Tips dan Trick Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack

Instagram Tidak Mudah Di Hack — Kemarin Anda baru saja mengunggah foto ke akun Instagram Anda dan bertukar komentar dengan teman-teman Anda, tetapi sekarang ada yang tidak beres. Dia mencoba masuk ke Instagram seperti biasa, tetapi aksesnya ditolak. Bingung dengan keanehan, Anda mencoba mencari online apa yang terjadi dengan akun Instagram Anda. Akhirnya Anda menyadari bahwa akun Instagram Anda telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang membuat Anda sulit untuk memulihkan akun sendiri.

Peretasan tidak menyenangkan terutama jika platform yang diretas sangat penting bagi Anda. Platform menyimpan banyak percakapan dan momen pribadi yang tidak dapat dibagikan secara publik, tetapi jika diretas, data yang disimpan dapat digunakan oleh peretas untuk tujuan yang dapat merugikan Anda. Anda tentu akan berhati-hati, karena khawatir data tersebut akan digunakan untuk memeras teman-teman pengikut Anda dengan informasi pribadi Anda.

Korban peretasan akun Instagram bukanlah hal baru di dunia media sosial, peretasan akun telah memakan banyak korban dan menimbulkan kerugian bagi banyak pihak. Hacking dilakukan untuk tujuan tertentu atau hanya untuk iseng, skemanya hampir sama, yaitu mengubah akses login Instagram. Akun Instagram bisa diretas atau diretas oleh siapa saja, tergantung seberapa tinggi tingkat keamanannya. Anda tidak akan dapat masuk ke akun Instagram Anda lagi sampai Anda meresetnya, jadi Anda perlu tahu cara mencegahnya diretas atau memulihkan akun Anda ke normal.

Tanda-Tanda Akun Instagram Diretas

cara agar instagram tidak di hack
cara agar instagram tidak di hack
  • Mendapatkan Notifikasi dari Instagram

Saat Anda masuk ke akun Instagram dengan perangkat lain, Instagram secara otomatis mengirimkan pemberitahuan seperti “Kami telah melihat perangkat yang biasanya tidak Anda gunakan”. Ini berarti akun Anda login di perangkat lain, jadi Anda tidak boleh mengabaikan notifikasi yang muncul. Karena jika Anda mengabaikannya, akun Anda akan diretas oleh peretas. Pemberitahuan yang Anda terima biasanya berisi informasi tentang jenis perangkat, lokasi, browser yang digunakan dan tanggal dan waktu akses, jika upaya login bukan milik Anda, Instagram akan merekomendasikan untuk mengubah kata sandi untuk melindungi akun.

  • Perubahan Data yang Signifikan

Foto profil yang digunakan tiba-tiba berubah menjadi gambar yang sama sekali tidak dapat dikenali, meskipun Anda jelas-jelas tidak mengubahnya. Anda bisa memastikan terlebih dahulu bahwa itu adalah ulah hacker atau hanya sekedar candaan teman menggunakan smartphone Anda. Jika seorang hacker telah melakukan ini, segera ganti password yang lebih aman.

  • Jumlah Following yang Bertambah

Anda tidak mengikuti orang, tetapi anehnya jumlah pengikut meningkat. Rata-rata orang lebih fokus pada pengikutnya, hal ini sering mengabaikan jumlah pengikut. Meskipun perubahan ini bisa jadi merupakan pekerjaan peretas yang menggunakan akun Anda.

  • Tidak Bisa Masuk ke Akun

Jika Anda memang tidak bisa login ke akun Instagram Anda, kemungkinan akun Anda telah mengubah semua celah login. Dari password ke email, sebaiknya segera ganti password di email dan akun terkait untuk mencegah hacker masuk ke akun lain.

Cara Mengembalikan Akun

Dengan satu miliar orang menggunakan Instagram setiap bulan, itu bisa menjadi target yang sangat mudah bagi peretas dari mana saja di dunia. Jika Anda melihat sesuatu yang aneh terjadi dengan akun Anda, cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan, ubah kata sandi Anda, dan aktifkan autentikasi dua faktor. Karena ketika seseorang mencoba mengubah kata sandi atau alamat email Instagram mereka, aplikasi mengirimkan email konfirmasi. Anda dapat membatalkan perubahan ini dan mencegah peretas mengambil alih profil Anda.

Untuk memulihkan akun yang dicuri, gunakan bantuan (dot) instagram (dot) com dan buka Privasi dan Keamanan> Laporkan Sesuatu> Akun Diretas> Saya pikir akun saya telah diretas> Laporkan kami. Cara lainnya adalah dengan memilih “Impersonate someone another’s account”, yaitu akun incognito, yaitu menu Privasi dan keamanan> Laporkan sesuatu> Akun peniruan identitas> Apa yang dapat saya lakukan jika seseorang meniru identitas saya di Instagram? > Laporkan kami. Sistem mengarahkan Anda ke pertanyaan yang perlu dijawab dengan benar.

Setelah melakukan metode ini, Instagram akan menonaktifkan sementara akun Instagram Anda untuk memastikan semua peretasan dilakukan pada akun Anda. Akun tidak ditemukan di kolom pencarian selama periode penonaktifan. Instagram akan memberikan informasi terbaru tentang akun Anda melalui email, sehingga Anda dapat memeriksa email secara berkala untuk melihat informasi apa saja yang telah Anda berikan. Informasi yang Anda terima biasanya berupa langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk memulihkan akun Anda dan segera ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memulai pemulihan.

Biasanya, sesuai petunjuk Instagram, Anda harus menuliskan nama akun Instagram beserta nama lengkap dan kode rahasia Instagram di selembar kertas putih. Mereka juga akan meminta foto wajah Anda, yang akan diverifikasi bersama dengan data yang tertulis di kartu, akan mencoba foto sesuai dengan salah satu posting di Instagram, atau setidaknya sesuatu yang mirip dengan foto profil yang digunakan, untuk mengenali bahwa pemilik akun berhasil.

Setelah mengirimkan tanggapan ke email verifikasi data, Instagram akan mengirimkan formulir lagi yang harus Anda isi. Jangan tinggalkan informasi apa pun untuk memfasilitasi pengembalian akun, informasi pribadi dan foto atau salinan ID utama Anda. Kirim tanggapan Anda dan tunggu lima hingga tujuh hari untuk proses pengembalian. Instagram akan mengirimkan balasan jika akun tersebut benar-benar milik Anda.

Instagram Tidak Mudah Di Hack
Instagram Tidak Mudah Di Hack

Tips Menghindari Peretasan

Instagram Tidak Mudah Di Hack , Ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mencegah akun Instagram Anda diretas, beberapa di antaranya dapat membantu masalah akun Instagram.

1. Hindari menghubungkan ke Instagram melalui Facebook

Banyak orang menggunakan Facebook untuk masuk ke Instagram dan aplikasi lain, metode ini sangat mudah untuk masuk. Anda tidak perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi, Anda dapat masuk hanya dengan satu klik. Tapi siapa sangka kalau ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang bisa kamu lakukan, kenapa bisa begitu? Karena jika kredensial Facebook Anda terekspos, peretas bisa mendapatkan semua akun terkait dalam sekejap. Untuk menghindarinya, Anda dapat membuat login terpisah untuk setiap akun, sehingga jika satu akun diretas, Anda tidak akan kehilangan akses ke akun lain. Hal ini dapat mengurangi banyak masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

2. Gunakan sandi yang kuat

Selalu gunakan kata sandi yang kuat yang berisi huruf, angka dan karakter khusus, Instagram akan secara otomatis memberi tahu Anda setiap kali Anda mengubah kata sandi. Untuk keamanan maksimum di Instagram, kami menyarankan Anda mencoba pengelola kata sandi – ini akan menghasilkan kata sandi yang kuat untuk Anda dan menjaganya tetap aman. Disarankan agar Anda mengubah kata sandi Anda dari waktu ke waktu, ini adalah salah satu tips keamanan akun.

3. Jangan berbicara dengan orang asing

Penipuan phishing Instagram sangat mudah ditipu, jadi jangan pernah mengklik tautan yang dikirim oleh orang asing. Jika Anda melihat akun mencurigakan mengikuti Anda, segera blokir untuk menghindari kejadian tak terduga.

4. Aktifkan autentikasi dua faktor

Otentikasi dua faktor adalah langkah tambahan dalam proses masuk. Kapan pun Anda ingin masuk ke akun Anda, Anda harus memasukkan kode yang Anda terima melalui SMS atau aplikasi otentikasi. Meskipun mungkin tampak membosankan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk masuk, ada baiknya mengaktifkannya karena menambahkan lapisan keamanan ekstra.

5. Gunakan VPN

VPN dapat mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan menyembunyikan alamat IP Anda, memberikan privasi digital yang sangat kami butuhkan saat ini. Jika Anda sesekali menelusuri Instagram saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, Anda harus memiliki VPN. NordVPN adalah aplikasi yang mudah digunakan yang bekerja di berbagai platform untuk melindungi Anda dari pengintaian. Ini membantu melindungi data Anda dan menghindari serangan man-in-the-middle yang sering digunakan untuk mencegat kredensial pengguna.

6. Hindari melihat posting Instagram di platform lain

Artikel online sering kali berisi video dan gambar Instagram yang disematkan. Mengkliknya akan membawa Anda ke pos asli. Hati-hati dengan tautan ini, karena peretas terkadang membuat halaman login Instagram palsu untuk mencuri kata sandi Anda. Jika menurut Anda situs web yang Anda jelajahi mungkin mencurigakan, jangan klik tautan apa pun atau masuk ke akun Anda melalui situs web itu.

Kesimpulan Instagram Tidak Mudah Di Hack 

Meretas akun Instagram populer memiliki efek meresahkan penggunanya, dan peretas biasanya menggunakannya untuk memenuhi keinginan mereka sendiri. Mereka memeras mengatasnamakan korban agar pengikut korban percaya, pelaku ini biasanya meminta sejumlah uang atau mengambil pinjaman dengan berbagai janji. Ini pasti buruk bagi Anda, jika Anda menjadi korban, Anda akan membawa tagihan kredit dan kompensasi Anda.

Melindungi akun Anda terlebih dahulu sudah cukup untuk mempersempit celah antara peretas yang masuk ke akun Instagram Anda dan Anda harus menghindari memberikan informasi pribadi Anda kepada orang lain. Hal ini sangat rawan menjadi penyebab hacks yang ada, kamu bisa melakukan two-factor authentication di Instagram. Dengan cara ini, pengguna harus memasukkan kata sandi dan kode tambahan yang dikirim melalui SMS atau aplikasi pihak ketiga. Saat aktif, akun Anda dijamin aman dari peretasan.