? Apakah NFC hanya untuk cek pulsa elektronik dan hanya untuk transmisi data?

Jawabannya jelas tidak. NFC lebih dari itu. NFC merupakan fitur penting yang sayangnya banyak pengguna belum mengetahui tentang fungsi NFC. Tidak sedikit pengguna yang kurang memahami dan tidak memaksimalkan fungsi NFC. Di bawah ini kami jelaskan apa saja fungsi dari NFC yang mungkin tidak semua orang tahu.

1. NFC tag

NFC adalah fitur yang memungkinkan Anda dengan mudah menghubungkan atau menghubungkan ponsel ke perangkat berkemampuan NFC lainnya, atau hanya berfungsi dengan tag NFC. Tag NFC ini adalah tautan untuk menggunakan berbagai fungsi NFC. Fungsi ini diprogram untuk menerima berbagai fungsi secara otomatis.

Melalui tag NFC, Anda dapat menggunakan banyak aktivitas penting. Misalnya mengatur alarm pada ponsel, mengakses aplikasi tertentu, mengaktifkan Bluetooth dan Wifi, mengatur volume, mengubah kecerahan layar, menghidupkan ponsel dan menu.

Dengan fungsi tag NFC, pengguna juga dapat dengan mudah mengubah mode senyap hanya dengan menyentuh ponsel NFC. Selain itu, orang atau tamu lain yang datang ke rumah dan menggunakan Wi-Fi dapat dengan mudah menautkan kata sandi mereka yang tersimpan dengan tag NFC sederhana.

2. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Tag NFC memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai fungsi. Salah satu contohnya adalah membuka aplikasi resep hanya dengan mengetuk ponsel dengan tag NFC di dapur. Anda juga dapat menghidupkan pemutar musik dengan telepon Anda. Anda benar-benar dapat menyalakan lampu dengan mengetuk NFC.

Anda juga dapat menelepon orang lain melalui foto mereka dengan melampirkan tag NFC ke foto. Ya, tag NFC sangat penting untuk menggunakan fitur ini.

3. Memberitahukan Posisi suatu Tempat

NFC memungkinkan siapa saja, termasuk Anda, untuk memberi tahu lokasi Anda. Dimungkinkan juga untuk masuk menggunakan sistem LBS atau layanan berbasis lokasi, cukup dengan menggunakan tag NFC yang terletak di tempat yang berbeda. Termasuk, misalnya, saat Anda mengunjungi sebuah toko. Dengan NFC, Anda juga dapat memindai tag yang memberikan informasi peta tentang lokasi toko.

4. Menjalankan Tugas Khusus

Anda juga dapat menggunakan NFC untuk banyak pekerjaan kompleks. Salah satunya adalah dengan mengirimkan ucapan “selamat pagi” kepada teman-teman Anda. Anda hanya perlu memprogram tag NFC, sehingga Anda tidak perlu mengetik pesan secara manual. Cukup atur program agar tag NFC menjalankan program dengan benar.

5. Melakukan Pembayaran

Fitur NFC lainnya terkait dengan metode pembayaran atau pembayaran NFC. Anda dapat dengan mudah membayar dengan fitur ini. Cukup ketuk ponsel Anda untuk menyelesaikan transaksi dan membayar dengan mudah tanpa mengandalkan uang tunai.

6. Untuk Berkirim Data

Anda juga dapat menggunakan NFC untuk bertukar data. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasangkan ponsel berkemampuan NFC Anda dengan ponsel berkemampuan NFC lainnya.

NFC dan Perkembangannya

Setelah mengetahui cara mengaktifkan NFC dan fungsinya, pertanyaan besarnya adalah apakah Anda memerlukan fungsi NFC di ponsel Anda? Pertanyaan ini muncul ketika Anda mempertimbangkan jumlah ponsel kelas menengah yang jarang datang dengan NFC. Namun, permintaan ponsel dengan NFC sangat tinggi.

Namun, penggunaan NFC juga belum terlalu signifikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan penggunaan NFC di Indonesia terbatas pada pengecekan saldo saja. Jadi meski permintaan akan fungsi NFC tinggi, pengguna hanya ditemukan di segmen tertentu, terutama di jalan tol.

Untuk sistem pembayaran Indonesia, masyarakat lebih populer dalam menggunakan fitur QRCode. Menggunakan QRCode lebih praktis dan mudah. Juga, hanya diperlukan aplikasi khusus untuk menggunakan QRCode. Berbeda dengan NFC, yang mengharuskan ponsel memiliki NFC dan adanya tag NFC pada perangkat lain yang dapat menggunakan NFC.

Demikian penjelasan mengenai aktivasi NFC pada handphone dan fungsinya. Untuk beberapa ponsel, metodenya mungkin sedikit berbeda tergantung pada antarmuka dan jenis OS Android.