hit counter

Cara Membuat Link WA Langsung ke Chat Pribadi

Membuat Link WA Langsung ke Chat — WhatsApp telah terbukti menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh pelanggan untuk menghubungi olshop atau penjual. Untuk memperlancar arus pelanggan Anda, tidak ada salahnya mencoba membuat link WA, yang Jagoan hosting jelaskan kali ini sebagai langkah strategi pemasaran whatsapp.

Mengapa link WA penting bagi olshop? Karena seperti yang kita ketahui, WhatsApp hanya menampilkan nomor yang tersimpan di kontak Anda. Sayangnya, ini tidak praktis dari sudut pandang pelanggan dan dapat membuat pelanggan menjauh.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, yuk simak cara generate link WA berikut ini!

Membuat Link WA Langsung ke Chat
Membuat Link WA Langsung ke Chat

Bagi penjual dan pembeli online, tautan WhatsApp secara alami saling membantu dalam proses transaksi pembelian, sehingga pembeli dan penjual dapat dengan mudah saling menghubungi hanya dengan satu klik.

Nah ternyata cara membuat link WA ini berbeda-beda ya sob, tergantung platform mana yang mau kamu pakai selanjutnya. Untuk mempermudah link whatsapp, yuk simak cara membuat link WA di bawah ini!

Salah satu informasi yang paling banyak dicari tentang cara membuat link WA adalah melalui wa.me. Untuk membuat link Whatsapp di wa.me caranya sangat sederhana dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan link yang akan Anda gunakan nanti menggunakan nomor telepon dan kode negara tempat Anda tinggal (jika Anda berada di Indonesia, gunakan 62).
  • Format tautannya adalah https://wa.me/< nomor telepon Anda>. Ambil nomor telepon yang digunakan sebagai contoh: 081266779827.
  • Setelah diubah, hasilnya adalah: https://wa.me/6281266779827.
  • Kalau masih bingung kenapa harus 62, karena angka itu selain menjadi awalan internasional Indonesia juga merupakan pengganti nol (0). Jadi, sobat, jangan mengubah nomor 62 di nomor telepon Anda.
  • Ini dia! Anda telah berhasil menerapkan cara membuat link whatsapp di wa.me.

Apakah Anda suka kesal ketika tautan yang ingin Anda bagikan di media sosial atau platform online lainnya terlalu panjang? Apalagi jika Anda memanfaatkan media sosial Twitter, yang memiliki penggunaan kata yang sangat terbatas per negara bagian.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan bit.ly untuk mempersingkat link yang ingin Anda bagikan. Bagi yang belum tahu, bit.ly adalah situs khusus bagi mereka yang ingin mempersingkat tautan (short link) dalam waktu singkat.

Membuat link WhatsApp di bit.ly tidak kalah mudahnya. Penasaran? Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  • Kunjungi bit.ly di https://bitly.com/.
  • Jika Anda tidak memiliki akun bitly, Anda dapat mendaftar langsung dengan beberapa cara, yaitu menggunakan Twitter, Google atau Meta (nama belakang situs jejaring sosial Facebook).
  • Saat Anda masuk ke halaman beranda bit.ly, Anda dapat langsung memilih opsi “Buat tautan pertama Anda”. Nanti akan ada kolom khusus untuk paste link WA sobat.
  • Mari kita ambil contoh penggunaan nomor 081266779827 yang digunakan untuk membuat link wa di wa.me. Jadi tautan yang ditempelkan adalah https://wa.me/6281266779827.
  • Setelah Anda selesai menempel, saatnya memilih “Buat”.
  • Cara membuat link WhatsApp melalui bit.ly telah berhasil dipersingkat.

Menggunakan linktree tentunya sangat bermanfaat bagi para penggiat bisnis online untuk membagikan berbagai link yang memudahkan pembeli untuk menghubungi penjual salah satunya dengan menempelkan link WhatsApp tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat link WA di linktree? Buat yang belum tahu caranya, simak langkah-langkah persiapannya di bawah ini ya.

  • Tentu saja, pertama-tama Anda harus mengunjungi situs web linktree di https://www.linktr.ee//.
  • Misalnya, jika Anda ingin mendaftar, daftar terlebih dahulu (jangan khawatir, linktree gratis atau mendaftar gratis!) Menggunakan alamat email, kata sandi, dan nama Anda.
  • Setelah menyelesaikan pendaftaran dan memeriksa email Anda, buat tautan yang Anda butuhkan dengan memilih opsi “Tambahkan tautan baru”.
  • Selanjutnya Anda akan menemukan kolom yang bisa diganti namanya menjadi “WhatsApp Liputanberitaku” dan paste nomor WA Anda dengan format berikut: https://wa.me/6281266779827.
  • Ok, pembuatan link wa di linktree sudah selesai.

Ini tidak hanya menunjukkan tautan sebagai angka, tetapi juga mengungkapkan bahwa Anda dapat mengubah tautan WhatsApp dengan nama yang berbeda. Gunakan bit.ly untuk mengubah pintasan ke nama yang diinginkan.

Untuk membuat tautan WA dengan nama:

  • Karena Anda menggunakan bit.ly, pertama kunjungi https://bitly.com/ dan segera buat tautan yang diinginkan jika Anda sudah memiliki akun.
  • Paste link WhatsApp di kolom “Paste Long URL” (misalnya link WhatsApp yang perlu kamu copy paste: https://wa.me/6281266779827).
  • Selanjutnya Anda akan menemukan kolom bernama “Customize” dan masukkan nama yang Anda inginkan. Misalnya, gunakan “Liputan beritaku”. Namun, pastikan nama yang kamu gunakan unik ya, karena jika sudah ada yang menggunakannya, kamu tidak bisa menggunakannya lagi.
  • Setelah selesai, pilih Simpan.

Bukan rahasia lagi bahwa Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi aktivitas sehari-hari, tetapi juga untuk penggunaan bisnis. Anda dapat menambahkan tautan WhatsApp ke Instagram untuk dampak yang lebih besar.

Bagaimana cara menambahkan tautan wa agar pengguna Instagram dapat dengan mudah menjangkaunya? Eits, jangan bingung ya sobat! Karena ada langkah cepat dan mudah untuk mewujudkannya.

  • Pertama, siapkan link WhatsApp yang Anda buat (dari wa.me, linktree atau bitly) untuk ditambahkan ke akun Instagram Anda.
  • Contoh diambil dengan link wa halaman wa.me, sehingga tampilannya seperti ini: https://wa.me/6281266779827.
  • Jika Anda menyalin tautan wa, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeditnya di kolom situs web dan menempelkan tautan wa secara langsung.
  • Tautan wa Anda telah berhasil ditambahkan ke akun Instagram Anda.

Cukup praktis, bagaimana cara membuat link WA di atas? Hal sederhana ini dapat membantu bisnis Anda memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.