Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik di Indonesia

Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger — Dengan berkembangnya industri kecantikan di Indonesia juga mendorong berkembangnya berbagai kegiatan yang mendukung industri tersebut. Salah satunya adalah beauty blogger/vlogger. Dengan semakin populernya bidang makeup ini, banyak orang baik pria maupun wanita mulai mencari cara untuk menjadi beauty blogger/vlogger profesional.

Istilah beauty blogger mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya para wanita. Menjadi beauty blogger/vlogger tetap merupakan profesi yang bisa mendatangkan penghasilan yang menguntungkan bagi Anda. Sekedar review produk kecantikan melalui halaman atau video Youtube, review ini juga bisa bermanfaat dan menghasilkan rupiah.

Lalu bagaimana caranya menjadi beauty blogger/vlogger yang baik dan fair di Indonesia? Pertama-tama tentunya Anda harus memiliki passion atau hobi di bidang ini, karena merupakan sektor yang membutuhkan banyak dedikasi, mengingat beragamnya kosmetik yang muncul setiap hari. Yang berikutnya, tentu saja, adalah terus-menerus menjaga kecepatan konten. Jika Anda tertarik dengan bidang ini, cari tahu lebih lanjut tentang menjadi beauty blogger / vlogger di bawah ini.

Apa Itu Beauty Blogger/ Vlogger

Beauty blogger dan beauty vlogger sebenarnya adalah dua istilah yang berbeda. Namun kedua istilah tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu mengulas produk kecantikan dari merek yang berbeda. Beauty blogger adalah orang yang membagikan artikel tentang review dan demo produk kecantikan melalui blog. Sedangkan beauty vlogger adalah orang yang membuat konten kecantikan berupa video yang diunggah ke YouTube atau Instagram.

Perlu Anda ketahui bahwa istilah vlogger berasal dari kata video dan blogger. Awalnya, mereka berbagi pandangan, tips, dan informasi menarik tentang kecantikan di postingan blog. Namun kini konten tersebut dibuat dalam bentuk video dengan durasi 15-30 menit. Dulu, sebelum vlogger Bolt menjadi trend seperti sekarang, banyak sekali beauty blogger di luar sana dengan tulisan-tulisannya. Bahkan sekarang, beberapa beauty blogger sudah berubah menjadi beauty vlogger.

Awalnya para beauty blogger/vlogger menulis review produk kecantikan hanya dalam bentuk artikel atau video tutorial. Seiring perkembangan zaman digital, mereka menjadi lebih terkenal dan karenanya memiliki pengikut dan pembaca yang setia. Tak jarang, banyak brand kosmetik lokal dan internasional menarik para beauty blogger/vlogger ini untuk mempromosikan produk kecantikannya.

Aturan umumnya adalah bahwa produk kecantikan dikirim dan diberikan kepada pengiklan secara gratis. Sebagai imbalannya, blogger kecantikan atau vlogger diundang untuk mengirimkan dan memberikan pendapat mereka. Dari hasil review produk kecantikan, beauty blogger/vlogger mendapatkan remunerasi yang menguntungkan dari brand kosmetik ternama.

Selain itu, para beauty blogger atau vlogger ini juga berkesempatan untuk diundang ke acara-acara yang diselenggarakan oleh brand kecantikan ternama. Hal ini menjadikan beauty blogger/vlogger idola bagi wanita yang suka mengikuti tren kecantikan.

Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger
Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger

Keuntungan Menjadi Beauty Blogger/Vlogger di Indonesia

Bagi yang memiliki minat dan hobi menggunakan kosmetik, cobalah menjadi beauty blogger/vlogger. Karena selain bisa melancarkan hobi, kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Eksistensi

Jika Anda menjadi seorang beauty blogger / vlogger, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi terkenal. Namun konten yang Anda buat harus berkualitas baik dari segi konten, suara, pencahayaan, dan pengeditan.

Semakin tinggi kualitas konten yang Anda buat, semakin besar kemungkinan audiens atau pelanggan Anda tumbuh dari waktu ke waktu. Bahkan mereka tidak segan-segan, selalu menunggu konten terbaru Anda.

  • Aktualisasi Diri

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi beauty blogger/vlogger, percayalah pada diri sendiri bahwa Anda bisa berbagi cerita kecantikan dan inspirasi dengan wanita di seluruh dunia. Ini adalah bentuk realisasi diri yang positif.

  • Memperoleh Produk Secara Gratis

Semakin banyak audiens atau pelanggan yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan merek kecantikan berpaling kepada Anda untuk mempromosikan produk mereka. Tentu saja, merek-merek ini tidak segan-segan menawarkan produk kecantikan gratis kepada Anda.

  • Memperoleh Penghasilan

Beauty blogger/vloggers di Indonesia yang sudah memiliki audience atau subscriber yang besar biasanya bisa membantu menentukan price plan untuk layanan promosi mereka dalam bentuk video. Besaran nominal dari jasa promosi ini juga berkisar dari ratusan ribu hingga beberapa juta rupiah.

  • Jaringan Pertemanan yang Luas

Menjadi beauty blogger/vlogger memberi Anda kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan. Karena Anda dapat berinteraksi dengan audiens dan pelanggan Anda untuk mendapatkan teman baru. Selain itu, dapat tercipta jejaring pertemanan antara beauty blogger dan beauty vlogger untuk berbagi pengalaman dan menciptakan komunitas untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger

Jika Anda ingin belajar mengikuti kesuksesan beauty blogger/vloggers Indonesia, Anda harus memperhatikan kunci suksesnya terlebih dahulu. Berikut beberapa cara menjadi beauty blogger atau vlogger yang baik dan adil di Indonesia:

  • Mengenali Kekuatan Diri

Untuk menjadi seorang beauty blogger/vlogger, Anda perlu mengetahui siapa diri Anda dan kelebihan Anda. Pastikan Anda memiliki karakteristik sendiri yang membedakan Anda dengan blogger/vlogger lain.

Sorot kekuatan ini di kamera agar tampak fleksibel saat berbagi informasi dengan audiens Anda. Anda tidak perlu memikirkan kelemahannya, karena hanya sebagian penonton yang memperhatikan kelemahan beauty blogger atau vlogger mereka.

  • Menentukan Konten yang Sesuai

Saat ini, dunia kecantikan benar-benar beragam konten, seperti tips dan trik, ulasan pembuatan tutorial. Anda perlu menentukan jenis konten yang ingin Anda buat.

Juga, pastikan Anda menjadwalkan konten Anda dengan tepat sehingga konten Anda terhubung dan berkelanjutan. Anda juga dapat bertanya kepada audiens Anda konten apa yang mereka inginkan selanjutnya. Sehingga konten yang dibagikan selalu berada di tempat yang tepat.

  • Sasaran Konten

Tentukan apakah konten Anda ditujukan untuk remaja atau dewasa. Dengan menetapkan sasaran konten, Anda dapat lebih mudah membuat konten yang bermanfaat bagi audiens Anda. Kebanyakan beauty blogger/vlogger menargetkan remaja untuk konten karena remaja sangat penasaran.

  • Mempersiapkan Peralatan

Siapkan alat yang mendukung pembuatan konten, seperti kamera, smartphone, kuas, makeup, pencahayaan, dan lainnya. Ingatlah untuk menggunakan aplikasi pengeditan yang berkualitas untuk hasil yang lebih memuaskan dan selalu menjaga kualitas konten Anda tetap disiplin dan relevan.

  • Perhatikan Kualitas Foto/Video

Kualitas foto/video dipengaruhi oleh pencahayaan dan kamera yang digunakan. Tentu saja, semakin lengkap alat yang digunakan, semakin baik hasilnya. Untuk video, durasinya maksimal 15 menit, agar penonton tidak bosan.

  • Posting secara Rutin

Posting konten secara teratur dan rencanakan hari Anda untuk memudahkan audiens Anda mengikuti konten terbaru Anda. Pastikan Anda terus mengupload konten secara rutin agar audiens lebih mudah mengikuti informasi terbaru yang Anda bagikan.

  • Menjalin Komunikasi Dengan Followers

Menjalin komunikasi dengan followers melalui blog, Youtube dan media sosial lainnya. Anda dapat melakukannya dengan meminta pendapat dan saran mereka atau dengan mengatur pertemuan dan salam di tempat tertentu. Perhatikan baik-baik pengikut Anda, karena mereka adalah pendukung utama Anda dalam karir kecantikan Anda.

Kesimpulan Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger

Berdasarkan informasi di atas, terlihat bahwa menjadi beauty blogger/vlogger cukup mudah. Namun, agar konten yang Anda buat benar-benar bermanfaat bagi audiens Anda, Anda memerlukan keterampilan dan pengetahuan untuk menggunakan produk kecantikan. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan dengan baik, agar konten yang dihasilkan lebih memuaskan.

Konten yang dibuat sembarangan cenderung kurang menarik bagi audiens Anda, membuat konten Anda kurang menarik. Ingatlah untuk selalu menjadi diri sendiri dan tidak mengikuti gaya orang lain saat membuat konten. Karena ini akan menjadi fitur yang membedakan Anda dengan blogger/vlogger lainnya. Bagi yang memiliki minat dan skill di bidang kecantikan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba menjadi beauty blogger/vlogger. Selain menyalurkan hobi Anda, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan, produk gratis, dan popularitas di Indonesia.