Rekomendasi Aplikasi Burning CD Terbaik untuk Laptop

Aplikasi Burning CD Terbaik –Pembawa data adalah bahan fisik tempat data, informasi, dan instruksi disimpan. Ketika pengguna menyimpan informasi atau data ke perangkat penyimpanan, ia menyimpan file dan proses ini disebut menulis. Saat kita membuka file, proses ini disebut membaca. Sebagai pengguna, Anda menggunakan media di komputer internal Anda sendiri. Namun, karena kemungkinan hilang, diperlukan media penyimpanan yang lebih aman selain memori internal.

CD atau compact disc adalah media penyimpanan portabel yang dapat digunakan untuk merekam, menyimpan, dan memutar audio, video, dan data lainnya dalam bentuk digital. Sebuah compact disc standar berukuran 4,7 inci atau lebar 120 milimeter (mm), tebal 1,2 mm, berat antara 15 gram dan 20 gram, dan menampung 80 menit audio atau 650 megabyte (MB) hingga 700 MB. data. CD rapuh dan mudah tergores; itu dapat diperbaiki, tetapi dapat mempengaruhi keterbacaan disk.

Tidak hanya CD, tetapi banyak media lain yang tersedia di dunia ini. Baik dalam bentuk perangkat keras maupun perangkat lunak. Namun, tidak ada salahnya menggunakan CD sebagai alternatif lokasi penyimpanan. Karena CD tidak hanya dapat diarsipkan, tetapi juga dapat disimpan untuk waktu yang lama.

Pengertian Burning CD

Menulis di sini bukan berarti menulis atau menulis CD/DVD yang tidak terpakai. Definisi sebenarnya dari burning CD/DVD adalah memasukkan data/file ke dalam CD/DVD. Sebenarnya penulisan CD/DVD sendiri dimaknai dengan banyak istilah, pengertian lainnya adalah proses memasukkan file/data dari komputer ke dalam CD agar CD drive dapat membaca file tersebut. Anda dapat menulis berbagai jenis file, seperti video, gambar, musik, dan dokumen.

Proses pembakaran dapat dilakukan dengan dua cara. Dengan dan tanpa perangkat lunak. Proses burning dengan software ini biasanya dilakukan pada saat windows tidak mendukung proses penulisan dan biasanya proses penulisan dengan software ini lebih sempurna dan memiliki settingan yang lebih banyak dibandingkan menggunakan aplikasi bawaan windows secara langsung. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk burning, seperti ImgBurn, CDBurnerXP, Ashampoo Burn atau Nero.

Rekomendasi Aplikasi Burning CD

Anda dapat mencoba membakar beberapa aplikasi berikut ke CD. Sebelum melakukan burning, ada baiknya memperhatikan langkah-langkah penggunaan pada aplikasi yang ada.

  • Aplikasi Burning CD TerbaikĀ  Nero

Aplikasi ini cukup populer, diketahui oleh pengguna Windows, dapat digunakan pada sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10, kenyamanan yang disajikan cukup bahkan untuk membakar CD. Layanan Nero cukup lengkap, ada media manager, converter, writer, ripper dan fungsi backup dan restore, Anda tinggal memasukkan CD ke dalam laptop atau PC Anda dan pilih fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain menyediakan aplikasi Nero versi gratis, Nero juga memiliki aplikasi berbayar yang tentunya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi gratis.

  • Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan aplikasi Nero, juga membantu Anda untuk menulis CD. Fitur-fitur ini termasuk membakar file / folder, video, musik dan gambar disk ke format file ISO dan banyak lagi. Anda tidak perlu khawatir dengan seluruh ruang penyimpanan pada CD Anda karena aplikasi ini memiliki fungsi backup yang dapat memampatkan dan mengenkripsi data Anda.

  • CDBurnerXp

Walaupun nama aplikasi ini XP, pada kenyataannya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan di laptop atau komputer dengan Windows XP. Aplikasi CDBurnerXP dapat digunakan dari Windows 7 hingga Windows 10, fungsinya mendukung burning file ISO ke CD, DVD, HD-DVD, dan bahkan dapat membakar CD yang berisi file Blu-ray.

  • ImgBurn

Aplikasi ini mendukung file dalam format CD, DVD, Blu-Ray dan HD-DVD, juga aplikasi ini mendukung file gambar dalam format JPG, JPEG, PNG, BIN, CCD, CDI, CUE, DI, DVD, GI, IMG., MDS , NRG, PDI dan ISO. ImgBurn tidak cukup dengan fungsi biasa seperti aplikasi lain, ia memperkenalkan lima mode dalam bentuk baca, kompilasi, tulis, verifikasi, dan jelajahi.

  • PowerISO

Aplikasi ini dianggap sebagai salah satu aplikasi yang paling kuat, fitur unggulannya termasuk menulis file dalam format ISO, BIN, NRG, CDI, DAA dan lainnya. PowerISO juga mendukung fungsi yang dapat menyalin CD audio ke MP3, FLAC, APE, WMA, BIN dan format file lainnya. Selain dua keunggulan sebelumnya, PowerISO dapat dengan mudah mengekstrak dan membuka file dalam format ISO dan juga dapat memasangnya di aplikasinya.

Cara Melakukan Burning Tanpa Aplikasi

aplikasi burning cd
aplikasi burning cd

Pertama, Anda perlu memasukkan disk kosong ke dalam drive optik dan memilih file yang ingin Anda bakar. Klik kanan dan pilih Send To > DVD RW Drive (D :). Pilih With CD / DVD player atau Burned dan klik Next. Pergi ke Kelola dan pilih Selesai Pembakaran. Beri nama disk, klik Next, jadi Anda harus bersabar sampai mendapatkan pemberitahuan bahwa file telah selesai ditulis.

 

Manfaat Melakukan Burning CD

Pernahkah Anda mendengar istilah “data rusak” atau “data hilang” di komputer atau PC Anda? Ini sangat umum untuk data, apa pun jenis datanya, untuk menghindari keharusan mentransfer data ke perangkat lain seperti CD keamanan data. Meskipun transfer data mungkin menggunakan media berbasis cloud, data tersebut mungkin mengandung celah bagi peretas. Tidak seperti menggunakan CD, Anda dapat mengurangi risiko ditemukan oleh peretas dan memiliki data yang rusak karena virus di komputer Anda. Keunggulan ini merupakan keuntungan bagi mereka yang memiliki banyak data namun khawatir jika data tersebut hilang tanpa backup.

Kesimpulan Aplikasi Burning CD Terbaik

Ingatlah untuk berhati-hati saat menggunakan aplikasi, apa pun jenis aplikasinya, itu bisa menjadi celah untuk kehilangan data. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghindari mengunduh banyak aplikasi dan tentu saja aplikasi yang Anda butuhkan harus sesuai dengan sistem Windows yang Anda gunakan. Cara menggunakan aplikasi ini tidak jauh berbeda untuk semua Windows, ikuti langkah-langkahnya untuk menghindari kesalahan.

Selain Nero, Ashampoo Burning Studio, CDBurnerXP, ImgBurn dan PowerISO, masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membakar CD. Aplikasi yang ada memiliki karakteristik yang hampir sama, hanya berbeda dalam penggunaannya. Anda dapat menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis, tetapi jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, sebaiknya gunakan aplikasi berbayar dengan banyak fitur yang tersedia.