Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website

Cara Membuat Backlink Berkualitas — Apakah Anda ingin memulai sebagai seorang blogger? Jika demikian, buatlah blog atau situs web untuk tulisan Anda. Namun, Anda perlu mengetahui dan membedakan antara backlink dan jenis tautan. Umumnya penggunaan backlink adalah pembahasan SEO (Search Engine Optimization) yang memiliki 2 jenis yaitu: SEO on page dan SEO off page.

Dalam SEO, implementasi backlink sangat bagus untuk peringkat di dalam browser. Hal ini akan menyebabkan blog atau website Anda menempati urutan pertama di halaman pencarian, yaitu Google. Semakin tinggi peringkat situs web atau blog Anda di browser, semakin banyak orang akan melihat blog atau situs web Anda.

Nah, sebelum memulai blog, artikel ini akan membantu Anda mempelajari tentang backlink. Mari kita lihat panduan kami untuk membuat backlink berkualitas untuk situs web.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah backlink Indonesia. Menurut Wikipedia, backlink adalah tautan masuk, tautan masuk, dan tautan masuk. Definisi backlink adalah tautan masuk ke situs web atau halaman web. Dalam proses ini, tautan balik adalah tautan apa pun yang diterima oleh simpul web (halaman web, direktori, situs, atau domain tingkat atas) dari simpul web lain. backlink adalah tautan yang menunjuk ke situs web Anda. Baik yang aktif maupun yang tidak aktif.

Manfaat Backlink

cara membuat backlink
cara membuat backlink

Cara Membuat Backlink Berkualitas , Jika Anda telah membuat blog atau situs web dan ingin blog Anda dilihat oleh jutaan orang, backlink akan berperan besar dalam mewujudkannya. Semakin banyak “backlink” yang Anda gunakan di situs web atau blog Anda, semakin baik tulisan SEO Anda akan menentukan peringkat blog Anda di mesin pencari atau browser.

Ini berarti backlink bisa berdampak besar pada blog Anda, tetapi perlu diperhatikan bahwa mereka menggunakan tautan berkualitas yang biasanya memiliki topik yang sama dengan blog. Ini bukan backlink acak dengan komentar spam, tetapi akan berdampak negatif pada kualitas blog Anda di browser.

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Sekarang setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan backlink, mari kita lihat bagaimana cara mendapatkan link yang berkualitas:

  • Artikel Direktori

Article directory umumnya digunakan untuk kegiatan pemasaran, terutama untuk membuat backlink. Anda dapat membuat backlink ke situs katalog artikel sehingga Anda dapat membuat artikel berkualitas dan kemudian mengirimkannya ke situs katalog artikel.

  • Blogwalking

Blog walk adalah kegiatan mengunjungi beberapa blog kemudian berkomentar dengan meninggalkan URL blog di kolom komentar. Blogwalking memiliki 2 keuntungan yaitu, pertama Anda bisa mendapatkan backlink, kedua dengan mengunjungi pemilik blog ini, atau orang lain dapat mengomentari halaman komentar Anda, sehingga akan menarik perhatian pengunjung lain.

Sebelum berkomentar di blog atau situs web orang lain, Anda perlu mengomentari topik blog dan kemudian meninggalkan URL Anda.

  • Blogger Influencer

Influencer Blogger membantu Anda menjadi populer lebih cepat karena mereka mempromosikan Anda dan blog Anda setiap saat. Selain itu, Anda juga bisa menjadi penulis di blog orang lain yang Anda kenal berdasarkan topik blog tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, pertama, Anda bisa memperkenalkan diri melalui profil penulis blog, dan kedua, link tulis Anda akan mendapatkan lebih banyak backlink pengunjung.

  • Melalui Forum Signature

Pernahkah Anda mengikuti survei pertanyaan di situs web online? Misalnya ada forum Gane, forum pemrograman, forum pengusaha, atau forum tempat kerja. Contohnya kaskus.co.id dan Ads-id di situs ini biasanya memuat banyak ulasan dan cerita pengalaman pengunjung.

Anda bisa memberikan backlink ke URL blog Anda di kolom komentar website Anda. Dengan jaringan pengunjung yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung dengan lebih mudah.

  • Social Media

Media sosial yang semakin banyak digunakan menjadi sasaran empuk strategi Backlink. Contohnya termasuk backlink di Twitter, Google Plus, Instagram, dan Facebook. Meski tidak ada pengunjung follower di media sosial, mesin pencari Google tetap mempertimbangkannya untuk SEO.

Selain backlink, tentunya kita juga akan menerima pengunjung dari teman atau followers kita di media sosial. Oleh karena itu, sebaiknya setiap website/blog yang kita buat memiliki akun media sosial sendiri, seperti fan page Facebook dan akun Twitter. Memiliki banyak teman atau pengikut di media sosial, jelas akan sangat mudah untuk mempromosikan situs/blog kita, tentunya kita juga harus aktif di media sosial.

  • Press Release

Halaman siaran pers dapat memberikan tautan balik yang berkualitas, sehingga siaran pers berpotensi mengarahkan lalu lintas ke situs web atau blog Anda. Jika saya perhatikan bahwa Indonesia belum populer dalam menggunakan press release untuk mempromosikan website dan membangun link, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan besar.

Hal ini berbeda dengan blog luar negeri, halaman press release ini juga dapat digunakan untuk kegiatan promosi dan membuat backlink website dengan usaha kecil, menengah dan besar.

  • Melalui Web 2.0

Web 2.0 dapat digunakan untuk membuat backlink. Dengan backlink ini, Web 2.0 memiliki kemampuan SEO untuk meningkatkan peringkat Anda. Web 2.0 Contoh: Blogger (dot) com, WordPress (dot) com, Blog (dot) com, Blurty (dot) com, Webs (dot) com.

Kesimpulan Cara Membuat Backlink Berkualitas 

Untuk membuat website, Anda memerlukan backlink untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Backlink juga menjadi faktor mesin pencari Google dalam mengevaluasi blog yang tampil di halaman depan.

Semakin banyak Anda menautkan, semakin tinggi peringkat blog Anda di mesin pencari. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak mendorong menerima backlink spam karena mempengaruhi kualitas SEO Anda di mesin pencari.

Ada banyak cara untuk blog blog Anda, Web 2.0, Blog Influencer dan Media Sosial. Ada banyak strategi pemasaran backlink yang bisa Anda terapkan setelah membaca panduan ini. Ini mungkin berguna.