Fitur-Fitur Dalam Aplikasi Telegram

Di antara banyak aplikasi pesan instan yang tersebar di Google Play Store, Telegram mungkin salah satu yang “paling dekat” di telinga kita. Ya, kata “Telegram” sudah dikenal dan digunakan jauh sebelum Android sepopuler sekarang ini.

Telegram dulunya adalah kantor pos yang digunakan oleh orang-orang untuk mengirim pesan teks dengan cepat melalui jarak jauh. Setelah teknologinya berkembang pesat, fasilitas ini terkikis dan tidak lagi digunakan.

Sekarang nama Telegram “diambil” dari awal sebagai nama panggilan untuk aplikasi tersebut. mereka berkembang. Telegram asli, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengirim pesan tertulis. Hanya dengan fungsi, antarmuka, dan melalui ponsel cerdas, tablet, dan desktop.

Apa sebenarnya telegram itu? Telegram adalah aplikasi perpesanan instan berbasis cloud yang berfokus pada kecepatan dan keamanan. Telegram dirancang untuk memudahkan pengguna mengirim teks, audio, video, gambar, dan stiker dengan aman satu sama lain.

Secara default, semua konten yang dikirimkan dienkripsi. Dengan standar internasional. Oleh karena itu, pesan yang dikirim benar-benar aman dari telegram pihak ketiga. Telegram bukan hanya teks, gambar dan video, itu juga bisa menjadi sarana pengiriman dokumen, musik, file zip, lokasi real-time dan kontak yang tersimpan di perangkat ke orang lain. Selama orang yang dituju juga memiliki aplikasi dengan akun Telegram terdaftar di perangkatnya.

Karena berbasis cloud, pengguna dapat mengakses pesan dari berbagai perangkat secara bersamaan dan berbagi file dalam jumlah tak terbatas hingga 1,5 GB. Ini dapat dikonfigurasi untuk disimpan di perangkat atau hanya di cloud.

Sejarah Asal Mula Aplikasi Telegram 

https://www.timesnownews.com/

Penerapan telegram dimulai oleh dua bersaudara, Nikolai dan Pavel Durov. Nikolai Durov berfokus pada pengembangan aplikasi yang membuat protokol MTProto, yang merupakan mesin Telegram. Sedangkan Pavel bertanggung jawab atas pendanaan dan infrastruktur melalui pendanaan Digital Fortress.

Dewasa, Telegram memulai debutnya di perangkat iOS pada 14 Agustus 2013. Kemudian di Android pada 20 Oktober 2013. Artinya, Telegram baru berusia sekitar tiga tahun. Kinerja Telegram tidak terlalu buruk, ini mengesankan.

Pada Oktober 2013 atau di tahun pertama saja, Telegram sudah memiliki 100.000 pengguna aktif per hari. Angka itu naik drastis menjadi 15 juta pada Maret 2014, atau kurang dari enam bulan kemudian.Pengguna Telegram aktif mencapai 35 juta per bulan dan meningkat menjadi 50 juta pada Desember 2014.

Setahun kemudian, pengguna Telegram aktif mencapai 60 juta per bulan dan dengan cepat naik menjadi 100 juta pada Februari 2016. Lonjakan super cepat itu tidak lebih dari tanda bahwa pengguna menerima apa yang disajikan Telegram.

Dari segi UI secara pribadi, menurut saya Telegram memiliki tampilan dan nuansa yang rapi dan bersih. Sama seperti WhatsApp. Banyak orang yang setuju dengan saya dan mengatakan bahwa Telegram mirip dengan WhatsApp, walaupun fitur yang dihadirkan selengkap BlackBerry Messenger atau LINE.

Secret Chats

https://www.howtogeek.com/

Obrolan rahasia Selain fungsi SMS standar, Telegram memiliki fitur lain yang menjadi andalannya: obrolan rahasia. Fitur obrolan rahasia memiliki tampilan dan nuansa serta alat yang sama dengan perpesanan standar. Pesan dalam obrolan rahasia hanya diproses dari klien ke klien menggunakan protokol. MTProto. Tidak ada seorang pun di perangkat lain yang dapat mengakses konten pesan ini, hanya pengirim dan penerima di perangkat yang digunakan. Selain itu, konten pesan awalnya dihapus dengan pengaturan waktu default.

Nomor Ponsel

Seperti WhatsApp, Telegram menggunakan nomor ponsel sebagai identitas dan verifikasi akun. Ini memudahkan pengguna untuk berteman. Nomor tersebut dapat diubah dan ditautkan ke perangkat tambahan untuk diakses dari salah satu perangkat tersebut. Hal baiknya adalah pengguna dapat menentukan nama samaran jika mereka ingin agar nomor ponsel tidak diungkapkan oleh orang lain.

Group

Sebagian besar aplikasi perpesanan instan mungkin sudah memiliki fungsi grup. Apa yang istimewa tentang fungsi grup Telegram, bagaimanapun, adalah dapat menampung lebih dari 5.000 orang. Pesan yang dikirim oleh anggota grup dianggap terenkripsi.

Channel

https://www.eju.net/

Fitur ini hampir mirip dengan fitur pada BlackBerry Messenger. Meskipun salurannya sedikit berbeda dari grup, saluran tersebut dapat digunakan untuk penggunaan yang lebih luas, seperti merek atau perusahaan. Di sana Anda dapat memperoleh anggota tanpa batas, mendistribusikan informasi terbaru, dan menjangkau anggota dengan cepat dan gratis.

Keamanan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Telegram dapat diandalkan dalam hal keamanan. Mereka menerapkan skema enkripsi simetris yang disebut MTProto, yang dikembangkan oleh Nikolai Durov dan timnya. Dasar dari skema ini sendiri adalah enkripsi 256-bit AES, RSA 2048 dan Diffie-Hellman.

 

Referensi : Telegram,