Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

Struktur Penulisan Artikel SEO — Artikel adalah jenis karya tulis yang biasanya sangat panjang dan biasanya berisi ide atau fakta yang dapat membujuk, membujuk, mendidik bahkan menghibur pembaca. Artikel biasanya dimuat di media seperti majalah, surat kabar, website, bahkan ada yang menuliskannya di media sosial.

Isi artikel biasa berisi berbagai informasi, juga dalam bentuk penyampaian ide dan fakta, yang ditinjau secara objektif untuk tujuan hiburan, dan sebagainya. Apalagi di era teknologi yang semakin canggih ini memudahkan orang untuk mencari informasi, semakin banyak pemilik website yang berlomba-lomba menulis artikel untuk websitenya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua artikel bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari, dibutuhkan kerja ekstra keras untuk mencapai posisi ini. Salah satu cara penerapannya adalah dengan membuat artikel SEO yang pasti search engine friendly. Artikel SEO friendly merupakan salah satu senjata ampuh yang perlu Anda terapkan dalam artikel Anda karena ada kalanya Anda sering menulis artikel SEO yang bisa membuat website Anda tampil di halaman pertama mesin pencari.

Cara Membuat Struktur Penulisan Artikel SEO Pemula

Bagi yang belum pernah menulis artikel sebelumnya tetapi ingin belajar cara menulis artikel, di bawah ini adalah panduan lengkap cara menulis artikel untuk pemula. Jadi Anda bisa mulai menulis artikel dan meningkatkan keterampilan menulis Anda.

  • Menentukan Tema yang Anda Kuasai

Cara pertama untuk menulis artikel pemula adalah dengan mengidentifikasi topik yang Anda kuasai. Hindari menulis artikel yang topiknya aneh atau sangat asing bagi Anda, karena ini akan menyulitkan Anda untuk menyelesaikan artikel. Kami menyarankan Anda memilih topik di mana Anda benar-benar menikmati menulis artikel. Anda sudah tahu bahwa jika Anda menguasai segalanya, Anda pasti akan lebih bersenang-senang.

  • Menentukan Judul

Setelah menentukan topik, langkah kedua dalam membuat artikel pemula adalah menentukan judul. Buatlah headline semenarik mungkin karena headline adalah hal pertama yang dilihat orang ketika ingin membaca sebuah artikel. Judul sangat penting untuk menjaring pembaca dalam tulisan Anda. Ada banyak cara untuk membuat headline, mulai dari membuat headline formal hingga membuat headline clickbait atau ajakan bertindak tertentu yang dapat memikat calon pembaca untuk membaca artikel Anda.

  • Menyusun Kerangka Artikel

Setelah menentukan topik, judul dan kata kunci, Anda perlu mengisi outline artikel. Sebagian dari kalian pasti pernah diajari cara membuat outline saat ingin menulis, kan? Nah, jika Anda ingin membuat artikel, Anda hanya perlu menyusun kerangka sederhana. Caranya adalah dengan menuliskan semua poin penting yang terdapat dalam artikel Anda. Anda dapat membuat artikel untuk pemula menggunakan tata letak struktur artikel yang dapat membuat artikel Anda lebih padat, lebih jelas, dan lebih baik. Beberapa poin yang Anda tulis dapat dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik.

  • Mencari Referensi

Cara kelima untuk membuat artikel pemula adalah dengan mencari referensi. Sebelum outline artikel yang Anda buat masuk ke dalam sebuah artikel, cari dulu referensi sebanyak-banyaknya untuk dibaca. Jadi, ketika Anda mulai menulis konten artikel Anda, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Anda dapat mencari referensi dengan membaca buku karena membaca buku dapat meningkatkan kemampuan menulis Anda. Selain itu, jangan hanya fokus pada satu tautan, cari tautan lain untuk membuat artikel Anda lebih menarik.

  • Tulislah Ide yang Anda Miliki tanpa Takut Salah

Sebagai pemula, saat membuat artikel, Anda menuliskan pemikiran Anda tanpa takut salah. Setiap ide yang terkait dengan apa yang akan Anda tulis segera. Bagaimana dengan menulis artikel yang sesuai dengan EYD? Jadi, dalam kasus EYD, Anda harus memikirkannya jika Anda telah menulis ide Anda sendiri. Sebagai pemula, saat menulis artikel, Anda harus memiliki kepercayaan diri dan keberanian untuk menulisnya. Hilangkan rasa takut sehingga Anda dapat menulis pikiran Anda dengan percaya diri.

  • Bayangkan Jika Anda Sedang Berbicara dengan Pembaca

Metode selanjutnya adalah ketika Anda menulis artikel, bayangkan Anda sedang berbicara dengan seorang pembaca. Tahukah Anda bahwa ketika Anda menulis artikel, Anda tidak hanya menulis untuk diri sendiri. Melainkan disajikan kepada pembaca. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami sehingga pembaca tidak akan kesulitan mencerna artikel yang Anda tulis. Anda juga perlu mengetahui target audiens artikel Anda sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan target pembaca Anda saat menulis artikel.

  • Buatlah Paragraf yang Tidak Terlalu Panjang

Sangat penting untuk diingat bagaimana menulis artikel untuk pemula karena sangat penting agar tulisan Anda sesuai dengan topik dan tidak menyebar kemana-mana. Jangan menggunakan lebih dari 4 kalimat dalam satu paragraf. Jika Anda bisa melakukan ini, Anda akan membiasakan diri untuk merawat tulisan Anda sehingga Anda dapat membedakan mana yang menurut Anda penting dan tidak. Saat menulis artikel, jangan membatasi jumlah kata, usahakan membuat kalimat yang tidak terlalu panjang, namun jelas dan mudah dipahami.

  • Tulis Pengantar Artikel

Dengan menulis pengantar artikel yang Anda buat, pembaca dapat menentukan apakah konten artikel memenuhi kebutuhan mereka. Pembaca Anda mencari tujuan dari artikel yang mereka baca. Kemudian, cobalah untuk membuat paragraf pengantar yang memberikan informasi tentang latar belakang dan tujuan artikel. Salah satu cara penulis biasanya membangkitkan rasa penasaran pembaca adalah dengan menyisipkan kalimat tanya di awal artikel, seperti “Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menulis pengantar artikel yang baik?”. Ini juga bagus sebagai transisi ke artikel dasar.

  • Tambahkan Foto Penunjang

Meninjau artikel yang sesuai dengan topik membuat artikel lebih menarik. Banyak artikel saat ini menggunakan elemen visual untuk memperjelas konsep tertentu. Artikel tentang membuat objek memberikan gambaran umum tentang bagaimana tata letak pembuatan objek diikuti dengan deskripsi teks untuk membantu. Jika Anda adalah seseorang yang suka memotret atau pandai menggambar, alangkah baiknya jika Anda memotret pengalaman Anda. Jika tidak bisa melakukan keduanya, Anda bisa menambahkan ilustrasi visual dari pencarian Google, tetapi berikan sumber yang jelas atau minta bantuan rekan yang memiliki keterampilan tersebut.

  • Membaca Ulang Artikel yang Anda Tulis

Setelah artikel yang Anda buat selesai dan tidak ada thread yang ingin Anda buka kembali, Anda akan meninjau atau membaca ulang artikel yang Anda tulis. Triknya adalah memeriksa ulang apakah ejaannya benar atau ada kesalahan ketik. Juga, jika artikel yang Anda tulis bebas dari kesalahan ketik, segera periksa setiap kata apakah ada yang membingungkan atau ambigu. Mungkin di sini akan lebih sulit karena Anda harus cermat dan memahami hubungan antara paragraf dan kalimat. Setelah membuat artikel untuk pemula, Anda dapat melanjutkan ke metode berikutnya.

Tips Artikel Ramah Mesin Pencari

Struktur Penulisan Artikel SEO Ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan untuk membuat artikel yang ramah mesin pencari, semakin ramah sebuah artikel, semakin baik bagi Anda sebagai pemiliknya. Berikut ulasannya.

  • Skillful

Meskipun dioptimalkan untuk pencarian Google, artikel yang sudah jadi sebenarnya ditujukan untuk pembaca yang membutuhkan informasi, jangan bermain-main dengan artikel apa adanya, karena meskipun mungkin bocor karena satu dan lain hal. , artikel buruk hilang dengan sendirinya, dengan ketidakpuasan pembaca. Untuk ini kita perlu artikel yang ditulis dengan baik. Jika Anda tidak bisa menulisnya, pekerjakan seseorang yang terlatih untuk menulis artikel yang Anda inginkan.

  • Judul dan Intro

Perbedaan utama antara penulisan biasa dan penulisan SEO adalah cara kita membuat judul dan 50 kata pertama artikel. Kedua elemen ini sangat penting dalam SEO. Jika bisa, sertakan kata kunci dalam judul artikel. jika tidak memungkinkan, masukkan setidaknya satu frasa yang terkait dengan kata kunci di sana. Judul adalah judul yang selain mencerminkan isi, juga harus menarik perhatian pembaca. Jika perlu, clickbait juga bisa dicantumkan dalam judul, asalkan tidak menyesatkan. Panjang judul yang ideal tidak boleh lebih dari 60 karakter. Sementara itu, 50 kata pertama artikel juga berperan penting dalam deskripsi keseluruhan konten. Elemen ini juga harus menyertakan kata kunci atau frasa kunci yang ingin Anda optimalkan.

  • Unik

Google sangat menyukai artikel unik, sehingga tidak terpikir untuk membuat artikel dari copy paste atau auto spinner. Jika harus melakukan ini, pastikan porsinya tidak melebihi 10% dari total item. Selalu periksa dengan pemeriksa plagiarisme favorit Anda.

  • Panjang

Pada prinsipnya, semakin panjang artikel, semakin lama seseorang akan membacanya. Namun, ini bisa menjadi bumerang jika barangnya berkualitas buruk. Google sendiri menyukai artikel yang lebih panjang asalkan kontennya relevan. Oleh karena itu, pastikan jumlah minimum kata dalam artikel yang disiapkan adalah 400. Jumlah yang lebih ideal adalah 1000-2000 kata tergantung pada kata kunci Anda dan kata kunci pesaing Anda yang ada. Meskipun panjang, pastikan Anda menulis artikel dalam paragraf yang tidak terlalu panjang, sekitar 100-200 kata per paragraf. Untuk artikel yang sangat panjang, kita dapat menggunakan teknik pagination, yang membagi konten menjadi beberapa plugin yang dapat membantu dalam hal ini.

  • Kombinasi

Selain membuat artikel Anda jelas, informatif dan mudah dibaca, menambahkan konten visual seperti gambar dan video sangat penting dalam SEO karena membuat pembaca merasa lebih baik. Kemudian masukkan konten visual ke dalam artikel di lokasi yang sesuai.

Cara Menulis Artikel SEO

Membuat artikel SEO friendly bukan hal yang mustahil, meski tidak jarang sebagian orang beranggapan bahwa menulis artikel SEO itu sangat mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menulis artikel SEO.

  • Gunakan kata kunci yang cenderung dicari oleh pengunjung situs web Anda.
  • Anda perlu memastikan bahwa artikel yang Anda tulis menjawab pertanyaan pengunjung web Anda karena sebagian besar pengunjung pergi ke internet untuk menemukan informasi yang mereka cari.
  • Gunakan kata kunci dengan fokus yang tepat.
  • Artikel yang Anda buat harus memastikan bahwa artikel tersebut berisi informasi yang layak dibaca.
  • Anda dapat memanfaatkan internal linking dan external linking dalam artikel yang Anda buat.
  • Teliti dan beri perhatian lebih pada elemen penting blog Anda.
  • Optimalkan gambar yang akan ditempatkan.
  • Unggah konten secara terus-menerus ke situs web Anda secara berkala.
  • Tulis artikel dari sudut pandang yang unik untuk menciptakan kesan yang berbeda pada artikel pada umumnya.
  • Pertama, buat struktur artikel agar tulisan tidak bolak-balik dan tidak beraturan.
  • Promosi artikel.

Kesimpulan Struktur Penulisan Artikel SEO

Dapat dikatakan bahwa membuat artikel yang SEO friendly itu mudah dan sulit, karena siapa pun yang terbiasa bermain dengan SEO sudah terbiasa dan merasa fasih. Namun akan berbeda di sisi pemula, karena mereka bahkan tidak mau bermain-main dengan SEO, mengerti penulisan artikel, masih melihat struktur dan tata cara penulisannya satu per satu.

Jika Anda seorang blogger dan tahu tentang SEO, Anda dapat menikmati kemudahan dan manfaat membuat artikel yang kompatibel dengan mesin pencari. Jika Anda menulis konten yang bermanfaat dan ramah SEO di situs web Anda, situs web Anda mungkin muncul di halaman pertama mesin pencari seiring waktu. Ini bukan tidak mungkin bahkan untuk pemula, Anda dapat membaca dan mempelajari struktur dan tips menulis artikel SEO. Ini akan membuat Anda terbiasa dan menunggu situs web Anda muncul di halaman pertama mesin pencari.