hit counter

Tips Memanfaatkan Telegram untuk Berjualan Online dengan Mudah

Telegram untuk Berjualan Online — Dari sekian banyak aplikasi perpesanan yang tersebar di Play Store dan App Store, Telegram terlihat familiar. Karena kata telegraf cukup sering Anda dengar, meskipun smartphone sepopuler sekarang ini, telegraf pernah menjadi fasilitas milik kantor pos yang berfungsi sebagai sarana pengiriman pesan tertulis jarak jauh secara cepat. Dengan perkembangan waktu dan teknologi, struktur ini mulai terkikis, terlupakan dan bahkan tidak digunakan lagi.

Kata telegram muncul kembali ketika sebuah startup menggunakan kata telegram sebagai nama panggilan untuk aplikasi yang dikembangkannya, fungsinya selalu sama dengan telegram pada masanya. Ini berfungsi sebagai alat untuk mengirim pesan tertulis, tetapi dengan beberapa fungsi dan antarmuka yang baik. Aplikasi ini ramah di hampir semua perangkat, ponsel cerdas, tablet, atau bahkan desktop. Secara sederhana, Telegram dapat diartikan sebagai aplikasi pesan instan berbasis cloud yang berfokus pada kecepatan dan keamanan, tujuannya untuk memudahkan pengguna mengirim pesan teks, video, audio, dan gambar ke stiker dengan aman.

Pengaturan default aplikasi ini untuk semua pesan yang dikirim akan dienkripsi sesuai dengan standar internasional, Anda dapat memberi tahu bahwa pesan-pesan ini aman dari pihak ketiga, bahkan dari Telegram. Anda dapat mengirim apa pun secara real time, atau bahkan file zip, selama orang yang Anda kirimi pesan memiliki akun dan terdaftar di Telegram di perangkat mereka. Karena Telegram berbasis cloud, Anda dapat mengakses Telegram dari beberapa perangkat secara bersamaan dan konten yang Anda kirim dibatasi hingga 1,5GB dan Anda dapat mengelola penyimpanan file-file ini di perangkat Anda atau hanya di cloud.

Telegram untuk Berjualan Online
Telegram untuk Berjualan Online

Keunggulan dari Aplikasi Telegram

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut kelebihan aplikasi Telegram yang membedakannya dengan aplikasi WhatsApp.

  • Keamanan

Dari segi keamanan, aplikasi Telegram patut diacungi jempol, sehingga sering disebut sebagai aplikasi perpesanan teraman. Aplikasi WhatsApp dan Telegram sering dibandingkan dalam hal keamanan karena WhatsApp tidak aman bagi pengguna. Hingga seseorang menemukan eksploitasi jarak jauh WhatsApp untuk memasukkan pesan pengguna, tetapi sejauh ini tidak ada remote serupa yang ditemukan untuk aplikasi Telegram.

  • Penyimpanan

Sistem server cloud merupakan keuntungan bagi Telegram, karena file yang diunduh di Telegram tidak disimpan di smartphone. Pesan teks dan visual yang dikirim dan diterima disimpan secara gratis di server cloud Telegram, dan pengguna dapat mengakses data yang disimpan di perangkat yang berbeda.

  • Pengiriman Dokumen

Telegram memiliki dua pilihan untuk mengirim file dokumen, dengan kapasitas pengiriman 1,5GB, Anda dapat mengirim dokumen dalam format aslinya atau pertama dengan file terkompresi.

  • Kapasitas Grup Besar

Grup yang tersedia di Telegram memiliki kapasitas 5000 orang dalam satu grup, meskipun biasanya hanya ada sekitar 200 orang dalam satu grup, namun Telegram tetap menyediakan kapasitas yang besar dengan jumlah maksimal orang.

  • Secret Chat

Fungsi dari fitur ini adalah untuk secara otomatis menghapus obrolan dengan durasi yang telah ditentukan oleh pengguna dan alasan utama menggunakan fitur ini adalah untuk alasan keamanan.

  • Pengguna dengan Nomor Banyak

Telegram memungkinkan penggunanya untuk memiliki beberapa nomor yang berbeda, sehingga lebih mudah untuk mengubah nomor telepon tanpa takut kehilangan data yang sudah Anda miliki, karena data tersebut masih tersimpan dengan baik di server.

  • Chat Bot

Fitur chat otomatis ini dapat digunakan langsung di aplikasi Telegram tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga, meskipun WhatsApp juga memiliki fitur ini, tetapi tidak di semua situs web, hanya untuk WhatsApp perusahaan.

  • Multi Profile

Fitur ini untuk Anda yang sering mengganti foto profil akun media sosialnya, Anda sebagai pengguna dapat mengunggah beberapa foto sekaligus untuk mengubah profil yang sudah ada. Pengguna lain dapat menggulir untuk melihat foto.

Tips Berjualan di Telegram

Telegram untuk Berjualan Online Siapa sangka hanya ini satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk berjualan online di balik berbagai kemudahan yang ditawarkannya, berikut beberapa tips untuk membantu Anda memulai berjualan online di Telegram.

  • Menggunakan Grup Telegram

Ada banyak grup di Telegram yang dapat Anda ikuti tanpa syarat, grup ini biasanya memiliki topik yang berbeda. Misalnya grup IT, grup kantor, dan lain sebagainya, bisa Anda manfaatkan untuk berjualan media online dengan grup yang tepat. Anda perlu mencari tahu grup jual beli mana yang aktif di Instagram dan juga memperhatikan member atau anggota yang dikandungnya. Semakin banyak anggota yang Anda miliki, semakin baik Anda dapat mempromosikan produk Anda. Namun tidak semua grup mengizinkan anggotanya untuk berjualan secara bebas di grup, cari grup dengan kata kunci yang tepat.

  • Channel Telegram

Perbedaan antara grup dan saluran adalah bahwa saluran hanya digunakan oleh pemilik dan berkomunikasi dalam satu arah. Orang-orang berlangganan saluran untuk menerima informasi penjualan yang diiklankan tanpa dapat membalas pos. Anda dapat membuat saluran Telegram Anda dan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin dan mempromosikan produk Anda di saluran ini.

  • Memanfaatkan soft selling

Ketika Anda berhasil bergabung dengan grup, jangan lupakan anggota grup, yang bertindak sebagai cabang di konsumen mereka.

  • Selalu Ingat Sharing Is Caring

Cobalah untuk aktif dan mulailah mengikuti hal-hal yang ditanyakan seseorang kepada Anda, jika Anda membuat kesan yang baik, mereka tidak akan terlihat sebagai spam di sana. Anda dapat menjalankannya sehingga suatu hari mereka akan mau membelinya.

  • Jalin Komunikasi

Sangat disarankan untuk menjaga komunikasi yang baik dengan anggota grup, Anda dapat mencobanya tanpa harus terus-menerus mengirim pesan terkait penjualan.

  • Konsisten

Karena ini adalah kunci utama untuk menjadikan Telegram sebagai media bisnis online, itu adalah hal terakhir yang dapat kami rekomendasikan.

Kesimpulan Telegram untuk Berjualan Online

Aplikasi Telegram kini tidak hanya menjadi platform pesan instan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengelola aktivitas online Anda, tidak hanya di smartphone, tetapi juga di komputer desktop. Dengan atau tanpa aplikasi, Anda hanya perlu masuk ke Telegram menggunakan nomor telepon terdaftar Anda. Biasanya akan muncul pesan verifikasi untuk memastikan Anda adalah pemilik akun penerima, jika kode sudah diverifikasi tentu bisa masuk dan menggunakan aplikasi Telegram.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Telegram masih selangkah lebih maju dari WhatsApp. Dari segi keamanan, Telegram patut diacungi jempol. Anda tidak lagi memiliki ketakutan dan kecemasan hanya untuk keamanan aplikasi, setelah melakukan berbagai tips penjualan di Telegram, Anda harus memperkuat keinginan Anda untuk menjalankannya terus menerus. Karena tidak ada bisnis yang lahir dan berkembang dengan segera.