Tips dan Trick Agar Facebook Tidak Mudah Dihack

Agar Facebook Tidak Mudah Dihack — Banyak dari kita telah menjadikan Facebook sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari, menjadi media sosial untuk berinteraksi dengan teman dan kolega, mengikuti selebriti favorit kita dan mendapatkan berita terbaru. Facebook seringkali penuh dengan hal-hal berupa selfie, akan sangat memalukan jika akun tersebut diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Akun Facebook yang diretas dapat merusak reputasi Anda, mengungkapkan informasi pribadi, atau bahkan merugikan Anda.

Meretas situs media sosial bukanlah hal baru, Instagram, Twitter, dan bahkan situs media sosial lainnya mudah diretas jika ditemukan celah, termasuk Facebook. Di Indonesia pengguna aplikasi Facebook mencapai 77 juta, bisa dikatakan aplikasi ini tumbuh bak jamur dan banyak disukai orang. Facebook secara kasar diterjemahkan menjadi face book dalam bahasa Indonesia, istilah ini merupakan prinsip yang membedakan Facebook dengan media sosial lainnya, yaitu platform sosial yang menampilkan semua informasi pengguna.

Anda mungkin pernah mengalami atau mendengar bahwa akun Facebook Anda telah diretas, tetapi sebagian besar dari Anda mungkin bahkan tidak menyadari bahwa akun Anda telah diretas. Akun yang diretas dapat dilihat dari beberapa tanda yang terlihat, hal ini dapat dilihat pada akun Facebook Anda. Kenali tanda-tandanya dan segera cegah dan amankan.

Tanda-Tanda Akun yang Diretas

Ada beberapa tanda akun diretas yang perlu Anda waspadai untuk mengetahui apakah akun Anda telah diretas atau tidak.

  • Nama Pengguna Berubah

Hacker biasanya mengganti username sebelum mengganti password akun, jika username berubah tanpa sepengetahuan anda, bisa jadi itu adalah hacker.

  • Foto Profil Berganti

Jika Anda merasa belum mengubah foto profil Anda, maka Anda harus tahu bahwa itu bisa jadi adalah ulah hacker.

  • Postingan yang Tidak Pantas

Peretasan akun untuk pencemaran nama baik biasanya memposting konten negatif yang dapat merusak reputasi Anda. Konten tersebut mungkin termasuk foto atau video porno atau kata-kata kasar yang dapat mempermalukan Anda.

  • Status Facebook

Halaman ini biasanya diisi dengan ekspresi suasana hati pengguna, tetapi peretas menggunakannya untuk memposting frasa yang tidak pantas dengan tujuan merugikan pemegang akun.

  • Spam Komentar

Orang yang dikenal jarang berkomentar dan hanya berkomentar dengan frasa yang bagus tiba-tiba mengirim spam ke postingan teman. Spam berisi frasa negatif yang mengganggu banyak orang. Ketahuilah bahwa akun Anda dapat diretas.

  • Mengirim Pesan

Hampir mirip dengan spam komentar, kali ini fungsi yang digunakan lebih personal. Jika Anda mengirim SMS kepada seseorang hingga berakhir dengan kekalahan, hubungan Anda dengan teman-teman Anda tidak harmonis karena ulah hacker ini.

  • Akun Terlihat Aktif

Anda tidak menggunakan akun Facebook, tetapi akun tersebut terlihat aktif, hal ini dapat dilihat dari akun teman Anda. Akun yang aktif, meskipun tidak digunakan, dapat menunjukkan bahwa akun tersebut telah diretas.

Agar Facebook Tidak Mudah Dihack
Agar Facebook Tidak Mudah Dihack

Tips Menghindari Peretasan Akun

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah akun Facebook Anda diretas, dan selain pencegahan, Anda dapat mengamankan akun Anda agar tetap aman dari akses peretas akun.

  • Tidak Menggunakan Kata Sandi yang Sama

Menggunakan kata sandi yang sama di akun media sosial Anda membuatnya mudah diingat, tanpa harus mengingat banyak kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Namun perlu anda ketahui bahwa akun dengan password yang sama dapat memudahkan hacker untuk login ke semua akun anda, ketika seorang hacker login ke akun facebook, ia dapat mencoba login ke akun media sosial lain seperti instagram, twitter dan lainnya. Anda dapat menggunakan kata sandi yang berbeda dan menuliskannya di tempat yang aman.

Hindari penggunaan password yang umum, password yang menggunakan username juga merupakan password yang paling tidak aman. Kombinasi angka, huruf dan simbol memiliki kepercayaan diri yang kuat, Anda dapat mencoba kombinasi ini dengan kata-kata yang mudah diingat. Penting untuk tidak memberikan kata sandi Anda kepada siapa pun untuk menjaga keamanan akun Anda.

  • Jangan Lupa Logout

Penggunaan alat publik dapat menjadi salah satu celah berbahaya dalam keterbukaan media sosial karena alat publik dapat digunakan oleh siapa saja. Jika Anda terpaksa menggunakan perangkat publik, ingatlah untuk keluar dari akun Anda.

Cara Mengamankan Akun Facebook

Lindungi akun Anda untuk keamanan tambahan, karena akun yang aman dapat mengurangi kemungkinan mata-mata untuk masuk. Anda harus melakukan ini untuk mencegah orang lain mengambil alih akun.

  • Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Otentikasi dapat mempersulit orang untuk mengakses akun Anda. Jika perangkat baru ingin mengakses akun Anda, Anda harus terlebih dahulu masuk ke ponsel asli. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke pengaturan terlebih dahulu dan kemudian mengklik Keamanan dan masuk. Gulir ke bawah ke menu otentikasi dua faktor dan klik Edit. Anda dapat memilih metode otentikasi yang diinginkan dan kemudian mengaktifkannya.

  • Mengaktifkan Pemberitahuan Login Baru

Jika ada yang mencoba masuk ke akun Facebook Anda, Facebook akan secara otomatis memberi tahu Anda. Untuk mengaktifkan notifikasi, buka pengaturan keamanan dan login Anda, gulir ke bawah ke “peringatan login tidak dikenal” dan klik edit. Anda dapat memilih untuk diberi tahu tentang alarm yang terdeteksi melalui email atau pemberitahuan Facebook dan Anda dapat menyimpan perubahan yang dipilih.

  • Memilih Kontak Terpercaya

Pilih dari tiga hingga lima kontak tepercaya untuk membantu Anda mendapatkan kembali akses ke akun Facebook Anda jika Anda lupa kata sandi atau kehilangan perangkat Anda. Terus ganti kontak jika sudah tidak percaya lagi. Cara mengaktifkan fitur ini adalah masuk ke pengaturan dan pilih menu “Pilih tiga hingga lima teman untuk dihubungi saat akun Anda diblokir”, lalu klik edit. Klik Pilih teman, ikuti petunjuk di layar, lalu klik Simpan setelah memilih teman yang tepat.

Kesimpulan Agar Facebook Tidak Mudah Dihack

Hati-hati saat menyerang akun, sudah terlalu banyak kasus peretasan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Meretas akun Anda tidak peduli siapa Anda, apakah Anda seorang artis atau orang biasa, tidak menutup kemungkinan akun Anda diretas. Peretasan akun sangat menyeramkan bagi banyak orang, tindakan ini tidak hanya mengganggu pribadi tetapi juga orang-orang di sekitar orang yang terkena peretasan akun. Baik dengan mengancam akan melecehkan atau meminta imbalan uang.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengamankan akun Anda terlebih dahulu. Berhati-hatilah untuk tidak memberikan informasi kepada orang asing yang dapat membahayakan jejaring sosial Anda, karena informasi sekecil apa pun adalah celah bagi orang yang tidak bertanggung jawab. Informasi yang mereka terima dapat digunakan untuk melakukan hal-hal yang dapat membahayakan Anda di masa mendatang, jadi pastikan untuk menjaga keamanan data Anda.