Cara Mengaktifkan Monetize YouTube dan Menghasilkan Uang dari YouTube

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube — Lima miliar video YouTube ditonton setiap hari di seluruh dunia. YouTube sama populernya dengan Google karena pengguna menghabiskan rata-rata 40 menit per sesi YouTube. Sejalan dengan transisi digital ini, hal selanjutnya yang perlu Anda pelajari adalah cara menghasilkan uang di YouTube jika Anda adalah pembuat konten baru dan ingin mencoba peruntungan di sini.

Ada beberapa hal yang Anda perlukan, seperti perangkat lunak pengeditan video dan komputer, yang merupakan dasar untuk meluncurkan saluran YouTube Anda. Anda juga perlu menentukan niche Anda karena setiap video yang beredar di YouTube memiliki kategori dan pasarnya masing-masing. Ini berarti bahwa siapa pun dapat membuka saluran mereka sendiri dan memilih ceruk yang ditargetkan berdasarkan hobi dan minat mereka.

Menghasilkan uang di YouTube tidak lagi eksklusif untuk beberapa musisi platinum terpilih, beberapa pengusaha, atau influencer besar. Ada banyak cara orang biasa dapat menghasilkan uang di YouTube, tetapi Anda harus lebih strategis. Artikel ini memberikan panduan singkat tentang cara mengaktifkan monetisasi YouTube dan menghasilkan uang dengannya.

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube
Cara Mengaktifkan Monetize YouTube

Cara Kerja Monetisasi dan YouTube Partner Program (YPP)

YouTube memperkenalkan beberapa standar baru untuk monetisasinya sendiri, yang membuat monetisasi saluran Anda sedikit lebih sulit, meskipun tentu saja bukan tidak mungkin. Untuk memonetisasi saluran, Anda harus bergabung dengan Program Mitra YouTube atau Program Mitra YouTube dan memenuhi persyaratan. Jika Anda memenuhi persyaratan ini, Anda hanya perlu mengaktifkan monetisasi video Anda untuk mulai mendapatkan pendapatan Adsense.

Pada akhirnya, monetisasi YouTube sepenuhnya didasarkan pada jumlah orang yang menonton video Anda. Siapa pun yang memiliki lebih banyak pemirsa, menghasilkan lebih banyak. Program Afiliasi YouTube adalah cara paling umum untuk mendapatkan uang dengan akun YouTube karena ini adalah cara termudah. Jika Anda memenuhi persyaratan berikut, Anda dapat mulai memonetisasi video Anda:

  • Ikuti semua aturan dan peraturan Program Mitra YouTube.
  • Anda tinggal di negara atau wilayah tempat Program Mitra YouTube tersedia.
  • Ada lebih dari 4.000 jam penayangan publik dalam 12 bulan terakhir.
  • Ini memiliki lebih dari 1000 pelanggan (pelanggan).
  • Anda memiliki akun AdSense yang tertaut.

Jika Anda menjadi mitra YouTube, YouTube dapat menempatkan iklan di video Anda sesuka mereka. Anda dapat mengaktifkan opsi ini untuk video jika diinginkan. Perhatikan bahwa Anda perlu membuat akun AdSense untuk mendapatkan bayaran atas iklan yang muncul di video Anda yang nantinya akan ditampilkan dengan benar di konten Anda.

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube dengan YouTube Partner Program (YPP)

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube , Sumber pendapatan pertama yang mungkin Anda temukan untuk memonetisasi YouTube adalah dengan mengizinkan iklan berjalan di konten Anda. Baik Anda ingin menghasilkan uang di YouTube tanpa membuat video atau sebagai pembuat konten, bergabung dengan Program Mitra YouTube dan menyiapkan monetisasi adalah langkah penting. Anda harus setuju untuk mematuhi semua kebijakan monetisasi YouTube dan tinggal di negara atau wilayah tempat Program Mitra YouTube tersedia. Anda kemudian dapat meminta monetisasi jika Anda telah mencapai 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton dalam satu tahun terakhir.

Berikut cara mendapatkan bayaran di YouTube dengan mengaktifkan monetisasi:

  • Masuk ke akun YouTube yang ingin Anda monetisasi.
  • Klik ikon akun Anda di pojok kanan atas.
  • Klik YouTube Studio.
  • Di menu sebelah kiri, pilih More Features > Monetization.
  • Baca dan setujui persyaratan Program Afiliasi YouTuber.
  • Buat akun Google AdSense baru atau tautkan yang sudah ada ke saluran Anda. (Akun AdSense diperlukan untuk menerima pembayaran.)
  • Masukkan opsi monetisasi Anda.
  • Setelah selesai, kembali ke dasbor dan klik tab Analytics di sebelah kiri.
  • Dari sana, Anda harus memilih Penghasilan di tab di atas, lalu gulir ke bawah ke tabel Perkiraan Penghasilan Bulanan untuk mendapatkan gambaran tentang proyeksi penghasilan YouTube Anda.

Jumlah penayangan yang diperoleh tidak terkait dengan pendapatan yang diperoleh. Jika video Anda mendapatkan ribuan penayangan, tetapi tidak ada yang melihat atau mengklik iklan Anda, Anda tidak akan menghasilkan uang. Ini karena kriteria YouTube untuk penagihan pengiklan mengharuskan pemirsa untuk mengklik iklan atau menonton seluruh iklan selama 10, 15, atau 30 detik untuk mendapatkan bayaran. Namun, dengan diperkenalkannya YouTube Premium, Anda tidak lagi harus bergantung pada pengiklan untuk membuat iklan yang menarik atau menarik untuk menghasilkan pendapatan.

Mengenal Apa Itu YouTube Premium

Selain popularitas YouTube yang menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, YouTube juga mengembangkan banyak fitur dan produk. Misalnya, YouTube Premium, program keanggotaan berbayar yang memungkinkan penggemar menonton dan mendukung pembuat konten favorit mereka tanpa iklan. Ini bukan perubahan besar bagi pembuat konten, karena mereka juga membayar konten yang dikonsumsi oleh non-anggota di YouTube Premium.

Pembuat konten dibayar untuk YouTube Premium berdasarkan jumlah pelanggan yang melihat konten mereka. Pertimbangkan untuk mendapatkan YouTube Premium sebagai sumber pendapatan sekunder selain apa yang sudah Anda peroleh dari iklan. Meskipun mudah disiapkan, menghasilkan uang dengan beriklan sebagai mitra YouTube jauh dari sumber pendapatan paling menguntungkan yang dapat Anda buat sendiri.

Kesimpulan Cara Mengaktifkan Monetize YouTube 

YouTube adalah tempat di mana semua orang dapat berbagi dan menonton apa pun, di mana setiap pembuat konten selalu memiliki kesempatan yang sama untuk bersinar seperti bintang mereka. Bintang YouTube kini menjadi selebritas independen karena orang yang memperoleh penonton dengan membuat konten video yang mendidik, menghibur, dan berwawasan luas kini bisa menjadi luar biasa dan sensasional di internet tanpa, misalnya, terikat pada televisi.

Sebagian besar selebritas layar kecil ini melakukan apa yang mereka lakukan dan membagikan tujuan dan rencana mereka. Juga, baik atau buruk, semua orang ingin menjadi viral, untuk mendapatkan popularitas atau menghasilkan lebih banyak uang. Tetapi satu hal yang pasti: semua pembuat konten dan pemilik saluran YouTube menginginkan satu hal, dan itu adalah monetisasi.

Meskipun mempelajari cara mendapatkan bayaran di YouTube mungkin bukan alasan utama untuk memulai saluran Anda, peluang monetisasi adalah bonus yang bagus setelah Anda memahami seberapa banyak Anda dapat menghasilkan dengan cara ini. Panduan di atas akan membantu Anda menentukan strategi untuk mendapatkan bayaran di YouTube dan apa saja istilah dan cara populer yang telah dibuktikan oleh banyak pembuat konten lain untuk mencari nafkah di YouTube.