Cara Melakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci) Website

Cara Melakukan Keyword Research — SEO adalah komponen yang sangat penting dari sebuah website atau blog. Karena kata kunci SEO akan membuat website Anda berada di posisi teratas di mesin pencari yaitu Google.

Namun, untuk mencapai SEO yang baik, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci yang tepat untuk situs web Anda karena ini akan memengaruhi ketahanan situs web Anda. Semakin baik kata kunci Anda dalam SEO, semakin tinggi peringkat situs web Anda di mesin pencari. .

Jika website Anda sudah menempati urutan pertama di mesin pencari, jelas akan semakin banyak pengunjung yang tertarik dengan website Anda. Hal ini untuk memudahkan dalam menjual produk. Tentu saja, semakin banyak orang tertarik dengan produk Anda, semakin banyak orang akan membelinya.

Silakan dan lihat panduan tentang cara melakukan penelitian kata kunci di situs web berikut.

Apa Itu Keyword?

Kata kunci alias kata kunci adalah istilah yang digunakan orang saat mencari di mesin pencari Google atau Bing.

Misalnya, ketika Anda ingin pergi ke pantai di Yogyakarta. Anda tinggal mengetikkan Wisata Yogyakarta ke Google. Wisata Yogyakarta adalah kata kunci dalam pencarian Google.
Kata kunci pencarian ini didaftarkan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya. Data dapat dilihat nanti; jumlah pencarian menggunakan kata kunci tertentu, variasi ejaan kata kunci, dll.

Cara Melakukan Keyword Research
Cara Melakukan Keyword Research

Tujuan riset keyword

Tujuan dari penelitian kata kunci adalah untuk mengetahui topik mana yang paling banyak dicari orang di Google (mesin pencari) yang terkait dengan blog atau bisnis Anda. Manfaat riset kata kunci adalah:

  • kata kunci/keyword apapun yang berhubungan dengan bisnis atau topik blog anda.
  • kata kunci yang berpotensi mengarahkan pengunjung ke blog Anda atau calon pelanggan ke situs web bisnis Anda.
  • Anda dapat mengetahui berapa perkiraan pengunjung yang mencari kata kunci tertentu
  • lihat persaingan di mesin pencari untuk kata kunci tertentu.
  • menetapkan prioritas; kata kunci apa yang Anda gunakan sebagai kata kunci utama untuk blog / bisnis Anda.

Manfaat Riset Keyword

Menurut saya, manfaat utama dari riset kata kunci adalah:

  • Ide Konten

Anda para blogger seringkali harus bingung dengan ide artikel atau konten yang Anda buat setiap hari. Namun, meneliti kata kunci paling populer terlebih dahulu akan membantu Anda menemukan ide yang sedang tren.
Dengan melakukan riset, Anda bisa mengumpulkan berbagai topik yang bisa digunakan untuk membuat artikel nantinya. Tidak ada lagi ekspresi yang membingungkan tentang apa yang harus ditulis di situs setelahnya.

  • Pola Kerja Terstruktur

Selama penelitian Anda, Anda menetapkan skala prioritas untuk kata kunci potensial. Dikombinasikan dengan penelitian kompetitif, Anda dapat menyusun topik yang dihasilkan berdasarkan tingkat persaingan untuk peneliti masa depan.
Anda dapat menentukan kata kunci mana yang mudah dan dapat dilakukan sejak awal
Anda dapat menentukan kata kunci mana yang serius dan menyimpannya untuk nanti.
Tentukan topik yang akan dibahas dalam sebuah artikel.

  • Trend Setter

Saat Anda melakukan riset untuk pertama kalinya, Anda sudah tahu model mana yang akan menjadi tren berikutnya. Ini membantu situs web Anda mengemas konten bisnis berdasarkan tren saat ini atau membangun tren Anda sendiri.
Semakin menarik kontennya, maka semakin banyak pula pengunjung yang tertarik dengan website Anda.

3 Tools Yang Biasa Digunakan Untuk Mencari Keyword

Ada banyak aplikasi yang membantu Anda merencanakan kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda dan Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Berikut adalah 3 alat perencanaan kata kunci gratis:

1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat yang dibuat oleh pemasar digital terkenal Neil Patel. Padahal, alat ini bersifat open source atau gratis. Agar alat ini berfungsi, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari dan area yang ingin Anda targetkan.

Ubersuggest kemudian memberikan informasi berdasarkan kata-kata yang Anda masukkan tadi. Ubersuggest memberikan informasi tentang volume pencarian kata kunci, tingkat kesulitan kata kunci, dan menyarankan kata kunci terkait untuk digunakan.

2. Google Trends

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi Google yang dapat menampilkan statistik untuk setiap kata kunci, termasuk informasi jumlah pencarian dan perkiraan biaya per klik (biaya rata-rata per klik). Google Trends atau Keyword Planner hanyalah langkah awal yang dapat membantu Anda memilih kata kunci yang tepat, jadi bukan satu-satunya aplikasi yang dapat Anda manfaatkan. Seperti yang dikatakan Google, Anda dapat menggunakan rencana ini sebagai panduan dasar untuk menentukan kata kunci Anda. Mirip dengan contoh di atas, ketika Anda mengetikkan kata kunci apa itu internet, Anda akan melihat statistik pencarian untuk kata kunci tersebut dan domain mana yang paling banyak dicari untuk kata kunci tersebut.

3. SEMrush

Berikutnya adalah alat SEMrush. Sebelum menggunakan SEMrush, Anda harus mendaftar sebagai anggota, yang tersedia secara gratis. Namun, akun SEMrush menawarkan uji coba 7 hari, setelah itu tarif bulanan mulai dari $99.

 

Kesimpulan Cara Melakukan Keyword Research

Anda harus melakukan penelitian kata kunci Anda. Karena? Karena itu akan mempengaruhi selektivitas situs Anda. Terutama di mesin pencari, yaitu peringkat Google.

Jika Anda salah memasukkan kata kunci ke dalam SEO Anda, keterbacaan dan peringkat SEO Anda akan buruk. Ini merusak peringkat mesin pencari Anda. Anda jelas tidak ingin itu terjadi.

Oleh karena itu, sebelum memasukkan kata kunci. Anda bisa mengecek kata kunci tersebut di sejumlah open source atau tool gratis. Beberapa alat termasuk: Ubersuggest, Google Trends, SEMrush