Cara Membuat Portofolio Online yang Efektif Bagi Pemula

Cara Membuat Portofolio Online — Jika Anda mencari pekerjaan, Anda mungkin perlu mengirimkan portofolio. Portofolio itu sendiri adalah cara untuk mengatur dan memamerkan keterampilan, proyek, pelatihan, dan pendidikan Anda, memungkinkan Anda untuk memamerkan karya terbaik Anda. Ini juga dapat memberikan cara untuk menceritakan kisah karir Anda dan tantangan yang telah Anda atasi. Bahkan jika Anda mencari lebih banyak pekerjaan, Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu portofolio.

Cara Membuat Portofolio Online

cara buat portofolio online
cara buat portofolio online

Beberapa industri dan sektor membutuhkan portofolio seolah-olah Anda sedang memulai karir di industri kreatif dan digital. Penggunaan portofolio di sini sangat diperlukan untuk menilai apakah Anda adalah seseorang yang memiliki keahlian khusus di industri yang Anda lamar atau tidak. Portofolio dapat menambah nilai bagi Anda di depan HR dan perekrut atau bahkan klien potensial.

Bagi mereka yang berencana untuk membangun portofolio online mereka, Anda berada di artikel yang tepat. Artikel ini membahas pengertian dompet, kekurangan dompet online, kelebihan dompet, dan panduan singkat membuat dompet online. Untuk informasi portofolio, baca artikel di bawah ini sampai akhir.

Memahami Apa itu Portofolio Online, Kelebihan dan Kekurangannya

Portofolio online memudahkan calon pemberi kerja untuk melihat contoh pekerjaan Anda dan hanya memberi Anda ulasan yang menguntungkan. Jika sebelumnya dompet dibuat dengan cara yang sederhana dan tradisional, kini seiring berjalannya waktu dompet juga ikut berpartisipasi dengan menjadi resmi tersedia secara online untuk pengoperasian yang lebih praktis dan efisien.

Saat membuat portofolio, sertakan alamat web portofolio Anda di semua posting pekerjaan. Jika Anda terlibat dalam jaringan online, tambahkan tautan ke portofolio online Anda. Ini memudahkan jaringan Anda untuk merekomendasikan pekerjaan Anda kepada orang lain. Anda juga dapat mencoba opsi lain dengan menggunakan blog yang dapat Anda perbarui saat Anda menambahkan lebih banyak pengalaman dan pekerjaan.

Kelebihan Portfolio Online

Berlalunya waktu tentu membuat segalanya menjadi lebih mudah, efisien, praktis dan cepat, termasuk dompet online. Berikut adalah beberapa manfaat portofolio online yang sangat membantu Anda:

  • Kendali penuh

Karena itu milik Anda, portofolio khusus memberi Anda kendali penuh atas bagaimana pekerjaan Anda disajikan. Anda dapat membuat, memodifikasi, memperbarui semuanya secara langsung. Anda tidak perlu banyak tenaga karena Anda dapat mendesain situs web Anda sendiri. Template dan alat gratis dapat menyederhanakan prosesnya, dan Anda juga harus mendaftarkan nama domain dan hosting.

  • Kesan visual yang elegan

Portofolio gratis atau berlangganan biasanya memungkinkan untuk jenis file yang lebih luas dan file yang lebih besar karena file ini diunggah langsung ke situs web host. Opsi portofolio berfokus pada tampilan grafik alih-alih teks, yang sangat ideal jika Anda ingin mempresentasikan karya Anda secara visual untuk membuat portofolio Anda lebih elegan.

  • Mudah digunakan dan diatur

Portofolio blog bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai, terutama jika itu semata-mata untuk memamerkan karya yang Anda buat, karena umumnya mudah disiapkan dan digunakan. Sebagian besar memungkinkan Anda mengatur konten dengan mudah di mana Anda dapat menyematkan hampir semua hal.

  • Lebih sederhana

Blog sering kali gratis, tetapi banyak yang memiliki opsi berlangganan dengan fitur khusus. Jika Anda hanya ingin mempresentasikan karya Anda dengan portofolio online, Anda dapat memilih layanan gratis dari blog dan langsung membuat portofolio sederhana tanpa layanan berbayar.

Kekurangan Portofolio Online

Menggunakan layanan pembuat portofolio online gratis kami memungkinkan Anda memulai dengan cepat dengan keterampilan desain terbatas. Namun Anda harus mempertimbangkan beberapa kekurangan dari dompet online, yaitu:

  • Terbatasnya jenis dan ukuran file

Situs pembuatan portofolio online dapat membatasi jumlah file yang dapat Anda unggah, serta jenis dan ukuran file.

  • Akses izin terbatas

Portofolio online yang Anda buat memungkinkan kustomisasi terbatas. Hal ini bisa terjadi karena developer website portfolio online builder yang Anda gunakan memiliki standar tertentu.

  • Kemungkinan munculnya iklan

Portofolio online Anda dapat menyertakan iklan di blog atau portofolio Anda. Ini adalah bagaimana beberapa situs pembuatan portofolio dapat menawarkan ini secara gratis kepada Anda dengan menampilkan iklan nirlaba kepada pengembang situs pembuatan portofolio.

  • Fitur terbatas

Jika Anda ingin membuat portofolio online, Anda harus dapat memilih berdasarkan kebutuhan, waktu, anggaran, dan keterampilan web Anda. Bandingkan fitur dengan cermat untuk menentukan mana yang memenuhi kebutuhan Anda, tidak semua penyedia portofolio online lengkap dan memenuhi semua kebutuhan Anda.

Tips Membuat Portofolio Online yang Menarik

Cara Membuat Portofolio Online, Bagi mereka yang hanya ingin membuat portofolio online, sebelum memilih alat untuk membuat portofolio online, Anda mungkin ingin mengetahui tips membuat portofolio online yang menarik bagi perekrut atau klien Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat portofolio online.

  • Unggulkan karya terbaik Anda

Pertama, Anda perlu memahami apa yang Anda ingin orang lain lihat. Bahkan jika Anda memiliki lebih banyak pekerjaan online daripada yang Anda tunjukkan di resume Anda, Anda harus selektif tentang apa yang Anda sertakan dalam portofolio Anda. Orang-orang memiliki rentang perhatian yang terbatas dan waktu yang terbatas, jadi Anda perlu mengunggah pekerjaan yang paling menunjukkan bakat dan pengalaman Anda dan menunjukkan jenis pekerjaan yang mereka inginkan untuk mempekerjakan Anda.

  • Permudah dalam navigasi

Bagaimana membuat portofolio Anda mudah dipahami oleh pembaca? Jawabannya adalah dengan menggunakan kategori, karena meletakkan semuanya dalam satu halaman dapat menyesatkan calon pelanggan atau perekrut ketika mereka mengunjungi situs portofolio online Anda.

  • Buat dengan sederhana

Presentasikan proyek Anda dalam format langsung di satu halaman web, atau lebih baik lagi, tulis dalam beberapa bagian untuk memudahkan pemahaman. Dengan kemampuan untuk melihatnya satu per satu untuk melihat lebih banyak detail dan memberikan konteks kepada orang-orang tentang pekerjaan Anda. Buat desain Anda tetap sederhana sehingga orang lain dapat lebih mudah melihat karya Anda secara keseluruhan.

  • Cantumkan hal lain selain karya

Meskipun pekerjaan Anda sebelumnya merupakan pertimbangan penting, penting juga untuk diingat bahwa ada elemen lain yang harus mendukung semua pekerjaan Anda. Portofolio yang baik bahkan lebih baik jika itu adalah bagian dari situs web pribadi yang solid yang mencakup beberapa riwayat, latar belakang, dan orang-orang yang ingin Anda ajak bekerja sama.

Rekomendasi Tools/Alat untuk Pembuat Portofolio

Setelah mempelajari tips membuat portofolio online Anda lebih menarik dan unik, kini Anda perlu merancang dan membuat portofolio online Anda. Berikut adalah beberapa alat yang direkomendasikan untuk membuat portofolio online.

  • Cornerstone

Cornerstone adalah pembuat WordPress lain yang membantu Anda membuat halaman. Situs web ini memiliki fitur-fitur hebat dan Anda akan menemukan petunjuk terperinci tentang cara membuat portofolio di situs webnya, sehingga jika Anda termasuk dalam bidang non-desain, Anda dapat mengandalkan alat ini. Ini menawarkan ruang kerja yang rapi dan pilihan terbatas sehingga pengguna dapat bekerja dengan mudah tanpa komplikasi. Pengguna Anda dapat mengedit konten dan menawarkan pengeditan kode langsung kepada pengguna. Kompatibel dengan tema WordPress apa pun, portofolio Anda akan lebih menonjol dan unik.

  • Portfoliobox

Apakah Anda mencari pembuat portofolio untuk menangkap kreativitas Anda? Kemudian Anda dapat mencoba alat ini, yang memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk memelihara blog, situs e-commerce, galeri, dan memiliki banyak template untuk model, fotografer, seniman, desainer, dan bidang kreatif lainnya. Tidak diperlukan coding untuk membuat portofolio, Anda dapat membuat atau mengedit konten sesuai keinginan, termasuk domain gratis, dan portofolio sangat mudah dikelola.

  • All You

All You adalah alat sederhana untuk membuat portofolio profesional di mana pengguna dapat membuat situs web unik hanya dalam beberapa klik tanpa coding. Selain itu, alat ini memungkinkan pengguna untuk memilih font, opsi drag and drop, dan memiliki integrasi pihak ketiga. Misi situs web ini adalah untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik. Menggunakan situs ini akan menghemat banyak waktu Anda dan hal terbaik tentang situs ini adalah ia berbicara tentang Anda sehingga orang lain dapat mengenal Anda dengan lebih mudah.

Kesimpulan Cara Membuat Portofolio Online

Sederhananya, portofolio adalah cara cerdas dan praktis untuk menunjukkan keahlian, proyek, pelatihan, dan pendidikan Anda. Ini juga bisa menjadi media di mana Anda dapat mempromosikan diri dan memberi tahu dunia apa yang telah Anda capai selama ini dalam karir Anda.

Dari sini Anda juga dapat menemukan peluang kerja dan Anda juga dapat melihat perusahaan yang mencari karyawan. Oleh karena itu, buatlah dompet online yang bersih, menarik, dan unik agar menonjol dari persaingan di sektor bisnis Anda.