Tutorial Cara Setting Domain Forwarding

Cara Setting Domain Forwarding — Tahukah Anda bahwa Anda dapat “mengalihkan” URL situs web Anda ke domain tertentu? Ini disebut penerusan domain dan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Ini berfungsi, misalnya, dengan mengubah alamat situs web atau blog Anda dari www (dot) domainname (dot) com menjadi www (dot) inhiblogdomainname (dot) com.

Pengeditan atau pembajakan juga disebut penerusan URL. Dengan pengalihan ini, Anda dapat mengarahkan ulang atau mengarahkan pengunjung domain Anda ke URL pilihan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan redirect ke domain baru atau bahkan website yang berbeda.

Anda dapat mengatur beberapa opsi pengalihan seperti pengalihan 301 (persisten), pengalihan 302 (terusan terbuka) ke pengalihan tertutup (bingkai URL). Pengalihan ini berlaku untuk nama domain yang mengarah ke BasicDNS, PremiumDNS, BackupDNS, atau FreeDNS. Semua ini dapat dikonfigurasi dan biasanya hanya membutuhkan sedikit waktu untuk bangun dan berjalan.

Cara Setting Domain Forwarding
Cara Setting Domain Forwarding

Mengenal Domain URL Forwarding

Pengalihan URL, juga dikenal sebagai penerusan URL, adalah teknik yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung dari satu domain ke URL lain. Nama domain Anda di situs web, situs web, dll. tersedia secara online. bisa maju.

Saat meneruskan, ia menggunakan kode status yang ditentukan dalam protokol HTTP. Berdasarkan ini, Anda dapat memasukkan jenis URL berikut dan kemudian mengalihkan: 301 (permanen), 302 (sementara) URL redirect, dan frame URL (masked redirect).

Jika Anda ingin menyiapkan subdomain wildcard yang memungkinkan semua subdomain yang belum dibuat untuk dialihkan ke halaman di situs Anda atau halaman lain di web, lihat tutorial berikut. Jenis pengalihan ini berfungsi bahkan jika seseorang memasukkan subdomain yang tidak ada atau salah ketik.

Contoh Penggunaan Domain atau Web Forwarding

Untuk lebih memahami penerusan domain, di bawah ini adalah contoh di mana penerusan domain biasanya berada.

  • Kesalahan penulisan atau eja

Berapa kali Anda secara tidak sengaja mengetikkan nama situs web ke browser Anda? Pikirkan tentang berapa banyak lalu lintas yang dihasilkan nama domain dari orang yang salah memasukkan alamat yang salah. Salah satunya adalah Facebook, yang mengalihkan facebook (dot) com, phasebook (dot) com, dan banyak kesalahan ketik lainnya ke situs web utama mereka, facebook (dot) com.

Jika mereka tidak mengambil giliran ini, orang akan berakhir di situs orang lain, bahkan pesaing. Penerusan web menawarkan pengalaman yang mulus bagi pengguna yang mungkin tidak menyadari kesalahan mereka. Fitur penerusan seperti ini sangat berguna karena menghindari halaman yang rusak dan berguna untuk SEO.

  • Pilihan alternatif TLD

Anda mungkin senang dengan nama domain utama Anda, tetapi itu tidak berarti tidak ada TLD berharga lainnya. Banyak orang memulai dengan domain .com, domain tingkat atas yang disukai. Tetapi jika nama Anda panjang dan rumit, seperti Mizzen + Main (mizzenandmain (dot) com), Anda merasa perlu mencari opsi lain.

Mizzen + Penerusan Web Utama untuk mengalihkan nama domain unik dan kreatif ke situs web utama mereka. Pengguna tidak hanya berbeda, tetapi mereka juga mendapatkan deskripsi sempurna tentang produk mereka jika mereka sebelumnya menggunakan Domain Kode Negara Domain sebagai satu-satunya pilihan mereka. Sementara itu, mereka dapat beriklan dengan nama yang mudah diingat dan diingat sambil tetap setia pada merek mereka.

  • Penggunaan singkatan

Bisnis, universitas, institusi, agensi, dan lainnya dapat menggunakan singkatan sebagai nama domain utama atau pengalihan. Misalnya, Kelly Blue Book memanfaatkan webcasting. Saat Anda mengetik kellybluebook (dot) com ke browser web Anda, Anda akan diarahkan ke alamat situs web utama mereka, kbb (dot) com.

  • Penggunaan kata kunci (keyword) atau frasa

Pengguna internet tidak selalu mengingat nama pengguna dari profil media sosial mereka atau bahkan nama domain lengkap. Misalnya, jika Anda tidak dapat menemukan nama domain lengkap atau nama lengkap seseorang, ia akan menemukan domain baru dengan kata kunci yang dapat dialihkan ke nama terdekat dengan apa yang Anda cari. Dengan diperkenalkannya ratusan domain generik baru, penerusan web (juga dikenal sebagai Penerusan Domain atau Pengalihan URL) telah menjadi alat yang sangat praktis dan sangat berguna.

Cara Setting Domain Forwarding atau URL Redirect

Pada dasarnya ada dua cara untuk mencoba pengalihan domain atau pengalihan URL. Jadi, inilah cara untuk memilih redirect atau URL Anda.

Cara Setting Domain Forwarding pada Domain Tab

  • Setelah mengklik Manage, cari Redirect Domains dan klik Add Redirect. Klik Tambahkan Pengalihan Wildcard untuk membuat rekaman wildcard yang cocok dengan permintaan untuk subdomain yang tidak ada.
  • Masukkan domain Anda di bidang URL Sumber (mis. domain tld / domain (dot) com / domain baru (dot) info) dan tautan untuk meneruskan domain di bidang URL Tujuan Jika Anda ingin domain (dot) tlds dan www (dot ) domain (dot) tld akan dialihkan, tambahkan komentar ke www yang sesuai.
  • Simpan perubahan Anda dengan tanda centang hijau di sebelah kanan atau tombol Simpan Semua Perubahan.
  • Buka tab DNS Lanjutan dan periksa catatan yang bertentangan (A, CNAME, catatan pengalihan URL dengan nilai berbeda tetapi ditetapkan ke host yang sama). Catatan ini harus dihapus agar domain berfungsi dengan baik.
  • Jika Anda telah mengikuti semuanya, Anda perlu menunggu 30 menit agar pengalihan ini benar-benar mulai berfungsi.

Cara Mengarahkan URL Redirect di Tab DNS Advanced

Setiap domain yang baru didaftarkan dilengkapi dengan dua catatan default yang perlu dihapus setelah menambahkan catatan khusus, CNAME dan Pengalihan URL.

  • Setelah mengklik tombol Manage, buka tab Advanced DNS >> bagian Host Record. Klik Tambahkan Catatan Baru.
  • Pilih catatan pengalihan URL dari menu tarik-turun untuk Jenis, masukkan host untuk meneruskan ke baris Host, misalnya @ untuk domain utama, misalnya, domain (dot) com, www untuk www (dot) domain * dot . com dan masukkan URL tujuan di baris Nilai. Kemudian simpan semua perubahan.
  • Pastikan tidak ada catatan yang bertentangan (A, CNAME, catatan pengalihan URL dengan nilai berbeda tetapi ditetapkan ke host yang sama) di domain.
  • Selesai dan tunggu 30 menit agar semua pengaturan benar-benar berfungsi.

Ada catatan A tambahan di file zona domain setelah mengatur pengalihan URL untuk domain. Catatan A ini tidak terlihat di bagian DNS lanjutan, hanya menunjukkan nama domain ke server pengalihan internal dan dihapus setelah menghapus catatan pengalihan URL.

Kesimpulan Cara Setting Domain Forwarding

Fitur pengalihan domain memungkinkan Anda untuk mengalihkan alamat situs web ke domain tertentu, mengarahkan alamat Instagram ke nama domain, dan bahkan mengarahkan alamat blog lain ke nama domain. Ini juga merupakan cara umum bagi banyak perusahaan e-niaga untuk mengarahkan pelanggan ke situs web utama mereka.

Redirect atau meneruskan sendiri adalah alat di cPanel yang memungkinkan Anda mengarahkan domain ke tautan atau URL tertentu. Menggunakan fitur ini sangat sederhana karena Anda hanya perlu memilih domain dan memasukkan URL tujuan. Karena kemudahan, efisiensi, dan fleksibilitasnya, tidak mengherankan jika metode ini banyak digunakan oleh situs web kecil dan besar.