hit counter

Cara Melakukan Traceroute (Tracert) dari Komputer/Laptop

Cara Melakukan Traceroute (Tracert)  — Apakah Anda mengalami kesulitan karena situs web membutuhkan waktu lama untuk masuk? Mengisi daya untuk waktu yang lama, bahkan tidak dapat dijangkau, atau berhenti sama sekali? Jika Anda mengalami masalah ini, mungkin terkait dengan jaringan internet Anda atau masalah lainnya.

Selain mendeteksi masalah yang disebabkan oleh jaringan, masalah tersebut juga dapat muncul dari penyebab eksternal. Masalah login lambat ini bisa anda ketahui dengan menggunakan traceroute atau tracert dari PC atau laptop anda. Selain cara tracking, ada juga cara ping.

Ping sendiri biasanya merupakan perintah pertama yang dijalankan pengguna atau pemilik website untuk mengetahui masalah loading yang lambat. Metode ini merupakan solusi dasar untuk mengatasi masalah jangkauan jaringan, sementara trace mengkaji keadaan Internet.

Jika Anda masih bingung masalah dan mengapa website Anda loading atau mengakses lambat, mari kita lihat cara memeriksa website Anda menggunakan metode tracert di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Traceroute

Cara Melakukan Traceroute (Tracert) 
Cara Melakukan Traceroute (Tracert) 

Traceroute adalah metode pemecahan masalah jaringan yang bekerja dengan menelusuri jalur jaringan dan menampilkannya di layar pengguna. Ini memungkinkan pengguna untuk memecahkan masalah jaringan dan melihat peringkat proxy mana yang menyebabkan masalah.

Cara kerjanya adalah ketika Anda terhubung ke situs web, paket informasi dikirim bolak-balik antara komputer Anda dan server. Paket informasi ini telah melewati banyak perangkat lain atau melompat ke komputer atau perangkat server Anda. Kemudian, dengan alat traceroute ini, Anda dapat melacak paket informasi jalur mana yang mereka ambil dan dari sana Anda dapat menemukan penyebab masalahnya.

Cara Kerja Traceroute

Segala sesuatu yang berhubungan dengan website, maka koneksi antara komputer pengguna dan server terjalin. Banyak paket informasi yang dikirim bolak-balik antara dua perangkat yang terhubung. Paket informasi yang dikirim dan diterima selama sesi akses penuh dirutekan melalui perangkat relai yang dikenal sebagai residen.

Sederhananya, traceroute melacak semua jalur paket informasi. Dari sini Anda dapat melihat semua jalur yang diambil paket informasi untuk mencapai tujuannya. Hasil pencarian yang tersedia juga menyertakan perangkat atau host yang digunakan untuk bepergian dalam paket informasi.

Mengapa Pengguna Memilih Menggunakan Traceroute

Tidak hanya metode ping, traceroute juga merupakan salah satu cara untuk mencoba mengecek masalah jaringan internet yang lemot. Traceroute dapat melakukan pelacakan paket dan Anda dapat melihat semua lompatan yang telah dilakukan dan path lengkapnya. Berdasarkan informasi selanjutnya dari traceroute, Anda akan melihat host mana di jalur yang menyebabkan masalah, atau bahkan di mana paket Anda mungkin hilang.

Pengguna juga dapat menentukan apakah masalahnya ada di jaringan atau di host. Jika masalahnya ada pada host, Anda juga dapat mengetahui host mana yang menyebabkan masalah. Traceroute adalah cara sederhana, praktis dan efektif untuk menentukan lokasi masalah atau perangkat yang menyebabkan masalah.

Cara Menggunakan Traceroute

Pada dasarnya, menggunakan traceroute sangat sederhana dan mudah. Berikut adalah langkah cepat yang dapat Anda coba sendiri:

  • Unduh Traceroute dan instal di PC atau laptop Anda.
  • Buka atau buka Traceroute.
  • Masukkan alamat IP perangkat akhir, seperti server jaringan, dan klik Ikuti.
  • Tunggu sebentar hingga Traceroute bekerja.
  • Traceroute akan melacak semua paket Anda dan kemudian menunjukkan jalur paket termasuk hop, perangkat, penundaan, alamat IP, dan detail nama host.

Cara Melakukan Tracert Dari Komputer/Laptop

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer yang menjalankan Windows, Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan Tracert. Sistem operasi Windows memiliki utilitas traceroute bawaannya sendiri. Alat ini, yang datang langsung dengan Windows, sekarang dapat digunakan secara langsung untuk tujuan yang sama.

Pelacak yang terpasang di Windows berfungsi persis seperti yang Anda coba di atas. Keduanya dapat melacak paket pengguna dan menerima serta mengirimkan semua informasi jalur paket. Utilitas Windows bawaan ini dikenal sebagai Tracert atau TraceRoute.

Untuk menjalankan dan menggunakan traceout yang tersedia di semua seri Windows, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  • Klik tombol Windows.
  • Kemudian ketik Command Prompt di kotak pencarian.
  • Klik kanan Command Prompt dari hasil pencarian dan pilih Run as administrator.
  • Ketik tracert 192.168.1.1 dan klik Enter.
  • Perintah ini mengirimkan paket ke alamat IP 192.168.1.1 dan melacak hop paket perangkat atau pengguna.
  • Hop ditampilkan pada baris perintah dalam urutan tercapainya, dengan hop di baris pertama yang paling dekat dengan mesin Anda, sehingga paket yang terkena pertama atau pertama.
  • Alamat IP di akhir setiap baris adalah perangkat jaringan yang dijangkau oleh paket dan juga dapat menyertakan nama host di akhir.
  • Anda dapat melihat bahwa hop berlangsung hingga paket mencapai tujuannya atau melebihi batas hop, yang secara default hanya 30 hop.
  • Anda juga dapat mencoba menggunakan nama host yang lebih ringkas dan praktis karena lebih mudah daripada mengingat alamat IP.
  • Ketik www (dot) appuals (dot) com dan tekan Enter.

Kesimpulan Cara Melakukan Traceroute (Tracert) 

Menggunakan Traceroute tidak hanya menghemat waktu Anda, tetapi juga menghemat banyak upaya untuk menemukan penyebab masalah. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa Anda cukup memasukkan alamat IP dari server target dan langsung melihat hasilnya. Anda kemudian dapat menganalisis hasil secara manual dan memecahkan masalah dengan lebih efisien.

Meskipun tracert yang disediakan oleh Windows sebenarnya tidak terlalu intuitif. Ini berarti bahwa pengguna harus menjalankan baris perintah dan mengetik beberapa perintah untuk melacak paket. Metode bermusuhan, terutama untuk pemula yang tidak mahir secara teknis. Pilih metode yang lebih mudah dipahami karena sistem ping dan trace Windows tidak selalu dapat diandalkan dalam pencarian dan pemecahan masalah.